Carisinyal / Aplikasi PC / Inilah 10 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Laptop Baru

Inilah 10 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Laptop Baru

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 September 2018

Punya laptop baru? Nah, itu tandanya Anda harus segera mengisi laptop tersebut dengan beberapa aplikasi wajib untuk laptop. Aplikasi tersebut akan membuat kinerja laptop baru Anda jadi lebih optimal.

Sebelum mulai mengisi aplikasi, pastikan Anda sudah menginstall sistem operasi di laptop baru Anda. Jika ingin OS mutakhir, Anda bisa menggunakan Windows 10. Namun, bila Anda masih belum bisa move on dari Windows 8, maka install OS Windows 8 di laptop Anda. Seperti biasa, Carisinyal akan memberikan daftar aplikasi yang harus ada di laptop baru Anda. Yuk, langsung saja simak daftar selengkapnya berikut ini.

10 Aplikasi yang Harus Ada Di Laptop Baru

1. Google Chrome

google chrome

Setiap laptop tentu membutuhkan browser untuk memungkinkan Anda berselancar di dunia maya. Oleh karena itu, aplikasi yang harus ada di laptop yang baru dibeli adalah browser. Saat ini, peramban web yang paling populer adalah Google Chrome.

Popularitas Chrome berhasil menyingkirkan beberapa browser lain yang sudah lebih dulu ada, seperti Internet Explorer, Opera, dan Mozilla Firefox. Google Chrome telah menjadi salah satu browser yang paling banyak didownload dan diinstall saat ini.

2. Ninite

Ninite

Ada banyak software yang harus diinstall pada laptop baru Anda. Namun, pernahkah terpikir dalam benak Anda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menginstall aplikasi dalam jumlah banyak? Belum lagi Anda harus mencari file aplikasi yang ingin didownload melalui browser. Ninite akan membantu untuk menginstall aplikasi penting secara mudah. Pasalnya, di dalam Ninite terdapat berbagai software yang sudah up-to-date.

Selain itu, Anda juga bisa meng-update aplikasi yang sudah ada di laptop Anda dengan versi yang lebih baru melalui Ninite. Dengan kata lain, Ninite akan menginstall software penting di laptop Anda secara otomatis. Kunjungi situs resmi Ninite dan pilih sendiri aplikasi yang ingin diinstall di laptop baru Anda.

3. Avast Antivirus

Avast Antivirus Aplikasi yang Harus Ada Di Laptop

Avast Antivirus sudah ada sejak tahun 1988. Bahkan, sebelum teknologi berkembang pesat seperti saat ini. Bahkan, ini adalah program antivirus pertama yang dirancang khusus sistem operasi Windows x64. Namun, jika saat ini Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 8 atau Windows 10, Anda tetap bisa menginstall Avast Antivirus versi terbaru.

Seperti antivirus lainnya, Avast diciptakan untuk melindungi laptop Anda dari virus, malware, atau spyware yang mengancam komputer Anda. Avast adalah antivirus yang paling ringan dan tidak membuat laptop Anda menjadi lambat.

4. Malwarebytes Anti-Malware

Malwarebytes Anti-Malware

Sudah menginstall Avast Antivirus, tetapi mengapa harus menginstall Malwarebytes Anti-Malware juga? Jika Anda berpikir bahwa satu antivirus saja bisa melindungi laptop Anda secara optimal, Anda salah. Pasalnya, Anda membutuhkan bantuan anti-malware lain untuk menjaga keamanan laptop Anda.

Malwarebytes Anti-Malware dirancang untuk menemukan dan menghilangkan malware dari laptop Anda. Bahkan, aplikasi yang harus ada di laptop ini juga akan memberikan proteksi pada saat Anda berselancar di dunia maya melalui browser. Seperti yang kita ketahui, virus malware juga bisa berasal dari browser. Oleh karena itu, lindungi laptop Anda dengan Malwarebytes Anti-Malware.

5. CCleaner

CCleaner

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab mengapa komputer Anda berjalan dengan lambat adalah banyaknya junk yang terdapat dalam komputer tersebut? Junk tersebut bisa berupa cookies, browser history, dan file-file yang tidak perlu. Nah, jika Anda tidak melakukan pembersihan secara teratur, maka laptop akan berjalan dengan lambat dan mudah lag.

Salah satu solusi untuk menjaga laptop tetap “bersih” dari junk adalah dengan menginstall CCleaner. Aplikasi yang satu ini akan menjaga agar laptop memiliki kinerja yang lebih baik dan cepat. Anda bisa mendapatkan CCleaner dalam versi gratis atau premium dengan berbagai fitur pendukung yang lebih baik.

6. VLC Media Player

VLC Media Player

Ingin memutar DVD pada laptop baru Anda? Jika laptop Anda menggunakan OS Windows 10, maka Anda harus memilih software yang tepat untuk memutar DVD tersebut. Ketahuilah bahwa Windows 10 tidak seperti Windows 7 yang bisa memutar DVD melalui berbagai software yang out-of-the-box.

Salah satu aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memutar DVD di laptop Windows 10 adalah VLC Media Player. Bahkan, software ini bisa dipakai untuk memutar Blu-ray. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memainkan musik yang terdapat di dalam file laptop Anda dengan menggunakan VLC Media Player.

7. Spotify

Spotify

Masih sering mengunduh lagu-lagu terbaru melalui browser? Tinggalkan cara lama tersebut karena saat ini tren streaming lebih digemari. Spotify adalah layanan musik streaming musik gratis yang bisa diinstall di smartphone atau laptop Anda. Di Spotify, Anda bisa menemukan jutaan lagu-lagu baru yang mungkin belum tersedia di situs download yang biasa Anda kunjungi.

Perlu Anda ketahui, Spotify adalah layanan streaming legal karena menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari label rekaman. Untuk mendengarkan musik di Spotify, Anda hanya memerlukan jaringan internet saja. Bila Anda membeli Premium di Spotify, Anda bisa memutar lagu tanpa shuffle dan tanpa iklan.

8. Sumatra PDF

Sumatra PDF

Jika biasanya Anda menggunakan Adobe Reader untuk membaca file PDF, mungkin Anda sudah bosan dengan kinerja lambat dari Adobe Reader tersebut. Belum lagi Adobe selalu menjadi sasaran penjaja malware. Jika Anda memerlukan software lain untuk membaca file PDF, maka Anda bisa menginstall Sumatra PDF.

Aplikasi yang harus ada di laptop ini akan membaca file PDF secara lebih cepat dan akurat. Tidak banyak fitur yang ditawarkan oleh Sumatra PDF, tetapi software ini sudah cukup baik untuk membaca e-book atau file PDF lainnya.

9. LastPass

LastPass

Dewasa ini, banyak para hacker yang bisa mendapatkan username dan password secara online. Bahkan, hacker tersebut bisa berbahaya jika mereka mendapatkan username dan password internet banking Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan layanan password manager, seperti LastPass.

Semua password yang tersimpan di dalam software ini bisa sinkron ke Cloud dan bisa diakses di berbagai browser. Anda bisa membuat password berbeda untuk setiap akun Anda tanpa perlu mengingatnya satu persatu. LastPass akan mengisi password secara lebih cepat dan aman ketika Anda hendak log in di suatu akun.

10. Microsoft Office

Microsoft Office

Selain sembilan aplikasi penting yang sudah kami sebutkan di atas, Microsoft Office juga software yang tidak kalah penting dan wajib ada di laptop Anda. Pasalnya, Microsoft Office menyediakan aplikasi perkantoran yang memang dirancang agar bisa bisa dipakai di OS Windows dan Mac OS X.

Anda pasti sudah akrab dengan Microsoft Windows, Excel, dan PowerPoint, kan? Nah, salah satu dari ketiga aplikasi Office di atas pasti biasa Anda pakai sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki Microsoft Office di laptop Anda.

Aplikasi Rekomendasi Lainnya

Bukan hanya 10 aplikasi di atas saja yang harus Anda miliki di PC/laptop, karena Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa aplikasi berikut ini untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Apa saja itu? Berikut simak ulasannya di bawah ini.

11. CrashPlan

CrashPlan

Jika Anda seseorang yang punya banyak data penting di laptop maka Anda wajib melakukan backup untuk semua data tersebut. Mengapa? Bisa saja suatu hari laptop mengalami kerusakan atau ada file yang tak sengaja terhapus. Akan sangat repot mengembalikannya jika Anda tidak antisipasi.

Maka dari itulah, kami menyarankan untuk menginstall CrashPlan di mana semua file akan terlindungi dan di-backup dengan mudah dan pastinya aman. Bukan hanya itu saja, CrashPlan juga menjamin keamanan dari tangan-tangan jahil yang berusaha mencuri file Anda. Cukup bagus, kan? Anda bisa download aplikasinya di sini.

12. Franz

Franz

Terkadang, beberapa orang juga melakukan chatting di laptop. Namun, banyaknya aplikasi chatting membuat kita bingung harus mendownload aplikasi chatting yang cocok untuk kebutuhan. Daripada Anda harus mendownload satu persatu aplikasi chatting, mengapa Anda tidak mendownload Franz saja?

Ya, aplikasi Franz ini bisa menyuguhkan semua aplikasi chatting dalam satu aplikasi saja. Franz menyediakan WhatsApp, WeChat, Telegram, Hangout, Slack, Skype, Steam, Messager, dan aplikasi chatting lainnya. Jadi, Anda tidak perlu mengunduh semua aplikasi chatting dan lebih praktis, bukan?

13. Readit

Readit

Tidak mau ketinggalan berita terkini? Meskipun Anda sering menggunakan laptop, bukan berarti Anda tidak bisa membaca berita. Memang, banyak sekali portal berita yang tersedia di website. Namun, jika Anda merasa ribet harus membuka portal berita, mengapa tidak download aplikasi beritanya saja?

Nah, bagi Anda yang merasa kurang begitu nyaman membuka portal berita melalui website, maka hadir Readit di mana Anda bisa membaca berita terkini dari seluruh dunia. Anda hanya perlu mendownload aplikasinya di Microsoft Store secara gratis.

14. Microsoft To-Do

Microft To-Do

Masih ada lagi aplikasi gratis yang disediakan oleh Microsoft untuk memudahkan segala aktivitas konsumennya. Adalah Microsoft To-Do, aplikasi yang akan membantu Anda untuk membuat jadwal Anda lebih teratur. Untuk Anda yang punya jadwal sangat padat, maka Anda bisa mengatur semuanya di Microsoft To-Do. Hanya cukup klik di sini dan Anda sudah bisa menikmati semua fitur dari Microsoft To-Do.

15. Netflix

Netflix

Pecinta film juga tidak boleh melewatkan aplikasi Netflix di laptopnya. Pasalnya, Netflix ini punya segudang film juga seri drama yang pastinya Anda suka. Anda bisa mendapatkan aplikasi Netflix secara gratis di Microsoft Store. Namun, untuk menikmati semua film dan seri dramanya, maka Anda harus berlangganan, setiap bulannya akan dikenakan biaya sekitar $7.99 sampai dengan $13.99.

Dengan 10 aplikasi yang harus ada di laptop ini, maka laptop baru Anda akan menjadi lebih fungsional dan memiliki kinerja yang lebih optimal. Adakah aplikasi wajib lain yang menurut Anda harus ada di laptop baru? Yuk, tuliskan rekomendasi Anda di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “Inilah 10 Aplikasi yang Wajib Diinstal di Laptop Baru”

Tinggalkan komentar