Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Januari 2019

Karaoke merupakan aktivitas menyenangkan yang bisa melepas penat. Jika dulu kita hanya bisa melakukan karaoke di tempat khusus atau menggunakan alat khusus, kini kita dapat melakukannya hanya dengan bantuan perangkat Android. Ya, berikut Carisinyal akan mengulas daftar aplikasi karaoke Android yang dapat diunduh secara gratis.

10 Aplikasi Karaoke Android Terbaik dan Gratis

1. Wesing

Wesing

Selain Smule, ada juga aplikasi karaoke yang populer saat ini, Wesing. Ini adalah aplikasi gratis di mana sudah meraih lebih dari 80 ribu kali pengunduh di PlayStore. Tidak jauh berbeda dengan Smule, Anda juga bisa melakukan duet bersama Artis atau teman sesama pengguna Wesing.

Tidak hanya itu saja, di Wesing juga, pengguna bisa mengedit dan menyimpan hasil karaoke yang telah dilakukan. Bahkan, ada juga fitur edit untuk menambahkan efek-efek menarik pada hasil rekaman karaoke Anda lho.

2. Smule

Smule

Sing! by Smule merupakan aplikasi yang dibuat oleh Smule dan dibekali dengan berbagai macam fitur menarik. Yang pertama adalah fitur voice enhancer yang akan membuat suara Anda terdengar lebih merdu seperti hasil rekaman studio. Selanjutnya adalah fitur duet mode yang dapat Anda gunakan untuk bernyanyi bersama teman Anda.

Lagu yang Anda nyanyikan tersebut kemudian dapat disimpan dan juga dibagikan melalui Facebook, Twitter, atau Google Plus. Bahkan Anda juga bisa membagikannya secara pribadi melalui SMS dan juga email ke teman Anda.

Aplikasi ini menyediakan pilihan lagu yang sangat banyak dari berbagai macam genre seperti Pop, Hip-hop, Rock, Musicals, Country, Blues, dan lainnya. Semuanya dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Oh iya, kalau Anda masih merasa bingung untuk cara menggunakan aplikasi Smule, kami pernah membahas tutorialnya di artikel ini. Selamat bernyanyi!

3. Singo

Singo

Kebanyakan aplikasi karaoke membutuhkan koneksi internet, sehingga Anda harus selalu online setiap kali ingin karaokean. Tapi, hal itu sudah tidak perlu dilakukan lagi, karena Singo merupakan aplikasi yang bisa digunakan secara online maupun offline. Saat keadaan online, Anda bisa mengajak sesama pengguna Singo untuk berduet dan bernyanyi bersama.

Selain berduet, Singo uga punya fitur di mana Anda bisa membuat room karaoke sendiri. Di room tersebut, Anda bisa bernyanyi secara privat bersama orang-orang tertentu. Untuk memberikan kesan nyanyian yang unik, Singo juga tidak luput dalam menyematkan fitur effect yang bisa Anda pilih. Seru, kan? Yuk, karaokean dengan Singo di sini.

4. Videoke King – Karaoke

Videoke King - Karaoke

The Videoke King – Karaoke merupakan salah satu aplikasi karaoke terbaik yang ada saat ini. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam lagu yang bisa Anda download dan simpan di perangkat Android. Untuk lirik lagunya, aplikasi ini mengambil lirik dari situs gosing.com.

Tampilan yang dimilikinya juga sangat baik dengan warna background yang bisa diubah dan ukuran font yang bisa diperbesar agar lebih mudah dibaca. Karena tidak langsung menyediakan lagu-lagunya, maka Anda dapat menghemat ruang penyimpanan dengan hanya mengunduh lagu yang disukai saja.

5. Karaoke Online

Karaoke Online

Sesuai dengan namanya, Karaoke Online ini memang mengharuskan penggunanya untuk online selama melakukan rekaman karaoke atau melakukan karaoke tanpa rekaman. Untuk fiturnya sendiri, Karaoke Online menyuguhkan fitur yang memudahkan Anda mencari lagu hits dan populer masa kini, untuk kemudian Anda nyanyikan.

Selain itu, Karaoke Online juga akan menampilkan video Anda saat sedang bernyanyi, layaknya Anda menggunakan Smule. Nah, Karaoke Online juga punya fitur efek-efek keren lho. Penasaran? Bisa download aplikasinya di sini, ya.

6. Free Karaoke

Free Karaoke

Kalau dilihat dari namanya, sih, aplikasi ini memang gratis. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membayar lagi. Namun, perlu Anda ketahui bahwa Free Karaoke akan selalu update secara berkala. Nah, saat update, pastikan Anda terkoneksi dengan internet, ya.

Selain menyediakan aplikasi gratis, Free Karaoke juga punya fitur yang masih dikembangkan yakni penggunaan michrophone. Meskipun masih beta, namun fitur ini bisa Anda gunakan kok. Jadi, Anda juga bisa bernyanyi layaknya di tempat karaoke dengan menggunakan mic. Seru, kan?

7. Red Karaoke Sing & Record

Red Karaoke Sing & Record

Seperti nama yang diusungnya, Red Karaoke Sing & Record menawarkan fitur karaoke sekaligus merekamnya. Aplikasi ini juga memiliki fitur Duet bagi Anda yang ingin bernyanyi bersama teman-teman. Kualitas rekaman dari aplikasi ini sangatlah baik dan dapat terdengar seperti hasil rekaman studio.

Setiap minggunya akan ada ribuan lagu baru yang merupakan request dari para penggunanya. Anda dapat memilih lagu mana yang disukai sehingga dapat mudah dicari jika ingin menyanyikannya lagi. Aplikasi ini dapat digunakan secara offline sehingga Anda tidak perlu terhubung ke internet ketika berkaraoke.

8. Karaoke – Sing Karaoke, Unlimited Songs

Karaoke Sing & Record

Karaoke – Sing Karaoke, Unlimited Songs merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai portal dari koleksi video karaoke di YouTube. Artinya Anda dapat menemukan ribuan koleksi lagu terbaik di yang ada di YouTube. Aplikasi ini juga menyuguhkan beberapa efek suara untuk meningkatkan kualitas audio seperti echo dan reverb.

Sayangnya aplikasi ini harus terus terhubung ke internet ketika digunakan sehingga cukup menyulitkan bagi sebagian orang di Indonesia. Namun jika Anda memiliki koneksi internet yang baik, maka aplikasi online ini layak untuk dicoba.

Sama seperti aplikasi lainnya, hasil rekaman karaoke Anda juga bisa dibagikan melalui Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. Tertarik? Silakan download aplikasinya di sini.

9. SingPlay

aplikasi karaoke android SingPlay

Melakukan karaoke tidak perlu repot-repot lagi pergi ke tempat hiburan. Pasalnya, dengan menggunakan ponsel canggih ala Android, Anda sudah bisa menikmati bernyanyi layaknya di tempat karaoke lho. Bagaimana caranya? Salah satu caranya tentu menggunakan aplikasi SingPlay.

SingPlay merupakan sebuah aplikasi karaoke Android yang mampu menyediakan fitur layaknya karaoke. Tidak perlu ribet download lagu terlebih dahulu. Pengguna SingPlay dapat menyanyikan semua lagu yang ada di track list MP3 yang ada di HP lho. Tertarik? Download aplikasinya dengan klik di sini.

10. Mini Karaoke

Mini Karoke

Mini Karaoke merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Giant Land. Aplikasi ini hanya menggunakan lagu berformat MP3 sehingga Anda tidak perlu repot mencari lagu berbentuk video karaoke. Setelah Anda memilih lagu, aplikasi ini juga akan mencari liriknya secara otomatis.

Aplikasi Mini Karaoke juga memiliki fitur built-in mic yang dapat digunakan untuk merekam lagu yang Anda nyanyikan. Fitur tersebut juga akan membuat kualitas suara hasil rekaman menjadi lebih baik karena mengurangi gangguan white noise. Jika tertarik, Anda bisa download aplikasinya di sini.

Selain 10 aplikasi karaoke Android di atas, Carisinyal memberikan rekomendasi untuk aplikasi karaoke Android terbaik lainnya. Namun, beberapa aplikasi rekomendasi berikut ini sudah tidak tersedia lagi di PlayStore.

11. Karaoke Offline Dangdut

Karaoke Offline Dangdut

Last but not least, bagi Anda penikmat dan pecinta musik dangdut, mungkin Anda bisa menjajal salah satu aplikasi karaoke Android ini. Karaoke Offline Dangdut hanya menyediakan macam-macam jenis lagu dangdut. Jadi, Anda tidak akan menemukan genre musik lainnya di aplikasi ini.

Tak hanya menyediakan lagu-lagu dengan jenis lokal dangdut ini, bahkan Karaoke Offline Dangdut menyediakannya dengan sistem offline. Artina, setiap pengguna aplikasi Karaoke Offline Dangdut tidka perlu mengkhawatirkan tentang koneksi internet. Menarik bukan? Klik di sini untuk dapatkan aplikasinya.

12. Android Karaoke

aplikasi karaoke Android

Aplikasi terakhir bernama Android Karaoke yang dikembangkan oleh TATMob. Aplikasi ini tidak menyediakan lagu secara langsung sehingga Anda harus mencari dan mengunduhnya terlebih dahulu dari database yang sudah disediakan.

Lagu yang sudah diunduh tersebut kemudian dapat disimpan di memori SD card sehingga tidak perlu mengunduhnya lagi di kemudian hari. Anda juga pastinya dapat merekam dan membagikan hasil karaoke yang Anda nyanyikan.

13. Amazing Karaoke

aplikasi karaoke Android amazing

Amazing Karaoke hadir dengan berbagai macam koleksi lagu dari penyanyi papan atas dunia dari mulai The Beatles dan Frank Sinatra hingga Talylor Swift dan Adele. Menariknya, aplikasi ini juga memiliki video klip dari lagu-lagu tersebut yang tersimpan di YouTube.

Dengan begitu ketika Anda memilih sebuah lagu, aplikasi ini akan menampilkan video YouTube dari lagu tersebut dan Anda dapat langsung menyanyikannya. Anda juga dapat menandai lagu favorit agar dapat diakses dengan mudah di kemudian hari.

14. Karaoke Mode

aplikasi karaoke Android karaoke mode

Berbeda dengan aplikasi lainnya, Karaoke Mode mengharuskan kita untuk menggunakan earphone ketika berkaraoke. Pasalnya menggunakan earphone akan mengurangi banyak white noise sehingga suara terkonsentrasi di satu tempat dan kualitasnya akan meningkat.

Anda hanya perlu melakukan tiga langkah mudah untuk menggunakan aplikasi ini yakni gunakan earphone, cari lagu, dan mulai bernyanyi dengan hp. Terdapat ribuan lagu yang dapat Anda pilih. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk menyimpan dan membagikan hasil karaoke Anda.

Itulah berbagai macam aplikasi karaoke Android terbaik yang bisa Anda coba saat ini. Jika Anda ingin berkaraoke menggunakan PC, silahkan baca artikel ini.