Carisinyal / Audio / 5 Tips Merawat Headphone Bluetooth agar Tetap Awet

5 Tips Merawat Headphone Bluetooth agar Tetap Awet

Headphone bluetooth adalah aksesoris hp yang memudahkan Anda saat akan mendengarkan musik dan radio. Keunggulan dari headphone ini adalah tidak ada kabel, jadi lebih praktis digunakan untuk jarak yang agak jauh. Harga elektronik ini cukup terjangkau.  Bagaimana cara merawatnya?

headphone bluetooth

Ini Cara Merawat Headphone Bluetooth agar Tahan Lama

1. Jauhkan dari Air

Headphone bluetooth berbeda dari headphone biasa, karena ada baterai di dalamnya. Anda tidak boleh memakainya saat mandi atau berenang. Bahkan saat hujan, bungkus dengan plastik lalu simpan di dalam tas. Hati-hati saat Anda mendengarkan musik sambil minum, airnya jangan sampai terciprat. Tetesan air akan merusak barang elektronik. Jadi, jauhkan headphone dari setiap sumber air.

2. Bersihkan dengan Tisu

Jangan bersihkan headphone ini dengan lap basah, karena takut airnya akan bocor dan merusaknya. Harga elektronik ini lumayan terjangkau, tapi Anda tentu harus merawatnya dengan hati-hati. Bersihkan headphone dengan tisu yang kering atau lap dengan kain flanel.

Untuk bagian headphone yang jadi tempat mengeluarkan suara, bersihkan dengan cotton buds, tapi jangan basahi dengan air. Sebagai gantinya, teteskan alkohol pada cotton buds, lalu bersihkan lubang-lubang kecil itu dengan teliti. Dengan begitu, suara yang keluar dari headphone akan tetap jernih dan nyaring.

3. Simpan di Kotak

Saat Anda tidak memakai headphone bluetooth, simpan di dalam kotak. Anda bisa menyimpannya dalam kotak kacamata atau kantong yang terbuat dari kain flanel. Saat akan tidur, lepaskan headphone dari telinga dan simpan di meja rias. Jangan sampai Anda tertidur dan tidak sengaja menindih headphone, karena akan membuatnya cepat rusak.

4. Jangan Mengisi Daya Terlalu Lama

Saat Anda meng-charge atau mengisi daya headphone, jangan ditinggal selama semalam. Headphone dan barang elektronik lain yang kelebihan daya akan lekas rusak. Waktu ideal untuk mengisi daya listriknya, saat pertama kali dibeli, adalah 90 hingga 120 menit. Selanjutnya, Anda hanya butuh 60 menit untuk mengisi dayanya.

Sebaiknya isi daya headphone bluetooth ketika dalam kondisi mati. Setelah selesai, segera cabut headphone lalu simpan jika tidak digunakan. Ingin mengecek harga headphone dan harga elektronik lainnya? Cek di marketplace langganan Anda.

5. Jauhkan dari Anak-anak

Anda punya anak kecil atau keponakan berusia balita? Jangan memakai headphone bluetooth di depan mereka, karena akan dianggap mainan. Mereka bisa merebutnya, lalu mengutak-atik, bahkan membanting dan mengulumnya. Headphone bluetooth Anda akan lekas rusak. Jadi, simpan headphone dalam kotak lalu masukkan ke lemari saat ada anak kecil.

Saat merawat headphone bluetooth,  Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Cukup simpan dalam kotak atau kantong yang kering, dan masukkan ke dalam lemari jika perlu. Jangan taruh sembarangan, karena headphone bisa tidak sengaja terjatuh dan dijadikan mainan oleh para keponakan yang masih bayi.

Lalu di mana Anda bisa membeli headphone bluetooth yang keren? Dapatkan hanya di Bukalapak, marketplace yang menjual headphone dan aksesoris handphone lain dengan harga terjangkau. Harga headphone dan harga elektronik di Bukalapak juga bisa dinego jika Anda membuka aplikasi Bukalapak.

Transaksi di Bukalapak juga aman, karena menggunakan rekening bersama. Anda juga bisa membayarnya lewat ATM, m-banking, dan kasir minimarket. Cari headphone Bluetooth? Buka saja Bukalapak.

About the Author:

Leave A Comment