carisinyal web banner retina

8 Kelebihan dan Kekurangan HP Lipat OPPO Find N3

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Selain meluncurkan OPPO Find N3 Flip di Indonesia, OPPO Indonesia juga meluncurkan OPPO Find N3 pada 19 Oktober 2023. Hanya saja, untuk harga rilisnya, OPPO Indonesia baru mengumumkan pada 16 November 2023. Harganya sendiri ada di bawah Rp30 juta.

Dengan harga tersebut, OPPO Find N3 (atau bisa juga disebut "OPPO Find N3 Fold") merupakan pesaing dari Samsung Galaxy Z Fold5 yang juga ada di kisaran harga mirip-mirip.

Tidak seperti varian Flip yang bisa dilipat secara vertikal untuk dapatkan bodi lebih compact, varian OPPO Find N3 "Fold" ini lipatannya bisa dibuka untuk menampilkan layar seluas tablet.

OPPO Find N3 menjadi bukti nyata bahwa OPPO senantiasa terus hadirkan teknologi inovatif yang modern untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perangkat yang fleksibel, baik dalam hal hiburan maupun produktif. Ketahui kelebihan dan kekurangannya secara singkat pada tabel di bawah ini.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Performa kelas dunia dengan Snapdragon 8 Gen 2
Tanpa dukungan 8K recording
Datangkan kamera Hasselblad, kualitas foto yang jernih dan memukau
Tanpa wireless charging
Layar utama kover pakai LTPO 3 OLED dengan visual yang menakjubkan
Sertifikasi tahan air yang kalah saing
Fitur multi-tasking yang andal
Konektivitas lebih lengkap, punya infrared
Baterai awet, fast charging yang ngebut
Bodi lebih tipis dan ringan
Ada tiga speaker, kualitas audio jernih dan nendang

Minat warga terhadap HP lipat semakin meningkat setiap harinya. Ini karena HP lipat merupakan konsep teknologi yang terbilang baru, dan jiwa-jiwa FOMO masyarakat tentu tidak mau ketinggalan informasi gadget inovatif terkini. Yuk, kenali OPPO Find N3 lebih dekat lewat penjabaran berikut ini!

Spesifikasi OPPO Find N3

OPPO Find N3
Layar Foldable LTPO3 OLED 7.82 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 16 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 48 MP (wide) 48 MP (ultrawide) 64 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4805 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan OPPO Find N3

Buat Anda yang sudah bosan dengan bentuk bodi smartphone yang itu-itu saja, jangan khawatir. Berikut ini adalah kelebihan dari OPPO Find N3 yang pastinya unik dan tidak biasa. Check these out.

1. Performa Kelas Dunia dengan Snapdragon 8 Gen 2

snapdragon 8 gen 2_

Kekuatan OPPO Find N3 berasal dari chipset Snapdragon 8 Gen 2 besutan Qualcomm, tidak lagi menggunakan Dimensity 9200 seperti pada OPPO Find N3 Flip. Entah apa yang membuat OPPO memilih untuk gunakan Snapdragon 8 Gen 2 ketimbang SoC MediaTek yang gahar tersebut.

Kedua SoC tersebut memiliki performa yang neck and neck, kendati Snapdragon 8 Gen 2 punya performa sedikit lebih unggul. Tampaknya OPPO tidak mau kalah dengan Samsung yang juga mengerahkan chipset yang sama pada Galaxy Z Fold5.

Walau sama-sama gunakan Snapdragon 8 Gen 2, versi yang digunakan OPPO Find N3 adalah versi reguler, yakni tanpa adanya modifikasi peningkatan clock speed seperti pada Galaxy Z Fold5.

Snapdragon 8 Gen 2 di OPPO Find N3 dibangun pada fabrikasi 4 nm TSMC, memiliki delapan unit CPU dengan satu prime core Cortex X3 (3.2 GHz), dua unit Cortex A715 dan dua inti Cortex A710 (2.8 GHz), serta tiga inti hemat daya Cortex A510 (2.0 GHz).

Alasan SoC ini masih menggunakan Cortex A710 kendati sudah hadirkan dua inti Cortex A715, adalah untuk mengakomodasi aplikasi dan gim yang masih berjalan di arsitektur 32 bit.

Chipset ini menggunakan kartu pengolah grafis (GPU) berupa Adreno 740. OPPO menyebutkan Snapdragon 8 Gen 2 memiliki peningkatan performa 35 persen, serta efisiensi daya yang 40 persen lebih baik dibanding chipset generasi pendahulunya.

Untuk memorinya, OPPO Find N3 yang dirilis di luar punya berbagai varian RAM dan storage. Khusus yang resmi di Indonesia, OPPO Find N3 tawarkan RAM 16 GB dengan storage 512 GB. Untuk tipe RAM yang digunakan merupakan RAM jenis LPDDR5X, sedangkan storage-nya sudah menggunakan standar UFS 4.0.

OPPO Find N3 diklaim bisa mendukung sebanyak lebih dari 40 aplikasi yang berjalan di latar belakang secara bersamaan berkat teknologi Dynamic Computing Engine. Di dalam pengaturan, Anda bisa mengaktifkan mode high performance untuk memaksimalkan performa, namun ini akan membuat baterai lebih cepat habis.

Melansir dari TechNick pada kanal YouTube-nya, OPPO Find N3 meraih skor AnTuTu v10 sebesar 1.555.061 poin. Sedangkan untuk Geekbench 5, perangkat mencapai nilai 1493 poin (single core) dan 5074 poin (multi-core).

Untuk Anda yang penasaran dengan performa gimnya, tidak perlu khawatir. OPPO Find N3 sanggup jalankan gim terberat di Android dengan lancar. Menurut laman YugaTech, Anda bisa memainkan Genshin Impact dan Honkai Star Rail dengan semua pengaturan grafis disetel ke High, dan tidak akan menemukan frame drop sama sekali.

Bahkan setelah memainkan kedua gim itu dalam waktu cukup lama, ponsel lipat tersebut sama sekali tidak terasa panas. Ini membuktikan bahwa kerja keras OPPO dalam menghadirkan pengalaman gaming ideal sungguh membuahkan hasil.

2. Datangkan Kamera Hasselblad, Kualitas Foto yang Jernih dan Memukau

oppo find n3 kamera 2_

Satu kelebihan kamera OPPO Find N3 dibandingkan HP lipat lainnya adalah adanya campur tangan Hasselblad dalam tuning-an kameranya. OPPO Find N3 menghadirkan triple camera di punggungnya, berisikan sensor utama 48 MP, kamera telefoto 64 MP, dan kamera 48 MP ultrawide.

Terdapat PDAF segala arah dan OIS pada kamera utama. OIS juga disediakan untuk kamera telefoto yang dapat melakukan pembesaran optis sebanyak 3x dan lossless zoom 6x. Kamera HP ini juga didukung dengan Hasselblad Portrait yang bisa hasilkan efek bokeh yang creamy.

Dibandingkan dengan Samsung Galaxy Z Fold5 yang hanya bisa dukung digital zoom hingga 30x, kamera telefoto pada OPPO Find N3 sanggup mencapai hingga 120x digital zoom.

Sementara untuk kamera ultrawide (Sony IMX 581), mampu hadirkan bidang pandang seluas 114 derajat dan sudah mendukung autofokus. Ini kontras dengan kamera ultrawide pada Samsung Galaxy Z Fold5 yang masih fixed focus. Selain itu, kamera ini juga punya field of view yang 104 persen lebih besar dibanding HP lipat merk lain.

Anda pun bisa mengharapkan fitur perekaman yang unggul, mampu mendukung resolusi 4K pada frame rate 60 FPS pada masing-masing dari ketiga kameranya. Kontras dengan Galaxy Z Fold5 yang ultrawide-nya mentok di 30 FPS. Stabilisasi EIS pada smartphone ini juga sangat efektif dalam mengurangi efek goyangan saat merekam sambil berjalan atau panning.

oppo find n3 kamera_
OPPO Find N3 terdiri dari hardware kamera yang mumpuni

Kehadiran OPPO Find N3 sekaligus menjadi debut bagi sensor 48 MP1 LYTIA-T808. Sensor gambar CMOS dua lapisan tersebut memiliki lebih banyak ruang untuk penerimaan cahaya, sehingga dapat mengurangi intensitas noise, menciptakan rentang dinamis yang lebih luas, hingga foto dan video yang kaya akan detail.

Kamera utama ponsel OPPO ini mencakup tiga jenis panjang fokus dengan bingkai penuh, terbagi menjadi 14 mm, 24 mm, dan 70 mm. Untuk hasil fotonya, laman YugaTech melaporkan bahwa perangkat memiliki kemampuan foto malam hari yang begitu menakjubkan.

Saya pun sudah melihat sejumlah sampel foto malam hari pada HP tersebut, dan sungguh tidak terasa ada noise sama sekali pada bagian yang gelap (seperti pada langit).

oppo find n3 sample low light_Sumber: YugaTech

Mau itu kondisi pencahayaan melimpah maupun malam hari, OPPO Find N3 sanggup hasilkan foto memukau dengan detail melimpah. Saya pun dibuat takjub dengan seberapa banyak detail yang terjaga pada pembesaran digital 30x.

Adapun pada bagian kamera depan, OPPO Find N3 dibekali satu kamera ultrawide 20 MP di layar utama dan satu kamera ultrawide 32 MP di layar cover.

Kedua kamera depan tersebut lebih baik dari HP lipat dari merk lain. Bahkan di saat kamera selfie internal Samsung Galaxy Z Fold5 tidak dukung mode portrait, OPPO Find N3 sudah hadirkan fitur tersebut.

Baik kamera depan utama maupun kamera depan cover, sama-sama dukung perekaman video 4K di 30 FPS sementara Samsung Galaxy Z Fold5 hanya dukung 4K 30 FPS pada kamera depan cover (kamera selfie utama hanya dukung hingga 1080p di 30 FPS).

Anda sungguh dapat melihat hasil foto portrait dengan bokeh yang bagus pada kedua kamera selfie OPPO Find N2. Separasinya dibangun dengan sungguh rapi sehingga tidak ada sisi-sisi yang di-blur secara tidak sengaja. Walau begitu, efek bokeh pada kamera depan cover memang perlu diakui lebih bagus dibanding kamera depan layar utama.

OPPO Find N3 sungguh berikan banyak kejutan dengan kameranya. Kamera ultrawide dan kamera telefotonya merupakan yang terbesar dalam sejarah pada ponsel lipat, setidaknya per Oktober 2023.

Kualitas fotonya pun setara (jika memang tidak lebih baik) dibanding HP lipat merk lain yang lebih dikenal banyak orang. Ditambah dengan balutan Hasselblad Color Calibration serta fitur-fitur ekstra yang lebih lengkap, saya lebih rekomendasikan OPPO Find N3 dibanding pesaingnya dalam hal fotografi.

3. Layar Utama dan Kover Pakai LTPO 3 OLED dengan Visual yang Menakjubkan

oppo find n3 layar_

Bicara soal HP lipat, layar tentu menjadi hal utama yang penting untuk dibahas. OPPO Find N3 dilengkapi dengan panel LTPO 3 OLED berukuran 7,82 inci sebagai layar utamanya, berada dalam resolusi 2268 x 2440 piksel. Layar ini mendukung sertifikasi Dolby Vision, refresh rate 120 Hz, dan mampu tampilkan sebanyak lebih dari 1 miliar warna.

Dari segi ukuran dan resolusi, layar tersebut lebih luas dibandingkan Galaxy Z Fold5 dengan ukuran 7,6 inci di 1812 x 2176 piksel. Akan tetapi, sayangnya layar utama OPPO Find N3 masih menampilkan kamera depan, alih-alih under display camera seperti pesaingnya.

Beralih ke layar cover, HP fold OPPO membawakan panel LTPO 3 OLED yang sama, lengkap dengan dukungan 1 miliar warna, Dolby Vision, juga refresh rate 120 Hz. Layar cover mampu sesuaikan laju penyegaran antara 10 - 120 Hz, sedangkan layar utama bisa menyesuaikan diri secara otomatis antara 1 - 120 Hz.

Ukuran layar eksternal OPPO Find N3 sebesar 6,31 inci dengan resolusi 1116 x 2484 piksel, lagi-lagi lebih luas dibandingkan HP merk lain. Yang menariknya lagi, saat saya melihat layar cover-nya, saya tidak mendeteksi perbedaannya dengan layar pada smartphone pada umumnya.

oppo find n3 layar 2_

Dari sisi aspek rasio dan bentuk, layar cover benar-benar familiar di mata saya sehingga lebih mudah dioperasikan oleh pengguna umum. OPPO Find N3 memiliki aspek rasio layar cover 20:9 yang sangat umum di industri smartphone. Kontras dengan sang pesaing dengan aspek rasio 23.1:9.

Layar OPPO Find N3 juga dihadirkan dengan teknologi 1440 Hz PWM Dimming yang dapat mengurangi flicker secara lebih efektif, dibanding pesaingnya dengan 240 Hz PWM/DC Dimming.

Berdasarkan ulasan dari Yankodesign.com, warna-warna yang ditampilkan benar-benar cerah dan memukau. Dukungan kecerahan puncak yang didukungnya adalah 2.800 nit, dan ini membuatnya tampak begitu terang meski di bawah terik matahari. Sepanjang penelusuran saya, tingkat kecerahan puncak HP ini lebih tinggi dari kebanyakan layar HP lipat lainnya.

4. Fitur Multi-Tasking yang Andal

oppo find n3 multitasking_

OPPO Find N3 dikerahkan ke pasaran dengan Android 13 saat rilis, diselimuti antarmuka ColorOS 13.2. Ponsel lipat ini turut dilengkapi masa dukungan update versi yang panjang, yakni hingga empat tahun versi Android dan lima tahun patch keamanan.

Smartphone ini memanfaatkan form factor-nya yang unik untuk hadirkan pengalaman pengguna yang berbeda dari HP mainstream. Saat ponsel dalam kondisi terbuka, ada fitur Global TaskBar yang berisikan sejumlah shortcut terhadap aplikasi yang terakhir digunakan.

Ada dua ikon yang diletakkan paling kiri, yakni App Library (mirip app drawer saat HP dilipat) dan File Pocket yang berisikan jalan pintas menuju file dan gambar yang terakhir dibuka.

oppo find n3 multitasking 2_

Anda bisa menampilkan sebanyak tiga jendela secara split-screen, dengan dua jendela aktif secara bersamaan dan satu lagi agak "tersembunyi" di pojok kiri atau kanan. Hanya butuh satu kali ketukan untuk memunculkan jendela ketiga. Fitur antarmuka ini OPPO sebut sebagai Boundless View.

Anda pun bisa menyimpan sekumpulan jendela sebagai shortcut jika ingin membuka kombinasi aplikasi yang sama di lain waktu.

Di luar dari tiga aplikasi yang aktif secara bersamaan pada Boundless View, Anda pun bisa buka jendela baru pada bentuk floating window. Jendela floating window ini dapat disembunyikan di pojok layar dalam bentuk tab, dan akan muncul kembali saat tab diketuk.

Jujur, pengalaman multi-tasking di HP ini mengingatkan saya akan Stage Manager pada iPad. Dengan antarmuka yang dirancang untuk multi-tasking, pengguna dapat merasakan workflow yang lebih praktis dan produktif, seperti memindahkan file antar aplikasi, mengetik dokumen, melakukan riset, dan banyak hal lainnya.

5. Konektivitas Lebih Lengkap, Punya Infrared

oppo find n3 konektivitas 2_

Karena ini HP flagship, jelas OPPO menghadirkan sisi konektivitas kelas atas. Tak hanya mendukung 5G secara dual SIM, OPPO Find N3 juga dikemas dengan Wi-Fi 7 yang merupakan protokol paling modern pada saat HP ini rilis.

Ponsel juga menawarkan Bluetooth 5.4 dengan dukungan A3DP, LE dan aptX HD untuk pengalaman TWS yang lebih tersinkron dari biasanya.

Dan menariknya lagi, masih tersedia fitur port infrared yang berguna untuk memindahkan kanal TV dan suhu AC secara universal. Biasanya, infrared hanya dimiliki segelintir brand saja seperti Xiaomi dan POCO. Ini bukan fitur yang wajib-wajib amat, tapi tetap saja nice to have.

Tentu tidak ketinggalan, terdapat NFC (Near Field Communication) yang dapat memudahkan pengguna melakukan transaksi secara digital, dengan cara menempelkan kartu eMoney ke bodi belakang smartphone.

Ponsel ini tidak menyediakan port 3.5 mm jack audio ataupun slot memori eksternal. Namun, OPPO Find N3 sediakan tombol khusus untuk melakukan pergantian antara mode dering, mode getar, dan mode sunyi. Tombol yang dinamakan Alert Slider ini akan menjadi penyelamat di kala harus meeting atau kelas mendadak.

Tombol Alert Slider dan infrared pada OPPO Find N3 membuat saya yakin kalau ponsel ini memang punya konektivitas yang lebih lengkap dan unggul dibanding pesaingnya.

6. Baterai Awet, Fast Charging yang Ngebut

oppo find n3 baterai_

Agak sulit bagi HP lipat untuk menyajikan baterai yang besar. Form factor-nya yang tidak biasa hanya menyisakan sedikit ruang untuk menampung semua komponen penting di dalamnya. Kendati tidak memiliki baterai berukuran 5.000 mAh seperti mayoritas HP lain, namun OPPO sudah meningkatkan kapasitas Find N3 menjadi 4.805 mAh.

Sebelumnya, OPPO Find N2 hanya dilengkapi baterai 4.520 mAh. Pastinya ini akan memberikan masa durasi penggunaan yang lebih panjang pada OPPO Find N3 dibanding pendahulunya.

Saya selalu was-was terhadap ketahanan baterai HP lipat. Bayangkan saja, tidak hanya kapasitasnya lebih kecil dari rata-rata, tapi HP lipat memiliki ukuran layar lebih lebar yang pastinya menyedot daya lebih banyak lagi.

Kendati begitu, rupanya OPPO Find N3 menawarkan masa daya pakai yang cukup panjang, loh. Pengujian oleh YugaTech membuktikan bahwa HP lipat ini bisa bertahan selama 12 jam 30 menit pada pengujian video loop. Ini termasuk unggul dibanding pendahulunya dengan ketahanan 10 hingga 11 jam saja.

Sekadar informasi, OPPO Find N3 sejatinya merupakan ponsel yang sama dengan OnePlus Open. Dan pada pengujian GSM Arena, OnePlus Open mendapatkan skor ketahanan 96 jam menggunakan layar utama, serta 105 jam menggunakan layar cover.

Ketahanan baterai tersebut bukan yang paling tinggi di dunia. Tapi untuk seukuran HP lipat sudah tergolong sangat baik. OPPO Find N3 dan OnePlus Open memiliki skor ketahanan yang setara Samsung Galaxy Z Fold5 (95 jam, 4.400 mAh) dan vivo X Fold2 (96 jam, 4.800 mAh).

Bagaimana dengan pengisiannya? Nah, di sinilah OPPO Find N3 bersinar. Ini karena ponsel mendukung SuperVOOC 67W yang dapat terisi dari 1 persen ke 100 persen dalam waktu 42 menit, menurut pengujian GSM Arena. Durasi charging tersebut tepat dua kali lipat lebih cepat dibanding Samsung Galaxy Z Fold5 dengan daya 25 W.

7. Bodi Lebih Tipis dan Ringan

oppo find n3 desain_

Dibandingkan dengan mayoritas HP lipat lain, OPPO Find N3 memiliki bodi yang condong terbilang ringan dan tipis. Namun memang, ia belum bisa merebut posisi Honor Magic Vs2 sebagai HP lipat teringan dan paling tipis no. 1 di tahun 2023.

Saat posisi terlipat, OPPO Find N3 memiliki panjang 153,4 mm dan lebar 73,3 mm. Dimensi lebar berubah menjadi 143,1 mm pada saat posisi terbuka (unfolded). Soal dimensi lebar tersebut, ia lebih lebar ketimbang Samsung Galaxy Z Fold5 lantaran memiliki ukuran layar lebih luas.

Namun jika bicara soal ketebalan dan bobot, OPPO Find N3 tetap lebih unggul dengan bobot mulai dari 239 gram (varian hitam, kulit imitasi) dan 245 gram untuk varian kaca, di saat pesaingnya hadir dengan bobot 253 gram.

Ketebalan smartphone pun hanya berkisar di 5,8 mm saat terbuka dan 11,7 mm saat terlipat. Lebih unggul dari Galaxy Z Fold5 pada ketebalan 6,1 mm dan 13,4 mm (saat terbuka dan terlipat).

Soal ketahanan bodinya, jangan ditanya. OPPO Find N3 sudah kantongi sertifikasi TUV Rheinland sehingga tetap aman meski sudah dilipat hingga 600 ribu kali. Jika diasumsikan HP lipat ini mengalami 20 lipatan per hari, maka ponsel bisa bertahan hingga setidaknya 82 tahun.

OPPO Find N3 juga telah gunakan generasi Flexion Hinge yang mengalami pengembangan lebih lanjut. Itulah yang jadi alasan mekanisme lipatannya sungguh tahan dari kerusakan, serta hanya menimbulkan bekas lipatan (crease) yang minim (nyaris tidak terlihat).

Menyoal estetika, OPPO Find N3 kini dikemas dengan modul kamera bulat yang terletak di tengah, seolah ingin menambah penekanan terhadap performa kameranya. Bulatan modul ini berisikan tiga kamera dengan satu LED Flash yang terletak di luar modul, persisnya di pojok kiri atas.

Menurut saya ini adalah hasil perombakan desain yang sungguh matang dibanding modul unibodi pada generasi pendahulunya. Kini kameranya terlihat lebih berkinerja dan mumpuni, dibanding Find N2 yang tampilannya kurang masuk di selera saya.

Apabila dibandingkan dengan sang pesaing, HP ini juga tampak lebih berkilau. Sebab, Samsung Galaxy Z Fold5 hanya mengunggulkan desain kamera minimalis yang tersusun secara vertikal di pojok kiri atas, tampak tidak berbeda dengan seri Galaxy lainnya.

8. Ada Tiga Speaker, Kualitas Audio Jernih dan Nendang

oppo find n3 speaker_

Layar smartphone yang jernih dan tajam tentu tidak lengkap tanpa dibarengi kualitas audio yang baik. Dalam hal ini, OPPO Find N3 tidak akan mengecewakan dengan setup tiga stereo speaker yang ditenagai oleh Dolby Atmos, dua di atas dan satu di bawah.

OPPO menyebutkan bahwa speaker ini dapat mengeluarkan suara yang 30 persen lebih lantang dibanding kompetitor, dengan reproduksi suara bass yang 100 persen lebih baik untuk suara yang lebih kaya.

Speaker HP lipat ini juga mendukung fitur Spatial Audio sehingga kualitas speaker dan earphone dapat berikan pengalaman yang immersive, seperti saat menonton film atau bermain gim.

Saat dibandingkan dengan Galaxy Z Fold5 dari Samsung, suara OPPO Find N3 tampak lebih menggelegar, jernih, dan lantang, seperti yang dilaporkan oleh kanal YouTube TechNick.

Menariknya, kanal suara kiri dan kanan bisa disesuaikan secara otomatis berdasarkan orientasi perangkat, baik itu pada mode portrait maupun lanskap.

Pada mode portrait, speaker kiri atas akan mengeluarkan suara dari kanal kiri, sementara atas kanan dan bawah kanan mengeluarkan suara dari kanal sebelah kanan. Begitu pun saat HP dibalik 180 derajat.

Kekurangan OPPO Find N3

Kelebihan dari OPPO Find N3 memang banyak dan cukup bisa membuat kita tergiur. Tapi sebelum beli, ada baiknya simak dulu penjabaran kekurangan dari OPPO Find N3 berikut ini.

1. Tanpa Dukungan 8K Recording

oppo find n3 8k_

Kamera pada OPPO Find N3 terbilang sangat bagus dari sisi hardware dan hasil fotonya. Tapi, dukungan perekaman videonya hanya mentok di 4K 60 FPS. Ini merupakan resolusi yang cukup tajam untuk kebanyakan kasus. Namun untuk keperluan profesional, Anda mungkin membutuhkan 8K.

Smartphone dengan dukungan 8K memang agak jarang, dan tampaknya hanya dimiliki segelintir HP flagship seperti Samsung Galaxy Z Fold5. Dengan fitur 8K, Anda bisa melakukan zoom hingga sangat kecil tanpa mengurangi kualitas ketajaman.

Hasil video 8K juga ampuh buat yang ingin menampilkan karyanya pada layar besar seperti proyektor. Untuk industri kreatif yang sehari-harinya bikin proyek film kecil maupun besar seperti periklanan, absennya dukungan 8K pada OPPO Find N3 jadi hal yang cukup disayangkan.

2. Tanpa Wireless Charging

oppo find n3_

OPPO Find N3 memang memiliki daya fast charging yang jauh lebih unggul dari kompetitor. Namun, Anda tidak dapat melakukan pengisian nirkabel pakai ponsel ini.

Alasan di balik pentingnya wireless charging adalah kemampuan melakukan pengisian terbalik secara nirkabel, sehingga ponsel dapat digunakan sebagai power bank untuk isi perangkat lain.

3. Sertifikasi Tahan Air yang Kalah Saing

oppo find n3 tahan air_

Saat menelusuri fakta soal OPPO Find N3, saya tidak menemukan adanya informasi mengenai keberadaan Gorilla Glass, tidak seperti pesaingnya dari kubu Samsung yang sudah pakai Gorilla Glass Victus 2.

Ditambah lagi, sertifikasi ketahanan air pada OPPO Find N3 pun hanya IPX4, yakni cuman dapat mengurangi risiko rusak saat terkena cipratan air. Ini jelas membuatnya kalah dibanding ponsel lipat lain yang sudah pakai IPX8, seperti Samsung Galaxy Z Fold5 dan Huawei Mate X5.

Sebab, dua ponsel pesaing tersebut dinilai cukup kuat untuk pertahankan dirinya dari kerusakan akibat terendam di air sedalam 1,5 meter selama 30 menit. Dengan demikian, pastikan OPPO Find N3 tidak terendam di air jika tidak mau alami kerusakan.

Simpulan

Satu kekurangan lagi yang menurut saya worth it to mention, OPPO Find N3 tidak dapat menampilkan antarmuka bak PC seperti Samsung Galaxy Z Fold5 dengan Samsung DeX-nya.

OPPO Find N3 memang menyajikan fitur multi-tasking yang menyenangkan, tapi ia tetap tidak akan terasa familiar dibandingkan Samsung DeX yang dinilai dapat menjadi alternatif desktop.

Di luar itu, begitu banyak kelebihan OPPO Find N3 yang bikin pesaing ketar-ketir, seperti layar yang lebih luas, hardware kamera yang lebih unggul, fast charging yang oke banget, hingga bodi yang lebih estetik, tipis, dan ringan.

Cukup disayangkan HP ini tidak ada IPX8 dan tidak dukung perekaman 8K. Tapi untungnya dua hal ini saya rasa tidak begitu diperlukan, apalagi jika Anda jarang mengunjungi tempat perairan seperti sungai dan danau.

Sementara untuk menanggulangi absennya 8K, Anda bisa gunakan kamera telefoto untuk perekaman jarak jauh sebagai gantinya. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu melakukan cropping pada hasil video.

OPPO Find N3 rilis di Indonesia dengan harga Rp29.000.000. Harga ini cukup terbilang oke, terlebih ada berbagai bonus pembelian. Harganya bisa dibilang bersaing dengan Samsung Galaxy Z Fold5 varian RAM 12 GB + 512 GB di harga rilis Rp27 juta. Biasanya nanti, OPPO Find N3 akan mengalami penurunan harga dan bisa jadi harganya di bawah Galaxy Z Fold5.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram