carisinyal web banner retina

5 Tips Membuat Konten Kreatif untuk Bisnis Selagi di Rumah Aja

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 24 November 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK

Content marketing adalah sebuah istilah tentang konten – bisa berupa foto, video, iklan, dll – yang ditujukan untuk menjual barang atau jasa. Intinya, konten tersebut harus dibuat dengan kreatif agar menarik minat calon pembeli.

Semua orang bisa membuat content marketing, tapi belum tentu konten tersebut menarik dan memiliki daya jual yang membuat orang lain tertarik. Nah, selagi di rumah aja, kamu tentu punya banyak waktu luang untuk membuat konten kreatif untuk menawarkan bisnis yang sedang kamu jalani. Modalnya pun nggak perlu ribet kok, cukup gunakan smartphone-mu dan pikirkan ide yang menarik untuk kontenmu.

Kalau masih belum punya gambaran untuk membuat konten kreatif yang menarik, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa membuat konten yang keren dan ‘menjual’.

Cari Tahu Tren yang Lagi Happening

Cari Tahu Tren yang Lagi Happening

Perlu kamu ketahui bahwa calon pembeli pasti tertarik dengan sesuatu yang sedang happening saat ini. Sebelum membuat konten, ada baiknya jika kamu memikirkan terlebih dahulu tren apa yang saat ini sedang hype, terutama di kalangan target pasarmu.

Manfaatkan sesuatu yang sedang happening ini sebagai bahan pembuatan konten. Misalnya, kamu menjual  makanan dan saat ini sedang tren boyband KPOP yang digandrungi oleh banyak orang dari berbagai usia.

Coba deh gabungkan produk makanan yang kamu jual ini dengan tren KPOP tersebut. Misalnya, saat membuat konten, kamu bisa menyertakan lagu-lagu KPOP di dalamnya, poster boyband KPOP sebagai background, atau mungkin foto dari member boyband tersebut.

Kenali Target Pasar Produk yang Dijual

Kenali Target Pasar Produk yang Dijual

Yang satu ini nggak kalah penting sebagai pertimbangan untuk membuat konten. Ya, apalagi kalau bukan mengenal target pasar. Sangat penting untuk melakukan koneksi antara produk yang dijual, kriteria target pasar, dan media yang dipakai untuk mempromosikan konten marketingmu itu.

Sebagai contoh, kamu menjual smartphone, maka target pasarmu diperkirakan berusia 14 – 50 tahun, kelompok orang yang paham akan teknologi. Tugasmu adalah membuat konten yang mencerminkan kemajuan teknologi yang ditawarkan oleh smartphone daganganmu itu. Apalagi jika kamu mempromosikan konten ini di media sosial, maka dapat dipastikan target pasarmu adalah orang yang sangat melek digital.

Konten Bergambar Lebih Menarik Minat

Konten Bergambar Lebih Menarik Minat

Sebagian dari kita tentu pernah membaca iklan baris di surat kabar yang hanya bertuliskan kata-kata saja tanpa adanya gambar. Jauh sebelum teknologi berkembang iklan sejenis itu memang diminati. Namun sekarang iklan baris berisi kata-kata tersebut sudah mulai tergantikan dengan adanya iklan bergambar. Hal ini membuktikan bahwa konten marketing dengan gambar tentu lebih menarik minat masyarakat.

Buat konten bisnis dengan jenis gambar atau gambar bergerak (video). Gunakan kamera smartphone-mu untuk mengambil foto produk yang kamu jual. Kalau bisnismu bergerak di bidang jasa, buat foto atau video dengan objek yang mendeskripsikan jasamu. Misalnya, kamu memiliki usaha cuci mobil keliling, maka kamu bisa memotret mobil yang sedang dicuci.

Agar hasilnya lebih menarik, pastikan kamu memakai kamera yang mumpuni untuk memotret atau merekam video konten. Samsung Galaxy A21 dan Galaxy A31 adalah salah satu smartphone yang kami rekomendasikan untuk membuat foto atau video konten marketingmu.

Kedua smartphone ekonomis ini didukung dengan 4 buah kamera di bagian belakang untuk menghasilkan foto dan video layaknya kamera profesional. Kriteria kamera Samsung Galaxy A21 dan Galaxy A31 ini tentu akan sangat mendukungmu dalam menghasilkan sebuah konten bisnis ekonomis tapi menarik.

Manfaatkan Spek dan Fitur Kamera Smartphone

Manfaatkan Spek dan Fitur Kamera Smartphone

Sebagai pebisnis, kamu harus jeli dalam mengatur keuangan, termasuk menekan pengeluaran sebanyak mungkin. Kalau bisa membuat konten bisnis dengan bermodalkan kamera smartphone, maka kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli kamera profesional.

Samsung Galaxy A21 dan Galaxy A31 adalah smartphone dengan kamera yang sangat berkualitas. Pada Galaxy A31, terdapat 4 buah kamera belakang: 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF - 8 MP, f/2.2, 123˚, (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm - 5 MP, f/2.4, (macro) - 5 MP, f/2.4, (depth). Kamera ini menghasilkan foto yang cukup baik dan tak kalah dengan kamera smartphone high-end harga 5 juta ke atas.

Bukan cuma foto, Samsung Galaxy A31 juga menawarkan kamera yang dapat menghasilkan konten video berkualitas. Pasalnya, kamera tersebut memiliki kualitas perekaman FHD (1080p) @30fps.

Kalau ingin membeli smartphone yang lebih murah tapi kameranya tidak abal-abal, pertimbangkan membeli Samsung Galaxy A21 yang harganya lebih murah dibanding Galaxy A31. Meskipun lebih murah, Galaxy A21 juga dapat mendukungmu membuat konten bisnis yang oke karena memiliki 4 buah kamera belakang: 16 MP, f/1.8, (wide), 1/3.06", 1.0µm, PDAF - 8 MP, f/2.2, (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm - 2 MP, f/2.4, (macro) -  2 MP, f/2.4, (depth).

Pilih Media untuk Memasarkan Konten Bisnis

Pilih Media untuk Memasarkan Konten Bisnis

Setelah berhasil membuat konten menarik berupa foto atau video, kini saatnya kamu memilih media yang cocok untuk memasarkan bisnismu itu. Dewasa ini, ada banyak media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis, seperti Instagram dan Tik Tok. Pemilihan media sosial ini harus disesuaikan dengan target pasar dan jenis produk yang ingin kamu tawarkan.

Yuk, saatnya membuat konten bisnis yang menarik untuk meningkatkan income-mu. Walaupun lagi di rumah aja, kamu harus tetap produktif menghasilkan uang, ya! Selamat membuat konten yang menarik dan semoga bisnismu semakin berkembang.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram