carisinyal web banner retina

Video Cinematic di Galaxy S22 Ultra, Uniknya Ga Bisa Ditemuin di HP Lainnya

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR Samsung S22 Permanen link

Di era yang serba digital seperti saat ini, semua orang bisa membuat medianya sendiri - tidak terkecuali Anda. Kini, tak hanya media korporat yang dapat hadirkan konten-konten dalam bentuk video bervisual tinggi, karena Anda pun dapat menghasilkan konten video profesional dengan hanya mengandalkan smartphone.

Di antara seluruh ponsel pintar di dunia, Samsung Galaxy S22 Ultra merupakan salah satu pilihan sarana paling cerdas yang dapat memenuhi segala kebutuhan videografi.

Salah satu HP Samsung terbaik 2022 tersebut tidak hanya menghadirkan kemampuan hardware kamera kelas dunia, melainkan juga turut menyertakan fitur-fitur perekaman yang versatile, memberikan Anda pengalaman merekam yang unik dan unprecedented sehingga konten Anda bisa tampil secara menonjol.

Auto Framing

Potret Gedung Kota Dini Hari Tertangkap Jelas dengan Galaxy S22 Ultra 5G_

Jika Anda menginginkan proses perekaman video yang aesthetic dengan komposisi yang senantiasa terjaga, Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki sebuah fitur unik bernama Auto Framing. Fitur ini mampu menjaga subjek video tetap berada di tengah apapun yang terjadi.

Ketika subjek berjalan menjauh dari kamera, video akan secara otomatis melakukan re-framing dan melakukan zoom in untuk tetap menjaga subjek agar berada di tengah-tengah frame secara proporsional. Begitu pun saat subjek berjalan kembali ke dekat kamera, video akan melakukan zoom out untuk kembali menyesuaikan posisi subjek di dalam video.

Dengan begini, saat mode Auto Framing diaktifkan, hasil video akan senantiasa memiliki komposisi yang ideal. Fitur ini juga sangat berguna ketika Anda harus merekam diri Anda menggunakan tripod. Meski tanpa bantuan fotografer, ponsel akan senantiasa melacak dan mengikuti posisi Anda. Keren, bukan?

Director's View

Fitur Super Steady dan Vlogger View untuk Merekam Konten TikTok dari Berbagai Angle__1

Anda bisa menggunakan kamera belakang untuk merekam sebuah pemandangan atau kejadian di sekitar Anda. Atau, Anda pun bisa mengandalkan kamera depan untuk merekam reaksi Anda terhadap suatu hal, ataupun saat membuat konten vlog. Lalu, bagaimana jika ingin melakukan keduanya sekaligus?

Samsung Galaxy S22 Ultra menghadirkan fitur Director's View yang memungkinkan pengguna untuk merekam dengan kamera belakang dan depan di saat bersamaan.

Ada tiga mode yang bisa Anda gunakan. Mode pertama akan menampilkan jendela kecil di sebuah sudut pada frame yang berisikan rekaman video kamera depan. Mode kedua disebut dengan Split View, di mana bagian atas adalah perekaman video di kamera belakang dan sisi bawah tampilkan tangkapan kamera depan.

Anda juga dapat menggunakan mode ketiga bernama Single View untuk menampilkan rekaman kamera depan dan belakang secara bergantian dengan cara mengetuk pilihan Switch. Tidak lupa, untuk perekaman kamera belakangnya, Anda pun bisa memilih antara mode standar, zoom 3x, dan zoom 10x.

Ini adalah cara yang begitu unik untuk hasilkan konten video menghibur, misalnya ketika Anda sedang melakukan ulasan terhadap makanan dan sekaligus ingin menampilkan reaksi wajah Anda saat memakannya. Atau, Anda pun dapat melakukan video jurnalistik untuk kabarkan kondisi sekitar sembari memberikan penjelasan bagaikan reporter televisi.

Super Steady (OIS dan VDIS)

super steady galaxy s22 ultra

Tidak selamanya kita dapat merekam video dalam kondisi diam. Terkadang, perlu juga sambil berjalan atau berlari, terlebih jika sedang membuat video adegan action. Akan tetapi, seringkali hal ini membuat hasil video menjadi tidak stabil dan mengurangi kualitas keseluruhan dari video itu sendiri. Untuk itulah fitur Super Steady pada Samsung Galaxy S22 Ultra sangat dibutuhkan.

Cara mengaktifkannya pun sangat mudah. Saat berada pada mode video, Anda tinggal hanya perlu melakukan tap pada simbol berbentuk tangan dengan dua garis zigzag di sisi kiri dan kanan. Setelah itu, Anda pun langsung berada pada mode Super Steady Video.

Fitur ini dapat bekerja pada perekaman resolusi 1080p pada frame rate 30 FPS ataupun 60 FPS. Selain itu, fitur ini juga berfungsi saat merekam menggunakan kamera utama ataupun kamera ultrawide (zoom 0.6x). Samsung menyebutkan bahwa Galaxy S22 Ultra menghadirkan peningkatan koreksi sudut 58% lebih lebar dibandingkan Galaxy S21 Ultra.

Saat mode Super Steady Video aktif, pengguna dapat merekam sambil berjalan, berlari, ataupun saat menjadi penumpang kendaraan umum dengan stabil. Tidak perlu lagi membawa aksesoris gimbal ke mana-mana, karena Super Steady Video adalah satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk tetap hasilkan video berkualitas dan bebas dari efek shaky.

Pro Video

Hasil foto Galaxy S22 5G dan S22+ 5G lebih detail dan terang menggunakan mode normal maupun mode portrait__1

Salah satu kendala yang paling sering dirasakan kreator konten saat merekam pakai smartphone adalah kontrol yang terbatas. Tidak seperti camcoder atau kamera DSLR yang hadirkan beragam kustomasi manual, smartphone cenderung memiliki kontrol yang terbatas.

Untungnya saja, Samsung Galaxy S22 Ultra turut hadir dengan mode Pro Video yang bisa Anda temukan di dalam menu "More" pada viewfinder. Di sini, Anda dapat mengubah berbagai macam pengaturan, seperti apertur, besaran ISO, memilih antara fokus Auto atau Manual, dan lain sebagainya.

Anda pun dapat mengubah aspek rasio menjadi 9:16, 9:21, 1:1, serta Full. Selain itu, Anda juga dapat menyetel resolusi dan frame rate yang diinginkan, mulai dari HD 30 FPS hingga 8K 24 FPS.

Pengaturan lain yang tidak kalah menariknya adalah kontrol mikrofon, di mana Anda bisa menyetel mikrofon untuk merekam dari arah depan, belakang, atau Omni (segala sisi). Pada pengaturan ini Anda juga dapat memilih opsi USB dan Bluetooth jika ingin menggunakan mikrofon eksternal. Dengan kontrol sedalam ini, siapa juga yang butuh kamera DSLR?

Portrait Video

Portrait Video pada In-App Camera Galaxy S22 Series 5G, Memberikan Efek Bokeh yang Lebih Nyata__1

Sebagian orang masih enggan menggunakan kamera smartphone untuk membuat proyek film indie. Pasalnya, cukup jarang smartphone yang hasilkan rekaman video sinematis seperti yang biasa terlihat pada film profesional.

Di sinilah Samsung Galaxy S22 Ultra akan begitu berguna dengan tawarkan fitur Portrait Video. Niscaya, saat menggunakan fitur ini, video mampu melacak dan mengunci subjek utama di depan kamera. Setelah itu, fitur ini akan memberikan efek blur pada bagian background jika Anda memilih filter Big Circle.

Portrait Video juga menghadirkan dua filter lainnya yaitu Color Point yang akan membuat latar belakang menjadi monokrom sementara subjek tetap mempertahankan warna aslinya, serta Glitch yang memberikan efek retro pada video.

Fitur ini berfungsi pada kamera belakang dan juga kamera depan, namun tidak dapat berfungsi jika kamera tidak dapat mendeteksi keberadaan wajah.

Oh ya, pengguna pun bisa leluasa menyetel kedalaman fokus secara langsung, dan Anda pun disuguhkan dua opsi kamera yaitu kamera standar dan zoom 3x. Berkat fitur Portrait Video, hasil video yang direkam akan terlihat lebih sinematis. Siapapun bisa menjadi pembuat film dengan Samsung Galaxy S22 Ultra.

Sekian beragam fitur unik yang hanya dapat Anda temukan pada Samsung Galaxy S22 Ultra. Dengan memanfaatkan beragam fitur ini, Anda bisa menjelma menjadi kreator konten dadakan. Tidak perlu perangkat yang bermacam-macam, proyek film profesional pun bisa digarap dengan begitu mudah dan praktis. Mau coba?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram