Carisinyal / Aplikasi Screenshot / 10 Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Memotret Layar Android

10 Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Memotret Layar Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Maret 2019

Setiap ponsel Android umumnya sudah memiliki fitur screenshot built-in. Fitur yang satu ini memang sangat bermanfaat untuk mengambil gambar pada layar perangkat Android secara real time. Akan tetapi, umumnya fitur screenshot bawaan dari smartphone hanya mampu mengambil gambar saja.

Sementara itu, aplikasi screenshot yang tersedia di Google Play Store biasanya tidak hanya mampu mengambil gambar di layar saja, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengedit, menambahkan tulisan, atau melakukan beberapa hal lainnya.

Nah, Berikut ini Carisinyal sudah merangkum sepuluh aplikasi screenshot Android pilihan. Aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang kurang puas dengan fitur screenshot bawaan dari perangkat Android Anda.

10 Aplikasi Screenshot Android Terbaik

1. Screenshot Capture Recorder

Screenshot Capture Recorder

Beberapa fitur screenshot bawaan dari smartphone menggunakan kunci atau tombol tertentu untuk mengambil gambar layar. Misalnya, Anda perlu menekan tombol “Home”selama 3 detik atau menekan tombol power dan volume up secara bersamaan.

Namun, dengan Screenshot Capture Recorder Anda bisa mengatur sendiri capturing methods yang paling nyaman untuk Anda. Misalnya, ketika Anda mengambil gambar layar smartphone, Anda memerlukan sedikit getaran (shake) atau suara (play sound). Semua bisa diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini memang terbilang standar. Namun, ini cukup berguna bagi Anda yang ingin sedikit modifikasi ketika mengambil capture pada layar smartphone.

2. Screenshot – Screen Grabber

Screenshot - Screen Grabber

Selanjutnya ada aplikasi buatan Jared.co, yakni Screenshot – Screen Grabber. Aplikasi ini juga cukup bagus untuk menangkap layar. Anda hanya perlu klik satu kali dan bisa langsung mendapatkan hasil screenshot-nya. Nah, setelah Anda screenshot, selanjutnya bisa mengirimkan hasil screenshot tersebut ke sosial media ataupun e-mail. Jadi, Anda tidak perlu ribet membuka aplikasi sosmed lagi untuk mengirim screenshot-nya.

3. Screenshot & Screen Recorder

Screenshot & Screen Recorder

Kalau di aplikasi Screenshot & Screen Recorder ini, Anda bisa memilih tipe cara screenshot-nya. Ada dua cara untuk melakukan screenshot di aplikasi ini, yang pertama dengan cara menggoyangkan HP dan yang kedua dengan klik satu kali di tombol tertentu.

Ada hal menarik lainnya dari aplikasi ini, yakni screen recorder. Jadi, Screenshot & Screen Recorder bukan hanya berfungsi untuk screenshot, tapi bisa difungsikan sebagai aplikasi rekam layar juga. Cukup bagus, kani?

4. Screenshot

Screenshoot

Di urutan selanjutnya, ada sebuah aplikasi screenshot Android yang paling banyak didownload oleh pengguna Android melalui Google Play Store. Adalah “Screenshot”, sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar langsung dari layar smarpthone atau tablet Anda, kemudian Anda bisa mengambil tindakan lebih lanjut pada gambar tersebut.

Misalnya, Anda ingin mengedit gambar tersebut, menambahkan teks, atau memberi desain lainnya untuk meramaikan gambar screenshot yang sudah ada ambil tersebut. Interface yang sederhana juga membuat aplikasi ini sangat mudah digunakan.

5. Screenshot touch

Screenshot touch

Menangkap layar di Android, kini Anda bisa melakukannya dengan mudah dan praktis. Hanya butuh sekali sentuh maka secara otomatis layar akan langsung ter-screenshot dengan sendirinya. Ya, aplikasi yang dibesut oleh Daejeong Kim ini memang cukup baik dalam menangkap layar.

Dalam aplikasi yang dinamakan Screenshot touch ini, penggunanya bisa menikmati fitur screenshot dengan cara sentuh layar, notification area, atau dengan cara menggoyangkan bodi ponsel. Juga, Screenshot touch punya fitur merekam video untuk layar lho. Cukup lengkap, kan?

6. Screenshot Easy

aplikasi Screenshot Easy

Sesuai dengan namanya, Screenshot Easy, siap membantu penggunanya untuk melakukan screenshot secara mudah dan praktis. Ini merupakan aplikasi gratis di mana Anda bisa menangkap layar dengan banyak cara. Pertama, Anda bisa melakukan screenshot dengan cara menekan tombol “power” dan “volume.” Cara yang kedua, Anda bisa menekan tombol “power” + “home.”

Kedua cara tadi akan melakukan screenshot dalam waktu dua detik saja. Kalau Anda merasa repot untuk menekan dua tombol, maka Screenshot Easy menyuguhkan fitur untuk menangkap layar dengan cara menggoyangkan ponsel dan notification icon. Nah, mana cara yang ingin Anda gunakan?

7. Screen Master

Screen Master

Kalau Anda mencari aplikasi ringan untuk melakukan screenshot, maka kami sarankan untuk mendownload Screen Master. Aplikasi ini hanya akan memakan ruang kurang dari 5MB di ponsel Anda. Meski ringan, namun Screen Master cukup bagus untuk menangkap layar.

Screen Master menjamin penggunanya akan mendapatkan hasil tangkapan layar dengan resolusi HD. Bukan hanya itu saja, bahkan Anda juga bisa langsung menyimpan hasil screenshot di memori external HP. Ada tiga cara melakukan screenshot di Screen Master, yakni Floating button, Shaking device, dan Web capture.

8. Screenshot – Quick Capture

Screenshot - Quick Capture

Mau screenshot dengan mudah? Anda bisa melakukannya dengan Screenshot – Quick Capture. Aplikasi ini mengklaim dapat menangkap gambar dengan mudah dan cepat dengan fitur high-speed-nya. Selain itu, di aplikasi ini juga ada fitur untuk memotong hasil gambar yang di-screenhot. Nah, setelah Anda selesai melakukan screenshot, bisa langsung memilih lokasi folder untuk menyimpan hasil screenshot.

9. Screenshot – Geeks.Lab.2015

Screenshot - Geeks.Lab.2015

Aplikasi screenshot memang terbilang cukup dibutuhkan untuk para pengguna smartphone Android. Tak jarang para pengguna Android melakukan screenshoot untuk kebutuhan dan kepentingan pekerjaan atau untuk memberikan bukti kepada orang lain.

Screenshoot, sebuah aplikasi jebolan Geeks.Lab.2015 ini menawarkan sejumlah kemudahan dengan beragam fitur yang terpasang pada aplikasi. Selain dapat melakukan secreenshot dengan mudah, penggunanya juga dapat menikmati fasilitas untuk melakukan editing secara langsung. Anda tertarik untuk menjajal aplikasi ini? Download aplikasinya di sini.

10. Screenshot Ultimate

Screenshot Ultimate

Terakhir, ada sebuah aplikasi untuk screenshot yang sangat bermanfaat bagi pengguna ponsel Android. Screenshot Ultimate tampil memukau dengan keberadaan fitur Trigger. Ketika gambar layar sudah berhasil diambil oleh aplikasi ini, maka Anda akan ditawarkan berbagai fitur editing untuk meningkatkan citra dari gambar tersebut.

Ya, Anda bisa mengedit gambar tersebut sesuka hati sebelum disimpan ke gallery. Screenshot Ultimate adalah aplikasi tanpa root yang bisa didownload gratis melalui Google Play Store.

Terkadang, fitur screenshot built-in dari smartphone kita tidak dapat bekerja dengan baik karena suatu hal. Belum lagi jika fitur screenshot bawaan tersebut tidak menyediakan fitur editing atau Anda harus pergi ke gallery terlebih dahulu untuk mengedit gambar.

Selain kesepuluh aplikasi yang telah disebutkan di atas, Kami juga merekomendasikan aplikasi untuk screenshoot terbaik lainnya yang bisa Anda coba. Berikut daftar selengkapnya:

11. Screenshot – Enjoy Developer

Screen Capture

Anda ingin sebuah aplikasi untuk screenshot yang lebih rapi dan teroganisir dengan baik? Anda harus mengunduh Screenshot usungan Enjoy Developer. Jika fitur screenshot built-in atau aplikasi sejenis lainnya akan mengambil gambar dari satu layar penuh, dengan Screenshot Anda sendiri bisa mengatur ukuran screenshot yang Anda inginkan.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengambil gambar dengan sangat cepat. Tak hanya sampai di situ, Screenshot turut memberikan fitur editing sederhana untuk mengedit gambar yang sudah diambil. Ini adalah pilihan yang paling ideal untuk Anda yang menginginkan aplikasi sempurna untuk mengambil gambar pada layar smartphone atau tablet.

12. Droid Screenshot Free

Screenshot Snap Free

Setiap orang tentu menyukai aplikasi yang gratis. Apalagi aplikasi tersebut bisa dipakai tanpa root. Droid Screenshot Free adalah aplikasi gratis yang berfungsi untuk mengambil tampilan layar di perangkat Anda secara real time. Namun, tak hanya itu saja, aplikasi ini memampukan Anda untuk menambah tulisan, menyesuaikan gambar, dan editing lainnya pada hasil screenshot yang sudah diambil.

Keunggulan lain yang coba ditawarkan oleh aplikasi untuk screenshot Android ini adalah kemampuannya untuk berbagi gambar ke beberapa media sosial atau platform chatting yang tersedia di smartphone Anda langsung dari dalam aplikasi.

13. Touchshot (Screenshot)

Touchshot (Screenshot)

Tak mau kalah dengan developer lainnya, Lyouson juga punya aplikasi untuk menangkap layar yang bernama Touchshot (Screenshot). Disesuaikan dengan namanya, dengan aplikasi ini, Anda akan melakukan screenshot dengan cara menyentuh layar saja. Setelah berhasil melakukan screenshot, Anda juga bisa langsung mengeditnya dengan menggunakan Touchshot (Screenshot) ini. Cukup bagus, kan?

14. Screenshot Pro 2

Screenshot Pro 2

Meskipun ini adalah aplikasi berbayar, namun Screenshot Pro 2 ini tergolong bagus untuk dijadikan salah satu pilihan aplikasi tangkap layar di Android. Karena berbayar, tentu saja Anda tidak akan terganggu dengan yang namanya iklan. Juga, fiturnya pun cukup lengkap dengan hadirnya Floating icon, one click Screenshots, dan merekam video di layar ponsel. Jika tertarik, Anda bisa membelinya seharga Rp 14.000.

15. Go Screenshot Capture

Go Screenshot Capture

Satu lagi aplikasi gratis dan bagus untuk melakukan screenshot, nama aplikasinya adalah Go Screenshot Capture. Pada aplikasi ini juga punya berbagai macam cara melakukan screenshot dengan mudah dan cepat. Beberapa caranya adalah, menekan tombol power + volume-down, atau bisa juga menekan tombol power + home.

Selain menekan tombol, Anda juga bisa mengklik ikon dari Go Screenshot Capture untuk lebih mempermudah melakukan screenshot. Ada cara unik lainnya untuk menangkap layar, yakni Anda bisa menggoyang-goyangkan ponsel. Nah, Anda ingin mencobanya? Bisa download di sini.

Hal-hal yang kurang memuaskan tersebut akan membuat kita ingin memiliki sebuah aplikasi screenshot Android dengan fitur yang lebih mumpuni. Nah, Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut dengan memilih salah satu aplikasi yang kami tawarkan di atas.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “10 Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Memotret Layar Android”

  1. Sangat bermanfaat mbak, artikelnya he he 😍

Tinggalkan komentar