carisinyal web banner retina

15 Aplikasi untuk Download Video Terbaik di HP Android

Ditulis oleh Jihan Fauziah
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Menonton video online merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain untuk hiburan, menonton juga bisa mengusir kepenatan ketika bekerja.

Meskipun dapat ditonton kapan saja secara online, namun terkadang kita juga ingin menyimpan video tersebut untuk ditonton di lain waktu. Agar bisa menyimpannya tentu kita harus menggunakan aplikasi untuk men-download video.

Saat ini terdapat banyak aplikasi untuk men-download video yang dapat Anda coba. Fitur-fitur yang dimilikinya juga cukup bervariasi, dari mulai hanya mengunduh saja hingga bisa melakukan konversi secara langsung.

Semakin banyaknya perangkat Android berlayar besar membuat kita semakin nyaman menonton video melalui Android. Para pengembang juga tidak ketinggalan berlomba-lomba untuk membuat aplikasi download video gratis dengan berbagai fitur yang menarik. Berikut tim Carisinyal akan mengulas daftar aplikasi pengunduh video terbaik untuk perangkat Android.

1. Video Downloader - Inshot

inshot video downloader_

Inshot inc meluncurkan sebuah aplikasi di mana Anda akan dimudahkan dalam men-download dan menyimpan video.

Ada berbagai macam keunggulan fitur yang menarik di Video Downloader, salah satunya tersedianya format video yang cukup lengkap. Anda bisa men-download video berupa mp3, m4a, mp4, m4v, mov, avi, wmv, doc, xls, pdf, txt, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu saja, bahkan aplikasi ini juga punya fitur lock. Jadi, tidak sembarang orang bisa melakukan download video tanpa izin. Oh iya, Video Downloader juga mengklaim mampu men-download video dengan cepat. Dan lagi, aplikasi ini menjajikan resolusi HD untuk setiap video yang Anda download.

2. Video Downloader - InsMate

insmate 1-side_

Mengunduh video di Instagram dibikin mudah dengan kehadiran InsMate. Sama dengan aplikasi pengunduh lainnya, Anda hanya perlu menyalin dan menempelkan tautan di dalam aplikasi untuk mengunduh sebuah video atau foto.

Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan membagikan konten yang ingin diunduh ke aplikasi ini. Dalam hitungan detik saja, konten yang diinginkan akan langsung terunduh dan tersimpan di HP Anda.

Tak ada biaya apapun yang harus dibayarkan untuk menggunakan layanan InsMate. Aplikasi ini jadi salah satu pilihan favorit tim Carisinyal. Selain gratis, simpel juga proses pengunduhannya. Oh ya, lewat InsMate, Anda pun bisa me-repost postingan Instagram yang diinginkan. 

Aplikasi ini menghadirkan tab history untuk mengecek riwayat unduhan, lho. Tersedia juga opsi untuk menghapus iklan yang tampil. Unduh InsMate di Google PlayStore.

3. SnapTik

snaptik_

Mau mengunduh video TikTok tanpa watermark? Gunakan saja SnapTik. Cara pakai aplikais ini mudah, kok. Cukup copy tautan video yang ingin diunduh. Setelah itu, paste tautan tersebut di aplikasi SnapTik. 

Video yang sudah terunduh akan tersimpan di tab “Download” dengan ikon panah kebawah. Selama proses pengunduhan, akan ada iklan yang tampil. Aplikasi ini cukup membantu dan memudahkan kami untuk menyimpan video TikTok tanpa watermark.

Aplikasi ini menawarkan layanan premium dengan berbagai fitur unggulan. Sebut saja seperti penghilangan iklan dan juga download speed booster. Ada paket langganan untuk satu minggu dengan tarif yang sangat terjangkau, lho.

Sedikit informasi, pastikan Anda meminta izin terlebih dulu pada kreator sebelum mengunduh videonya, ya.

4. GetThemAll

getthemall

GetThemAll adalah aplikasi pengunduh video yang dilengkapi browser. Dengan browser ini, Anda bisa langsung pergi ke sebuah situs untuk mengunduh video yang diinginkan. Kalau Anda sudah punya link videonya, tinggal paste saja link tersebut di kolom pencarian browser.

Setelah itu, Anda hanya perlu menekan tombol “Get files list”. Aplikasi akan memproses seluruh video yang ada. Bahkan, saat kami coba, video iklan pun ikut terunduh. 

Nah, setelah selesai, Anda tinggal pilih video yang ingin diunduh. Jangan lupa pilih lokasi folder unduhannya di memori penyimpanan HP Anda. Agar video tersimpan, beri izin aplikasi untuk mengakses file di HP dengan menekan “Allow” ketika ada pop up.

Aplikasi GetThemAll dapat digunakan dengan gratis. Sayangnya, iklan yang tampil cukup banyak, sehingga kami merasa terganggu ketika memakainya. Namun, pihak pengembang menyajikan layanan premium dengan berbagai keuntungan. Salah satunya penghilangan iklan.

Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mengunduh di situs tertentu, seperti Instagram, Facebook dan Dailymotion. Sayangnya, unduhan dari layanan Google seperti YouTube tidak didukung.

5. FastVid: Video Downloader for Facebook

fastvid

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa mengunduh video apapun yang ada di Facebook. Selain itu, aplikasi FastVid: Video Downloader for Facebook punya antarmuka yang sangat sederhana, sehingga Anda bisa men-download videonya dengan mudah dan cepat.

Cara mengunduh video menggunakan aplikasi ini cukup dengan satu kali klik saja. Pertama, Anda bisa cari video di Facebook yang ingin Anda download. Setelah ketemu, silakan tekan "Download" untuk mendapatkan videonya.

Kalau sudah, Anda tinggal menunggu proses unduhan hingga selesai. Mau unduh video dari Facebook sekarang? Download FastVid Video Downloader di Google PlayStore.

6. HD Video Downloader App

hd video downloader app 2019

HD Video Downloader App sungguh memberikan Anda pengalaman yang lebih dari menonton YouTube biasa. Aplikasi ini menawarkan opsi download video yang super lengkap – dari mulai memilih resolusi dan juga format videonya.

Sementara itu, tersedia juga player yang sudah terintegrasi supaya Anda bisa menonton video secara online maupun offline. Bagi Anda yang ingin mengunduh video dengan aman juga bisa, karena aplikasi ini menyediakan fitur browser yang privat dan tanpa iklan.

Apa itu saja kelebihannya? Tentu tidak. Anda pun bisa mendapatkan opsi lengkap pada download manager-nya seperti mem-pause, melanjutkan, ataupun menghapus. Oh iya, aplikasi ini juga bisa langsung menyimpan ke SD Card. Bagaimana? Anda tertarik?

7. Download Manager - Renkmobil Bilisim

download manager renkmobil bilism_

Download Manager merupakan salah satu aplikasi untuk download video yang sangat cepat. Sang pengembang mengklaim jika aplikasi ini mampu mengunduh 3 kali lebih cepat dibanding aplikasi yang lain.

Aplikasi ini juga dapat mengunduh berbagai macam file di internet tanpa ada batasan format ataupun ukuran. Ada beberapa situs yang didukung oleh aplikasi ini. Salah satunya adalah Instagram.

Selain itu juga, aplikasi ini menjamin penggunanya akan dengan mudah dan praktis men-download video di internet. Menurut kami, user interface aplikasi ini terbilang simple dan cenderung tidak ribet. Download Manager for Android ini juga didukung dengan file dengan format java script. Mau coba?

8. 1DM: Browser & Video Downloader

1DM Downloader_

1DM: Browser & Video Downloader bisa jadi solusi untuk Anda. Terlebih kalau Anda ingin mengunduh video atau foto dari browser di HP. Cara mengunduhnya tidak begitu sulit. Di aplikasi, cukup buka ikon browser bergambar globe. 

Dan setelahnya, pergi ke situs yang diinginkan. Akan ada tombol unduhan di ujung kanan atas layar yang dapat Anda pakai untuk mengunduh video. Sayangnya, 1DM tak mendukung unduhan untuk situs tertentu, seperti YouTube atau bahkan Instagram.

Di aplikasi ini juga ada fitur unduhan yang lebih advanced. Fitur ini dapat diakses dengan mengklik tanda “+” di beranda aplikasi. Di sini, Anda tinggal menempel link video yang ingin diunduh. Lalu, memberinya nama, dan menyimpan ekstensi file sesuai kebutuhan.

1DM: Browser & Video Downloader juga menyediakan layanan untuk mengunduh torrent. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa membayar biaya sepeserpun. Overall, 1DM jadi salah satu aplikasi pengunduh video terbaik yang ada di Android versi tim Carisinyal.

9. Status Saver: Video Downloader

status saver_

Status Saver: Video Downloader adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunduh status di WA. Memakai aplikasi ini, Anda bisa langsung mengunduh status WA orang lain, baik itu dalam bentuk foto atau video.

Cara pakainya, cukup buka aplikasi Status Saver dan izinkan aplikasi untuk mengakses folder di HP Anda. Nah, setelahnya, buka status WA yang ingin disimpan. Lalu, kembali ke aplikasi dan video serta fotonya akan langsung terunduh di sana. Kalau tak muncul, cukup lakukan refresh pada halamannya saja.

Aplikasi ini menghadirkan layanan unduhan gratis. Meski sudah diunduh oleh jutaan orang, kami tetap tidak bisa memastikan keamanannya, ya. Jadi, sebelum mengunduh Status Saver: Video Downloader, pastikan Anda sudah mempertimbangkannya terlebih dulu.

10. Download Twitter Videos

download twitter videos

Aplikasi gratis memang umumnya menyebalkan karena sering menampilkan iklan. Jangan khawatir, aplikasi Download Twitter Videos ini punya iklan yang tidak banyak! Sesuai namanya, aplikasi ini khusus untuk mengunduh video ataupun gambar bergerak GIF pada Twitter.

Download Twitter Videos juga mampu melacak apakah link video yang Anda masukkan sudah pernah diunduh atau belum, supaya Anda tercegah dari mengunduh video yang sama secara tidak sengaja. Lumayan untuk menghemat data.

Dan, kalau Anda mengunduh video yang bersifat rahasia, tinggal pasangkan saja passcode supaya tidak sembarang orang bisa tahu video apa yang Anda unduh. Yuk dapatkan Download Twitter Videos melalui Google PlayStore sekarang!

11. Pure All Video Downloader

pure video downloader_

Ada lagi satu aplikasi pengunduh video untuk Android: Pure All Video Downloader. Aplikasinya membawa fitur seperti browser, agar Anda bisa mencari video sebelum mengunduhnya. Beberapa situs seperti Dailymotion, IMDb, Instagram, dan Facebook sudah didukung oleh aplikasi ini. Jadi, Anda dapat mengunduh video dari situs-situs tadi.

Cara mengunduh video dengan aplikasi ini tak sulit. Tempel link videonya di kolom pencarian. Lalu, tekan ikon pencariannya. Setelah itu, aplikasi akan memproses videonya. Tunggu sampai tombol biru dengan panah ke bawah muncul di layar. Tekan tombol tersebut, dan tentukan di mana Anda ingin menyimpan file video yang ingin diunduh.

Aplikasi lalu akan memproses unduhan. Anda hanya perlu menunggunya hingga selesai. Sama seperti aplikasi pengunduh video lain, Pure All Video Downloader menyediakan layanan gratis. Namun, ada banyak iklan yang tampil selama aplikasi dipakai. Meski begitu, tim Carisinyal mengapresiasi user interface dari Pure All Video Downloader. UI-nya simpel.

Posisi search bar dan tombol unduhan pun mudah ditemukan. Ada shortcut ke situs-situs tertentu, agar Anda tak perlu capek mengetik alamat situs di search bar-nya. Mau mencoba? Unduh langsung aplikasi ini di Google PlayStore.

12. GoGo Downloader: Video & Music

gogo downloader_

GoGo Downloader: Video & Music bisa Anda andalkan untuk mengunduh video dan musik dari beberapa platform. Aplikasi ini juga menyediakan layanan unduhan video untuk aplikasi media sosial populer.

Ketika kami coba untuk mengunduh video dari salah satu situs, GoGo Downloader: Video & Music langsung menawarkan beberapa resolusi video yang berbeda. Yang paling tinggi adalah kualitas 1080p dengan ukuran 66 MB.

Khusus untuk unduhan media sosial, GoGo Downloader menerapkan cara yang tak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya. Tinggal copy dan paste saja tautan konten yang diinginkan, dan aplikasi ini akan langsung mengunduhnya buat Anda. 

Ada pula tombol khusus yang akan muncul langsung di aplikasi media sosialnya, supaya Anda tak perlu repot salin tautan lagi. GoGo Downloader dapat diunduh gratis di Google PlayStore.

13. Video Downloader - Save Videos

all downloader save videos_

Jika Anda mencari video downloader yang aman dan empat kali lebih cepat dari aplikasi lain, maka Video Downloader - Save Videos-lah jawabannya.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengunduh video dari berbagai sumber dengan format-format yang berbeda. Dua di antaranya adalah format mp4 dan wmv. Anda pun dapat membagikan video yang sudah Anda unduh kepada siapa saja yang dikehendaki.

Cara mengunduh video dengan aplikasi ini terbilang mudah. Anda hanya perlu login ke platform tempat video yang ingin diunduh, kemudian copy link videonya.

Setelah itu, Anda tinggal klik tombol "Download" dan pilih resolusi video yang diinginkan. Jika sudah, tunggu sampai prosesnya selesai. Tertarik untuk mencoba?

14. Video Downloader No Watermark

video downloader no watermark_

TikTok memang sudah punya tombol pengunduh video. Sayangnya, setiap Anda mengunduh video dari sana, pasti masih ada watermark di video yang diunduh. Nah, Anda bisa gunakan aplikasi Video Downloader No Watermark. 

Silakan cari video yang ingin diunduh. Lalu, copy link-nya dan paste ke kolom yang ada di aplikasi Video Downloader No Watermark. Selanjutnya, beberapa opsi unduhan video dengan resolusi berbeda akan ditampilkan pada Anda. 

Pilihlah video dengan resolusi yang diinginkan. Tekan tombol unduhan dengan ikon panah ke bawah untuk mengunduh videonya. Tunggulah proses unduhan hingga selesai. Videonya akan tersimpan di folder “Finished” yang ada dalam aplikasi.

Video Downloader No Watermark dapat digunakan tanpa membayar biaya sepeser pun. Sayangnya, kami menemukan banyak iklan yang cukup mengganggu. Kalau tak keberatan, silakan unduh aplikasinya di Google PlayStore.

15. VodTwit

vodtwit_

Ingin mengunduh video gaming dari streamer favorit di Twitch? Coba aplikasi VodTwit. Ya, dengan aplikasi ini, Anda dapat mengunduh video apapun yang diunggah di Twitch, kecuali video live.

Caranya tak jauh berbeda dengan aplikasi pengunduh video lain. Silakan cari video yang ingin diunduh. Setelah itu, copy dan paste tautan videonya ke aplikasi VodTwit. Tekan tombol download, kemudian pilih resolusi video yang diinginkan. Lalu, lanjutkan proses unduhannya.

Lama unduhan di aplikasi ini tergantung pada kecepatan internet yang Anda gunakan, ya. Aplikasinya hanya bisa digunakan untuk mengunduh video dari Twitch saja. Di dalam aplikasi, ada banyak iklan yang tampil. Namun, ada opsi ‘penghilang iklan’ yang bisa Anda pilih.

Itulah berbagai macam aplikasi untuk men-download video terbaik yang dapat Anda coba untuk perangkat Android. Jika Anda ingin video hasil unduhan tersebut semakin menarik, maka Anda juga dapat mengeditnya secara langsung menggunakan aplikasi video editing terbaik yang pernah kami ulas. Selamat mencoba!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram