carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / Tips Aplikasi / Tips Memotret Objek Jarak Jauh dengan Menggunakan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Tips Memotret Objek Jarak Jauh dengan Menggunakan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 27 April 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK SAMSUNG

Kemajuan teknologi kamera pada ponsel pintar kian hari semakin menggaung dan tatkala menjadi intensi dalam memunuhi kebutuhan fotografi. Mulai dari fotografi makanan, jalanan, makro, panorama, hingga astrofotografi sekarang bisa dijajal hanya dengan menggunakan kamera ponsel pintar.

Tidak heran, kini setiap orang bisa menjadi seorang fotograper dadakan berkat sokongan konfigurasi kamera ponsel pintar. Guna untuk mendukung pengguna dalam menyalurkan hobi di dunia fotografi, banyak produsen ponsel pintar berlomba-lomba menciptakan gawai yang dibekali dengan sistem kamera mumpuni.

Salah satunya ialah Samsung, perusahaan ponsel pintar kenamaan ini rutin menelurkan produk terbarunya yang punya pengaturan kamera fantastis. Seperti Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, sebuah perangkat terbaru di kalangan flagship yang baru saja rilis pada Januari 2021.

Telisik Singkat Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Ponsel yang dibanderol Rp18.999.000 ini dirancang oleh kualitas layar yang kokoh. Layar 6.8 incinya berpanelkan ganda Dynamic AMOLED dengan rasio layar-ke-bodi 89.8%, sehingga membuat penggunanya lebih leluasa menjelajahi dan memandang perangkat ini. Sungguh luas bukan?

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G juga menyajikan laju penyegaran, kontras, tingkat kecerahan, dan ketajaman piksel yang dahsyat. Punya landasan sistem operasi Android 11, perangkat ini mengangkut prosesor Exynos 2100 bermanufaktur 5 nm yang menciptakan performa garang nan irit daya. Ditambah model ini mendapatkan suntikan baterai badak berdaya 5.000 mAh dengan pengisian cepat 25W.

Berteknologi NFC, model Ultra ini muncul dengan rangkaian kamera Quad yang lebih menakjubkan dibanding dari para pendahulunya. Mulai dari penyematan satu lensa utama ISOCELL HM3 berkonfigurasi 108 MP, dua buah lensa telefoto beresolusi 10 MP, hingga satu lensa ultrawide berukuran 12 MP. Lewat sistem kameranya ini sudah dapat dipastikan buah karya yang diproduksi akan artistik dan rancak.

Beralih pada kamera selfie-nya yang tidak kalah memberikan penawaran yang menarik, resolusinya berukuran tinggi yakni 40 MP dengan bukaan f/2.2. Konfigurasi ini akan menyuguhkan hasil gambar berkualitas yang tampak lebih tajam dan detil. Untuk mendalami lebih lanjut soal perangkat ini bisa kunjungi artikel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Menangkap Gambar Jarak Jauh dengan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Dengan sajian pengaturan kamera yang luar biasa, kali ini Carisinyal akan mengajakmu untuk membuktikan kecanggihan dari kamera yang dimiliki Samsung Galaxy S21 Ultra 5G lewat tips memotret sebuah objek jarak jauh. Yuk, langsung saja simak tipsnya berikut ini!

1. Cari Konsep yang Ouf of the Box

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan sebelum membidik objek jarak jauh ialah menemukan konsep. Bagi sebagian orang mungkin hal ini sering kali terlewati, sehingga proses pengambilan malah berujung asal jepret dan mengurangi sisi kemewahan kamera yang telah diusung oleh Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Mencari sebuah konsep sebelum memotret dapat dikatakan sangat esensial terlebih bagi mereka yang memang punya fokus lebih dalam dunia fotografi.  Kamu bisa mencari referensi foto di internet atau media sosial seperti Pinterest, DudePins, Instagram, dan platform sejenisnya. Dengan demikian, sadar tidak sadar kegiatan ini dapat merangsang otakmu untuk menumbuhkan sebuah konsep menarik dan segar untuk difoto.

2. Mencari Objek untuk Dibidik

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, 10x Zoom

Setelah meramu konsep, langkah berikutnya kamu harus mencari objek untuk dibidik. Dalam memotret objek jarak jauh kamu bisa memilih bangunan atau gedung, gunung, pesawat terbang, hingga benda angkasa seperti bulan. Lalu, apakah Samsung Galaxy S21 Ultra 5G mampu memotret objek tersebut?

Jelas, bisa! Kamera utama milik ponsel pintar besutan Samsung ini punya kemampuan 3x optikal zoom, 10x optical zoom, dan mampu mengambil gambar yang diperbesar secara digital hingga 30x dan 100x. Jadi, apapun objek jauhnya kamera ponsel pintar ini dapat membidiknya dengan hasil yang masih tampak jelas objeknya.

3. Pastikan Lensa Kamera Bersih

Kiranya kamu sudah mendapatkan konsep sesuai dengan selera dan telah menentukan objek jarak yang akan dibidik, tips berikutnya kamu bisa memulai dengan membersihkan lensa pada kamera utama yang nangkring di area cangkang perangkat.

Hal ini untuk memastikan sensor kamera utama terhindar dari debu atau kotoran yang menempel. Dengan demikian, saat proses pengambilan gambar tidak ada yang menghalangi lensa kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Kamu bisa menggunakan lap kain Microfiber atau tisu untuk membersihkan lensa kamera.

4. Memilih Mode

Mode di Aplikasi Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

 Meski sistem kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G telah dibenamkan kecerdasan buatan (AI) yang otomatis akan menyetel pengaturan sesuai dengan keadaan atau situasi objek berada, pengguna tetap masih bisa mengatur mode sesuai keinginan. Seperti menata kecerahan, ketajaman, kontras, warna, dan lain sebagainya.

Namun, apabila pengguna ingin mencoba mode otomatis, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G telah menyediakan beberapa mode yang menarik seperti mode malam, portrait, panorama, dan lainnya. Misalnya, saat ingin memotret sebuah bangunan tinggi di kala malam hari, kamu bisa menggunakan mode malam yang sudah diracik dengan baik oleh AI.

5. Kelola Perbesaran Zoom

Tampilan Aplikasi Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Untuk penggunaan fitur zoom pada kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G sangat mudah. Di saat pertama kali kamu membuka aplikasi kamera, kamu akan melihat beberapa ikon daun kecil. Dua di antaranya adalah ikon daun tunggal berarti memperbesar (semakin dekat dengan objek) dan ikon dengan tiga daun berarti menggunakan lensa super lebar (menangkap lebih banyak objek dalam satu bidikan).

Mengetuk ikon daun tersebut akan membawamu lebih cepat menuju ke zoom 0,6x, 1x, 3x atau 10x. Kamu juga bisa menahan lebih lama ikon daun tersebut, nantinya akan muncul indikator yang berbentuk seperti penggaris bermuatan angka zoom hingga 100x pembesaran.

Kamu juga bisa menuju pengaturan kamera dan menuju menu “Shooting Methods”. Dilanjutkan dengan memilih “Press Volume Keys to”, yang memberikan tiga pilihan yakni Take Picture or Record Video, Zoom in or out, dan Control system volume. Tekanlah opsi “Zoom in or out”, hal ini akan memudahkanmu saat memotret objek jarak jauh karena opsi ini menawarkan angka zoom yang lebih spesifik.

6. Mengatur Sudut Pengambilan

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, 10x Zoom

Dalam hal ini kamu dituntut untuk bisa berani bereksplorisasi, jangan pernah ragu dan takut untuk memotret sebuah objek dari berbagai sudut pandang. Kamu bisa mengimplementasikan beberapa sudut pengambilan seperti bird eye, high angle, low angle, hingga eye angle.

Sebagai contoh saat kamu ingin mengambil gambar gedung yang jauh, kamu bisa membidiknya secara eye angle atau sejajar dengan gedung tersebut. Bisa juga kamu mengambil foto dari bawah gedung tersebut dengan metode low angle, untuk membidik kawasan atas gedung.

7. Pengambilan Foto Jarak Jauh

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G, 30x Zoom

Sekiranya langkah-langkah di atas telah kamu praktikan, terakhir saatnya kamu mulai beraksi untuk membidik objek jarak jauh menggunakan konfigurasi kamera utama Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang telah kamu atur atau pilih sebelumnya.

Pastikan kamu memegang perangkat dengan kuat untuk menghindari guncangan saat proses pengambilan foto. Bila memungkinkan kamu juga dapat menggunakan tripod atau penyangga kamera untuk menimalisir suatu guncangan. Merasa semua sudah siap, tekanlah tombol Shutter untuk mendapatkan gambar dari objek berjarak jauh tersebut.

8. Membuka Aplikasi Editing Foto (Opsional)

Tahapan ini bisa dibilang opsional dan tergantung selera pemotret. Kamu bisa mempercantik hasil gambar objek berjarak jauh tadi dengan menggunakan perangkat lunak editing foto. Hal ini tidak menutup kemungkinan gambar asli yang dibidik tidak sesuai harapan.

Sebagaimana yang kita tahu, biasanya hasil gambar dari Zoom yang besar atau berkali lipat akan tampak agak kabur. Namun, dalam hal ini hasil karya dari jepretan kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G tidak sangat burem yang dibayangkan, yah!

Sebagai contoh, kamu dapat memasang dan memoles gambar di aplikasi VSCO, Adobe Lightroom, Snapseed atau Afterlight. Lewat aplikasi tersebut kamu dapat mengatur kembali soal pencerahan, kontras, dan lain-lain, sehingga menghasilkan gambar objek jarak jauh sesuai ekspektasi.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat kamu terapkan saat menggunakan kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G untuk memotret objek jarak jauh. Semoga lewat artikel ini bisa membantumu yang mungkin sedang kesulitan saat menggunakan kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram