carisinyal web banner retina

15 Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Memotret Layar Android

Setiap ponsel Android umumnya sudah memiliki fitur screenshot built-in. Fitur yang satu ini memang sangat bermanfaat untuk mengambil gambar pada layar perangkat Android secara real time. Akan tetapi, umumnya fitur screenshot bawaan dari smartphone hanya mampu mengambil gambar saja.

Sementara itu, aplikasi screenshot yang tersedia di Google Play Store biasanya tidak hanya mampu mengambil gambar di layar saja, tetapi juga memungkinkan Anda untuk mengedit, menambahkan tulisan, atau melakukan beberapa hal lainnya.

Nah, Berikut ini Carisinyal sudah merangkum sepuluh aplikasi screenshot Android pilihan. Aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang kurang puas dengan fitur screenshot bawaan dari perangkat Android Anda.

1. Screenshot Easy

aplikasi Screenshot Easy

Sesuai dengan namanya, Screenshot Easy, siap membantu penggunanya untuk melakukan screenshot secara mudah dan praktis. Ini merupakan aplikasi gratis di mana Anda bisa menangkap layar dengan banyak cara. Pertama, Anda bisa melakukan screenshot dengan cara menekan tombol "power" dan "volume." Cara yang kedua, Anda bisa menekan tombol "power" + "home."

Kedua cara tadi akan melakukan screenshot dalam waktu dua detik saja. Kalau Anda merasa repot untuk menekan dua tombol, maka Screenshot Easy menyuguhkan fitur untuk menangkap layar dengan cara menggoyangkan ponsel dan notification icon. Nah, mana cara yang ingin Anda gunakan?

2. Screenshot touch

Screenshot touch

Menangkap layar di Android, kini Anda bisa melakukannya dengan mudah dan praktis. Hanya butuh sekali sentuh maka secara otomatis layar akan langsung ter-screenshot dengan sendirinya. Ya, aplikasi yang dibesut oleh Daejeong Kim ini memang cukup baik dalam menangkap layar.

Dalam aplikasi yang dinamakan Screenshot touch ini, penggunanya bisa menikmati fitur screenshot dengan cara sentuh layar, notification area, atau dengan cara menggoyangkan bodi ponsel. Juga, Screenshot touch punya fitur merekam video untuk layar lho. Cukup lengkap, kan?

3. Screen Master

Screen Master

Kalau Anda mencari aplikasi ringan untuk melakukan screenshot, maka kami sarankan untuk mendownload Screen Master. Aplikasi ini hanya akan memakan ruang kurang dari 5MB di ponsel Anda. Meski ringan, namun Screen Master cukup bagus untuk menangkap layar.

Screen Master menjamin penggunanya akan mendapatkan hasil tangkapan layar dengan resolusi HD. Bukan hanya itu saja, bahkan Anda juga bisa langsung menyimpan hasil screenshot di memori external HP. Ada tiga cara melakukan screenshot di Screen Master, yakni Floating button, Shaking device, dan Web capture.

4. Screenshot Quick Free

 Screenshot Quick Free

Tidak ingin hasil screenshot-an membuat memori internal Anda cepat penuh? Gunakan saja aplikasi Screenshot Quick Free yang memungkinkan pengguna untuk mengatur tingkat kualitas hasil screenshot. Terdapat 6 tingkat kualitas yang berbeda, tergantung dari kebutuhan.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung file format PNG dan JPG sebagai output-nya. Agar tidak tercampur dengan foto-foto lainnya, tersedia pula folder atau galeri khusus yang hanya menampilkan hasil screenshot dari aplikasi ini. Anda pun kemudian bisa melakukan pengeditan yang diinginkan seperti crop, share, dan juga hapus.

Ada bermacam cara untuk Anda melakuan screenshot, salah satunya adalah dengan menggunakan overlay button, dengan melakukan shake pada smartphone atau tablet, atau dengan menggunakan tombol fisik sebagai shortcut.

Anda pun dapat melakukan rapid burst, alias pengambilan screenshot secara bertubi-tubi yang akan sangat berguna saat Anda ingin mengambil tangkapan gambar dari video. Yuk, coba aplikasinya dengan unduh di sini!

5. Screenshot & Screen Recorder

Screenshot & Screen Recorder

Kalau di aplikasi Screenshot & Screen Recorder ini, Anda bisa memilih tipe cara screenshot-nya. Ada dua cara untuk melakukan screenshot di aplikasi ini, yang pertama dengan cara menggoyangkan HP dan yang kedua dengan klik satu kali di tombol tertentu.


Ada hal menarik lainnya dari aplikasi ini, yakni screen recorder. Jadi, Screenshot & Screen Recorder bukan hanya berfungsi untuk screenshot, tapi bisa difungsikan sebagai aplikasi rekam layar juga. Cukup bagus, kani?

6. Screenshot - Quick Capture

Screenshot - Quick Capture

Mau screenshot dengan mudah? Anda bisa melakukannya dengan Screenshot - Quick Capture. Aplikasi ini mengklaim dapat menangkap gambar dengan mudah dan cepat dengan fitur high-speed-nya. Selain itu, di aplikasi ini juga ada fitur untuk memotong hasil gambar yang di-screenhot. Nah, setelah Anda selesai melakukan screenshot, bisa langsung memilih lokasi folder untuk menyimpan hasil screenshot.

7. Screenshot - Splend Apps

Screenshot - Splend Apps

Jika Anda gunakan Screenshot dari Splend Apps untuk mengambil tangkapan layar, dijamin akan mendapatkan pengalaman yang memuaskan.

Aplikasi ini bisa mengambilkan tangkapan layar dengan cara tombol overlay yang posisinya dapat dikustomasi, mengetuk opsi shutter dari bar notifikasi, ataupun kombinasi tombol fisik yang menjadi standari di perangkat Android.

Apabila diinginkan, Anda pun bisa menyetel durasi delay yang akan menghitung mundur sebelum area layar benar-benar di-screenshot-kan. Ini adalah aplikasi yang tersedia secara gratis dan tidak mengharuskan pengguna untuk melakukan rooting (walau beberapa fitur tertentu mengharuskannya).

Setelah melakukan screenshot, hasilnya bisa terpampang pada sebuah view area yang terlihat seperti galeri. Di sini, Anda bisa memilih untuk menyebarkan hasil tangkapan layar melalui email, ke akun Facebook, Twitter, Google+, WhatsApp, Instagram, DropBox, dan masih banyak lagi.

8. Screenshot Pro - Automatic trimming

 Screenshot Pro - Automatic trimming

Mungkin Anda sering meng-share hasil screenshot-an ke grup chat atau ke teman, namun rupanya dia malah mengomentari baterai Anda yang tingga 1% alih-alih menanggapi isi tangkapan layar.

Nah, untungnya Screenshot Pro -Automatic Trimming ini dapat otomatis membuang bagian bar notifikasi, sehingga hanya isi layar utama yang tertangkap. Kini tidak ada lagi ceritanya teman Anda menjadi salah fokus!

Di aplikasi ini, juga terdapat tombol kecil yang tidak akan mengganggu pandangan namun masih tetap nyaman untuk ditekan. Tombol ini akan menjadi teman setia Anda untuk mengambil screenshot dengan cepat dan praktis.

Selain itu, Anda pun bisa menyetel konfigurasi pada animasi dan suara pada pengambilan tangkapan layar. Anda pun bisa menyetel agar hasil screenshot bisa otomatis terunggah ke layanan penyimpanan cloud. Praktis sekali, bukan? Mana gratis pula. Yuk unduh di sini!

9. Screenshot Easy Pro

Screenshot Easy Pro

Mungkin Anda sudah muak dengan aplikasi gratisan yang seringkali menghadirkan iklan. Tidak masalah, Anda pun bisa membeli aplikasi Screenshot Easy Pro yang harganya cuman $1.99 atau nyaris Rp30 ribu. Tidak lebih mahal dari menu satu porsi di restoran.

Sudah begitu, layanannya pun bikin takjub. Anda bisa melakukan tangkapan layar gambar, maupun screenshot dalam bentuk video. Jika ingin mengambil screenshot pada halaman website yang panjang, aplikasi ini juga bisa mengambilnya secara penuh.

Pengguna juga akan disuguhkan beragam fitur penting, seperti pengeditan foto (crop, bentuk, aspek rasio, membubuhkan anotasi seperti emotikon dan tulisan, memilih satu dari tiga file format yang tersedia (JPG, PNG, dan WEBP), dan masih banyak lagi.

10. Screen Master Pro

Screen Master Pro

Mau melakukan rotasi pada screenshot, menambahkan teks anotasi pada foto (termasuk tanda panah), membubuhkan stiker, bahkan bisa juga memberikan efek blur pada area tertentu yang mengandung informasi sensitif! Semua ini adalah kenikmatan yang akan Anda dapatkan jikga menggunakan Screen Master Pro.

Bukan itu saja, aplikasi inipun akan mengizinkan Anda untuk langsung mengatur area tangkapan layar, sedetik setelah Anda menekan tombol shutter. Nah, untuk pemicunya sendiri, Anda bisa memilih antara metode shake, tombol melayang, ataupun long capture yang dapat mengambil screenshot bagian per bagian dan menyatukannya.

Anda pun mampu sekadar memasukkan URL dari situs yang ingin Anda ambil screenshot-nya, dan aplikasi ini akan langsung memberikan tangkapan layar secara penuh. Ini adalah aplikasi ideal bagi Anda yang sering memberikan tutorial untuk kegiatan yang dilakukan di HP.

Dengan fiturnya yang sungguh bejibun dan premium ini, kami sih tidak heran setelah mengetahui bahwa ini merupakan aplikasi berbayar. Tidak mahal-mahal juga, kok, hanya $4.99 dolar saja.

11. Screen Capture and Recorder - SCAR

Screenshot Capture Recorder

Beberapa fitur screenshot bawaan dari smartphone menggunakan kunci atau tombol tertentu untuk mengambil gambar layar. Misalnya, Anda perlu menekan tombol “Home”selama 3 detik atau menekan tombol power dan volume up secara bersamaan.

Namun, dengan Screen Capture and Recorder - SCAR Anda bisa mengatur sendiri capturing methods yang paling nyaman untuk Anda. Misalnya, ketika Anda mengambil gambar layar smartphone, Anda memerlukan sedikit getaran (shake) atau suara (play sound). Semua bisa diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini memang terbilang standar. Namun, ini cukup berguna bagi Anda yang ingin sedikit modifikasi ketika mengambil capture pada layar smartphone.

12. Screenshot X

Screenshot - Screen Grabber

Selanjutnya ada aplikasi buatan Jared.co, yakni Screenshot X. Aplikasi ini juga cukup bagus untuk menangkap layar. Anda hanya perlu klik satu kali dan bisa langsung mendapatkan hasil screenshot-nya. Nah, setelah Anda screenshot, selanjutnya bisa mengirimkan hasil screenshot tersebut ke sosial media ataupun e-mail. Jadi, Anda tidak perlu ribet membuka aplikasi sosmed lagi untuk mengirim screenshot-nya.

13. Screenshot

Screenshoot

Di urutan selanjutnya, ada sebuah aplikasi screenshot Android yang paling banyak didownload oleh pengguna Android melalui Google Play Store. Adalah “Screenshot”, sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar langsung dari layar smarpthone atau tablet Anda, kemudian Anda bisa mengambil tindakan lebih lanjut pada gambar tersebut.

Misalnya, Anda ingin mengedit gambar tersebut, menambahkan teks, atau memberi desain lainnya untuk meramaikan gambar screenshot yang sudah ada ambil tersebut. Interface yang sederhana juga membuat aplikasi ini sangat mudah digunakan.

14. Screenshot - Geeks.Lab.2015

Screenshot - Geeks.Lab.2015

Aplikasi screenshot memang terbilang cukup dibutuhkan untuk para pengguna smartphone Android. Tak jarang para pengguna Android melakukan screenshoot untuk kebutuhan dan kepentingan pekerjaan atau untuk memberikan bukti kepada orang lain.

Screenshoot, sebuah aplikasi jebolan Geeks.Lab.2015 ini menawarkan sejumlah kemudahan dengan beragam fitur yang terpasang pada aplikasi. Selain dapat melakukan secreenshot dengan mudah, penggunanya juga dapat menikmati fasilitas untuk melakukan editing secara langsung. Anda tertarik untuk menjajal aplikasi ini? Download aplikasinya di sini.

15. Droid Screenshot (berbayar)

Droid Screenshot (berbayar)

Droid Screenshot merupakan aplikasi tangkapan layar yang melakukan hal lebih. Bukah hanya menambahkan anotasi seperti teks, panah, emotikon, dan lain-lain, tapi ia juga menyediakan opsi font yang begitu stylish untuk mempercantik hasil foto.

Di aplikasi ini, Anda bisa membubuhkan efek blur pada bagian tertentu yang Anda pilih, menggambarkan garis secara free style, lingkaran untuk meng-emphasis bagian penting, ataupun efek stabilo pada teks.

Dan karena Droid Screenshot yang satu ini adalah berbayar (mereka juga menydeiakan opsi gratis, namun dengan fitur yang lebih terbatas), Anda pun tidak akan menemukan iklan sama sekali di dalamnya. Jika tertarik, silakan beli Droid Screenshot seharga $0.99 di link ini.

Hal-hal yang kurang memuaskan tersebut akan membuat kita ingin memiliki sebuah aplikasi screenshot Android dengan fitur yang lebih mumpuni. Nah, Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut dengan memilih salah satu aplikasi yang kami tawarkan di atas.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram