Carisinyal / Aplikasi Fotografi PC / 15 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC dan Laptop

15 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Aplikasi edit foto di komputer menjadi kebutuhan yang tidak terhindarkan. Tidak heran banyak pengguna komputer yang memasang aplikasi semacam ini di PC dan juga laptop mereka.  Yang paling terkenal adalah Adobe Photoshop. Aplikasi ini bisa dikatakan aplikasi yang banyak diinstal oleh pengguna Indonesia, meskipun yang mereka pasang adalah versi bajakannya.

Padahal sebenarnya, pengguna di Indonesia bisa memanfaatkan aplikasi edit foto dan grafis yang tidak berbayar. Bahkan di antara aplikasi tersebut, ada yang malah lebih menarik dibandingkan Photoshop.

Lantas, sebenarnya ada berapa pastinya aplikasi semacam ini? Cukup banyak sebenarnya, tapi Carisinyal kali ini mengumpulkan aplikasi pilihan edit foto yang direkomendasikan untuk dipasang di perangkat PC, baik yang menggunakan Windows 7, Windows XP, Windows 10, Mac dan sistem operasi lainnya.

Beberapa aplikasi edit foto yang kami rekomendasikan juga tidak semuanya gratis, ada yang mengusung mekanisme biaya langganan ataupun one-time purchase. Sebagian aplikasi edit foto juga umumnya punya program free trial bagi Anda yang mau mencoba sebelum membeli. Mari kita mulai pembahasan ini dengan Adobe Photoshop.

1. Adobe Photoshop

adobe photoshop

Kalau orang bicara program edit foto di perangkat PC, banyak yang pikirannya langsung tertuju pada Adobe Photoshop. Cukup wajar karena program ini memang cukup terkenal.

Dimulai dari seri awalnya, seri CS, dan sekarang seri CC, aplikasi ini terus berkembang dan sukses di pasaran. Meskipun aplikasi ini juga sering dibajak, tetap saja aplikasi ini merupakan aplikasi edit dan desain paling populer dan banyak digunakan kalangan profesional.

Fitur yang lengkap, tool yang memiliki banyak kegunaan membuat aplikasi ini jadi favorit banyak orang. Tools yang paling populer digunakan pada aplikasi ini adalah untuk mengedit background foto. Anda hanya perlu memotong bagian foto tertentu dan menempelkannya di background tertentu. Atau, kamu juga bisa mengubah warna background foto sesuai dengan kebutuhan.

Saat artikel ini ditulis, Adobe Photoshop merilis seri CC yang dijual dengan sistem langganan, yakni sekitar  Rp. 200 ribu/bulan. Informasi tentang aplikasi Photoshop bisa dicek di laman ini. Selain itu juga, Photoshop membutuhkan PC atau laptop dengan prosesor 2 GHz ke atas serta RAM minimal 8 GB (16 GB lebih baik). Sedangkan untuk VGA, pastikan punya memori video sebesar 2 GB (4 GB lebih baik).

2. Adobe Lightroom

Lightroom

Kalau Adobe Photoshop dirasa terlalu mahal, maka Anda bisa menggunakan aplikasi lain dari Adobe ini. Aplikasi ini awalnya adalah aplikasi untuk mengolah gambar RAW (gambar mentah). Aplikasi ini juga awalanya memiliki fungsi sebagai katalog.

Seiring berjalannya waktu, aplikasi ini memiliki fitur yang hampir sama dengan Photoshop. Terlebih untuk versi keempatnya, aplikasi ini sudah sangat bagus. Jika Anda memiliki dana, sebaiknya Anda memilih aplikasi ini dibandingkan Photoshop. Apalagi aplikasi ini  lebih ringan ketika dijalankan.

Untuk informasi Adobe Lightroom, Anda bisa kunjungi situsnya di sini. Oh iya, system requirement untuk aplikasi ini juga tidak jauh berbeda dengan Photoshop, memerlukan CPU 3 GHz dengan RAM 8 atau 16 GB, serta video memory 2 GB ke atas.

3. DxO PhotoLab

DxO Photolab

Satu lagi aplikasi yang kami rekomendasikan untuk mengedit foto di PC secara profesional, DxO Photolab. Meskipun tergolong punya tools yang lebih rumit dibandingkan aplikasi lainnya, namun DxO Photolab punya berbagai macam fitur yang mumpuni dan pastinya membuat pengguna lebih puas mengedit foto.

Wajar saja, pasalnya DxO Photolab ini memang ditujukan untuk Anda yang sudah profesional dalam hal editing gambar. Biasanya, DxO Photolab digunakan oleh para fotografer profesional. Nah, jika Anda penasaran dan ingin juga menjajal aplikasi ini, maka bisa download DxO PhotoLab di sini.

Direkomendasikan agar laptop memiliki Intel Core i5 ke atas dengan RAM 8 GB dan VGA 1 GB yang punya dukungan OpenCL.

4. Adobe Photoshop Elements

adobe photoshop elements

Apa yang Anda rasakan saat menggunakan Adobe Photoshop untuk pertama kalinya? Besar kemungkinan, Anda akan merasa canggung dengan fiturnya yang serba lengkap dan memerlukan kemampuan khusus untuk menemukan fitur yang dibutuhkan. Hampir semua proses yang dilakukan pada Photoshop berjalan secara manual pula.

Inilah yang akhirnya mendorong kebutuhan akan aplikasi edit foto yang simpel, yakni Adobe Photoshop Elements. Di sini Anda tidak perlu menunggu lama untuk bisa familiar dengan tool-nya. Dengan Photoshop Elements, Anda hanya perlu melakukan edit secara otomatis. Cocok bila Anda ingin mengedit foto dalam jumlah banyak namun dengan pengeditan yang simpel-simpel saja.

Untuk bisa gunakan software ini dengan nyaman, Anda harus punya spesifikasi laptop atau PC yang gahar. Minimal RAM-nya harus 8 GB, dan menggunakan CPU Intel generasi ke-8 atau yang setara. Kalau mau mencobanya dulu, tersedia program free trial. Untuk harganya sendiri Anda harus mengeluarkan biaya sebesar $69,99. Kunjungi laman ini untuk melakukan proses pembelian.

5. Corel PaintShop Pro

PaintShop Pro

Saat artikel ini dibuat, PaintShop Pro sudah mencapai seri 2020. Di seri ini, aplikasi ini menawarkan kemampuan yang lebih baik. Tidak heran jika aplikasi ini menjadi pilihan bagi para fotografer  profesional selain Photoshop. Mungkin dalam beberapa waktu kedepan, aplikasi ini bisa jadi saingan berat bagi Adobe Photoshop CC.


Apalagi software yang memiliki kemampuan edit foto dan grafis ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan Photoshop yakni $63.99 atau sekitar Rp 800-ribuan untuk satu lisensi selamanya.  Anda bisa cek informasi tentang program yang satu ini di situs resminya.

Untuk system requirement-nya, lebih baik gunakan laptop dengan Intel Core i5 ke atas atau seri AMD Ryzen, juga dibutuhkan VGA discrete yang mendukung DirectX 12.

6. GIMP

PixBuilder

Kalau ditanya, apa aplikasi edit foto di komputer yang gratis dan setara dengan Photoshop? Maka Carisinyal akan menjawab GIMP. Program open source yang satu ini merupakan program yang sangat direkomendasikan untuk para desainer dan fotografer. Program ini memiliki hampir semua fitur dan tool software berbayar.

Sifatnya yang open source membuat GIMP banyak disukai oleh kalangan desainer dan fotografer. Bahkan tidak sedikit para profesional tersebut yang menggunakan GIMP untuk mengedit foto, membuat logo, atau mengolah gambar. Software gratis ini bisa berjalan di berbagai sistem operasi komputer, mulai dari Windows, Linux, dan Mac. Anda bisa download GIMP di sini.

7. Skylum Luminar

Luminar 2018

Dengan kehadiran 45 filters yang menarik, tentu saja Luminar pantas masuk dalam salah satu aplikasi edit foto terbaik di PC versi Carisinyal. Bukan hanya kaya akan filter, bahkan Luminar punya macam-macam tools yang bisa diakses secara cepat tanpa lelet.

Selain itu, Skylum Luminar juga memberikan kemudahan pada penggunanya dalam memperbaiki warna, tone, lens distortion, hingga chromatic pada gambar yang akan diedit. Namun, jika Anda ingin yang lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan fitur automatic correction untuk mempercantik edit gambar Anda.

8. Cyberlink PhotoDirector

Cyberlink PhotoDirector

Tidak perlu punya pengalaman bertahun-tahun untuk bisa jadi mengedit foto. CyberLink PhotoDirector bisa digunakan oleh pemula, tidak seperti Photoshop yang butuh waktu lebih untuk dikuasai. Dengan beragam tool dan automasi yang memudahkan pengguna, Anda bisa memberikan efek ataupun melakukan tweak pada foto dengan lebih cepat.

Ada dua jenis pembayaran yang bisa Anda gunakan, yakni langganan atau pembelian seumur hidup. Untuk versi langganan, Anda harus membayar $40,99 per tahun untuk membeli PhotoDirector 365. Sedangkan untuk PhotoDirector Suite 365, biaya berlangganannya pun sebesar $96.99.

Nah, untuk paket pembelian yang lifetime, produk yang Anda dapatkan sedikit berbeda. Ketimbang dapat PhotoDirector Suite 365, Anda akan mendapatkan PhotoDirector 12 Ultra seharga $74,99 dan PowerDirector 19 Ultimate + PhotoDirector 12 Ultra seharga $169.99.

System requirement untuk aplikasi ini juga terbilang berat. Anda harus punya CPU Intel seri i atau yang setara, lalu pastikan VGA Anda punya memori di atas 128 MB. Tersedia untuk Windows 7 ke atas pada arsitektur 64 bit dan macOS versi 10.13, 10.14, dan 10.15. Kunjungi laman resminya di sini.

9. ON1 Photo RAW

ON1 Photo RAW

Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan RAW Conversion. Tidak hanya itu saja, ON1 Photo RAW juga ada fitur plug-in yang artinya pengguna bisa menambahkan Lightroom dan Photoshop ke dalam aplikasi ini. Sama seperti aplikasi edit foto lainnya, ON1 Photo RAW juga sangat apik untuk me-reduce noise, retouching, hingga preset effects.

Sayangnya, aplikasi ini punya kelemahan import gambar yang lambat dan mudah lag. Meskipun begitu, harga yang ditawarkan ON1 Photo RAW ini cukup terjangkau jika dibandingkan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Dan bagusnya lagi, aplikasi ini bisa dijalankan di Mac atau Windows. Ingin mencobanya? Langsung unduh aplikasinya di sini.

10. ACDSee Photo Studio Ultimate

ACDSee Photo Studio Ultimate

Kalau Anda ingin pakai aplikasi edit foto yang merupakan gabungan dari Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom, ACDSee Photo Studio Ultimate adalah pilihan yang sesuai. Semua alat-alat untuk mengedit foto bisa ditemukan di sini.

Ditambah lagi, software mengedit foto tersebut punya performa yang sangat bisa diandalkan, menyertakan juga beberapa fitur unik lainnya seperti integrasi cloud, face recognition, geotagging, dan masih banyak lagi. Beberapa orang juga tidak jarang lebih menyukai ACDSee Photo Studio Ultimate ketimbang Lightroom.

Tersedia untuk Windows dan MacOS versi terbaru (Windows 7 SP1 atau MacOS 10.12 ke atas), minimal Anda harus punya laptop dengan Intel Core i3 atau yang setara dan menggunakan RAM 2 GB dengan Video RAM sebesar 512 MB. Tertarik? Yuk klik link ini untuk menuju laman resminya!

11. Exposure X6

exposure x6

Tidak cuman Photoshop, Anda juga bisa andalkan Exposure X6 untuk segala keperluan photo editing seperti memberikan efek tertentu atau sekadar mengubah tone dari foto. Ini adalah sebuah plug-in untuk Photoshop dan Lightroom, namun ia juga tersedia dalam versi aplikasi standalone.

Tersedia setidaknya 500 preset yang bisa digunakan untuk semakin mempercantik foto, juga berbagai fitur pengeditan foto lainnya yang cukup lengkap. Mulai dari automatic adjustment, pengeditan warna, hingga noise reduction yang disesuaikan dengan karakteristik sensor kamera.

Baik untuk macOS ataupun Windows, Anda harus pakai VGA keluaran 2015 ke atas dengan VRAM minimal 2 GB. Dan juga, setidaknya butuh prosesor Apple M1 atau Intel Core 2 untuk penggunaan aplikasi yang lancar. Usahakan punya RAM 16 GB, tapi RAM 8 GB juga sudah cukup oke sih kalau untuk pengoperasian yang tidak begitu berat. Anda bisa kunjungi laman resminya di sini. Harganya sebesar $129, dan Anda tidak perlu membayarkan biaya langganan. Tertarik?

12. Zoner Photo Studio X

Zoner Photo Studio X

Zoner Photo Studio X adalah aplikasi pengedit foto bitmap seperti Photoshop. Bahkan ia juga menghadirkan antarmuka pengeditan menggunakan layer. Jadi, Anda yang sudah terbiasa dengan Photoshop mungkin akan merasa familiar dengan aplikasi ini.

Selain menghadirkan RAW photo processing, Anda juga bisa mengubah foto menjadi video baik itu ke dalam bentuk slide presentasi ataupun video timelapse. Semua dapat dilakukan tanpa harus berganti aplikasi.

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 10 juta kali ini bisa dijlanakan pada Windows 8 dan 10, dengan biaya subscription sebesar $49 per tahun. Seminimal mungkin, Anda sebaiknya punya prosesor Intel dengan empat inti pada clock speed 3 GHz dan juga VGA dengan VRAM 2 GB ke atas. Dapatkan aplikasinya melalui link ini.

13. Microsoft Photos

Microsoft Photos

Tidak ingin unduh atau instal aplikasi tambahan pada OS Windows di laptop Anda? Jangan khawatir, Microsoft juga menyediakan aplikasi foto bawaan bernamakan Microsoft Photos. Aplikasi ini merupakan aplikasi default saat Anda membuka file gambar di laptop.

Memang tidak seperti Photoshop dan kawan-kawan yang punya fitur lengkap. Akan tetapi, Photos sudah sangat cukup kalau Anda hanya sekadar ingin melakukan crop ataupun mengubah aspek ratio gambar. Cukup dengan instal Windows 10 di PC dan Anda sudah dapat langsung menggunakan Microsoft Photos tanpa perlu menginstal apa-apa lagi. Klik link ini untuk kunjungi laman produknya.

14. Apple Photos

Apple Photos

Kalau di Windows kita mengenal Microsoft Photos, maka untuk perangkat Apple seperti macOS dan iOS kita akan kedapatan aplikasi Apple Photos. Fungsinya kurang lebih sama, bisa melakukan organisasi pada foto, namun kini dengan dukungan filter berdasarkan tahun, momen, dan koleksi.

Keunggulannya dibandingkan Microsoft Photos, aplikasi ini juga mendukung file RAW serta format video seperti MP4. Selain bisa melakukan retouch foto secara otomatis, Apple Photos juga menyediakan kontrol manual penuh bila pengguna menginginkannya. Seperti Microsoft Photos yang bisa synced dengan OneDrive, Apple Photos juga mendukung cloud integration dengan iCloud.

15. Shotwell

ShotwellSumber: https://www.omgubuntu.co.uk/2018/03/shotwell-0-28-release

*

Shotwell juga merupakan aplikasi photo organizer. Namun lebih dari itu, Shotwell juga bisa digunakan untuk mengedit foto RAW dan juga video, seperti Apple Photos. Fitur-fiturnya cukup basic, seperti melakukan crop, membuat foto miring menjadi lurus, membuat peningkatan pada warna, menghilangkan red eye, dan sebagainya. Shotwell adalah aplikasi default yang tersedia untuk OS Linux.

Demikianlah daftar program edit foto di komputer yang Carisinyal rekomendasikan untuk diinstal di komputer Anda. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda seorang desainer dan tidak mempermasalahkan harga, tentu pilihan terbaik adalah Adobe Photoshop dan CorelDraw Paintshop Pro.

Jika Anda terbentur masalah dana namun ingin membutuhkan fitur lengkap, Anda bisa memilih GIMP. Nah, jika Anda seorang pemula dalam desain dan tidak mau ribet, Anda bisa menggunakan Photoshop Elements.

Artikel Terkait

Baca Juga

8 Responses

  1. apa uyg hrs dilakukan spy bisa baca sampai tat

  2. samad gaming 16 Please subcribe my channel berkata:

    Hayo siapa yang download bajakan

    Aku

  3. Thanks infonya mbak Listiorini. Bermanfaat dan membatu para calon konten kreator untuk lebih produktif belajar dan membuat karya terutama konten gambar atau foto.

  4. caranya download apliksi edit foto ini gimana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Guys, lagi ada promo cashback & bebas ongkir nih di Tokopedia!