carisinyal web banner retina

8 Rekomendasi Tren Warna Desain Web untuk Inspirasimu

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 24 November 2021

Pembuatan website saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib saat akan memulai bisnis digital. Salah satu komponen penting yang harus diperhatikan adalah konsep desain. Menyesuaikan dengan trend warna desain web bukanlah hal mudah. Perlu pertimbangan juga diskusi yang baik antara develop dan client.

Kesan pertama pengunjung ketika mengunjungi situs online sangatlah penting. Untuk membuat calon pelanggan semakin betah dan tertarik Anda bisa ambil beberapa konsep tren warna desain terbaru. Dibawah ini ada beberapa pilihan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk lengkapi websitemu.

1. Full-Page Header Bikin Website Terlihat Fokus

8 Rekomendasi Tren Warna Desain Web untuk Inspirasimu 1

Teknik satu ini sangat umum digunakan oleh para developer saat mengerjakan proyek dari para kliennya. Dengan tampilan satu warna pada halaman utama situs mengajak para user langsung fokus ke informasi utama yang dihadirkan. Pengunjung tidak terganggu dengan warna desain terlalu kontras.

Untuk bisa menggunakan desain full- page header ini usahakan untuk cari ukuran paling sesuai. Harus proporsional antara elemen satu dengan lainnya. Ukuran standar biasa digunakan adalah 1600 X 500 pixels. Dengan begitu bisa menampung semua bagian header dengan baik.

2. Gradient Color yang Dinamis

8 Rekomendasi Tren Warna Desain Web untuk Inspirasimu 3

Selain menggunakan fokus satu warna saja, Anda juga bisa menunjukkan transisi warna secara bertahap pada website. Trend ini akan membuat web nampak lebih hidup sehingga para pengunjung dimanjakan oleh visual yang cantik. Selain itu kesannya juga menenangkan karena efek dramatis.

Sebagai referensi biasanya develop akan memberikan semacam tips pemilihan warna. Seperti menentukan fokus desain agar bisa membuat area gelap terang terlihat. Selain itu cobalah untuk cari inspirasi dari berbagai web dengan konsep bisnis sejenis, siapa tahu bisa jadi alternatif  mengesankan.

3. Grid Layout yang Menarik

8 Rekomendasi Tren Warna Desain Web untuk Inspirasimu 5

Pilihan selanjutnya adalah grid layout yang akan membagi halaman dalam beberapa kolom. Sehingga nantinya warna yang ditampilkan juga akan berbeda-beda. Saat ini trend warna grid layout memang sedang jadi kesukaan para pembuat situs.  Kesannya memang sangat unik dan menarik.

Namun kesulitannya adalah tetap pertimbangkan proporsi yang tepat. Jangan sampai terlalu fokus hanya pada estetika saja sehingga menghilangkan fungsionalitasnya. Meski nampak terlihat estetik Anda akan kelihatan jati diri. Lama kelamaan pengunjung akan semakin bosan dan meninggalkan situs.

4. Progress Bar Simpel Tapi Tetap Proporsional

8 Rekomendasi Tren Warna Desain Web untuk Inspirasimu 7

Trend selanjutnya yang bisa Anda coba adalah Progress bar. Visualnya memang terlihat unik dan modern, sesuai untuk menunjukkan konsep perusahaan start up ataupun skala besar. Jadi bisa membuat pengunjung semakin betah di dalam situs tersebut. Peluang membeli barang semakin besar.

Progress bar juga  sangat cocok untuk menampilkan halaman tracking. Anda bisa memperlihatkan status pengiriman barang agar pelanggan bisa melakukan pelacakan. Biasanya desain pada halaman ini memang sederhana, warna yang ditunjukkan tidak terlalu mencolok agar fokus tidak terbagi.

5. Ultra Minimalist Navigation yang Singkat dan Jelas

8 Rekomendasi Tren Warna Desain Web untuk Inspirasimu 9

Desain satu ini sering digunakan oleh perusahaan besar. Ultra minimalist navigation membuat konten terlihat stand out, sehingga fokus pelanggan tidak mudah terbagi. Tujuan website dapat tersampaikan dengan maksimal karena tidak ada konten lain di dalam halaman tersebut.

Untuk memudahkan pemilihan biasanya developer juga akan memberikan bantuan. Misalnya menggunakan hirarki menu yang tepat, gunakan juga nama singkat cukup jelas. Pemakaian ikon seperti ini tidak memerlukan adanya penjelasan panjang lebar. Tinggal pakai satu gambar saja agar jelas.

6. Human Face Agar Tampilan Website Autofocus

8 Rekomendasi Tren Warna Desain Web untuk Inspirasimu 11

Desain pada web tidak melulu harus menggunakan warna full pada cover. Human face juga sedang menjadi trend web design 2021 karena terlihat lebih dinamis dan fungsional. Tak heran jika sampai saat ini masih semakin banyak orang menggunakannya. Selain itu human face juga meningkatkan kredibilitas.

Manfaat dari human face sendiri sangat banyak. Branding produk lebih terbangun dengan maksimal karena barang langsung terlihat detailnya. Human face sangat cocok digunakan untuk promosi barang retail fashion ataupun aksesoris. Langkah penting lain bisa diskusikan dengan jasa digital marketing.

7. Hand-Drawn Design Element

8 Rekomendasi Tren Warna Desain Web untuk Inspirasimu 13

Trend  desain website 2021 ini sangat cocok bagi Anda yang ingin ada keterikatan emosional dengan pengunjung. Pasalnya tema yang digunakan memang terlihat estetik dan berasa story telling. Konsepnya terlihat berbeda, semua elemen berada dalam halaman tersebut layaknya painting atau lukisan cantik.

Website tampak lebih unik dan menarik di mata pengunjung. Jadi tidak salah jika akhirnya banyak orang memilih menggunakan Hand-drawn design element. Namun ingat walaupun tampaknya mudah dan simple, Anda tetap harus berhati-hati agar kesannya terasa tepat dan proporsional.

8. Bold Font Buat Website Tampak Profesional

8 Rekomendasi Tren Warna Desain Web untuk Inspirasimu 15

Selanjutnya adalah Bold font. Desain satu ini biasanya digunakan untuk website arsitektur atau konstruksi bangunan.  Kombinasi elemen yang digabungkan dalam situs memang terlihat sinkron dan mempertegas informasi dari dalam situs tersebut. Tidak terlalu memerlukan banyak warna atau gradasi.

Bold font juga bisa digunakan untuk memandu pengunjung mengetahui bagian informasi mana yang harus ditonjolkan. Ada trik dan tipsnya sendiri agar nantinya bold font dalam website terlihat menarik dan menyenangkan. Misalnya saja dengan mengatur kontras atau memilih jenis font yang jelas.

Sebenarnya masih banyak lagi trend desain warna pada website bisa Anda temui. Sebelum menentukan satu konsep cobalah jadi referensi sebanyak mungkin. Selanjutnya, diskusikan pada jasa pemasaran online mana yang cocok digunakan sebagai tampilan di website, dan jangan sampai menyesal. 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram