carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / Tips Membuat Google Form Jadi Lebih Menarik untuk Pemula

Tips Membuat Google Form Jadi Lebih Menarik untuk Pemula

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 31 Mei 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR A3 Permanen link teknolagi.com

Google Form merupakan layanan yang disediakan oleh Google untuk membuat formulir survey, kuis, atau semua hal yang berhubungan dengan ‘tanya-jawab’ secara online. Semua orang bisa menggunakan layanan ini secara gratis. Bahkan, banyak orang yang memanfaatkannya untuk mengadakan kuis, jajak pendapat atau sekedar membuat kuisioner untuk kebutuhan tugas kuliah.

Walaupun Google Form ini sudah cukup familiar di berbagai kalangan, tapi tetap saja banyak orang yang belum pernah mencoba layanan ini. Cara membuat Google Form sangat mudah. Sudah banyak tutorialnya yang dibagikan di internet, seperti salah satunya di teknolagi.com.

Namun, bagaimana cara membuat Google Form itu menjadi lebih menarik sehingga bisa meningkatkan minat banyak orang untuk berkontribusi mengisinya? Yuk, cari tahu tipsnya di sini!

Izinkan Responden untuk Mengedit Setelah Mengirim

Responden yang mengisi Google Form buatanmu terkadang ingin menyunting jawabannya. Bisa saja mereka merasa salah menjawab pertanyaan dan ingin mengubahnya. Untuk mempermudah responden menyunting jawaban yang sudah diberikan setelah mengirim Google Form, butuh permission darimu sebagai pemilik Google Form tersebut.

Pada saat kamu membuat Google Form, jangan lupa untuk masuk ke Pengaturan. Di bawah tab Umum pilih opsi Edit setelah mengirim. Responden tidak perlu mengisi form dengan menggunakan Google Account-nya. Setelah kamu mengizinkan mereka mengedit setelah mengirim, maka mereka bisa langsung mengedit datanya sesaat setelah form terkirim.

Gunakan Kata-Kata yang Sederhana dan Tidak Berbelit

Kebanyakan orang merasa malas mengisi Google Form karena pertanyaan di dalamnya menggunakan kalimat yang panjang dan bahasa yang berbelit-belit. Meskipun Google Form memang menyediakan berbagai field, seperti Short Answer, Paragraph, Multiple Choice, dll, tapi tetap saja orang akan merasa malas kalau harus membaca pertanyaan yang terlalu panjang.

Make it simple. Buat pertanyaan Google Form dengan kata-kata sederhana yang singkat, padat, dan jelas. Pastikan inti dari pertanyaanmu sudah tersampaikan. Penggunaan bahasa yang terlalu berbelit-belit hanya membuat responden membacanya dengan asal-asalan sehingga jawaban yang kamu terima pun tidak akurat.

Selalu Sisipkan Opsi “Other” untuk Jawaban Responden

Beberapa pertanyaan mungkin saja tidak harus dijawab dengan opsi yang sudah kamu sediakan. Mungkin saja responden punya jawaban lain untuk pertanyaanmu tersebut. Nah, untuk menghargai responden dan kamu pun bisa mendapatkan jawaban yang terbaik, selalu sisipkan opsi “Other” untuk jawaban dari respondenmu.

Opsi ini bertujuan agar responden lebih leluasa menjawab pertanyaanmu sesuai dengan keinginannya. Namun perlu kamu ingat bahwa tidak semua pertanyaan harus diberi opsi “Other” ini. Jika kamu merasa sudah menyediakan jawaban yang sangat tepat untuk pertanyaanmu, maka kamu tak perlu lagi memberikan opsi ini.

Desain Google Form Agar Terlihat Menarik

Salah satu alasan orang tidak tertarik mengisi Google Form adalah tampilannya yang dirasa kurang menarik. Sebagai pemula, kamu bisa membuat Google Form yang terlihat menarik, lho. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mendesain header, warna tema, warna latar belakang, dan jenis huruf yang digunakan.

Gunakan gambar yang menarik dan relate dengan topik form yang kamu buat sebagai header-nya. Selanjutnya, atur setiap komponen (tema, background, dan font) sesuai dengan keinginanmu. Pengaturan sederhana ini bisa membuat tampilan Google Form jadi lebih keren sehingga responden pun tertarik untuk mengisinya.

Atur Notifikasi untuk Respon Terbaru

Sebagai pemilik Google Form, tentu saja kamu ingin lebih cepat mengetahui tanggapan dari responden. Nah, inilah saatnya kamu mengatur notifikasi by email untuk respon terbaru. Setiap ada respon terbaru dari responden, kamu akan segera mengetahuinya dari email masuk.

Hal ini penting bagi kamu agar bisa mengumpulkan jawaban responden secara lebih cepat. Ketika data bisa dikumpulkan dengan cepat, maka proses pendataan pun bisa segera dilakukan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat Google Form yang menarik sebagai pemula. Kesimpulannya, cara membuat Google Form memang mudah, tapi kita harus sedikit memberikan sentuhan modifikasi agar tampilannya terlihat menarik sehingga calon responden pun berminat untuk mengisi kuisionermu dengan jawaban yang akurat.

Terlepas dari semua tips di atas, hal yang paling penting adalah mendapatkan jawaban atau respon sebanyak-banyaknya. So, kalau kamu sudah selesai membuat Google Form, sebaiknya segera share form tersebut ke berbagai media sosialmu. Jangan lupa untuk meminta bantuan teman dan rekan untuk turut membagikan Google Form-mu ini agar semakin banyak respon yang kamu peroleh.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram