carisinyal web banner retina

10 Android TV Box Murah dan Terbaik di bawah 500 Ribu 2021

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 23 Juli 2021

Smart TV dan TV dengan OS Android adalah produk elektronik yang sekarang cukup digandrungi. Pasalnya, dengan layar yang besar, Anda bisa menikmati berbagai konten televisi sekaligus berbagai konten di internet. Namun, tentu untuk mendapatkan tipe TV tersebut, Anda harus mengeluarkan dana jutaan.

Untungnya, ada solusi bagi Anda yang masih memiliki TV tipe lama (baik dengan dukungan port HDMI maupun RCA) dan ingin mengubahnya menjadi sebuah TV Android. Anda hanya perlu menambahkan sebuah perangkat STB (set-top-box) atau TV box Android. TV box ini nantinya bisa terhubung ke televisi dan memungkinkan TV menampilkan konten hiburan di internet alias bisa seperti smartphone dengan OS Android.

Di pasaran sendiri, ada banyak TV box Android yang dijual. Beberapa TV box Android berkualitas malah dijual dengan harga cukup mahal, bisa mencapai jutaan. Jika dana Anda terbatas, Anda bisa memilih TV box Android dengan harga murah, tak sampai Rp500 ribu. Memang ada? Tentu saja ada dan daftarnya bisa Anda simak berikut ini.

1. TV Box H96 MAX

h96-max

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Dengan prosesor quad core ARM Cortex-A53 berkecepatan 1,5 Ghz yang diusung STB ini, Anda dapat menikmati layanan multimedia dengan performa baik. Dari varian ROM dan RAM yang tersedia, ada satu pilihan yang bisa dimiliki dengan harga Rp 400 ribuan saja, yakni RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Storage ini cukup besar jika Anda ingin menampung banyak film supaya tidak perlu mencolokkan flash disk.

Selain itu, ketersediaan Google Play Store pada STB ini dapat memberikan banyak kebebasan untuk meningkatkan pengalaman menonton TV Anda. Anda dapat menggunakan KODI – aplikasi super dengan fitur multimedianya yang sangat lengkap, juga aplikasi Netflix, YouTube, Facebook, dan masih banyak lagi. Oh iya, Android pada H96 Max ini sudah versi Pie, lho!

Untuk Anda yang memiliki TV 4K, STB ini juga didukung dekoder yang mampu memutarkan film HD 4K (4096 x 2160 piksel) agar kualitas film yang ditonton sangat jernih. Dan juga, jika Anda memiliki TV tabung yang tidak terpakai, Anda bisa menyulapnya menjadi TV pintar dengan menghubungkan STB ini menggunakan kabel RCA yang dicolokkan ke port AV.

2. HK1 Mini

hk1-mini

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

HK1 Mini merupakan Android TV box lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan harga murah. STB ini memiliki kapasitas RAM sebesar 2 GB dengan kapasitas storage 16 GB. Kalau storage ini masih terasa kurang, Anda bisa menambahkan TF card hingga kapasitas 64 GB.

Ditenagai dengan prosesor quad core berkecepatan 1,5 GHz, Anda tidak perlu kuatir navigasi pada layar menjadi lemot. Dukungan Android 8.1 pada STB ini juga membuat Anda mampu mengorganisir aplikasi dengan lebih baik dan navigasi yang lebih nyaman.

Ingin merasakan film HD beresolusikan 4K? Tentu bisa! Malahan, Anda mampu memutar film resolusi 4K (3840 x 2160 piksel) dengan kecepatan 60 fps yang dijamin super jernih dan mulus. Tinggal download film 4K-nya, simpan di flash disk Anda, lalu colokkan pada port USB 2.0 yang tersedia. Jika tertarik, Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 450 ribu.

3. TV Box MXQ Pro 4K

Android TV Box MXQ Pro 4K

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Jika Anda mencari STB Android yang bukan bekas STB Indihome tetapi dijual dengan harga murah, maka MXQ Pro 4K adalah jawabannya. Perangkat yang satu ini dijual dengan harga mulai Rp260 ribuan. Harga yang cukup masuk akal jika menilik spesifikasi yang ditawarkannya, salah satunya adalah dukungan menonton video dengan resolusi 4K.

Selain itu, MXQ Pro 4K ini juga hadir dengan berbagai aplikasi yang sudah dipasang dan beberapa aplikasi tambahan lainnya agar STB ini bisa menjalankan fungsi sebagai televisi layaknya sebuah TV pintar, salah satunya yang menarik hadirnya Google Play Store. Kehadiran Google Play Store ini tentu menarik mengingat tidak sedikit STB Android yang menghilangkan Google Play Store.

MXQ Pro 4K sendiri datang menawarkan spesifikasi seperti Amlogic S905X Quad-core cortex-A53 frequency 2.0GHz yang disokong dengan GPU Mali-450 5-Core GP. Sayangnya, RAM yang dimiliki STB ini hanya 1 GB dengan penyimpanan 8 GB. Namun, menariknya, MXQ Pro 4K ini telah hadir dengan OS Android 6.0 meskipun ada  yang menawarkan varian Android 5.0. Tertarik?

4. WeChip V10 2/16 GB

10 Android TV Box Murah dan Terbaik di bawah 500 Ribu [year] 4

TV box yang satu ini hadir dengan OS Android 10 dan chipset Quad-Core H616, yang memiliki stabilitas lebih kuat dan kecepatan proses lebih cepat daripada semua sistem dan chip generasi sebelumnya, membantu aplikasi memulai lebih cepat, mengkonsumsi lebih sedikit memori dan berjalan lebih lancar.

TV Box WeChip V10 juga hadir dengan dual WiFi 2.4G+5G dan 100M Ethernet LAN, sehingga Anda dapat mengunduh dan mengunggah lebih cepat dan merasakan sinyal yang lebih stabil. Di sisi lain, produk ini mendukung decoding video 6K H.265 dan profil media HDR.

TB Box ini juga sudah didukung dengan RAM 2 GB dan penyimpanan 16 GB. Dengan spesifikasi ini, HiPlay TX3 Mini dapat digunakan tidak hanya untuk kebutuhan hiburan tetapi bisa dipakai untuk memainkan beberapa game populer dengan grafis menengah ke bawah.

5. TV Box X96 Mini

TV Box X96 Mini

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

TV Box Android murah lainnya adalah X96 Mini. TV Box yang satu ini menawarkan spesifikasi yang serupa dengan HiPlay TX3. Dari mulai hardware yang digunakan sampai kapasitas memori yang digunakan, yakni Amlogic S905W dengan GPU Mali-450 dan sokongan RAM 2 GB DDR3. Selain itu, X96 Mini juga menawarkan OS Android 7.1 Nougat.

X96 Mini juga hadir dengan berbagai kelengkapan seperti fitur untuk memainkan video 4K dan full HD, hadirnya interface HDMI dan juga dukungan untuk memakai Miracast DLNA AIRPLAY. Di dalam aplikasi ini juga terdapat Kodi Krypton 17.6 yang banyak digunakan untuk mengakses berbagai saluran TV. Tertarik dengan X96 Mini ini? Jika tertarik, segera miliki TV Box dengan kisaran Rp380 ribuan.

6. TV Box X96 Max Plus 2/16 GB

10 Android TV Box Murah dan Terbaik di bawah 500 Ribu [year] 7

Hadir dengan Android 9.0, TV box yang satu ini didukung oleh CPU S905X3 yang menawarkan operasi yang lebih efisien, lebih aman, kompatibilitas yang lebih baik dari aplikasi terbaru, sehingga mampu menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik.

TV Box X96 Max Plus mendukung WiFi dual-band, dual-antenna (2x2 MIMO) untuk streaming yang lebih cepat dan koneksi yang terputus lebih sedikit daripada Wi-Fi standar. Dengan jaringan Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac dan 1000M LAN, Anda tidak perlu khawatir terjadi freezing dan buffering.

7. Tanix TX3 Mini

Tanix TX3 Mini 

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

Tanix TX3 Mini adalah TV Box Android lainnya yang bisa Anda pilih dengan harga Rp360 ribuan saja. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan sebuah TV Box dengan OS Android 7.1 Nougat  yang di dalamnya sudah terdapat aplikasi tambahan. Beberapa aplikasi tambahan, seperti aplikasi untuk mengakses channel premium, aplikasi TV, Kodi dan banyak lagi.

Tanix TX3 Mini sendiri hadir dengan Amlogic S905W yang di dalamnya terdapat prosesor quad core ARM Cortex-A53 dan GPU Mali-450. Selain itu, TV Box Android ini juga hadir menawarkan RAM 2 GB dan penyimpanan 16 GB. Spesifikasi yang ditawarkan ini tentu cukup bersaing dengan TV Box Android di kelas harga yang sama. Tertarik dengan Tanix TX3 Mini?

8. TV Box V88

10 Android TV Box Murah dan Terbaik di bawah 500 Ribu [year] 10

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cek Harga di Bukalapak

V88 adalah TV box lainnya yang dijual dengan harga murah yakni di bawah Rp400 ribuan atau sekitar Rp350 ribu. TV box yang satu ini hadir menawarkan OS Android 7.1 Nougat dengan chipset RK3328. Chipset ini hadir dengan prosesor 1.5GHz dan sokongan GPU Mali-450MP2.

Di bagian penyimpanan, V88 hadir dengan penyimpanan 8 GB dan RAM 1 GB. Spesifikasi ini memang tergolong standar tetapi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sebuah perangkat TV Box. Namun, harga murah tersebut ini ternyata karena V88 ini dijual tanpa dus. Jika hal ini tidak masalah silakan beli, ya.

9. TV Box X96Q 2/16 GB

10 Android TV Box Murah dan Terbaik di bawah 500 Ribu [year] 12

TV Box X96Q 2/16 GB ini didukung oleh OS Android 10.0 dengan chipset Allwinner H313 yang memiliki stabilitas yang kuat dan kecepatan proses yang cepat. TV box ini memiliki GPU Mali-G31, mendukung Vilkan danOPEMGL ES3.2. Dengan GPU bertenaga ini, kemampuan pemrosesan grafisnya cukup andal.

TV Box X96Q 2/16 GB mendukung decoding dan memainkan hampir semua format audio dan video populer, serta mendukung output 4K*[email protected] Dengan harga di angka Rp 300 ribuan, ini adalah salah satu Android TV box yang layak dipertimbangkan.

10. ERZA V8 1/8 GB

10 Android TV Box Murah dan Terbaik di bawah 500 Ribu [year] 14

ERZA V8 merupakan TV box Android yang hadir dengan OS Android 9.0. Fitur utama produk ini termasuk prosesor Rockchip RK3228A Quad Core Cortex A7 dengan GPU ARM Mali-400 GPU dan memiliki RAM 1 GB dan penyimpanan 8 GB.

Dengan harga yang terjangkau di angka Rp 200 ribuan, TV box yang satu ini mendukung pemutaran video 4K pada 60fps serta hadir dengan beberapa aplikasi resmi seperti YouTube, Vidio, iflix, Netflix, Disney+ Hotstar, dan lain-lain.

Dengan dana yang tidak lebih dari Rp400 ribu, jelas Anda bisa mendapatkan TV Box Android yang mumpuni sebagai perangkat hiburan. Terlebih dana tersebut cukup murah daripada Anda harus mengganti TV Anda ke smart TV yang tentunya memakan biaya berjuta-juta. Jadi, di antara daftar TV box murah tersebut mana yang membuat Anda tertarik untuk dipinang?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram