Carisinyal / 10 Tips Memilih Hosting yang Sesuai dengan Kebutuhan

10 Tips Memilih Hosting yang Sesuai dengan Kebutuhan

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Juni 2019

Untuk Anda yang berencana untuk membuat atau memiliki website sendiri, Anda harus paham soal hosting. Nah, hosting ini bisa diumpamakan sebagai ‘rumah’ website Anda di internet. Maka dari itu, pemilihan hosting tidak boleh sembarangan. Jika salah langkah dalam memilih hosting, kemungkinan besar akan berdampak buruk pada website Anda.

Kami mengerti bahwa Anda pastinya ingin mendapatkan hosting yang berkualitas baik dengan harga murah. Tapi nyatanya, tidak semua hosting bagus ditawarkan dengan harga yang bagus juga. Tapi ingat, hal tersebut tidak berlaku untuk semua hosting, ya.

Pasalnya, ada juga hosting yang dibanderol murah dengan performa yang baik. Bagaimana cara mendapatkan hosting seperti itu? Di mana kita bisa membeli hosting murah yang berkualitas? Semua jawaban atas pertanyaan tadi akan kami bahas berikut ini.

1. Tentukan Dana

uang

* sumber: pixabay.com

Layanan hosting punya harga yang berbeda-beda, tergantung spesifikasi dan fiturnya. Anda harus mengetahui budget yang dimiliki sebelum akhirnya memutuskan untuk menyewa hosting. Misalnya, jika Anda baru mau membuat website dan hanya memiliki dana terbatas, maka pilihlah hosting yang punya harga murah.

Nah, Anda bisa mendapatkan hosting murah dengan potongan harga tertentu, seperti potongan harga menggunakan kode promosi di situs promohosting.id. Di sana banyak sekali pilihan hosting murah yang berkualitas bagus.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

hosting option

Tips selanjutnya yang harus Anda pikirkan adalah, sesuaikan dengan kebutuhan. Tentukan tujuan Anda dalam membuat website. Jika Anda sudah menentukan tujuan yang jelas, barulah memilih hosting sesuai kebutuhan.

Sejauh ini, ada 4 tipe hosting yang bisa Anda pilih, yakni Shared Hosting, Virtual Private Hosting, Dedicated Hosting, dan Cloud hosting. Kalau Anda baru memulai bikin website, pilih saja yang termurah, yakni shared hosting.

Bisa dibilang tipe tersebut adalah modal awal Anda dalam membuat website dengan dana terjangkau. Jangan khawatir soal kapasitasnya, karena jika Anda merasa kapasitasnya terlalu sempit maka Anda bisa upgrade ke kapasitas yang lebih lega.

3. Pilih Kualitas Server yang Bagus

server

Setelah Anda sudah menentukan tipe hosting yang ingin digunakan, kini saatnya Anda mencari server yang paling baik. Kenapa server sangat penting? Sebab, jika ingin website Anda bisa selalu diakses tanpa kendala, maka server yang digunakan harus punya koneksi jaringan yang stabil dan kuat.

Selain memerhatikan koneksi jaringannya, Anda juga perlu menentukan lokasi server. Pikirkan kembali apakah target pengunjung website Anda dari luar negeri atau dalam negeri. Jika dari dalam negeri, cukup gunakan server yang ada di Indonesia saja. Tapi, kalau targetnya untuk internasional, maka Anda bisa cari server yang berlokasi di Singapura, Amerika, dan negara lainnya.

4. Pilih Kapasitas Bandwidth

Pilih Kapasitas Bandwidth

Saat Anda mau membeli hosting, pasti Anda akan dihadapkan dengan pilihan kapasitas bandwidth. Ada dua kapasitas bandwidth yang bisa dipilih, yakni limited dan unlimited. Jika Anda benar-benar serius untuk menggarap sebuah website, maka kami sarankan untuk memilih kapasitas unlimited.

Kenapa? Karena, dengan kapasitas bandwidth yang unlimited, maka website Anda akan tetap online meskipun trafiknya sedang padat. Kebalikannya dengan yang limited, bisa saja website Anda akan offline karena trafiknya yang lagi melonjak.

Lantas, apakah bandwidth unlimited itu mahal? Tidak, karena Anda bisa mendapatkan shared hosting Niagahoster dengan menggunakan Kode Promosi Niagahoster. Dengan harga yang terjangkau, jadi Anda bisa lebih menghemat, bukan?

5. Perhatikan Jumlah Domain

Gunakan Nama Domain yang Brandable

Selanjutnya dalam tips memilih hosting Anda perlu memerhatikan jumlah/kapasitas domain. Jadi, Anda bisa memilih hosting yang menyediakan hanya 1 domain saja atau yang bisa memiliki lebih dari 1 domain.

Jika ke depannya Anda ingin membuat domain lainnya, maka pilihlah hosting yang bisa menampung banyak domain. Tapi, jika Anda merasa cukup dengan hanya memiliki satu domain saja, maka Anda tidak perlu menambah ruang ekstra untuk domain.

6. Space Hosting

Perhatikan juga ruang hosting yang Anda pilih, ya. Jangan asal murah tapi ternyata hanya memiliki ruang 1GB saja. Belum satu minggu, mungkin space hosting Anda sudah penuh duluan. Alhasil, Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk menambah space hosting.

Meskipun Anda berpikir baru ‘pemula’ dalam mengelola website, tapi ada baiknya jika punya ruang yang lebih lega pada hosting. Soalnya, dengan kapasitas space yang cukup, maka Anda bisa bebas memasukan gambar, tulisan, dan lainnya ke dalam website.

7. Pilih Hosting yang Aman

perbedaan hacker dan hacker Pandangan Terhadap Keamanan Komputer

* sumber: anomharya.com

Sistem keamanan pada hosting juga wajib diperhatikan oleh Anda. Jika hosting yang Anda pilih punya sistem keamanan yang lemah, kemungkinan website Anda bisa diretas oleh hacker. Anda tidak mau, dong, website yang Anda bikin susah payah justru diambil alih oleh orang tidak bertanggung jawab?

8. Pilih Hosting dengan Fitur Memadai

Pilih Hosting dengan Fitur Memadai

Meskipun Anda memilih hosting standar atau shared hosting, pastikan bahwa hosting-nya sudah dilengkapi dengan fitur-fitur dasar. Seperti apa fitur standar dalam hosting? Anda bisa pilih hosting yang punya Cron untuk aktivitas website Anda sehari-hari.

Selain itu, cari juga hosting dengan fitur auto script installer, seperti misalnya Fantastico, Simple Scripts, Quick Installer, dan lain sebagainya. Jangan lupakan juga fitur untuk akses FTP serta akses htacsses untuk redirect halaman.

9. Pelayanan Customer yang Baik

Kontak Penjual atau Customer Service Jelas

Tidak semua hosting memiliki pelayanan customer yang baik. Misalnya, jika website Anda bermasalah maka Anda perlu bantuan dari pihak layanan hosting yang Anda pilih. Jika hosting tersebut tidak memiliki pelayanan 24 jam, otomatis website Anda akan terus bermasalah hingga komplain Anda tersampaikan. Anda tidak mau mengalaminya, kan?

Makanya, Anda perlu mendapatkan jaminan untuk pelayanan hosting yang memadai. Jika terjadi masalah, maka pihak hosting akan segera tanggap untuk memperbaikinya.

10. Jumlah Klien

Jumlah Klien

Memang kualitas sebuah hosting tidak tergantung pada kliennya saja. Tapi, kalau Anda ingin memercayakan website Anda sepenuhnya pada sebuah hosting, maka Anda bisa memerhatikan klien-klien yang dimiliki hosting tersebut.

Jika sekiranya hosting yang Anda pilih sudah punya banyak klien dimana-mana, atau lebih bagus mampu menggandeng klien dengan website besar, maka bisa dipastikan hosting tersebut berpengalaman. Tapi, tips ini opsional, ya.

Itulah kesepuluh tips memilih hosting dengan bijaksana sesuai dengan kebutuhan website Anda. Jadi, apakah Anda sudah menentukan hosting terbaik untuk website Anda?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar