20 HP Sony Terbaru Beserta Harga & Speknya (Desember 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Sony salah satu perusahaan elektronik terbesar asal Negeri Sakura. Tidak hanya merajai pasar di Jepang saja, Sony mengepakan sayap kejayaannya dengan menjual produknya ke Asia bahkan sampai ke ranah internasional. Sederetan produk teknologi pun diproduksi oleh produsen asal Negeri Sakura ini, salah satunya adalah produk smartphone.

Smartphone buatan Sony sempat mencicipi masa kejayaannya di global maupun Indonesia pada 2000-an. Sony pernah meluncurkan tipe HP Walkman yang cukup tenar pada masanya. Namun, tipe tersebut sudah tidak mampu bersaing semenjak Android merajai pasar smartphone.

Sony pun mencoba hadirkan ponsel tipe Android. Mereka cukup sukses dengan berbagai produk HP Android yang menarik di era 2013 sampai 2018-an. Sayangnya, sesudah era tersebut, taji brand asal Negeri Sakura ini kurang menggigit di pasar ponsel global. Mereka kalah pamor dari jenama asal Korean, Samsung.

Namun, Sony masih tetap produksi ponsel Android. Mereka fokus hadirkan lini ponsel Android yang tidak terlalu banyak tetapi memiliki nilai kelebihan tersendiri di tiap produknya. Nah, kali ini Carisinyal akan mengulas 20 HP Sony terbaru yang beberapa diantaranya menawarkan berbagai hal menarik. Berikut daftarnya!

1. Sony Xperia 5 IV

Sony Xperia 5 IV
Layar OLED 6.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sony secara resmi telah merilis HP flagship terbarunya yang diberi nama Sony Xperia 5 IV pada tahun 2022 ini. Dari segi desain, Sony Xperia 5 IV masih memiliki tampilan yang sama dengan pendahulunya yang menempatkan kamera bagian belakang secara vertikal memanjang. Meskipun begitu, HP ini memiliki beberapa peningkatan yang cukup menarik.

Pada bagian layarnya, HP ini memiliki refresh rate yang cukup tinggi yaitu mencapai 120 Hz. Dengan dibekali layar berpanel OLED 6,1 inci dan telah mampu mencapai resolusi Full HD+ (1080 x 2520 piksel), Sony Xperia 5 IV siap memberikan kenyamanan bagi Anda ketika beraktivitas sehari-hari.

Untuk menambah kenyamanan Anda, Sony Xperia 5 IV dibekali baterai dengan kapasitas 5000 mAh dan memiliki fitur fast charging 30 W yang diklaim mampu mengisi daya 50% dalam waktu 30 menit. Bagian menarik dari HP ini adalah adanya dukungan "Qi" wireless charging sebagai teknologi pengisian daya tanpa kabel.

Sebagai salah satu HP flagship yang rilis di 2022, anda tidak perlu khawatir dengan performanya. Hal itu disebabkan karena Sony Xperia 5 IV ini telah dibekali chipset kelas dunia yaitu Snapdragon 8 Gen 1 yang sudah menjadi barang wajib dimiliki oleh HP flagship tahun 2022. Chipset yang berfabrikasi 4 nm ini dipadukan dengan penyimpanan memori RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

2. Sony Xperia 1 IV

sony xperia 1 iv
Layar OLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide) 0.3 MP (ToF)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Telah hadir sebuah smartphone kelas flagship dari Sony di 2022, yakni Sony Xperia 1 IV. HP ini terbilang cukup unik dari desain bodi belakangnya, karena masih suguhkan modul kamera vertikal memanjang. Sementara smartphone lain sudah beralih ke modul kamera yang berbentuk kotak.

Ponsel yang dirilis menggunakan Android 12 ini memiliki keutamaan di sisi layar, menyuguhkan panel OLED 1 miliar warna denagn dukungan refresh rate 120 Hz. Layar berukuran 6,5 inci ini bahkan memiliki resolusi di atas rata-rata yaitu 1644 x 3840 piksel pada rasio 21:9.

Inilah yang membuat kerapatan pikselnya sangat tinggi di angka 643 ppi, sehingga menawarkan tampilan yang sangat detil dan tajam pada layar. Tidak lupa, terlapisi juga dengan pelindung Gorilla Glass Victus yang dapat meminimalisir keretakkan pada layar sekalipun terjatuh dari ketinggian mencapai 2 meter ke permukaan keras.

Karena ini adalah HP flagship yang rilis di tahun 2022, jelas saja dapur pacunya menggunakan Snapdragon 8 Gen 1. Ini sudah menjadi barang wajib untuk smartphone flagship tahun 2022, menyuguhkan performa menakjubkan sekaligus memiliki efisiensi daya kelas dunia berkat fabrikasi 4 nm miliknya.

Sisi fotografinya juga merupakan salah satu yang terbaik. Membawakan kamera lengkap dengan sensor telefoto dan ultrawide, supaya Anda dapat memotret jarak jauh tanpa kehilangan kualitas sedikitpun sekaligus memuat lebih banyak subjek pada satu frame. Supaya hasil foto dan video tidak mudah goyang tersedia juga stabilisasi OIS dan gyro-EIS.

Sony Xperia 1 IV juga bekerja sama dengan perusahaan kamera ternama yakni Zeiss Optics agar kualitas foto memiliki standar yang jauh meningkat dari sisi detil, pencahayaan, dan juga peminimalisiran noise.

3. Sony Xperia 10 IV

sony xperia 10 iv_
Layar OLED 6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 12 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 8 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Di saat semua vendor smartphone berbondong-bondong luncurkan desain ponsel punch hole atau waterdrop notch, Sony Xperia 10 IV justru dikemas dalam desain layar FullView di harga rilisnya yang sebesar 499 USD (sekitar Rp7 jutaan).

Tapi jangan salah sangka dulu, walaupun pakai desain layar jadul, tapi kualitas tampilan layarnya tetap terbilang oke untuk kelas mid-range.

Ia mengusung panel OLED dengan dukungan 1 miliar warna dan tersertifikasi HDR. Ponsel ini juga mamakali layar yang dilapisi pelindung Gorilla Glass Victus. Pengguna jadi tidak perlu khawatir layar mudah retak sekalipun terjatuh dari ketinggian hingga 2 meter. Untuk membuatnya semakin awet, perangkat dibekali sertifikasi IP65 dan IP68 agar tidak mudah rusak saat tersiram ataupun terendam air.

Ukuran layar HP ini terbilang kecil di angka 6.0 inci. Meski begitu, ini berimbas baik pada bobotnya yang hanya 161 gram. Menjadikannya salah satu HP kelas menengah teringan di dunia untuk kemudahan menggenggam

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram