carisinyal web banner retina

Domain Expired Bisa Dibeli Lagi atau Tidak? Temukan Jawabannya di Sini!

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 8 September 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR Permanen Link Hostinger.co.id

Domain menjadi salah satu kebutuhan penting bagi Anda yang ingin membangun sebuah bisnis. Domain merupakan sebuah nama unik yang akan dipakai untuk mengidentifikasi sebuah website. Ternyata domain ini memiliki masa berlaku dan bisa expired. Lalu, bagaimana jika domain expired? Apakah bisa dibeli kembali atau tidak? Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai penanganan domain yang expired.

Solusi untuk Mengatasi Domain yang Sudah Expired

Sebelum mengetahui solusi untuk mengatasi domain yang sudah expired, ada baiknya Anda mengenal dan memahami lebih jauh tentang pengertian domain expired dan siklus status domain sebagai berikut.

Pengertian

expired domain_

Mari pahami dulu apa itu sebenarnya domain yang sudah expired. Ini merupakan jenis domain yang masa aktifnya telah dinyatakan habis. Setiap domain memiliki masa aktif yang berbeda, ada yang satu tahun dan ada juga yang lebih dari itu. Masa aktif ini bisa diketahui ketika pengguna melakukan pembelian. Biasanya sudah dijelaskan mengenai biaya domain beserta masa berlakunya.

Jika masa aktif atau jangka waktu pemakaian domain sudah habis, maka statusnya adalah expired. Domain ini tidak akan bisa diregistrasi secara langsung begitu masa berlakunya habis. Harus ada masa jeda jika ingin mendaftarkan kembali domain tersebut. Umumnya masa jeda untuk mendaftarkan kembali sebuah domain yang sudah expired adalah 80 hari atau mencapai 3 bulan.

Jadi jika ada pertanyaan domain yang telah expired apakah bisa dibeli lagi atau tidak? Jawabannya adalah bisa, namun harus menunggu masa jeda tersebut. Satu tips bagi Anda yang menginginkan sebuah nama domain yang dianggap bagus tapi sudah expired maka cek lagi setelah 3 bulan. Jika belum digunakan orang lain maka domain tersebut available untuk dipakai.

Siklus Status Domain

domain-life-cycle_

Agar bisa lebih mengenal status domain yang expired ini, mari kita pahami dulu siklus status pemakaian domain. Setelah beli domain sebaiknya memahami aturan siklus ini sehingga tahu status domain yang sedang digunakan saat ini. Berikut adalah siklus status sebuah domain:

  • Domain Aktif

Jelas dari namanya bisa diketahui bahwa ini merupakan status domain yang masih aktif. Ini menjadi tahap awal dari siklus pemakaian domain. Jangka waktu aktifnya ini sangat bervariasi tergantung kesepakatan yang sudah ditentukan oleh pihak penyedia domain serta pengguna domain.

Pada umumnya, rata-rata masa aktif domain berlangsung selama 2 hingga 10 tahun. Namun ada juga penyedia domain yang menawarkan masa aktif lebih lama. Jadi bisa dicari saja mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, penyedia domain juga biasanya akan menyediakan penawaran ekstensi dengan beragam pilihan periode waktu.

  • Renewal Grace Period

Tahap ini merupakan fase dimana masa aktif domain telah habis. Jika masa aktif selesai maka domain akan masuk ke siklus ini dan rata-rata berlangsung selama 30 hingga 40 hari. Dalam tahap ini berarti domain sudah tidak aktif lagi alias expired. Domain ini tidak lagi bisa digunakan dan akan diparkir oleh registrar pada halaman komersial.

Fase ini juga biasa dikenal sebagai masa tenggang. Dalam tahap ini domain masih bisa diperbarui oleh pemilik jika memang masih ingin digunakan kembali. Tentunya proses perpanjang domain ini juga akan membutuhkan biaya. Namun jika tidak ingin dipakai lagi maka domain akan masuk ke fase berikutnya.

  • Redemption Period

Jika domain expired tadi tidak diperpanjang, maka secara otomatis akan masuk ke tahap redemption grace period. Tahap ini akan berlangsung selama kurang lebih 30 hari. Domain yang masuk ke fase ini artinya sudah dihapus oleh registrar dari halaman komersial. Artinya, domain tidak akan bisa dipakai lagi dan sudah tidak bisa diperbarui lagi oleh pemilik domain sebelumnya.

Pada beberapa kasus, pemilik domain tiba-tiba berubah pikiran dan masih ingin menggunakan domain tersebut. Jika hal ini terjadi maka pemilik domain dapat mendaftarkan ulang domain tadi. Hanya saja proses ini akan membutuhkan biaya yang sangat mahal, bahkan besarnya bisa 10 kali lipat lebih mahal dari harga awal domain. Jadi, lebih baik dipikirkan matang-matang apakah akan ekstensi atau tidak.

  • Pending Delete

Fase berikutnya yang harus dilalui oleh sebuah domain setelah masa redemption habis adalah pending delete. Jika domain tidak didaftarkan ulang setelah redemption period habis maka akan langsung masuk ke tahap ini. Pending delete ini merupakan fase dimana kepemilikan domain akan segera dihapus secara permanen dan domain akan dijual.

Secara otomatis, pemilik domain yang sebelumnya sudah tidak bisa melakukan apapun lagi untuk mendapatkan kembali domain ini. Domain ini statusnya sudah dilepaskan dan akan dijual umum. Biasanya periode pending delete ini berlangsung singkat selama 5 hingga 7 hari saja.

  • Available for Registration

Tahap ini menjadi sebuah permulaan yang baru bagi sebuah domain. Domain yang sudah expired dan dinyatakan tidak diperbarui lagi maka akan dijual kembali. Di masa ini, domain tersebut akan menjadi domain baru yang statusnya bebas digunakan oleh siapa saja. Semua orang bisa mendapat kesempatan yang sama untuk mendapatkan domain tersebut.

Jika domain sudah sampai ke fase ini artinya domain tersebut siap untuk memasuki siklus yang baru dari awal lagi. Ada banyak sekali pilihan nama domain yang bisa Anda temukan di fase ini. Anda bisa memilih nama domain yang dirasa paling pas dengan website yang ingin Anda kembangkan.

Tips Membeli Domain yang Expired

domain_

Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa Anda bisa mendapatkan domain yang sudah expired selama masa jedanya terpenuhi. Pembelian bisa dilakukan jika domain sudah benar-benar dilepaskan dan bebas dibeli siapa saja. Namun pembelian domain yang expired ini juga harus dilakukan secara hati-hati.

Anda tentu tidak bisa sembarangan memilih domain meskipun memang merasa domain tersebut bagus. Perlu dipahami kembali bahwa domain ini statusnya expired sehingga artinya sudah pernah digunakan oleh orang lain. Jadi, pastikan untuk cermat memilih mana jenis domain kadaluwarsa yang masih aman untuk dipakai. Berikut 2 tips yang bisa diterapkan saat memilih domain yang telah kedaluwarsa ini:

  • Cek Kemungkinan Spam

Silakan pastikan bahwa domain yang akan digunakan tidak pernah terindikasi melakukan spam. Jika pemilik lama dari domain tersebut ternyata sering menggunakan domain untuk spam, maka lebih baik dihindari. Jangan sampai website Anda mendapatkan rating yang buruk di mata pengunjung karena hal ini. Lebih baik pastikan dulu kredibilitas domain tersebut sebelum menggunakannya.

  • Periksa Otoritas Domain
Domain Authority_

Selain memeriksa indikasi spam, silakan periksa otoritas domain yang akan dipakai. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kekuatan sebuah website lewat jenis domain tersebut. Pemeriksaan otoritas ini bisa dilakukan dengan melihat Domain Authority atau DA memakai tools tertentu. Paling tidak, pilihlah domain yang nilai DA-nya mencapai minimal 20+.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai domain yang telah expired. Jika Anda ingin beli domain maka tipe domain seperti ini bisa dijadikan pilihan. Apalagi jika ada nama domain yang dinilai bagus dan cocok dengan website Anda. Namun, pastikan untuk tetap berhati-hati agar domain yang dipilih bisa membawa keberuntungan.

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram