carisinyal web banner retina

Yuk Ketahui Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Mi 5

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Ada jeda yang lama antara perilisan Xiaomi Mi 4 dengan Mi 5. Setelah penantian yang cukup panjang, kini pecinta smartphone murah berkualitas bisa bersorak gembira karena Xiaomi Mi 5 sudah resmi diluncurkan. Bahkan, ponsel pintar ini juga sudah dijual di Indonesia.

Dengan kemunculan Mi 5, sekali lagi Xiaomi membuktikan bahwa ia serius menggarap smartphone ekonomis dengan kualitas yang tak kalah dengan smartphone high-end. Apakah Xiaomi Mi 5 tampil lebih unggul dan baik dibanding Xiaomi Mi 4? Tentu saja. Semua keunggulan dan kekurangan dari handset ini akan dibahas di dalam review Xiaomi Mi 5 berikut ini.

Desain

Meskipun sering dicap meniru desain iPhone, namun Xiaomi tidak pernah gagal dalam menciptakan smartphone dengan desain yang baik. Hal ini sekali dibuktikan oleh vendor asal negeri tirai bambu tersebut melalui Mi 5 ini.

Handset ini memiliki tepi dengan kemiringan ke dalam, sehingga memudahkan Anda untuk menekan tombol power dan volume. Sementara itu, dimensi dari smartphone ini adalah 144.6 x 69.2 x 7.3 mm. Kali ini, Xiaomi memberikan 4 pilihan warna untuk Mi 5, yaitu hitam, putih, gold, dan ceramic.

Layar

Hadir dengan ukuran layar yang “medium”, handset ini menggunakan layar berukuran 5.15 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel dan tingkat kerapatan layar 428 ppi. Dengan spesifikasi seperti ini, Carisinyal mengakui bahwa layar Xiaomi Mi 5 ini cukup tajam. Belum lagi ada proteksi dari Corning Gorilla Glass 4 yang melapisi layar smartphone ini.

Di bawah layar yang mempesona ini, Xiaomi menyematkan tombol home yang sudah terintegrasi dengan pemindai sidik jari. Tentu saja hal ini mengingatkan kita pada fitur yang lebih dulu dipakai oleh iPhone 5s, bukan? Di antara tombol home tersebut juga tersedia dua tombol kapasitif yang menyala sebagai dua titik.

Prosesor

review xiaomi mi 5

Dalam review Xiaomi Mi 5 kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenal dapur pacu dari smartphone ini. Pasalnya, Xiaomi menyediakan pilihan prosesor yang berbeda. Xiaomi Mi 5 berjalan dengan chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820.

Akan tetapi, ada dua pilihan CPU yang bisa dipilih berdasarkan edisi dari Mi 5 ini, pertama ada standard edition yang mengandalkan CPU Dual Core 1.8 GHz Kryo & Dual Core 1.36 GHz Kryo. Sementara itu, yang kedua adalah other edition dengan CPU Dual Core 2.15 GHz Kryo & Dual Core 1.6 GHz Kryo.

Namun, di kedua edisi Mi 5 ini sama-sama menggunakan kartu pengolah grafis dari Adreno 530. GPU ini cukup bisa diandalkan untuk menghasilkan tampilan grafis yang menakjubkan. Streaming video atau bermain game kelas atas di smartphone ini akan tampak lebih baik berkat adanya GPU Adreno 530.

Kamera

sampel kamera xiaomi mi 5

Sampel kamera Xiaomi Mi 5

Bagi Anda penggemar foto selfie dan fotografi, sektor ini adalah yang paling Anda nanti-nanti dalam review Xiaomi Mi 5 ini, bukan? Kamera depan smartphone ini mengusung resolusi 4 MP, sebuah ukuran kamera yang tidak terlalu besar, tapi sudah cukup baik untuk berfoto selfie atau sekedar melakukan panggilan video (video call) dengan lawan bicara Anda.

Keistimewaan terlihat jelas pada kamera utama smartphone ini, di mana Xiaomi menyematkan kamera berukuran 16 MP yang dilapisi dengan kaca kristal safir, serta memiliki dual LED-Flash di sebelahnya. Tentu saja kamera tersebut juga dilengkapi dengan serangkaian fitur yang mengesankan, seperti phase detetction autofocus, OIS (4-axis), face/smile detection, HDR, geo-tagging, dan panorama.

Memori

Dewasa ini, smartphone dengan memori yang besar memang selalu menjadi incaran konsumen. Pasalnya, dengan kapasitas memori internal yang besar kita bisa mengunduh berbagai macam aplikasi, file, dan foto tanpa perlu menggunakan bantuan ruang tambahan dari slot memori eksternal. Xiaomi Mi 5 hadir dengan dua ukuran RAM dan ROM yang berbeda.

Pertama, ada pro edition yang tampil dengan mengusung RAM 4 GB serta ROM 128 GB. Ini adalah ukuran RAM dan ROM yang sangat besar untuk memuaskan keinginan Anda dalam menyimpan game dan aplikasi dalam jumlah banyak.

Ada pula Xiaomi Mi 5 yang menyediakan RAM 3 GB dengan ROM 32 atau 64 GB. Akan tetapi, versi yang paling banyak dijual di Indonesia adalah Xiaomi Mi 5 dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB. RAM sebesar 3 GB sudah sangat mampu mengimbangi performa dari prosesor Xiaomi Mi 5. Jadi, menurut Carisinyal, Xiaomi Mi 5 dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB ini sudah sangat worth untuk dimiliki.

Baterai

Berdasarkan pengujian yang sudah banyak dilakukan, baterai Xiaomi Mi 5 sangat tidak mengecewakan. Dalam penggunaan aktif dan campuran, baterai Li-Po 3.000 mAh yang digunakan dalam smartphone ini mampu bertahan selama 18 jam 19 menit. Daya tahan baterai ini benar-benar fantastis. Anda bisa menggunakan ponsel pintar ini selama sehari penuh.


Sayangnya, baterai yang digunakan oleh Xiaomi Mi 5 ini bersifat non-removable alias tidak bisa dilepas, sehingga apabila ada kerusakan maka penggantian baterainya pun mahal. Namun, hal itu tidak terlalu mengganggu.

Konektivitas

kelebihan dan kekurangan xiaomi mi 5

Siapapun tentu menginginkan ponsel yang sudah kompatibel di jaringan 4G LTE. Secara jaringan ini memang sedang sangat gencar diperkenalkan di Indonesia. Bahkan, hampir semua provider telepon di Indonesia sudah menawarkan kompatibilitas pada jaringan internet cepat tersebut. Ya, ponsel dual-SIM ini juga sudah dibekali dengan jaringan 4G LTE.

Xiaomi turut melengkapi Mi 5 dengan dual band Wi-Fi pada standar a/b/g/n/ac. Ada pula dukungan konektivitas untuk Wi-Fi Direct dan Miracast. Hebatnya lagi, smartphone ini juga semakin lengkap berkat adanya konektivitas NFC, Infrared, dan Bluetooth v4.2.

Fitur

Setelah membahas baterai yang digunakan oleh smartphone ini, tak afdol rasanya jika Carisinyal tidak membahas tentang fitur yang berkaitan dengan baterai handset ini. Xiaomi Mi 5 sudah diperkaya dengan fitur Quick Charge 3.0 yang bisa mengisi daya baterai ponsel ini sampai 83% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Di samping itu, ponsel pintar yang sudah berjalan dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0 ini juga dilengkapi dengan interface MIUI 7 yang tampak friendly untuk pengguna baru. Di smartphone ini, Xiaomi juga menyematkan fitur pemindai sidik jari untuk meningkatkan keamanan ponsel.

Harga

Nah, inilah segmen yang pasti paling Anda tunggu-tunggu. Ya, apalagi jika bukan informasi seputar harga handset Xiaomi Mi 5. Saat ini, Xiaomi Mi 5 sudah dipasarkan di Indonesia. Berdasarkan pantauan dari Carisinyal, smartphone ini dijual dengan kisaran harga 4,5 – 4,6 juta rupiah, yakni untuk Xiaomi Mi 5 yang mengusung RAM 3 GB + Memori Internal 32 GB.

Simpulan

Secara keseluruhan, Xiaomi Mi 5 merupakan smartphone yang layak untuk Anda miliki. Keunggulan utamanya tentu terletak pada performa serta harga yang dipatoknya. Selain itu, smartphone ini juga memiliki daya tahan baterai yang kuat serta desain yang cantik.

Kelemahan smartphone ini hanya terletak pada masalah pada panas berlebih yang banyak dikeluhkan penggunanya. Namun masalah tersebut kemungkinan dapat segera teratasi pada update firmware berikutnya. Bagaimana dengan review Xiaomi Mi 5 kali ini? Apakah Anda tertarik untuk membawa pulang smartphone bergengsi dengan harga yang ekonomis ini?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram