carisinyal web banner retina

Membedah 10 Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia 5 IV

Ditulis oleh Aris Wibowo

Sony kembali bersaing di pasar ponsel flagship dunia dengan memperkenalkan Sony Xperia 5 IV. Ini merupakan smartphone flagship dengan desain kompak dengan spesifikasi yang bersaing di kelasnya. HP ini hadir sebagai pilihan baru di antara banyak HP premium yang mengusung desain besar bahkan desain layar lipat.

Sony Xperia 5 IV tidak hanya hadir dengan desain baru, tetapi juga sejumlah fitur baru. Salah satunya fitur kamera profesional yang diklaim sangat membantu Anda penyuka fotografi. Apalagi, Sony menghadirkan sektor kamera yang cukup lengkap, termasuk adanya kamera telephoto.

Tidak hanya itu, meski berukuran kompak, Sony tetap menghadirkan fitur slot microSD, audio jack 3,5mm dan tentu saja layar yang berkualitas tinggi. Ketiga hal ini sayangnya, sering dilupakan produsen lain dalam jajaran HP flagship saat ini. Dan, hadirnya ketiga fitur ini seakan menambah nilai lebih HP Sony ini.

Nah, pertanyaannya, apa saja keunggulan yang dipunyai Sony Xperia 5 IV? Apakah ponsel ini hanya mengandalkan desain kompak dan sektor kamera saja? Simak tabel plus-minus Sony Xperia 5 IV berikut ini.

KelebihanKekurangan
Desain Kompak yang Klasik
Layar OLED dengan Warna Akurat dan Pemindai Sidik Jari
Suara Stereo Speaker Jernih Dan Keras
Dapur Pacu yang Sangat Mumpuni
Kamera 12 MP Dengan Pro Camera App
Fast Charging 30W
Permasalahan di Refresh Rate Layar
Fingerprint Lambat
Tidak Ada Kamera Periscope
Tanpa Charger dan Kabel di Kotak Kemasan
Kekurangan 1
Kekurangan 2

Jika ingin mengetahui lebih dalam, simak penjelasan kelebihan dan kekurangan Sony Xperia 5 IV ini sampai habis.

Spesifikasi Sony Xperia 5 IV

Sony Xperia 5 IV
Layar OLED 6.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Sony Xperia 5 IV

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada Sony Xperia 5 IV. Enam poin itu merupakan kekuatan utama dari ponsel flagship ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Kompak yang Klasik

sony xperia 5 IV desain 2_

Sony Xperia 5 IV merupakan salah satu HP dengan desain kompak yang sangat elegan dan tampak klasik. Sony bahkan menghadirkan kembali desain khas Xperia series yang tidak lekang oleh waktu, dengan bentuk mengkotak khasnya.

Sony juga menghadirkan sesuatu yang berbeda  pada area depan, dimana HP ini tidak menggunakan poni, sehingga layar nampak luas. Untuk panel layar depan memakai panel Gorilla Glass Victus. Menariknya, bagian layar hadir dalam dua lapis panel agar lebih kuat dan tahan gores.

Beralih ke area belakang, Sony juga menggunakan panel Gorilla Glass Victus. Panel ini dirancang dengan finishing yang elegan dan nampak klasik bersama rangka metal sekeliling bodi. Sayangnya, panel kaca ini terasa licin di tangan. Untungnya, bodi HP ini cukup kompak, sehingga panel licin tidak menjadi masalah serius. 

sony xperia 5 iv_

Di area belakang ini hadir modul kamera yang berbentuk oval memanjang berisi 3 buah kamera. Di atas modul terdapat RGB sensor dan LED Flash. Di bagian tengah bodi terdapat tulisan khas SONY. Daya tarik muncul pada modul kamera karena adanya logo ZEISS T*.

HP Sony terkenal sebagai HP yang awet dan anti air. Hal ini juga berlanjut dalam seri Xperia 5 IV ini. Sony sudah menghadirkan sertifikasi IP65 dan IP68 pada HP ini. Artinya, HP ini bisa dibawa menyelam hingga kedalaman 1,5 meter dengan aman.

Bicara dimensi, ponsel ini hanya memiliki ukuran 156 x 67 x 8,2 mm dengan berat 172 gram. Dimensi ini sangat kompak sehingga memudahkan Anda beraktivitas seharian.

2. Layar OLED dengan Warna Akurat dan Pemindai Sidik Jari

sony xperia 5 IV layar_

Layar Sony Xperia 5 IV menggunakan ukuran 6,1 inci. Layar inl memakai panel AMOLED dengan resolusi FHD+ 2520 x 1080 piksel. Selain itu, layar ini memiliki aspek rasio 21:9 yang khas Sony. Spesifikasinya cukup mengesankan untuk sebuah HP kompak.

Layar ini memiliki sejumlah keunggulan yang menarik. Salah satunya ialah panel layarnya masih menampilkan warna yang akurat. Selain itu, layar ini juga cukup terang. Sony  mengklaim bahwa kecerahan layar ini 50% lebih terang daripada seri Xperia sebelumnya.

Sony menyebut layar HP ini mampu menampilkan warna 10 bit atau sebanyak 1,07 miliar. Layarnya juga diklaim memiliki tingkat kecerahan 1000 nits, punya rasio kontras 8 juta:1, dan keluaran warnanya akurat yang ditunjukkan oleh nilai DeltaE 1,45.

SONY XPERIA 5 IV 1_

Daya tarik layar lainnya ialah adanya mode kualitas gambar yang terdiri dari mode standar dan mode kreator. Nah, dalam mode kreator ini, layar akan menampilkan warna yang lebih akurat dan jelas. Mode ini cocok digunakan untuk aplikasi yang benar-benar membutuhkan akurasi warna.

Oh iya, layar Sony Xperia 5 IV mendukung refresh rate 120 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan pun mulus serta responsif. Layar HP ini juga mendukung pemutaran konten HDR10+.

Seluruh penguji merasa puas dengan kualitas layar Sony Xperia 5 IV. Menurut Tom Bedford dari Techradar, layar HP ini mampu menghasilkan tampilan yang cerah di kondisi outdoor sekalipun. Layarnya enak dipakai untuk seluruh aktivitas, termasuk main game dan menonton video.

3. Suara Stereo Speaker Jernih Dan Keras

sony xperia 5 IV speaker_

Kualitas visual HP Sony tak perlu diragukan lagi. Namun, suatu ponsel dapat dikatakan memiliki kemampuan multimedia yang lengkap jika bisa menghasilkan kualitas audio bagus. Perihal itu telah diusahakan Sony melalui penyematan speaker stereo.

Speaker utama HP Sony ini ditaruh di bagian bawah, sedangkan speaker sekundernya ada di atas - menyatu dengan earpiece. Sony menghadirkan Dynamic Vibration System yang membuat suara tetap lantang tanpa menggetarkan rangka dan bodi HP.

Walau tidak ada embel-embel seperti JBL, Harman Kardon, atau Bang & Olufsen, speaker stereo HP ini nyatanya mampu menghasilkan suara yang prima.

4. Dapur Pacu yang Sangat Mumpuni 

sony xperia 5 IV chipset_

Sebagai HP flagship, Sony Xperia 5 IV diperkuat oleh SoC Snapdragon 8 Gen 1 dari Qualcomm. Chipset Snapdragon ini tentu lebih baik daripada seri Xperia sebelumnya yang masih memakai Snapdragon 888. 

Snapdragon 8 Gen 1 mengandung delapan core CPU. Komposisinya adalah satu core Kryo Prime (berbasis Cortex X2; 3,0 GHz), tiga core Kryo Gold (Cortex A710; 2,5 GHz), dan empat core Kryo Silver (Cortex A510; 1,8 GHz).

Selain CPU, komponen lain yang dikandung antara lain GPU Adreno Adreno 730 (818 MHz), pengendali AI bernama Hexagon, prosesor gambar Spectra, dan modem internal 5G X65. Pada dapur pacu, HP ini didukung Snapdragon 8 Gen 1 didukung RAM 8 GB LPDDR5 dan memori internal 128 GB atau 256 GB berjenis UFS 3.x.

aNTUTU 9 SONY XPERIA 5 IV_Sumber: GSMArena.com

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk pengujian yang dilakukan oleh GSMarena.

Pada AnTuTu 9, Sony Xperia 5 IV mencetak skor 835.038. Skor tersebut sudah tinggi, walau tidak setinggi Galaxy S22 Ultra dan Xiaomi 12S Ultra.

Geekbench 5 multicore sony xperia 5 IV_Sumber: GSMArena.com
GEEKBENCH 5 singlecore xperia 5 IV_Sumber: GSMArena.com

Pengetesan selanjutnya adalah mengenai kemampuan CPU pada GeekBench 5. Hasilnya impresif, skor single-core HP ini menyentuh 1233, sedangkan multi-core-nya tembus 3448. Lanjut ke pengujian kemampuan grafis, Sony Xperia 5 IV mampu mencatat skor 2509 pada 3DMark Extreme. SKor tersebut juga tergolong bagus.

Sayangnya, ketika digunakan bermain game selama 20-30 menit, perlahan HP mulai terasa panas. Hal ini juga membuat performa HP turun.

5. Kamera 12 MP Dengan Pro Camera App

sony xperia 5 IV kamera_

Sony masih mempertahankan penggunaan tiga kamera belakang pada Sony Xperia 5 IV. Sony masih menghadirkan kamera utama, kamera ultra-wide, dan kamera telephoto.

Untuk kamera utama, Sony memasang sensor Sony IMX 557 12 MP dengan ukuran 1/1,7 inci. Kamera tersebut memiliki bukaan f/1.7, dilengkapi OIS, dan tentu saja autofokus dual pixel PDAF.

Lalu kamera ultra-wide-nya memiliki resolusi 12 MP dan didukung sensor Sony IMX 563 (½.55 inci). Kamera ini punya bukaan f/2.2, sudut pandang 114°, dan autofokus Dual Pixel PDAF. 

Soal kamera telephoto, resolusinya 12 MP, punya bukaan f/2.4, dan autofokus Dual Pixel PDAF. Kamera potret disokong sensor berukuran 1/3,5 inci, lensa dengan focal length 60 mm, serta penstabil OIS. Ia bisa melakukan perbesaran optik sampai 2.5x. Untuk kamera depan, Sony mengandalkan kamera 12 MP dengan sensor Sony IMX 663 f/2.0 dengan EIS.

Perihal perekaman video, resolusi 4K 24 hingga 120 fps adalah resolusi puncak yang bisa dihasilkan. Resolusi itu bisa dicapai oleh kamera utama. Sementara itu, kamera depannya maksimal menghasilkan video dengan resolusi 4K 30 fps.

Berbagai fitur turut disematkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satunya adalah aplikasi kamera ala profesional untuk foto dan video. Camera Pro ini kabarnya terinspirasi dari kamera Sony Alpha.

Selain itu, Sony juga menghadirkan tombol shutter khusus di bodi samping. Tombol ini diharapkan memudahkan Anda dalam memotret yang lebih baik dan stabil dalam memegang HP.

Sony juga menghadirkan fitur penstabil Optical SteadyShot, OIS dan EIS dalam kamera utama dan tele. Sementara untuk kamera ultra-wide dan selfie hanya dibekali EIS saja. Menariknya, kamera utama dan kamera tele juga memiliki fitur FlawlessEye yang berguna untuk memotret lebih stabil di kondisi minim cahaya.

SONY XPERIA 5 IV Main Camera_Sumber: GSMArena.com
Hasil foto Sony Xperia 5 IV
SONY XPERIA 5 IV night mode_Sumber: GSMArena.com
Hasil foto Sony Xperia 5 IV

Lantas, seperti apa hasil jepretan kamera Sony Xperia 5 IV? Dalam sampel yang diambil oleh GSMarena, foto jepretan kamera utama terlihat seimbang dan natural di semua kondisi pencahayaan. Itu termasuk foto low light. Meski begitu, detail sedikit berkurang di kondisi low light seperti malam hari.

Sony Xperia 5 IV ultrawide_Sumber: GSMArena.com
Hasil foto Sony Xperia 5 IV

Lanjut ke hasil jepretan kamera ultra-wide, fotonya sangat detail dan fokus di area tengah. Lebih lanjut lagi, tangkapan kamera ultra-wide kamera HP ini memiliki akurasi warna, eksposur, dan white balance-nya yang mencerminkan kamera dari HP flagship.

Sony Xperia 5 IV tele_Sumber: GSMArena.com
Hasil foto Sony Xperia 5 IV

Kemudian, kamera telefoto HP ini bisa menciptakan hasil foto yang detail pada kondisi pencahayaan cukup. 

Sony Xperia 5 IV selfie_Sumber: GSMArena.com
Hasil foto Sony Xperia 5 IV

Untuk kamera selfie, tangkapannya memiliki warna yang natural. Menariknya, detail objek pada hasil kamera depan ini sangat baik di kelasnya.

6. Fast Charging 30W 

sony xperia 5 IV baterai_

Sony Xperia 5 IV dibekali baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Kapasitas tersebut meningkat 11% dibanding seri sebelumnya. Meski standar, baterai tersebut ternyata cukup untuk membuat ponsel Sony ini menyala dari pagi sampai malam. 

Dalam pengujian pemutaran video lokal yang dilakukan GSMarena, Sony Xperia series ini dapat bertahan selama 19 jam 18 menit, untuk web browsing dapat bertahan 16 jam 50 menit dan untuk menelpon dapat bertahan 22 jam 08 menit.

Selanjutnya Sony menyematkan Sony Xperia 5 IV dengan teknologi pengisian cepat 30W, teknologi pengisian cepat nirkabel, dan pengisian balik. 

Dengan charger bawaan itu, GSMArena bisa mendapat waktu pengecasan sekitar 30 menit. Pengecasan dengan tempo singkat itu dilakukan untuk mengisi baterai kosong hingga 45%. Untuk terisi 100% membutuhkan waktu 100 menit.

Kekurangan Sony Xperia 5 IV

Di samping enam kelebihan di atas, ada empat hal lain yang mesti Anda perhatikan terhadap Sony Xperia 5 IV. Empat hal tersebut bisa saja menjadi sebuah kekurangan, tergantung persepsi Anda dalam melihat ponsel ini.

1. Refresh Rate Layar

sony xperia 5 IV_

Ponsel flagship dengan layar di atas 6 inci umumnya punya spesifikasi yang mengesankan. Pada sektor refresh rate, layar ini sudah menggunakan refresh rate 120HZ. Sayangnya, ketika ponsel digunakan untuk bermain game atau browsing dalam waktu lebih dari 20-30 menit, refresh rate kembali ke 60Hz. 

Hal ini tentu sangat mengecewakan. Pasalnya, refresh rate yang tinggi sangat berpengaruh dalam tampilan game. Tentu akan sangat mengganggu ketika tengah asik bermain, tiba-tiba refresh rate turun.

Apalagi menurut GSMArena, refresh rate 120Hz baru bisa menyala kembali setelah ponsel didiamkan selama 5 menit.   

2. Fingerprint Lambat

sony xperia 5 iv 3_

Guna memudahkan Anda membuka dan mengunci HP, Sony menghadirkan sistem keamanan berupa sensor sidik jari atau fingerprint. Sayangnya, tidak seperti HP premium lain yang menghadirkan sensor di layar, ponsel Sony ini justru masih menggunakan sensor yang menyatu dengan tombol power di bodi samping.

Sebenarnya tidak ada masalah dengan posisi yang dihadirkan Sony. Namun, ternyata sistem keamanan ini cukup lambat membaca sidik jari Anda. Terlihat ada jeda yang cukup mengganggu kala jemari ditempelkan ke tombol power

Walaupun memiliki kelemahan, nyatanya sensor ini cukup akurat dalam membaca sidik jari. Keamanan ponsel pun lebih terjaga.

3. Tidak Ada Kamera Periscope

sony xperia 5 IV desain_

HP flagship saat ini hadir dengan sistem kamera yang kian lengkap. Nah, sayangnya, dalam Sony Xperia 5 IV terjadi sedikit penurunan kualitas kamera dengan menghilangkan kamera periscope

Kamera jenis ini dihadirkan ke smartphone agar bisa melakukan pembesaran gambar lebih baik. Sayangnya, karena HP ini berdesain kompak, Sony menghilangkan kamera ini.

Selain itu, Sony juga mengganti lensa di kamera telephoto yang di seri sebelumnya berukuran 70-105mm, kini menjadi 60mm saja.

4. Tanpa Charger dan Kabel

sony xperia 5 iv 4_

Ponsel Sony ini memang memiliki sektor baterai yang cukup awet ditambah sistem pengisian daya yang juga cepat. Sayangnya, dalam paket penjualannya, Sony tidak menyertakan kepala charger dan kabel data. 

Sony sendiri mulai menerapkan konsep Sony’s Road to Zero. Program ini bertujuan mengurangi sampah plastik dalam penjualan HP. Maka dari itu, dalam seri Xperia ini, kardus hadir lebih kecil hingga 50% dibanding kardus HP pada umumnya. 

Simpulan

Sony Xperia 5 IV memang layak untuk dipertimbangkan sebagai ponsel andalan baru. Hadir dengan keunggulan desain kompak dan kamera ala profesional, HP ini memang cocok untuk penggemar HP kamera dan para konten kreator pemula hingga profesional.

Sony cukup sukses menghadirkan peningkatan di sektor layar, chipset, dan baterai. Namun, sayangnya, sektor kamera mengalami penurunan di fitur zoom-nya. Walaupun demikian, hal ini tidak mengurangi kelebihan HP ini untuk pemakaian harian.

Yang perlu diperhatikan lainnya adalah adanya isu mesin yang mudah panas hingga refresh rate layar yang kurang optimal. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel ini cukup menarik?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram