Begini Cara Mudah Cek IMEI untuk Semua Tipe Ponsel Sony

Ditulis oleh Siti Hasanah

Selain Nokia, Siemens dan Motorola, Sony merupakan salah satu merek ponsel yang terkenal di Indonesia dulu. Produk yang berasal dari Jepang ini banyak digandrungi oleh masyarakat karena fitur dan spesifikasinya yang canggih. Namun, popularitas Sony tidak luput dari tangan-tangan jahil yang memalsukan perangkat.

Agar tidak terkecoh sebaiknya kamu perlu melakukan pengecekan terhadap ponsel dan software perangkat tersebut. Pengecekan via nomor IMEI untuk membuktikan keaslian ponsel akan akurat. Pasalnya IMEI bagi sebuah perangkat adalah layaknya KTP bagi manusia, ia tidak akan bisa diduplikasi. Langsung saja kita awali penjelasannya dengan mengulas sedikit mengenai perjalanan ponsel Sony.

Sekilas Tentang Perjalanan Ponsel Sony

Sumber: www.henrikjensfelt.com

Berbicara mengenai ponsel di Indonesia, Sony merupakan salah satu merek ponsel yang populer di antara jajaran nama-nama produsen ponsel lainnya. Namun, sebetulnya Sony bukanlah produsen mengkhususkan ponsel sebagai produknya.

Sony atau Sony Mobile yang khusus memproduksi ponsel berdiri sejak tahun 2001. Di awal pendiriannya perusahaan ini merupakan perusahaan gabungan antara Sony (Jepang) dan Ericson (Swedia) meskipun nantinya saham Ericson dibeli oleh Sony seutuhnya.

Pada tahun 2012, Sony menempati peringkat ke-10 sebagai produsen ponsel terkemuka dunia. Ponsel Sony mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh produsen lain. Inovasinya menyuntikan Walkman ke dalam fitur ponsel mereka berhasil menarik perhatian pasar dunia.

Setelahnya, Sony bermain di fitur kamera. Ponsel Sony mengembangkan teknologi yang melengkapi kecanggihan kamera pada ponselnya. Kamera canggih yang dinamai BIONZ dan Exmor RS bikinan Sony disematkan pada ponsel Xperia.

Inovasi teknologi kamera canggih tersebut menghasilkan gambar yang jernih dan jelas meskipun dalam kondisi minim cahaya. Setelahnya Sony terus merilis ponsel seri Xperia lain yang tidak kalah canggih. Pamor ponsel besutan Sony menjadi pilihan favorit para pengguna ponsel.

Nah, selain fiturnya yang canggih, IMEI merupakan hal yang tidak kalah penting yang wajib ada pada sebuah perangkat ponsel. Dengan adanya nomor IMEI sebuah ponsel dikatakan asli. Selain itu, ponsel yang dilengkapi nomor unik ini menjadi identitas ponsel yang membedakan masing-masing unit.

Pembahasan selanjutnya akan memaparkan lebih dalam mengenai beberapa cara cek IMEI di ponsel Sony agar kamu lebih terselamatkan dengan produk-produk di luaran sana yang memalsukan produknya Sony. Yuk, simak penjelasan berikutnya!

Cara Cek IMEI di Ponsel Sony

Mengecek IMEI sebuah perangkat ponsel mungkin kalah populer dibanding dengan mengecek sensor dan software yang ada pada ponsel. Namun, jangan anggap remeh deretan kode unik ini. Dari angka-angka ini kita bisa mendapat informasi mengenai tanggal produksi, asal dan spesifikasi ponsel.

Oleh sebab itu, jangan sampai terlewat untuk mengecek imei ketika kamu membeli ponsel. Apalagi jika kamu membeli ponsel bekas. Begini cara-caranya.

1. Melalui Dial Number

Sepanjang sejarah Sony di bidang ponsel, terhitung sudah sangat banyak tipe ponsel yang dirilis oleh perusahaan yang dulunya bernama Sony Ericson ini. Setiap ponsel yang dirilisnya selalu mempunyai fitur dan spesifikasi yang semakin canggih.

Agar tambah yakin bahwa ponsel Sony yang kamu beli merupakan produk asli, maka sebaiknya kamu lakukan cek IMEI-nya. Langkah pertama untuk pengecekan IMEI di HP Sony adalah dengan menggunakan kode rahasia.

Tekan *#06#, lalu tekan call/OK pada papan ketik. Setelah itu layar akan menampilkan informasi nomor IMEI yang ada pada ponsel.

Apabila nomor IMEI terbaca maka kamu akan melihat angka-angka unik di layar. Namun, apabila nomor IMEI tidak valid besar kemungkinan ponselmu bukanlah buatan asli pabrik Sony. Mungkin ponsel Sony tersebut merupakan produk replika atau produk black market.

2. Melalui Pengaturan

Selanjutnya, kamu bisa cek IMEI pada menu pengaturan ponsel. Cara ini bisa diaplikasikan di ponsel dari merek lainnya. Namun, biasanya di tipe ponsel-ponsel yang lebih baru rincian IMEI di menu ini lebih lengkap.

Menu pengaturan ponsel tidak hanya berisi tentang pengelolaan aplikasi, suara, layar dan lain-lain. Dari menu ini kamu bisa mengecek IMEI ponsel. Pengecekan ini menunjukan bahwa ponsel adalah produk asli.

Inilah langkah-langkah untuk mengecek IMEI Sony melalui menu pengaturan ponsel.

  • Pertama-tama pilih menu pengaturan ponsel yang terdapat di ponsel Sony. Biasanya menu pengaturan ditunjukkan dengan ikon gear.
  • Pilih opsi tentang ponsel.
  • Di dalam opsi tentang ponsel terdapat informasi seputar ponsel seperti pembaruan software, model ponsel, status, dan warna ponsel. Bahkan pada ponsel Sony yang berbasis Android, menu ini dilengkapi dengan opsi nomor telpon dan jaringan serta masih banyak yang lainnya.
  • Pada menu status, kamu akan melihat tampilan bermacam-macam informasi, seperti status baterai, dan alamat IP. Untuk mengecek nomor IMEI, klik opsi informasi IMEI.
  • Setelah itu, IMEI ponsel menampilkan deretan angka yang merupakan nomor IMEI perangkat.
  • Setelah itu, kamu bisa cek keaslian perangkat dengan memasukan deretan angka tersebut ke situs www.IMEI.info. Apabila nomor IMEI tersebut valid, maka kamu akan melihat informasi lengkap tentang ponsel seperti tahun produksi, nomor seri, garansi dan perusahaan pembuat.

3. Melalui Bodi Ponsel

Sumber: ecocycle.com.au

Kode IMEI sengaja disebar di beberapa letak, salah satunya adalah pada hardware ponsel. Penyematan nomor IMEI pada bodi ponsel bukan tanpa alasan. Dengan adanya nomor IMEI di bagian tersebut keaslian ponsel bisa dibuktikan.

Jika nomor IMEI pada bodi ponsel tidak cocok berarti kemungkinan ponsel merupakan ponsel palsu, atau bisa pula ponsel kanibal (rakitan-bekas servis), bahkan bisa pula ponsel tersebut merupakan ponsel black market, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Nomor IMEI pada bodi ponsel yang menggunakan baterai lepas bisa kamu lihat di bagian belakang ponsel. Persisnya berada di bawah baterai. Apabila ponsel menggunakan baterai tanam, biasanya nomor IMEI diletakan pada sebuah stiker yang menempel pada casing belakang.

4. Cek pada Kotak Kemasan

Selain itu, nomor IMEI diletakan pula pada kotak kemasan. Nomor IMEI pada kotak kemasan Sony biasanya ditempel di bagian luar. Cari nomor IMEI tersebut kemudian cocokan dengan nomor IMEI yang ada pada perangkat ponsel.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram