Inilah 4 Daftar Versi iPadOS yang Perlu Anda Ketahui

Ditulis oleh Aris Wibowo

Apple masih menjadi salah satu produsen gadget terbaik dunia. Menariknya, tidak hanya fokus memasarkan gadget, perusahaan asal Amerika ini juga mengembangkan sistem operasi miliknya bernama iOS. 

Sistem operasi ini dibuat secara khusus untuk perangkat mobile buatan Apple seperti iPhone, iPad dan iPod Touch.

iOS pun langsung menjadi pesaing tangguh sistem operasi Android. Walaupun secara jumlah pengguna, iOS masih kalah dengan Android, sistem buatan Apple ini memiliki penggemar dan keunggulan tersendiri. 

Salah satu yang membuat iOS digunakan ialah sistem keamanan sistem operasi yang lebih unggul dan lebih ketat. 

Menariknya, pada tahun 2019 silam, Apple memperkenalkan sistem operasi baru bernama iPadOS. Ini merupakan sistem operasi hasil perkembangan dari iOS yang khusus untuk produk iPad. 

Hadirnya sistem ini diharapkan membuat perangkat iPad bisa semakin mudah untuk multi-tasking. Pasalnya sistem ini menghadirkan sistem antarmuka yang berbeda dan diklaim kian mirip komputer.

Sejarah iPadOS

ipad os 15 1_

iPad pertama kali dirilis pada 2010 lalu dengan menggunakan sistem operasi iPhone OS 3.2. Kehadiran perangkat yang mirip tablet ini langsung mendapat tanggapan baik dari dunia teknologi. 

Pasalnya, iPad memiliki bentuk yang lebih ringkas namun memiliki fungsi yang cukup lengkap seperti laptop atau komputer. 

Sayangnya di awal peluncurannya, iPad masih kurang nyaman untuk kegiatan yang produktif seperti menulis dokumen atau membuat presentasi. 

Padahal Steve Jobs selaku pendiri Apple dalam presentasinya mengungkap bahwa iPad ini akan diposisikan sebagai penengah komputer dan smartphone.

Menyadari hal tersebut, Apple terus mengembangkan iPad generasi terbaru dengan menggunakan sistem operasi yang juga berkembang.

Sistem operasi yang awalnya bernama iPhone OS pun berganti nama menjadi iOS. iPad pun mulai menggunakan iOS 4 hingga iOS 12.    

Pada ajang WWDC 2019, Apple mengumumkan bahwa iPad akan mulai menggunakan sistem operasi baru hasil pengembangan dari iOS. Sistem itulah yang kini dikenal sebagai iPadOS. 

Daftar versi iPadOS

iPadOS 15

Dengan perkembangan teknologi saat ini, Apple terus menghadirkan berbagai versi iPadOS. Semenjak dirilis sudah ada beberapa versi yang dihadirkan Apple guna membuat perangkat iPad semakin nyaman digunakan.

Lantas, bagaimana perkembangan iPadOS dari masa ke masa? Simak ulasan daftar iPadOS dari versi awal sampai terbaru.

1. iPadOS 13

ipad os 13_

Seperti yang diketahui, Apple memang fokus mengembangkan seri iPhone dalam sepuluh tahun terakhir. Hal ini membuat iPad seakan terpinggirkan.

Namun, di tahun 2019, Apple akhirnya mulai mengembangkan sistem operasi khusus untuk iPad. Kehadiran iPadOS 13 ke iPad menjadi pengganti iOS 13 yang seharusnya digulirkan Apple ke semua produknya.

Kehadiran sistem operasi iPadOS ini dimaksudkan agar pengguna iPad bisa merasakan pengalaman menggunakan tablet yang optimal. 

Pasalnya, dahulu sebelum adanya iPadOS, pengalaman menggunakan iPad sama seperti iPhone karena dulu sama-sama menggunakan iOS.

Maka dari itu iPadOS hadir dengan sejumlah peningkatan yang berkualitas dan penting khususnya dalam hal sistem antarmuka yang kini rasa tablet. 


Beberapa ubahan penting dalam sistem iPad ini di antaranya mampu menampilkan konten di layar iPad dengan lebih baik. Ada juga control gerakan baru dan dukungan bagi iPad agar bisa terhubung mouse. Intinya, Apple ingin membuat iPad lebih berasa seperti komputer.

Menurut C.Velazco dari laman engadget.com, update yang dihadirkan dalam iPadOS versi awal ini memang tidak terlalu menonjol. Pasalnya masih banyak fitur yang mirip dengan iOS 13 yang digunakan di iPhone. 

Walaupun demikian, hadirnya sistem ini membantu mengurangi jarak iPad dan komputer dalam hal fungsi. Dalam iPadOS generasi awal ini, Apple menghadirkan sistem multi-tasking baru yang lebih baik dibanding iOS. 

Dalam fitur multi-tasking-nya, Anda dapat membuka berbagai aplikasi secara simultan. Untuk meng-edit atau meng-copy teks di dokumen pun kini dibuat lebih mudah dan cepat. 

Sistem operasi ini juga menghadirkan browser safari dalam versi desktop. Hal ini kian membuat iPad mirip dengan komputer. Anda pun dapat browsing lebih cepat dan mudah.  

2. iPadOS 14

ipad os 14_

Ini merupakan sistem operasi generasi kedua yang dirilis Apple untuk iPad. Diumumkan secara resmi pada 22 Juni 2020 dalam ajang WWDC, sistem ini membawa sejumlah ubahan besar untuk melanjutkan kesuksesan seri iPadOS 13. 

Apple sendiri memperkenalkan sejumlah fitur baru dalam iPadOS 14. Beberapa fitur ini sengaja dihadirkan agar iPad dapat digunakan semakin produktif dan mendekati fungsi komputer. 

Fitur pertama yang tampak ialah fitur Apple pensil terbaru dan layar multi-touch besar yang didesain ulang. 

Apple juga menghadirkan desain yang lebih ringkas untuk Siri, pencarian dan panggilan telepon. Hal ini dilakukan agar Anda dapat tetap fokus bekerja di iPad. Selain itu, Apple pun menghadirkan beberapa fitur cerdas seperti fitur yang mampu mengubah tulisan tangan menjadi teks secara otomatis. 

Menurut imore.com, secara keseluruhan, Apple berusaha membuat sistem operasi ini lebih ringan, sehingga iPad dapat digunakan bekerja lebih optimal. Bahkan di iPadOS 14 inilah sistem UI yang dihadirkan berbeda dari iOS. Ini membuat iPad seakan lepas dari bayang-bayang iPhone. 

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram