carisinyal web banner retina

Inilah Daftar Versi Sistem Operasi iPadOS dari Masa ke Masa

Ditulis oleh Aris Wibowo

Apple masih menjadi salah satu produsen gadget terbaik dunia. Menariknya, tidak hanya fokus memasarkan gadget, perusahaan asal Amerika ini juga mengembangkan sistem operasi miliknya bernama iOS. 

Sistem operasi ini dibuat secara khusus untuk perangkat mobile buatan Apple seperti iPhone, iPad dan iPod Touch.

iOS pun langsung menjadi pesaing tangguh sistem operasi Android. Walaupun secara jumlah pengguna, iOS masih kalah dengan Android, sistem buatan Apple ini memiliki penggemar dan keunggulan tersendiri. 

Salah satu yang membuat iOS digunakan ialah sistem keamanan sistem operasi yang lebih unggul dan lebih ketat. 

Menariknya, pada tahun 2019 silam, Apple memperkenalkan sistem operasi baru bernama iPadOS. Ini merupakan sistem operasi hasil perkembangan dari iOS yang khusus untuk produk iPad. 

Hadirnya sistem ini diharapkan membuat perangkat iPad bisa semakin mudah untuk multi-tasking. Pasalnya sistem ini menghadirkan sistem antarmuka yang berbeda dan diklaim kian mirip komputer.

Sejarah iPadOS

ipad os 15 1_

iPad pertama kali dirilis pada 2010 lalu dengan menggunakan sistem operasi iPhone OS 3.2. Kehadiran perangkat yang mirip tablet ini langsung mendapat tanggapan baik dari dunia teknologi. 

Pasalnya, iPad memiliki bentuk yang lebih ringkas namun memiliki fungsi yang cukup lengkap seperti laptop atau komputer. 

Sayangnya di awal peluncurannya, iPad masih kurang nyaman untuk kegiatan yang produktif seperti menulis dokumen atau membuat presentasi. 

Padahal Steve Jobs selaku pendiri Apple dalam presentasinya mengungkap bahwa iPad ini akan diposisikan sebagai penengah komputer dan smartphone.

Menyadari hal tersebut, Apple terus mengembangkan iPad generasi terbaru dengan menggunakan sistem operasi yang juga berkembang.

Sistem operasi yang awalnya bernama iPhone OS pun berganti nama menjadi iOS. iPad pun mulai menggunakan iOS 4 hingga iOS 12.    

Pada ajang WWDC 2019, Apple mengumumkan bahwa iPad akan mulai menggunakan sistem operasi baru hasil pengembangan dari iOS. Sistem itulah yang kini dikenal sebagai iPadOS. 

Daftar versi iPadOS

iPadOS 15

Dengan perkembangan teknologi saat ini, Apple terus menghadirkan berbagai versi iPadOS. Semenjak dirilis sudah ada beberapa versi yang dihadirkan Apple guna membuat perangkat iPad semakin nyaman digunakan.

Lantas, bagaimana perkembangan iPadOS dari masa ke masa? Simak ulasan daftar iPadOS dari versi awal sampai terbaru.

1. iPadOS 13

ipad os 13_

Seperti yang diketahui, Apple memang fokus mengembangkan seri iPhone dalam sepuluh tahun terakhir. Hal ini membuat iPad seakan terpinggirkan.

Namun, di tahun 2019, Apple akhirnya mulai mengembangkan sistem operasi khusus untuk iPad. Kehadiran iPadOS 13 ke iPad menjadi pengganti iOS 13 yang seharusnya digulirkan Apple ke semua produknya.

Kehadiran sistem operasi iPadOS ini dimaksudkan agar pengguna iPad bisa merasakan pengalaman menggunakan tablet yang optimal. 

Pasalnya, dahulu sebelum adanya iPadOS, pengalaman menggunakan iPad sama seperti iPhone karena dulu sama-sama menggunakan iOS.

Maka dari itu iPadOS hadir dengan sejumlah peningkatan yang berkualitas dan penting khususnya dalam hal sistem antarmuka yang kini rasa tablet. 

Beberapa ubahan penting dalam sistem iPad ini di antaranya mampu menampilkan konten di layar iPad dengan lebih baik. Ada juga control gerakan baru dan dukungan bagi iPad agar bisa terhubung mouse. Intinya, Apple ingin membuat iPad lebih berasa seperti komputer.

Menurut C.Velazco dari laman engadget.com, update yang dihadirkan dalam iPadOS versi awal ini memang tidak terlalu menonjol. Pasalnya masih banyak fitur yang mirip dengan iOS 13 yang digunakan di iPhone. 

Walaupun demikian, hadirnya sistem ini membantu mengurangi jarak iPad dan komputer dalam hal fungsi. Dalam iPadOS generasi awal ini, Apple menghadirkan sistem multi-tasking baru yang lebih baik dibanding iOS. 

Dalam fitur multi-tasking-nya, Anda dapat membuka berbagai aplikasi secara simultan. Untuk meng-edit atau meng-copy teks di dokumen pun kini dibuat lebih mudah dan cepat. 

Sistem operasi ini juga menghadirkan browser safari dalam versi desktop. Hal ini kian membuat iPad mirip dengan komputer. Anda pun dapat browsing lebih cepat dan mudah.  

2. iPadOS 14

ipad os 14_

Ini merupakan sistem operasi generasi kedua yang dirilis Apple untuk iPad. Diumumkan secara resmi pada 22 Juni 2020 dalam ajang WWDC, sistem ini membawa sejumlah ubahan besar untuk melanjutkan kesuksesan seri iPadOS 13. 

Apple sendiri memperkenalkan sejumlah fitur baru dalam iPadOS 14. Beberapa fitur ini sengaja dihadirkan agar iPad dapat digunakan semakin produktif dan mendekati fungsi komputer. 

Fitur pertama yang tampak ialah fitur Apple pensil terbaru dan layar multi-touch besar yang didesain ulang. 

Apple juga menghadirkan desain yang lebih ringkas untuk Siri, pencarian dan panggilan telepon. Hal ini dilakukan agar Anda dapat tetap fokus bekerja di iPad. Selain itu, Apple pun menghadirkan beberapa fitur cerdas seperti fitur yang mampu mengubah tulisan tangan menjadi teks secara otomatis. 

Menurut imore.com, secara keseluruhan, Apple berusaha membuat sistem operasi ini lebih ringan, sehingga iPad dapat digunakan bekerja lebih optimal. Bahkan di iPadOS 14 inilah sistem UI yang dihadirkan berbeda dari iOS. Ini membuat iPad seakan lepas dari bayang-bayang iPhone. 

Sepanjang tahun 2020 hingga 2021 sebelum iPadOS 15 rilis, Apple cukup sering menghadirkan update sistem. Baik update ringan hingga update dengan tambahan fitur baru. Ini membuktikan keseriusan Apple untuk membuat iPad senyaman dan seimbang laptop.

Menariknya pada pertengahan tahun tepatnya 26 April 2021, Apple menghadirkan update iPadOS versi 14.5. Dalam update ini, Apple menghadirkan interface baru untuk Siri. 

Tidak hanya itu, Apple juga membenahi Apple music. Yang menarik, iPad kini sudah support menggunakan controller Xbos maupun Playstation.

Selain itu, hampir sama dengan versi iPadOS 13, dalam versi ini Apple juga menghadirkan dukungan yang lebih cepat untuk drive USB dan kartu SD. 

Kini Anda dapat mengimpor gambar. iCloud juga sudah dapat mendukung berbagai folder bukan hanya file saja.

3. iPadOS 15

ipad os 15_

Menyadari sistem Android dan Windows yang terus berkembang untuk jajaran tablet dan laptop, Apple langsung bergerak dengan memperkenalkan versi ketiga iPadOS yakni iPadOS 15. Sistem operasi ini sendiri diumumkan pada ajang WWDC 8 Juni 2021. 

Apple memperkenalkan iPadOS 15 dengan sejumlah fitur baru dan sejumlah peningkatan fitur dari iPadOS 14. Perubahan ini diharapkan disukai para pekerja yang aktif menggunakan iPad.

Dalam sistem ini, iPad akhirnya mendapat widget layar beranda. Selain itu, widget di sistem ini lebih banyak dan mendukung berbagai aplikasi. Ukuran widget juga berbeda-beda. Pengguna iPad kini bisa mengatur dan menempatkan widget sesuai selera.

Widget sendiri sebetulnya sudah ada di iPadOS 14. Namun dalam sistem itu, widget di kunci hanya di layar home sebelah kiri saja. Hal ini membuat pengguna kesulitan menggunakan widget yang diinginkan.

Apple juga menghadirkan app library. Ini dapat berfungsi untuk menyembunyikan aplikasi atau mengurutkan aplikasi ke dalam beberapa kategori. Ini membuat Anda dapat mudah menemukan lokasi sebuah aplikasi dengan cepat.

Untuk mempermudah pekerjaan, Apple juga terus membenahi fitur multi-tasking. Kali ini, Anda bisa menggunakan aplikasi layar ganda dan menutupnya dengan menggeser ke samping. 

Ada juga mode split view dan mode jendela tengah yang bisa membantu Anda untuk bekerja dalam beberapa aplikasi sekaligus.

Ubahan menarik lain dalam iPadOS 15 ialah notes. Aplikasi catatan ini kian mirip dengan Google Documents. 

Anda kini dapat menandai orang di catatan, mengijinkan orang mengedit catatan dan membuka catatan dari berbagai perangkat dengan cepat dan mudah. 

Apple juga menghadirkan fitur Focus. Fitur ini dirancang untuk membatasi notifikasi ketika ada pengguna iPad atau iPhone tidak ingin diganggu. 

Anda dapat memilih notifikasi mana saja yang boleh muncul atau yang tdak boleh muncul saat jam kerja.

4. iPadOS 16 

ipad os 16_

Apple akhirnya kembali memperbaharui sistem operasi iPad dengan merilis iPadOS 16 di ajang WWDC 2022 6 Juni 2022. iPadOS 16 dirilis bersamaan dengan iOS 16 dan MacBook Air M2. 

Dalam update sistem terbaru ini, Apple menghadirkan berbagai fitur menarik seperti fitur multi-tasking yang dibuat lebih canggih dan cepat, berbagai aplikasi baru ala laptop, hingga sistem keamanan baru termasuk sistem keamanan di browser safari. 

Sayangnya, berbagai fitur baru iPadOS sudah tidak bisa dinikmati untuk semua model iPad. iPadOS terbaru ini hanya bisa digunakan di beberapa iPad seri baru. Untuk iPad Air 2 yang dirilis pada 2014 dan iPad Mini 4 yang dirilis pada 2015 juga sudah tidak mendapat update sistem terbaru ini. 

Nah, salah satu fitur unggulan iPadOS 16 ialah stage manager. Fitur ini diklaim akan membuat multi-tasking di iPad semakin mirip dengan laptop MacBook. 

Pasalnya, fitur ini memungkinkan pengguna membuka aplikasi dalam bentuk jendela yang dapat diatur ukurannya. 

Hal ini mirip dengan jendela di laptop. Tidak hanya 1 jendela aplikasi, Anda kini dapat membuka beberapa jendela aplikasi sekaligus.

Fitur terbaru iPadOS 16 ini sangat berguna untuk pengguna iPad yang suka melakukan multi-tasking. Dengan fitur ini, multitasking lebih mulus dan cepat tanpa harus menggunakan mode split screen

Fitur ini semakin membuat layar iPad lebih bermanfaat karena sebelumnya, aplikasi di iPad menggunakan format aplikasi ala iPhone.

Sayangnya, fitur stage manager sementara ini hanya bisa dirasakan untuk perangkat iPad Pro dan iPad Air yang menggunakan chip Apple M1. 

Untuk iPad Pro generasi ke 5 dan iPad Air generasi ke 5 baru bisa menikmati fitur ini beberapa bulan ke depan.

Selain itu, Apple memperbaiki aplikasi Notes dan Pages. Kedua aplikasi ini kian mirip dengan Google Documents. Anda kini dapat menandai orang di catatan, mengijinkan orang mengedit catatan dan membuka catatan dari berbagai perangkat dengan cepat dan mudah. 

Aplikasi ini sudah mendukung penggunaan pensil Apple dan dapat membaca berbagai jenis file mulai PDF hingga gambar dan tautan web.

Selain itu, Apple juga menghadirkan aplikasi bernama FreeForm untuk memudahkan pengguna iPad berkolaborasi saat bekerja. 

Aplikasi lni akan memungkinkan pengguna iPad dengan iPadOS 16 berbagi file, membuat catatan bersama atau membuat presentasi dengan orang lain. 

Untuk pecinta game, iPad OS terbaru ini juga menghadirkan pengalaman bermain game yang ditingkatkan yang sudah mendukung metal 3. Apple juga menghadirkan sistem baru yang memungkinkan pengguna iPad melakukan banyak tugas saat game sedang diunduh. 

Guna meningkatkan performa, Apple juga menghadirkan virtual memory swap yang memungkinkan pengguna iPad memperluas kapasitas RAM hingga 16 GB. Selain fitur-fitur diatas, iPadOS 16 juga dibekali sejumlah fitur baru yang berasal dari iOS.

Secara keseluruhan, fitur iPadOS 16 sudah cukup membuat iPad makin mirip laptop. Demikian informasi tentang daftar versi iPad OS yang perlu Anda ketahui. Jika Anda memiliki informasi terkait iPadOS lainnya, silakan sampaikan melalui kolom komentar.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram