Tips Membuat Google Form Jadi Lebih Menarik untuk Pemula

Ditulis oleh Linda

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR A3 Permanen link teknolagi.com

Google Form merupakan layanan yang disediakan oleh Google untuk membuat formulir survey, kuis, atau semua hal yang berhubungan dengan ‘tanya-jawab’ secara online. Semua orang bisa menggunakan layanan ini secara gratis. Bahkan, banyak orang yang memanfaatkannya untuk mengadakan kuis, jajak pendapat atau sekedar membuat kuisioner untuk kebutuhan tugas kuliah.

Walaupun Google Form ini sudah cukup familiar di berbagai kalangan, tapi tetap saja banyak orang yang belum pernah mencoba layanan ini. Cara membuat Google Form sangat mudah. Sudah banyak tutorialnya yang dibagikan di internet, seperti salah satunya di teknolagi.com.

Namun, bagaimana cara membuat Google Form itu menjadi lebih menarik sehingga bisa meningkatkan minat banyak orang untuk berkontribusi mengisinya? Yuk, cari tahu tipsnya di sini!

Izinkan Responden untuk Mengedit Setelah Mengirim

Sumber: anotherorion.com

Responden yang mengisi Google Form buatanmu terkadang ingin menyunting jawabannya. Bisa saja mereka merasa salah menjawab pertanyaan dan ingin mengubahnya. Untuk mempermudah responden menyunting jawaban yang sudah diberikan setelah mengirim Google Form, butuh permission darimu sebagai pemilik Google Form tersebut.

Pada saat kamu membuat Google Form, jangan lupa untuk masuk ke Pengaturan. Di bawah tab Umum pilih opsi Edit setelah mengirim. Responden tidak perlu mengisi form dengan menggunakan Google Account-nya. Setelah kamu mengizinkan mereka mengedit setelah mengirim, maka mereka bisa langsung mengedit datanya sesaat setelah form terkirim.

Gunakan Kata-Kata yang Sederhana dan Tidak Berbelit

Sumber: rubrikpena.com

Kebanyakan orang merasa malas mengisi Google Form karena pertanyaan di dalamnya menggunakan kalimat yang panjang dan bahasa yang berbelit-belit. Meskipun Google Form memang menyediakan berbagai field, seperti Short Answer, Paragraph, Multiple Choice, dll, tapi tetap saja orang akan merasa malas kalau harus membaca pertanyaan yang terlalu panjang.

Make it simple. Buat pertanyaan Google Form dengan kata-kata sederhana yang singkat, padat, dan jelas. Pastikan inti dari pertanyaanmu sudah tersampaikan. Penggunaan bahasa yang terlalu berbelit-belit hanya membuat responden membacanya dengan asal-asalan sehingga jawaban yang kamu terima pun tidak akurat.

Selalu Sisipkan Opsi “Other” untuk Jawaban Responden

1 2»
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram