Carisinyal / Atasi Website Lambat, Ini Tips Penting Membuat Website Cepat Loading

Atasi Website Lambat, Ini Tips Penting Membuat Website Cepat Loading

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tips Mudah Membuat Website Cepat Loading

Website dengan loading yang lambat bisa menjadi hal yang menyebalkan. Hal ini bisa membuat banyak visitor meninggalkan website itu dan pindah ke website yang lain. Ketika banyak visitor meninggalkan website Anda dalam waktu yang cepat, maka kemungkinan website memperoleh bounce rate yang tinggi. Dampaknya? Website Anda akan sulit mendapatkan peringkat di mesin pencarian.

Anda pasti tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Maka dari itu, Anda perlu mengoptimalkan kecepatan loading website. Apalagi, bila website tersebut digunakan sebagai toko online.

Keuntungan Memiliki Website yang Cepat Loading

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika website Anda cepat loading. Salah satu keuntungannya yaitu membuat visitor nyaman saat mengunjungi website. Munculnya kesan nyaman tersebut membuat visitor ingin kembali ke website Anda suatu saat. Bahkan, mereka bisa saja merekomendasikan website tersebut kepada orang lain.

Dengan begitu, tingkat kunjungan website Anda akan meningkat. Selanjutnya, website Anda berpeluang besar untuk menembus halaman pertama di mesin pencarian.

Keuntungan loading website yang cepat akan terasa lebih berarti bagi website toko online. Hal itu memengaruhi tingkat penjualan produk sehingga profit yang didapatkan juga bisa semakin tinggi.

Tips Membuat Website cepat loading

Bagi Anda yang ingin meningkatkan kecepatan website, Anda dapat mengikut sejumlah tips mudah membuat website cepat loading di bawah ini.

1. Kurangi Plugin yang Tidak Perlu

Plugin word press

Anda bisa menghapus sejumlah Plugin yang tidak dibutuhkan. Hal ini dapat mengurangi beban kinerja website. Jika sebuah website kelebihan kapasitas, maka itu akan mengganggu performanya.

Di samping itu, ketika Anda hendak menginstall plugin, sebaiknya dipertimbangkan dengan matang. Apakah plugin itu betul-betul Anda butuhkan? Apakah sangat berpengaruh untuk website Anda? Bila tidak dibutuhkan atau tidak memberikan pengaruh penting, lebih baik Anda tidak perlu menginstallnya.

2. Minimalisir Ukuran Gambar

minimize size image

Pastikan bahwa gambar-gambar yang hendak Anda upload ke website memiliki ukuran yang kecil, namun tetap terlihat jelas. Ukuran aman dari file gambar untuk disimpan ke website ialah kurang dari 1MB. Anda juga dapat menggunakan sejumlah tools untuk mengkompres file gambar hingga ukurannya aman bagi kinerja wesbsite.

3. Pilih Hosting yang Mendukung Kecepatan Loading Website

niaga hoster

Jika permasalahan ada pada hosting yang Anda pakai, sebaiknya Anda beralih ke layanan hosting yang dilengkapi fitur kecepatan terkini. Fitur kecepatan yang bisa Anda perlukan di antaranya LiteSpeed dan WordPress Accelerator. Dengan hosting yang dilengkapi fitur tersebut, Anda bisa mendapatkan website cepat loading.

Bukan hanya fitur kecepatan, fitur keamanan juga diperlukan untuk menjaga kecepatan website. Alasannya, website yang lambat bisa juga disebabkan oleh serangan malware. Untuk itu, penting juga memilih hosting yang dilengkapi fitur keamanan seperti Imunify360.

Kesimpulan

Memiliki sebuah website dengan loading cepat dapat mendatangkan banyak keuntungan yang besar. Selain membuat nyaman pengunjung, website cepat loading juga menjadi faktor penting agar website masuk ke halaman pertama mesin pencari seperti Google.

Jika website tersebut merupakan website toko online, posisi di halaman pertama Google dan banyaknya traffic memberi pengaruh besar dalam meningkatkan profit.

Kini, untuk memiliki website dengan loading yang cepat bukanlah hal yang sulit. Salah satu tips penting untuk Anda yaitu memilih penyedia layanan hosting yang memfasilitasi fitur kecepatan dan kemanan terkini seperti Niagahoster. Dengan hosting Indonesia Niagahoster, Anda mendapatkan fitur kecepatan website seperti LiteSpeed dan WordPress Accelerator, serta fitur keamanan Imunify360.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sekarang bikin aplikasi Android gak perlu bisa coding. Ini dia caranya!