Carisinyal / Aplikasi Internet / 11 Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat untuk HP Android

11 Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat untuk HP Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Browsing atau mengakses dunia maya merupakan salah satu aktivitas yang rutin dilakukan oleh para pengguna Android. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menjelajahi berbagai halaman web yang ada di internet.

Untuk mendukung aktivitas tersebut tentu saja dibutuhkan aplikasi browser yang cepat dan juga handal. Saat ini terdapat puluhan browser yang tersedia untuk sistem operasi Android dengan berbagai fitur dan kelebihannya masing-masing. Ada yang kaya fitur namun lambat, ada juga yang sederhana namun cepat.

Nah, bagi Anda yang ingin berselancar di dunia maya dengan nyaman, kali ini Carisinyal akan mengulas 10 aplikasi browser tercepat untuk Android. Berbagai browser ini dijamin akan membuat Anda betah berselancar meskipun berada pada jaringan yang kurang memadai.

1. Google Chrome

Google Chrome

Sebagai browser bawaan dari sistem operasi Android, Google Chrome layak untuk disebut paling pertama dalam daftar ini. Browser ini memiliki fitur bandwidth saving yang akan mempercepat akses ke suatu website sekaligus menghemat penggunaan data Anda.

Browser ini juga memiliki fitur yang cukup lengkap dengan tampilan yang menarik. Jika Anda menggunakan Chrome di PC, maka Anda juga wajib menggunakannya di Android karena semua bookmark, password, dan data lainnya akan secara otomatis tersinkronisasi.

2. Firefox

Firefox

Tidak mau kalah dengan Chrome, Firefox juga turut berpartisipasi dalam persaingan browser di ranah Android. Meskipun belum sehandal browser untuk desktop-nya, namun browser ini sudah menghadirkan beberapa fitur mumpuni seperti offline reading dan add-ons untuk kontrol gestur, manajemen password, serta ad blocker.

Cara menggunakan aplikasi browser tercepat untuk Android pun tidaklah sulit. Anda hanya perlu memiliki aplikasinya terlebih dahulu. Setelah selesai, Anda bisa masuk ke dalam aplikasi dan mulailah berselancar di internet menggunakan Firefox. Mudah, cepat, praktis, juga gratis. Ingin mencobanya?

3. Opera Mini

Opera Mini

Rasanya tidak perlu ada penjelasan panjang lebar mengenai browser yang satu ini. Semenjak jaman Symbian hingga Android seperti saat ini, Opera Mini merupakan browser mobile yang paling banyak digunakan karena fitur dan kecepatannya.

Opera Mini akan melakukan kompresi halaman web sehingga proses loading-nya akan berlangsung sangat cepat. Selain itu, hasil kompresan tersebut juga akan mengurangi ukuran filenya sampai 90% sehingga dapat menghemat penggunaan kuota internet Anda. Cepat, mudah, praktis juga gratis. Mau?

4. Browser

Browser

Dengan Browser, Anda akan dimudahkan dalam mencari apapun yang dibutuhkan. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga mengklaim mampu melakukan browsing dengan sangat cepat berkat sistem opstimalisasinya yang cukup efektif.

Selain itu, Browser juga punya sejumlah fitur yang cukup memadai. Adapun beberapa fiturnya, seperti secure dan QR CodeNah, untuk fitur QR Code ini berguna untuk langsung memindai QR Code apapun, jadi Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan khusus untuk scan QR Code. Lalu, semua hal yang dilakukan oleh pengguna di Browser dijamin aman berkat fitur secure. Ingin mencobanya?

5. Dolphin Browser

Dolphin Browser

Pada awal kemunculannya Dolphin Browser berhasil menarik perhatian pengguna lewat fitur kontrol gestur yang saat itu masih tergolong baru. Berkat fitur tersebut kini Dolphin Browser berhasil menjadi salah satu browser papan atas di dunia Android.

Meskipun tidak secepat browser yang lainnya, namun Dolphin Browser memiliki berbagai macam fitur yang cukup menarik. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah voice recognition, add-ons, tema, serta sharing data antara perangkat Android dan PC. Cukup lengkap dan berguna bukan?

6. UC Browser

uc browser

Jika Anda menginginkan browser Android yang bisa mengompres data pada bagian server sebelum dikirimkan ke pengguna, UC Browser adalah pilihan yang tepat. Kemampuan pengompresan datanya ini menggabungkan data baru dan data-data cache yang dikumpulkan saat terakhir kali Anda mengunjungi sebuah website, sehingga kunjungan kedua kalinya bisa sangat menghemat waktu.

Selain dari kemampuan browsingnya, UC Browser juga mampu mempercepat dan menstabilkan kecepatan download. Bahkan, Anda bisa memberhentikan sementara dan melanjutkan download dengan mudah.

Ketika website yang Anda kunjungi menampilkan video, Anda bisa memutar video tersebut pada jendela kecil yang berada di atas layar, sehingga Anda bisa melakukan kegiatan lainnya sambil menonton video. Menarik, bukan? Fitur-fitur lainnya seperti mode malam dan Facebook Mode juga dihadirkan, lho!

7. Flynx

Flynx

Flynx merupakan salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk browsing di Android. Dalam aplikasinya, Flynx mengunggulkan fitur kecepatan saat membuka web apapun. Disinyalir berdasarkan review Androidauthority, aplikasi ini tidak mudah lag ataupun tiba-tiba muncul peringatan force stop. Yang uniknya lagi, Flynx juga tersedia dalam night mode.

8. Microsoft Edge

microsoft edge

Masih ingat dengan Internet Explorer? Sekarang Microsoft sedang mengempar-gemparkan penggunaan Microsoft Edge pada sistem operasi Windows 10. Rupanya, Microsoft Edge pun tersedia pula untuk pasar aplikasi Android, tentunya dengan fitur dan performa yang tak kalah saing.


Ada fitur InPrivate yang fungsinya sama dengan Incognito di Chrome, yakni untuk browsing secara diam-diam tanpa memasukkan situs yang diakses ke daftar history.

Anda pun bisa mengatur konfigurasi tracking agar situs-situs tidak memanfaatkan informasi dari kegiatan browsing untuk menampilkan iklan yang terpersonalisasi.

9. Brave Private Browser

Brave Browser

Satu lagi aplikasi bagus untuk browsing, yakni Brave Browser. Ini adalah sebuah aplikasi yang cukup ringan dengan fitur yang mumpuni. Di sini, penggunanya bisa menikmati fitur adblock sehingga Anda tidak perlu merasa terganggu dengan kehadiran iklan di web.

Tak hanya itu saja, Brave Browser juga menjamin keamanan serta kecepatan dalam browsing. Istimewanya lagi, Brave Browser mampu meminimalisir penggunaan daya baterai sehingga tidak akan boros baterai. Bagaimana, cukup bagus, kan?

10. Ecosia

Ecosia Browser

Jika Anda menggunakan aplikasi Ecosia, mungkin akan terasa seperti menggunakan Chrome. Seperti aplikasi browser lainnya di mana Ecosia Browser ini punya fitur private mode dengan antarmuka yang sangat bersahabat.

Namun yang spesial dari Ecosia bukan hanya fitur saja. Pasalnya, 80% profit dari aplikasi Ecosia Browser akan didonasikan untuk mendukung aktivitas penghijauan di seluruh dunia. Jadi, jika Anda menggunakan aplikasi ini, maka artinya kamu juga sudah berkontribusi untuk gerakan penghijauan di dunia. Hebat, ya?

11. Firefox Focus

Firefox Focus

Apa bedanya dengan aplikasi Firefox yang sudah disebutkan sebelumnya? Perbedaan Firefox Focus ini lebih fokus pada keamanan pengguna. Jadi, bisa dibilang aplikasi Firefox Focus ini lebih aman mengenai informasi data pengguna bahkan untuk melakukan private browsing. Nah, kalau Anda butuh browser yang menjamin keamanan history browser maka pilihlah Firefox Focus.

12. DuckDuckGo Privacy Browser

DuckDuckGo Privacy Browser

Menjelajahi internet kin terasa lebih aman berkat kehadiran DuckDuckGo Privacy Browser. Selain memiliki fitur browsing secara incognito, DuckDuck Go Privacy Browser ini juga memungkinkan penggunanya untuk menghilangkan keseluruhan informasi seperti history dan cookie hanya dalam sekali tap.

Yang menjadikan aplikasi ini unik adalah ia memiliki standar grade untuk masing-masing situs yang dikunjungi, bervariasi dari huruf A ke huruf F. Kini Anda pun tidak perlu begitu khawatir saat berselancar di internet. Kemudian, browser ini pun akan senantiasa mengakses situs menggunakan protokol HTTPS supaya pertukaran data saat belanja online bisa terenkripsi.

13. Vivaldi Browser with ad blocker

Vivaldi Browser with ad blocker

Ingin merasakan browser Android rasa PC? Vivaldi Browser ini cocok digunakan karena tampilan tabnya benar-benar seperti seperti browser desktop sehingga memudahkan navigasi.

Fitur-fiturnya cukup sayang untuk dilewatkan seperti ad blocker, penjelajahan web secara sembunyi-sembunyi, pemblokiran tracker, dan masih banyak lagi.

Vivaldi Browser ini juga terbilang unggul dibandingkan browser kebanyakan karena Anda bisa bergonta-ganti search engine hanya dengan mengetikkan huruf shortcut. Sementara itu, ada pula fitur pengambilan screenshot sehalaman penuh ataupun hanya yang ditampilkan di layar saja.

14. Tor Browser (Alpha)

Tor Browser (Alpha)

Kalau Anda termasuk orang yang sangat concerned terhadap privacy, pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama Tor. Pasalnya, Tor memang terbilang salah satu sarana yang menawarkan keamanan terbaik saat menjelajahi web.

Kini, Anda pun bisa menggunakan Tor dengan mudah menggunakan browser di Android. Menariknya lagi, Tor Browser Alpha ini menawarkan penyaringan traffic secara tiga kali melalui server khusus yang disediakan oleh Tor. Yuk miliki Tor Browser Alpha dengan mengunduhnya di sini.

15. Puffin Browser Pro

Puffin Browser Pro

Meskipun berbayar, namun Anda tidak akan rugi untuk mendownload Puffin Browser Pro. Versi berbayar ini tentu saja lebih punya fitur yang lebih unggul dibandingkan versi gratisnya. Di aplikasi Puffin Browser Pro, Anda akan dijamin masalah keamanan privasi data pribadi.

Bahkan, Anda juga dijamin mengenai kecepatan dalam melakukan browsing. Belum cukup sampai di situ, Puffin Browser Pro menambahkan fasilitas keamanan untuk cloud dan juga fitur save bandwidth. Sudah aman, ditambah kuota internet Anda tidak akan boros. Sangat bagus, kan?

Nah itulah daftar 11 aplikasi browser tercepat untuk Android yang bisa Anda coba saat ini. Daftar di atas dapat saja berubah seiring berjalannya waktu karena selalu ada update ataupun browser baru yang muncul setiap harinya. Dari daftar di atas, manakah yang menjadi favorit Anda?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Aplikasi ini sangat berguna bagi saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *