15 HP Lipat (Flip) Terbaru yang Cantik dan Unik (September 2022)

Ditulis oleh Linda

Semenjak kemunculan sistem operasi Android, iOS, dan Windows Phone, desain ponsel mulai menjadi monoton. Ya, saat ini sebagian besar ponsel mengusung desain unibody dan jarang sekali yang menawarkan desain slide ataupun flip yang sempat populer pada dekade yang lalu.

Nah, jika Anda rindu menggunakan HP lipat atau flip yang legendaris tersebut, kali ini Carisinyal akan mengulas 10 HP flip terbaru yang bisa Anda pilih di tahun ini.

Tenang saja, kebanyakan HP ini sudah menggunakan sistem operasi Android sehingga Anda tetap bisa menikmati fitur-fitur canggih di dalamnya. Kira-kira adakah HP flip terbaru dengan harga murah di bawah 1 juta atau bahkan di bawah 400 ribu?

1. Motorola Moto Razr 2022

Motorola Moto Razr 2022
Layar Foldable P-OLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Di kala Galaxy Z Flip4 sedang menjadi pusat perhatian, Motorola kembali meluncurkan generasi berikutnya pada series HP lipat yang mereka punya, yaitu Moto Razr 2022.

Tujuan dari HP lipat ini sama seperti Flip4, yakni agar ponsel bisa dilipat menjadi ukuran yang lebih mungil. Ini bertujuan agar mudah dibawa ke mana saja.

Hadir dengan desain yang unik, sisi-sisi pada bodi terlihat agak melengkung. Seolah menambah kesan klasik yang tampaknya menjadi tema desain HP lipat ini.

Beberapa fitur tertentu membuat HP ini terlihat unggul dari pesaingnya. Yakni, memiliki ukuran layar sekunder yang lebih besar dari Flip4, kemampuan fast charging lebih baik, serta refresh rate 144 Hz pada layar utama alih-alih sekadar 120 Hz.

HP lipat yang punya bodi compact ini juga sangat cocok untuk menunjang aktivitas berpergian. Terlebih untuk acara festive seperti pesta pernikahan ataupun prom. Tertarik? Moto Razr 2022 dirilis dengan harga 5.999 yuan Cina atau sekitar Rp13,1 jutaan.

2. Xiaomi Mix Fold 2

xiaomi mix fold 2
Layar Foldable LTPO2 OLED 8.02 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 59 MP (wide) 8 MP (telephoto) 13 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Mix Fold 2 jadi seri ponsel Xiaomi lipat kedua setelah Mi Mix Fold yang dirilis 2021. Ponsel ini sendiri diluncurkan pada 11 Agustus 2022, sehari setelah peluncuran peluncuran Samsung Galaxy Z Fold 4. Waktu peluncuran yang berdekatan serta hadirkan konsep ponsel lipat yang sama, jelas membuat Xiaomi Mix Fold 2 akan "beradu" dengan Samsung Galaxy Z Fold 4.

Xiaomi Mix Fold 2 sendiri punya kelebihan dari sisi layarnya yang hadirkan panel Samsung Eco² OLED 120Hz LTPO 2.0 berukuran 8,02 inch. Layarnya juga punya kecerahan puncuk sampai 1.300 nits. Bagian layar yang lebar ini dilindungi kaca Schott UTG.

Sementara ketika dalam keadaan dilipat, sang ponsel menawarkan layar kedua berupa Samsung E5 AMOLED FHD+ berukuran 6,56 inci dengan refresh rate 120Hz. Layar kover ini juga hadirkan dukungan Dolby Vision dan HDR10+. Tidak ketinggalan, ada pelindung Corning orilla Glass Victus.

Kalau menilik kelemahan, Xiaomi Mix Fold 2 tak hadirkan kemampuan tahan air. Sementara sisi lainnya bisa tergolong bersaing dengan Samsung Galaxy Z Fold 4. Bisa dibilang, Xiaomi Mix Fold 2 hadir sebagai ponsel alternatif bagi pengguna yang memang butuh ponsel lipat yang mumpuni untuk produktivitas.

3. Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Samsung Galaxy Z Fold4 5G
Layar Layar utama: Foldable Dynamic AMOLED 2X; Layar sekunder (kover): Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy Fold4 5G merupakan generasi keempat HP foldable dari seri Galaxy Z Fold. Form factor layar lipat membuat HP ini terlihat seperti tablet ketika layarnya dibuka, dan seperti HP masa kini saat layarnya dilipat.

Jika ditinjau dari modul kamera, posisi tombol, dan desain secara keseluruhan, HP ini terlihat mirip dengan pendahulunya, Galaxy Z Fold3 5G. Meski begitu, Samsung memberikan pembenahan pada konstruksi si ponsel agar dimensi dan bobotnya menyusut.

Galaxy Z Fold4 5G diperuntukkan bagi kalangan profesional yang ingin tampil beda. HP ini pun menjadi alternatif dari Galaxy S22 Ultra yang sama-sama mendukung S Pen. Dari segi harga, Z Fold4 5G memang masuk kategori premium. Namun, hal tersebut tentu bukan masalah besar bagi para profesional.

4. Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Samsung Galaxy Z Flip4 5G allsided
Layar Foldable Dynamic AMOLED X2 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kalangan fashionista yang ingin selalu tampil nyentrik perlu melirik Samsung Galaxy Z Flip4 5G. Pasalnya, HP dengan material bodi aluminium dan kaca ini memang unik, terlebih saat layarnya dilipat. Bentuknya kala dilipat mengingatkan pada HP clamshell zaman dulu.

Ketika pengguna memasang sebuah case lengkap dengan tali lanyard untuk dikalungkan ke leher, maka siap-siap saja menjadi pusat perhatian. Galaxy Z Flip4 5G memang seindah itu, apalagi pilihan warnanya juga lain daripada yang lain.

Satu hal yang tidak boleh dikesampingkan dari HP ini adalah kemampuan mumpuni berkat SoC Snapdragon 8+ Gen 1. Berkat SoC ini pula, Galaxy Z Flip4 5G dapat menghasilkan foto dengan kualitas baik, serta daya tahan baterai yang relatif panjang.

5. vivo X Fold

vivo X Fold
Layar Foldable LTPO AMOLED 8.03 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 12 MP (telephoto) 48 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Setelah terbitnya Samsung Galaxy Z Fold3 series di pasaran global dan Indonesia, kini waktunya untuk vivo menunjukkan taringnya, Ya, sambutlah ponsel lipat pertama oleh vivo, yakni vivo X Fold.

Spesifikasi HP lipat ini tidak kalah unggul dengan HP lipat lainnya, lho. Tersedia layar utama berukuran 8 inci yang gunakan panel Foldable LTPO AMOLED E5, berada pada resolusi 1800 x 2200 piksel yang menampilkan ketajaman tingkat tinggi.

Adapun untuk layar cover, sama-sama gunakan panel AMOLED. Namun dengan ukuran yang tentunya lebih kecil yakni 6,53 inci pada resolusi 1080 x 2520 piksel pada aspek rasio 21:9. Kedua layar ini juga mengantongi laju penyegaran 120 Hz untuk scrolling yang lebih mulus.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram