carisinyal web banner retina

Kupas Tuntas 6 Perbedaan OPPO Find N2 dan OPPO Find N3

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

OPPO resmi meluncurkan HP lipatnya secara Global pada Oktober 2023 yaitu OPPO Find N3. HP ini menjadi penerus langsung dari pendahulunya yaitu OPPO Find N2 yang dirilis lebih dulu pada 2022.

Sebagai penerus, tentu OPPO Find N3 ini dibekali sejumlah peningkatan di beberapa sektornya. Hal inilah yang membuatnya jadi salah satu HP lipat fold yang mesti dipertimbangkan. Penasaran apa saja perbedaannya? Silakan simak beberapa perbedaan OPPO Find N2 dan OPPO Find N3 di bawah ini.

Spesifikasi OPPO Find N2

OPPO Find N2
Layar Foldable LTPO AMOLED 7.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB, 18 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 32 MP (telephoto) 48 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4520 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi OPPO Find N3

OPPO Find N3
Layar Foldable LTPO3 OLED 7.82 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 16 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 48 MP (wide) 48 MP (ultrawide) 64 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4805 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan OPPO Find N2 dan OPPO Find N3

OPPO menjadi salah satu brand yang cukup ambisius di segmen HP lipat. Terlihat dari peningkatan yang ditawarkan untuk setiap seri terbarunya. Nah, berikut adalah beberapa perbedaan OPPO Find N2 dan OPPO Find N3 yang menarik untuk dibahas.

1. Desain Bodi Lebih Tipis dan Premium

OPPO Find N3

Salah satu perbedaan yang paling kentara dari kedua HP lipat OPPO ini adalah tampilan desainnya. Tampaknya, OPPO mengubah tampilan OPPO Find N3 secara keseluruhan, termasuk modul kamera di bagian belakangnya.

Pendahulunya, OPPO Find N2 menggunakan modul kamera persegi yang disimpan di pojok kiri atas. Desain modul kamera tersebut mirip seperti HP lain pada umumnya. Di dalamnya terdapat tiga buah kamera yang disusun sedemikian rupa dengan LED flash.

Sementara itu, OPPO Find N3 tampil dengan lebih percaya diri menggunakan modul lingkaran besar di tengah. Modulnya ini memberikan kesan premium, apalagi terdapat logo Hasselblad yang membuatnya makin terlihat keren.

Di dalam modulnya terdapat tiga buah kamera yang disusun dengan rapi. Namun, LED flash yang dimilikinya justru disimpan di luar modul yaitu di kiri pojok atas.

Meski begitu, tampaknya OPPO tidak mengubah bahan material yang digunakan. Untuk OPPO Find N3, OPPO masih menggunakan bahan material kaca untuk bagian belakangnya. Selain itu, OPPO juga menawarkan material eco leather untuk varian warna lain seperti pada OPPO Find N2.

Perbedaan lainnya yang juga menjadi salah satu peningkatan OPPO Find N3 adalah ketebalannya. OPPO membuat HP lipatnya lebih tipis dibandingkan pendahulunya yaitu hanya 5,8 mm saja saat terbuka, dan 11,7 mm saat terlipat. Sedangkan OPPO Find N2 memiliki ketebalan hingga 7,4 saat terbuka dan 14,6 saat terlipat.

Ketebalan OPPO Find N3 bahkan lebih tipis dibandingkan pesaing lainnya. Misalnya Samsung Galaxy Z Fold5 yang punya ketebalan hingga 6,1 mm saat terbuka dan 13,4 mm saat terlipat.

Selain memiliki bodi yang lebih tipis, OPPO Find N3 juga cukup baik karena punya sertifikasi IP rating. Meski hanya IPX4, HP ini mampu bertahan dari percikan air ringan. Sedangkan OPPO Find N2 tidak dibekali sertifikasi apapun.

2. Kemampuan Layar Mumpuni

OPPO Find N3

Salah satu perbedaan atau peningkatan lain yang dialami OPPO Find N3 ada pada sektor layarnya. Peningkatan ini tentu cukup menarik mengingat layar menjadi salah satu sektor yang cukup dicari pada HP lipat.

OPPO Find N3 memiliki layar utama yang lebih luas yaitu 7,82 inci menggunakan panel Foldable LTPO3 OLED. Hal ini membuatnya cocok untuk penggunaan seperti menonton, scrolling, hingga bermain game. Layarnya yang luas ini juga didukung oleh desain bezel tipis dengan rasio layar ke bodi 89,6 persen.

Kemampuannya benar-benar menarik berkat resolusi layarnya yang juga ditingkatkan. OPPO Find N3 hadir dengan resolusi 2268 x 2440 piksel dengan kerapatan mencapai 426 ppi. Soal ketajamannya tidak usah dipertanyakan lagi.

Belum selesai, layar OPPO Find N3 juga didukung beberapa fitur unggul seperti Dolby Vision, 1,07 miliar warna, hingga kecerahan layar yang lebih tinggi yaitu mencapai 2800 nit. Hal ini membuatnya tetap bisa digunakan di luar ruangan yang cerah.

Sedangkan pendahulunya yaitu OPPO Find N2 memiliki ukuran layar lebih kecil yaitu 7,1 inci. Tidak hanya itu, desain bezel-nya juga masih belum tipis dengan rasio layar ke bodi 87,3 persen saja.

Agar mampu menampilkan kualitas yang baik, OPPO Find N2 menggunakan panel Foldable LTPO AMOLED. Terdapat dukungan lain seperti resolusi 1792 x 1920 piksel, kerapatan piksel mencapai 370 ppi, HDR10+, hingga kecerahan puncaknya yang mencapai 1550 nit saja.

Beralih ke layar bagian luar atau ketika HP dalam posisi terlipat. OPPO Find N3 lagi-lagi lebih mumpuni soal kualitasnya dengan ukurannya yang lebih luas yaitu 6,31 inci. Panel yang digunakannya yaitu LTPO3 OLED dengan resolusi hingga 1116 x 2484 piksel. Kerapatan pikselnya bahkan mencapai 431 ppi sehingga terlihat sangat tajam.

Kemudian untuk fitur pendukungnya ini tidak jauh berbeda dari layar utamanya. Terdapat dukungan dari Dolby Vision, menghasilkan 1,07 miliar, hingga kecerahan layar yang mencapai 2800 nit. Kemampuan yang tidak jauh berbeda ini memberikan Anda kebebasan untuk menggunakan kedua layarnya.

Sedangkan OPPO Find N2 hadir dengan ukuran lebih kecil yaitu 5,54 inci menggunakan panel AMOLED. Layarnya ini hanya didukung oleh resolusi 1080 x 2120 piksel serta kecerahan layar mencapai 1350 nit.

Meski tidak dibekali dukungan apapun pada bagian layarnya ini. OPPO Find N2 sudah cukup baik karena dilindungi oleh Gorilla Glass Victus. Sedangkan OPPO Find N3 hanya Ceramic Guard saja. Selain itu, semua layar dari kedua HP ini sama-sama memiliki refresh rate 120 Hz yang cukup mulus soal pergerakannya.

3. Snapdragon 8 Plus Gen 1 vs Snapdragon 8 Gen 2

OPPO Find N3

Beralih ke sektor dapur pacunya, di atas kertas, OPPO Find N3 memiliki performa yang lebih unggul dari pendahulunya. Hal ini berkat chipset yang digunakannya yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Chipset ini menjadi salah satu yang terbaik dan terkencang yang pernah dibuat oleh Qualcomm.

Sedangkan OPPO Find N2 hanya menggunakan Snapdragon 8 Plus Gen 1. Meski begitu, chipset ini tetap memiliki tenaga yang cukup tangguh mengingat hanya berbeda satu generasi saja. Bahkan “Plus” yang disematkan pada namanya tersebut sangat mempengaruhi kemampuan performanya.

Lebih detail, Snapdragon 8 Plus Gen 1 hadir dengan fabrikasi 4 nm TSMC dengan delapan inti CPU di dalamnya. CPU tersebut terbagi ke dalam tiga klaster yaitu klaster pertama dengan satu core Cortex X2 (3,0 GHz). Kemudian klaster kedua diisi oleh tiga core Cortex A710 (2,75 GHz) yang juga sumber performanya.

Sedangkan klaster terakhir yaitu empat core Cortex A510 (2 GHz) berfungsi sebagai efisiensinya. Tidak hanya itu, chipset ini juga didukung oleh GPU Adrena 730 dengan frekuensi 900 MHz.

Sementara itu, Snapdragon 8 Gen 2 dirancang dengan fabrikasi 4 nm serta delapan inti CPU. Terdiri dari satu core Cortex X3 (3,2 GHz) sebagai sumber performa utamanya. Kemudian dua core Cortex A715 (2,8 GHz) dan dua core Cortex A710 (2,8 GHz) yang juga sebagai sumber performa.

Terakhir adalah tiga core Cortex A510 (2 GHz) yang bertugas untuk menjaga efisiensi dayanya. Chipset ini juga mendapat dukungan dari GPU Adreno 740 dengan frekuensi 680 MHz.

Lantas, seperti apa kira-kira ketika diuji menggunakan pengujian sintetis? Jika merujuk pada data Nanoreview, Snapdragon 8 Gen 2 meraih skor yang cukup terpaut jauh dari pendahulunya tersebut. Namun, skor Snapdragon 8 Plus Gen 1 juga tetap termasuk tangguh sebagai chipset kelas menengah ke atas.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 mampu meraih skor AnTuTu v10 hingga 1.284.175 poin. Sedangkan untuk GeekBench 6, skornya yaitu 1774 untuk single-core dan 4634 untuk multi-core. Skor pada 3DMark Wild Life Performance-nya juga cukup baik yaitu 9191 poin.

Sementara itu, Snapdragon 8 Gen 2 berhasil meraih skor AnTuTu v10 hingga 1.520.303 poin. Sedangkan untuk GeekBench 6, skornya yaitu 1993 untuk single-core dan 5328 untuk multi-core-nya. Kemudian untuk 3DMark Wild Life Performance-nya juga lebih tinggi yaitu 12.416 poin.

Kemampuan performa yang dihasilkannya ini tidak hanya karena penggunaan chipset saja. Sektor memori menjadi salah satu hal yang cukup memengaruhi performa yang dihasilkan.

OPPO Find N2 hadir dengan dua varian memori yaitu dengan RAM 12 GB dan 16 GB berjenis LPDRR5. Sedangkan memori internalnya mulai dari 256 GB hingga 512 GB. Sedangkan OPPO Find N3 hadir dengan RAM 16 GB berjenis LPDDR5x dan memori 512 GB saja.

4. Konfigurasi Kamera Kelas Atas

OPPO Find N3

Baik OPPO Find N2 atau Find N3 menjadi salah satu HP lipat dengan kemampuan kamera unggul. Keduanya menggunakan kamera hasil kerja sama dengan Hasselblad. Keduanya juga menggunakan konfigurasi tiga kamera fungsional di bagian belakangnya. Namun, terdapat sedikit perbedaan pada spesifikasi yang dibawanya.

OPPO Find N2 hadir dengan kamera utama di bagian belakang 50 MP (f/1.8). Kamera ini menggunakan sensor Sony IMX890 berukuran 1/1.56 inci. Selain itu, terdapat dukungan dari multi-directional PDAF dan OIS sebagai stabilisasinnya.

Selain itu, terdapat kamera ultrawide 48 MP (f/2.2) menggunakan sensor Sony IMX581. Sensor kamera yang digunakannya ini memiliki ukuran 1/2 inci dengan FoV hingga 115 derajat. Dengan dukungan autofocus, kamera ini juga bisa dijadikan sebagai kamera makro untuk memotret objek dari jarak dekat.

Terakhir adalah kamera telefoto 32 MP (f/2.0). Kamera ini menggunakan sensor Sony IMX709 berukuran 1/2.74 inci. Dengan dukungan autofocus, kamera ini mampu melakukan optical zoom 2x dengan lebih stabil. Terdapat filter warna RGBW dan kemampuan menangkap cahaya 60 persen serta mengurangi noise hingga 35 persen dari kamera biasa.

Selain mengandalkan kalibrasi warna dari Hasselblad, OPPO Find N2 juga didukung oleh chip MariSilicon X. Chip ini mampu meningkatkan kualitas dan efisiensi gambar yang lebih baik serta mengurangi isu noise saat minim cahaya.

Sementara OPPO Find N3 tampaknya sudah berpisah dengan chip tersebut. Kamera utama di bagian belakangnya mengandalkan sensor LYTIA LYT800 beresolusi 48 MP (f/1.7). Sensor yang digunakannya ini memiliki ukuran yang lebih besar yaitu 1/1.43 inci. Hal ini membuatnya lebih mampu menangkap cahaya dengan reproduksi warna lebih akurat.

Selain itu, terdapat autofokus dari segala arah dan OIS sebagai stabilisasi saat proses pemotretan. Hal ini membuatnya mampu meningkatkan kontras yang lebih tajam di berbagai kondisi cahaya.

Selain itu, terdapat kamera ultrawide dengan resolusi yang sama yaitu 48 MP (f/2.2). Ukuran sensor kameranya juga masih sama seperti pendahulunya yaitu 1/2 inci dengan dukungan PDAF. Namun, FoV yang dimilikinya ini justru sedikit lebih kecil yaitu 114 derajat.

Terakhir adalah kamera telefoto yang mengalami sedikit peningkatan dengan resolusi 64 MP (f/2.6). Kamera ini menggunakan sensor yang lebih besar yaitu 1/2 inci. Selain itu, kemampuan optical zoom-nya juga lebih baik hingga 3x serta hybrid hingga 6x.

Menariknya, agar proses pemotretan lebih stabil, OPPO menyematkan fitur PDAF dan OIS. Hal ini membuat Anda lebih mudah saat harus memotret objek jauh karena lebih stabil saat akan dipotret.

Kemampuan perekaman video keduanya tidak terlalu jauh berbeda. Keduanya mampu mencapai kualitas 4K dengan 60 fps dengan dukungan gyro-EIS sebagai stabilisasinya.

Bedanya, OPPO Find N2 hannya mendapat dukungan lain dari HDR saja. Sedangkan OPPO Find N3 mendapat dukungan dari HDR10+ dan Dolby Vision. Hal ini membuat kualitasnya sedikit lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Beralih ke bagian depan, kedua HP ini bisa idbilang memiliki dua kamera selfie yaitu di bagian dalam dan layar luar. OPPO Find N2 menggunakan spesifikasi yang sama untuk kedua kamera selfie-nya. Yaitu beresolusi 32 MP (f/2.4) dengan sensor berukuran 1/3.14 inci.

Sedangkan OPPO Find N3 menggunakan dua lensa kamera yang berbeda untuk kamera selfie-nya. Menariknya, kedua kameranya ini menggunakan kamera ultrawide yang punya sudut pandang lebih luas. Kamera selfie pada layar dalamnya beresolusi 20 MP (f/2.2). sedangkan bagian luarnya adalah 32 MP (f/2.4).

Tidak hanay unggul karena menggunakan kamera ultrawide, kemampuan videonya juga sudah mencapai 4K dengan 30 fps. Sedangkan OPPO Find N2 hanya mentok di 1080p dengan 30 fps saja. Setidaknya, keduanya sudah dibekali gyro-EIS untuk stabilisasinya.

5. Ketahanan Baterai

oppo find n2 multi-tasking_

Perbedaan lainnya yang tidak kalah penting adalah ketahanan baterainya. Dengan ukurannya yang lebih luas, tentu penggunaan HP akan jadi lebih beragam. Hal ini membuat kebutuhan baterai jadi lebih banyak.

OPPO Find N2 hadir dengan baterai berkapasitas 4520 mAh. Kapasitas tersebut sudah cukup baik untuk menemani berbagai aktivitas harian Anda. Meski ukurannya tidak mencapai standar sebuah HP, ketahanannya sudah cukup baik.

Sedangkan OPPO Find N3 hadir dengan kapasitas baterai yang sedikit lebih besar. Dengan kapasitas 4850 mAh, ketahanan yang ditawarkan tentu lebih lama dibandingkna pendahulunya.

Selain itu, keduanya juga kompak dibekali fast charging yang cukup besar yaitu 67 W. Namun, mengingat keduanya memiliki kapasitas baterai yang berbeda, kecepatan mengisi daya keduanya pun pasti berbeda.

Menurut klaimnya, OPPO Find N2 mampu mengisi daya hingga 37 persen dalam waktu 10 menit saja. Sedangkan untuk mengisi hingga 100 persen butuh waktu sekitar 42 menit. Sementara OPPO Find N3 yang punya baterai lebih besar, membutuhkan waktu sekitar 10 menit hanya untuk mengisi 35 persen.

6. Harga dan Ketersediaan

oppo find n2 featured image_

OPPO Find N2 hadir lebih dulu pada Desember 2022 di secraa global. Terdapat tiga varian warna yang bisa dipilih yaitu Putih, hijau, dan hitam. Untuk harganya, OPPO Find N2 dijual mulai dari Rp12,5 jutaan saja untuk varian RAM 8 GB dengan memori internal 256 GB.

Sedangkan OPPO Find N3 hadir secara global pada Oktober 2023. Untuk varian warnanya tidak terlalu banyak yaitu hanya Classic Black dan Champagne Gold saja. Varian memori yang ditawarkan juga hanya satu yaitu dengan RAM 16 GB dan memori internal 512 GB. Sayangnya, saat artikel ini tayang, OPPO Indonesia belum mengumumkan harga dari OPPO Find N3.

Simpulan

Sebagai penerus, OPPO FInd N3 menawarkan berbagai peningkatan yang cukup menarik di beberapa sektornya. Mulai dari tampilan desain yang lebih premium, kemampuan layar, performa, hingga kamera yang makin bisa diandalkan.

Selain itu, ketahanan baterai yang ditawarkan juga sudah sedikit bisa diandalkan. Beberapa peningkatan yang ditawarkannya lah yang membuat OPPO FInd N3 ini terlihat begitu menarik. Bahkan, tidak sedikit orang yang menunggu kehadirannya di tanah air.

Meski begitu, bukan berarti OPPO Find N2 ini sudah ketinggalan zaman dan tidak worth it. Dengan harga yang ditawarkan, HP lipat ini menawarkan beberapa kemampuan yang cukup menarik dan sama dengan penerusnya di sektor tertentu. Yang jelas, kedua HP ini menjadi HP lipat paling oke yang pernah dibuat OPPO.

Nah, setelah melihat beberapa perbedaan yang ada pada kedua HP ini, mana yang paling membuat Anda tertarik? Apakah OPPO Find N2 atau OPPO Find N3 sebagai penerusnya? Silakan tulis jawaban dan alasan Anda di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram