20 HP OPPO Terbaru Beserta Harga & Speknya (Februari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

OPPO menjadi salah satu merek HP yang cukup diminati di Indonesia belakangan ini. Branding OPPO yang cukup kuat beberapa tahun terakhir membuat vendor asal Tiongkok ini punya nama bagus secara merek di Indonesia.

Tidak heran jika OPPO selalu masuk TOP 5 vendor smartphone di Indonesia dari berbagai analis. Hal tersebut juga dipengaruhi karena marketing OPPO yang cukup agresif di Indonesia. Mereka sering menggaet brand ambassador untuk mempromosikan produknya. 

Karena itu, HP OPPO di kelas menengah dan kelas harga terjangkau tergolong laris. Aplagi seri A yang diklaim sebagai lini produk terlaris OPPO di Indonesia. Produk kelas atas mereka, lewat Find Series, tergolong mumpuni dan bisa bersaing dengan HP kelas atas dari brand lain.

Selain itu, OPPO juga punya Reno Series. Seri ini hadir sebagai ponsel yang menawarkan kelebihan di sektor desain yang lebih segar dan berwarna dan menarik konsumen khusus anak muda. 

Lantas, apa sajakah seri HP OPPO terbaru yang dijual di Indonesia? Langsung saja cek daftar lengkapnya berikut ini.

1. OPPO A17k

oppo a17k microusb_
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Selalu menarik melihat HP yang punya desain keren tetapi dijual di kelas harga terjangkau. Itu juga yang coba diperlihatkan OPPO A17k. Pilihan warna emasnya terlihat elegan jika menilik dari bagian belakang. Terlebih modul kameranya yang meski hanya satu kamera terlihat lebih pas dan kekinian lewat jalur membulat ke bawah. 

Soal satu kamera belakangnya yang hanya 8 MP sebenarnya bisa dikatakan oke. Daripada dua kamera tetapi satu kamera lagi hanya gimmick belaka. Harganya yang ada di kisaran Rp1,7 jutaan membuat spesifikasi yang ditawarkan masih bisa dimaklumi. Termasuk penggunaan Helio G35. 

Layar dengan notch jadul juga tentu juga jadi kekurangan yang bisa dipahami. Yang mungkin bakal jadi pertimbangan adalah kompromi terhadap RAM 3 GB yang ditawarkan HP ini. Tapi biasanya, HP era sekarang punya fitur penambah RAM. Karena itu wajar jika storage yang ditawarkan adalah 64 GB. 

Biasanya HP dengan RAM 3 GB sering berkolaborasi dengan storage 32 GB. Jadi, mari apresiasi juga kehadiran storage 64 GB. 

Adanya fitur sertifikasi IPX4 jelas jadi nilai lebih lain dari HP ini. Kehadiran fitur tersebut membuat OPPO A17k hadir sebagai HP yang cocok untuk mereka yang butuh HP murah, tahan cipratan air, dan punya desain yang menarik dipandang. 

Karena memakai Helio G35, tentu buat mereka yang suka gim kompetitif tidak akan cocok untuk memakai OPPO A17k.

2. OPPO A17

OPPO A17
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Jika Anda mencari HP OPPO terjangkau yang dirancang untuk fotografi, OPPO A17 akan menjadi opsi yang tepat. Di harga rilis 2 juta lebih sedikit, ponsel ini unggul lantaran dikemas dengan kamera utama 50 MP.

Teknologi Quad Bayer miliknya akan hasilkan kamera 12,5 MP secara default, gabungkan empat piksel berdekatan jadi satu piksel raksasa. Alhasil, kamera bisa menyerap lebih banyak cahaya dan berujung pada hasil jepretan yang lebih baik dari sisi detail dan pencahayaan.

Ponsel ini juga terbilang cukup unik karena dirancang dengan sertifikasi anti air IPX4. Meski tidak kuat saat tenggelam, setidaknya masih kokoh ketika terkena cipratan air gerimis. Sehingga membuatnya cocok untuk driver ojek daring atau tipe pengguna lain yang bermobilitas tinggi pakai sepeda motor.

Benefit lain dari HP ini adalah desain bodinya yang trendi dan segar, sehingga pengguna senantiasa terlihat berkelas walau pakai ponsel seharga 2 jutaan. Kapasitas baterai 5.000 mAh miliknya juga sanggup bertahan seharian pada penggunaan normal.

Namun sayangnya, OPPO A17 belum dikemas dengan fast charging alias masih pakai daya 10 W. Port-nya pun masih pakai microUSB ketika pesaingnya beranjak ke USB Type-C. Belum lagi, chipset yang digunakan adalah Helio G35 yang tidak memiliki Cortex A7x sama sekali. Jadi, memang bukan untuk gaming berat.

3. OPPO A77s

OPPO A77s
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kalau boleh dibilang, OPPO A77s ini adalah versi lite dari OPPO Reno7 atau Reno8 . Kenapa begitu? Soalnya, ketiga HP sama-sama mengedepankan aspek desain. Cuma, OPPO A77s mengalami beberapa pemangkasan, kecuali dapur pacu.

Misalnya, layarnya bukan lagi AMOLED melainkan IPS. Lalu lampu RGB yang melingkari lensa kamera juga ditiadakan buat OPPO A77s. Di sisi lain, OPPO A77s justru punya beberapa hal menarik yang tidak dipunyai Reno7 dan Reno8. Apakah itu?

Adalah speaker stereo dan sertifikasi ketahanan debu dan percikan air alias IP54. Speaker stereo jelas membuat keluaran suara saat menonton film atau video makin yahud! Sementara itu, sertifikasi IP54 menjamin HP ini tidak masalah saat terkena rintik air hujan. Tertarik memboyong OPPO A77s?

4. OPPO Reno8 Pro 5G

OPPO Reno8 Pro 5G
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100-Max
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Ketika Anda membutuhkan smartphone kelas menengah untuk keperluan fotografi dan penggunaan harian lain, OPPO Reno8 Pro 5G bisa menjadi opsi yang layak dipertimbangkan.

Hadir dengan tampilan desain bodi yang kece, bodi dari ponsel ini juga begitu terasa well-built sehingga nyaman di genggaman. Selain itu, OPPO Reno8 Pro 5G bisa dianggap sebagai alternatif terjangkau dari OPPO Find X5 Pro untuk menunjang fotografi malam hari.

Pasalnya, sudah tersemat cip MariSilicon X yang sebelumnya hanya dimiliki oleh Find X5 Pro. Namun kini cip tersebut diusung pada Reno8 Pro 5G, sehingga meningkatkan kualitas foto dan video di malam hari ke level berikutnya.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram