carisinyal web banner retina

Vivo X50 Pro, Smartphone yang Dilengkapi Teknologi Gimbal

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 24 November 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR PERMANEN LINK
vivo x50 pro (3)

Di masa sekarang ini, Vivo merupakan salah satu brand smartphone ternama dan terpopuler di Indonesia. Hadir sejak tahun 2012 di pasar global serta masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 2014 lalu, Vivo saat ini terus berambisi menjadi kekuatan raksasa dalam hal brand smartphone di dunia.

Perlu kamu tahu, Vivo saat ini berhasil menggeser OPPO dan menempati  posisi pertama dalam daftar ‘Top 5 brand smartphone’ di Indonesia. Berdasarkan data IDC, berturut-turut peringkat brand smartphone di Indonesia pada kuartal 3 2020 (Q3 2020; Juli-September 2020). Brand-brand smartphone di data IDC adalah Vivo (24,1 persen), OPPO (21,7 persen), Xiaomi (18,1 persen), Samsung (17,3 persen), dan Realme (14,5 persen).

Vivo juga sekarang telah menjadi salah satu produsen smartphone yang gemar merilis produk terbarunya di Indonesia. Brand smartphone yang didirikan sejak tahun 2009 di Dongguan, Guangdong, ini terhitung gencar melakukan berbagai promosi menarik di Indonesia untuk memasarkan produk-produk smartphone buatannya. Salah satu produk terbaru yang dirilis di tahun 2020 lalu adalah Vivo X50 Pro.

Perlu kamu tahu, smartphone Vivo X50 Pro sendiri dirilis di Indonesia bersama dengan saudaranya yakni smartphone Vivo X50. Vivo X50 Series ini merupakan smartphone seri X pertama Vivo yang dipasarkan di Indonesia.

"X50 Series ini merupakan flagship pertama kami yang hadir sebagai smartphone profesional fotografi dengan Gimbal Stabilization," ujar Hadie Mandala selaku Product Manager Vivo Indonesia di acara peluncuran X50 series yang digelar secara online pada bulan Juli 2020 lalu.

Vivo Indonesia mengklaim bahwa teknologi Gimbal Stabilization berfungsi sebagai penyeimbang, sehingga dapat membantu kamera lebih stabil saat mengambil gambar maupun merekam video. Kamera bergimbal juga merupakan adopsi dari ponsel konsep Vivo APEX 2020.

Adapun, smartphone Vivo X50 Pro diketahui mengusung layar 3D Curved Ultra O Screen dengan bentang 6,56 inci, resolusi Full HD Plus (2.376x 1.080 piksel), dan refresh rate mencapai 90-120Hz. Layar tersebut dihiasi punch hole yang memuat kamera selfie 32 MP (f/2.5). Dari segi performa, Vivo X50 Pro mengandalkan chip Snapdragon 765G 5G serta dipadankan dengan RAM 8 GB dan media internal 256 GB.

Pada bagian punggung, Vivo menyematkan sensor mikro gimbal yang dipasang pada kamera utama dengan resolusi 48 MP (f/1.6). Selain itu, ada tiga kamera lain, yakni kamera portrait 13 MP (f/2.5), kamera macro dan superwide angle 8 MP (f/2.2), dan kamera periskop 8 MP (f/3.4) 5x optical zoom.

Lensa periskop telefoto dikombinasikan dengan algoritma zoom mencapai 60x Hyper Zoom yang diintegrasikan lewat Gimbal Stabilization. Smartphone Vivo X50 Pro juga dibekali fitur Extreme Night Vision untuk menghasilkan gambar yang ditangkap dalam kondisi minim cahaya berkat algoritma AI Noise Reduction yang memungkinkan hasil jepretan terlihat lebih stabil ketika malam hari.

Smartphone Vivo X50 Pro ini ditopang dengan baterai berkapasitas 4.315 mAh, dukungan fast charging 33 watt, dan sudah menjalankan sistem operasi Android 10. Fitur lain yang dibawa X50 Pro di antaranya yaitu NFC, In-display fingerprint scanner, Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.1, dan USB Type-C. Adapun, Smartphone Vivo X50 Pro di Indonesia hanya menawarkan satu varian warna, yaitu Alpha Grey.

Nah, supaya kamu tahu secara lebih lengkap apa saja keunggulan dari smartphone Vivo X50 Pro, simak pembahasannya berikut ini!

1. Dilengkapi Layar AMOLED

vivo X50 pro (7)

Buat kamu yang saat ini memiliki smartphone dengan layar IPS LCD, kehadiran Vivo X50 Pro bisa menjadi angin segar. Pasalnya, smartphone Vivo yang satu ini menghadirkan layar berpanelkan AMOLED dengan kualitas tampilan layar lebih baik dan hemat daya.

Smartphone Vivo X50 Pro memiliki layar berukuran cukup besar yakni 6,56 inci. Layarnya ini pun sudah mendukung teknologi HDR10+ yang membuatnya terlihat semakin nyaman di mata meski dilihat dalam durasi yang panjang.

Situs resmi Vivo Indonesia sendiri mengatakan bahwa smartphone Vivo X50 Pro ini mampu meraih tingkat local peak brightness hingga 1300 nits serta gamut warna DCI-P3. Ini sungguh tampilan layar yang sangat cerah dan menawan, kamu pun tidak perlu lagi khawatir tulisan pada layar tidak terbaca saat di bawah terik sinar matahari. Menonton pun akan menghadirkan pengalaman yang lebih menarik lagi.

Panel AMOLED yang digunakan punya resolusi full HD+ dengan kerapatan piksel mencapai 398 ppi. Reproduksi warnanya cukup baik dan melimpah khas panel AMOLED, dan sudah mendukung konten HDR10+. Vivo juga memberikan tiga opsi mode warna serta pengaturan temperatur untuk disesuaikan dengan pengguna. Sisi lengkung di bagian kiri dan kanannya tidak terlalu besar, tapi sudah sangat cukup untuk membuat tampilan depannya terlihat mewah.

Ditambah lagi, desain layarnya yang mengusung punch-hole sebagai rumah bagi kamera depan membuatnya terlihat lega. Bezel yang dihadirkan sungguh tipis, sehingga meraih perbandingan rasio bodi ke layar yang tinggi, yakni 92,6%.

Sensor sidik jari juga sudah dibenamkan di bawah layar smartphone Vivo X50 Pro. Opsi face unlock juga tentu tersedia, yang otomatis menyalakan layar smartphone Vivo X50 Pro ketika berada di kondisi ruangan gelap.

2. Punya Refresh Rate 90 Hz

Ini juga merupakan salah satu keunggulan smartphone Vivo X50 Pro lainnya. Sementara kebanyakan smartphone lain hanya menghadirkan laju penyegaran 60 Hz yang standar, Vivo X50 Pro sudah dibekali kemampuan refresh rate 90 Hz yang mampu membuat pergerakan layar terlihat lebih lembut.

Selain itu, smartphone Vivo X50 Pro yang menghadirkan layar super kece ini juga mampu meraih sampling touch rate sebesar 180 Hz. Bermain game secara kompetitif kini lebih lancar berkat respon layarnya yang cepat.

3. Kamera yang Dilengkapi Teknologi Gimbal Stabilization

vivo x50 pro kamera

Terdapat empat sensor kamera yang disematkan di bodi belakang smartphone Vivo X50 Pro, masing-masing adalah sensor utama 48MP, 13MP portrait, 8MP telephoto dan 8MP ultra-wide. Keempatnya ditemani laser autofocus serta triple-LED dual-tone flash.

Teknologi gimbal di smartphone Vivo X50 Pro sudah disempurnakan dari konsep APEX 2020, dengan ukuran yang diperkecil 40%, lebih tipis 1mm dan dapat diposisikan sangat dekat ke layar, hanya membutuhkan jeda 0,13mm saja. Pada menu pengaturan, terdapat menu kalibrasi khusus yang jika ditekan, akan menggerakkan sensor ke berbagai arah. Juga disediakan sebuah radar di layar untuk menandakan apakah gimbal sedang stabil di titik tengah atau lainnya.

Dalam kondisi cukup cahaya, sensor utama smartphone X50 Pro mampu hasilkan kualitas foto yang mendetil, dengan dynamic range yang lebar meski terkadang sedikit terlihat kurang natural. Secara default, foto yang ditangkap beresolusi 12MP, namun tersedia opsi untuk menangkap foto dalam resolusi penuh 48MP.

Sedangkan kamera ultra-wide 8MP f/2.2 mendapatkan benefit dari adanya laser autofocus, dan dapat dimanfaatkan untuk mengambil objek foto dekat dengan jarak hingga 2,5cm. Lalu ada kamera 13MP f/2.5 50mm dengan 2x optical zoom, yang disebut sebagai lensa potret. Ketika masuk ke mode potret, secara otomatis akan berpindah ke kamera yang satu ini (meski pengguna dapat mengubahnya ke 1x).

Hanya saja agak kurang nyaman, ketika sedang ingin memotret sebuah objek benda secara dekat dari sensor kamera utama, smartphone Vivo X50 Pro secara otomatis mengganti kamera ke ultra-wide dengan mode makro.

Sedangkan untuk pengambilan objek foto yang lebih jauh, disediakan sensor 8MP f/3.4 135mm dengan 5x optical zoom dan OIS 4-axis. Secara total, smartphone Vivo X50 Pro ini dapat mengambil foto mencapai 60x hybrid zoom. Dengan tulisan “Professional Photography” yang ada di sisi atas smartphone, Vivo X50 Pro juga tak main-main dalam hadirkan mode kamera lengkap.

Semua mode bisa dibilang ada, seperti panorama, slow-motion, mode professional (ISO 50-3200, shutter 1/12000-32 detik), sampai mode khusus untuk menangkap bulan dan bintang. Vivo juga menyediakan mode pro sports untuk objek yang bergerak cepat.

Sementara itu, kamera depan 32MP f/2.5 di vivo X50 Pro punya hasil yang cenderung halus, seolah efek beauty-nya tak bisa dihilangkan seutuhnya. Mode malam juga bisa digunakan di kamera depan smartphone Vivo X50 Pro.

Kamera belakang vivo X50 Pro diketahui sanggup merekam video hingga resolusi 4K 30fps. Dalam mode perekaman 1080p, kamu dapat berpindah dari lensa ultra-wide sampai 5x zoom ketika sedang merekam video. Sementara mode Ultra Stable secara otomatis mengubah resolusi ke 1080p 60fps.

4. Performa yang Smooth

Vivo X50 Pro, Smartphone yang Dilengkapi Teknologi Gimbal 4
*

Vivo diketahui menunjuk prosesor kelas menengah terbaru dan tertinggi dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 765G yang memiliki basis CPU octa-core hingga clockspeed 2,4GHz serta GPU Adreno 620.

Dipadukan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB yang relatif kencang, tidak ada gangguan performa maupun suhu panas sama sekali ketika menggunakan smartphone Vivo X50 Pro ini sehari-hari. Apalagi dengan refresh rate tinggi, bernavigasi di smartphone Vivo X50 Pro ini terasa responsif dan halus.

5. Baterai Cukup Besar

vivo x50 pro battery

Walaupun dimensinya cukup tipis, Vivo masih bisa menyematkan kapasitas baterai yang lumayan besar yaitu 4,315 mAh pada smartphone Vivo X50 Pro. Kapasitas tersebut kurang lebih cukup untuk penggunaan dalam satu hari penuh, bahkan dengan cukup intensif sekalipun.

Mendukung teknologi Vivo FlashCharge 2.0 yang berjalan di 33 watt, mengisi daya pada smartphone Vivo X50 Pro menggunakan charger bawaan bisa dibilang singkat, yaitu 30 menit sudah mencapai lebih dari 50%, sementara untuk full charge butuh waktu sekitar 70 menit.

6. Sudah Tersedia Fitur NFC

vivo X50 Pro

Buat kamu yang hidup atau tinggal di kota-kota besar atau sering berpergian menggunakan jalan tol, pasti akan merasa terbantu oleh fitur NFC pada ponsel. Pasalnya, smartphone Vivo X50 Pro ini sudah menghadirkan NFC ini bisa memudahkan kamu dalam bertransaksi digital ataupun mengecek saldo eToll.

Memang, fitur ini kurang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Itulah mengapa beberapa model yang datang ke tanah air cukup jarang memiliki fitur ini. Namun, sebagai salah satu dari sebagian kecil smartphone yang hadir dengan NFC, vivo X50 Pro sungguh layak diapresiasi.

Sebagai informasi, smartphone Vivo X50 Pro saat ini dibanderol di kisaran harga 8-9 jutaan Rupiah. Apakah kamu tertarik memilikinya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram