10 Rekomendasi HP OPPO Tahan Air Terbaru (Desember 2022)

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Ponsel dari brand OPPO terkenal akan desain bodinya yang stylish dan elegan, serta menghadirkan kemampuan fotografi yang layak. Bukan hanya itu, beberapa dari ponsel OPPO juga diberikan ketahanan terhadap air yang cukup baik, sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat menggunakan HP di kala hujan, dan beberapa HP bahkan bisa dibawa berenang juga, lho!

Kendati demikian, Anda pun perlu memerhatikan jenis sertifikasi ketahanan air dan debu pada masing-masing perangkat, atau yang biasa disebut sebagai IP atau Ingress Protection. Pasalnya, tidak semua IP Rating membuat ponsel tahan saat berada di kedalaman air, sebagian hanya menjaganya dari percikan air saja. Yuk, simak daftar HP OPPO yang tahan air di bawah ini!

1. OPPO A17K

OPPO A17k
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 3 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 8 MP (wide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Untuk Anda yang membutuhkan ponsel tahan air di rentang harga entry-level, Carisinyal merekomendasikan OPPO A17K. Smartphone dengan harga rilis Rp1,6 juta ini mengantongi sertifikasi IPX4. Ini artinya, ponsel cenderung aman dari risiko kerusakan, meski terkena cipratan air dari berbagai sudut.

Ponsel dengan IPX4 ini dapat digunakan untuk memotret dalam kondisi cuaca gerimis ataupun di tempat wisata yang ada air terjunnya. Namun, yang perlu diingat, HP ini tidak akan tahan dibawa berendam. Jadi usahakan untuk tidak menjatuhkannya ke kolam, ya.

OPPO A17K juga memiliki desain bodi yang enak dilihat. Kameranya yang hanya satu diletakkan di pojok kiri atas, berselimutkan elemen visual berbentuk oval dengan tekstur garis-garis.

Tidak cuman cantik, bodi ponsel juga punya ketahanan yang luar biasa. OPPO mengklaim bahwa A17K sudah lolos berbagai pengujian ketat, seperti kejatuhan dari 1 meter, 20 ribu kali colok-cabut kabel USB, 14 hari pengujian suhu dan kelembaban tinggi, serta 28 ribu kali jatuh dari ketinggian rendah.

Kelebihan lainnya terletak pada sisi layar yang menampilkan gamut warna DCI-P3 100%. Artinya, warna yang ditampilkan akan lebih memukau dan enak dilihat. Sungguh cocok untuk meningkatkan pengalaman visual saat menonton film.

Tapi ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Yakni, RAM fisik ponsel yang hanya 3 GB (bisa ditingkatkan jadi 7 GB melalui RAM virtual), serta penggunaan chipset Helio G35 yang tidak cocok untuk gim berat.

Apabila membutuhkan ponsel tahan air dengan layar mantap, baterai awet (5.000 mAh), dan punya desain bodi ciamik, OPPO A17K adalah salah satu opsi yang layak dipertimbangkan.

2. OPPO A77s

OPPO A77s
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

OPPO makin sadar terhadap durabilitas suatu produknya di level menengah dan entri. Buktinya, makin banyak ponsel seri A yang punya IP Rating. Contohnya adalah OPPO A77s ini yang memiliki IP54. Angka "5" berarti HP ini tidak masalah saat kemasukan sedikit debu.

Sementara itu, angka "4" maknanya HP ini tahan percikan air dari segala arah. Keberadaan sertifikasi ini membuat OPPO A77s aman kendati terkena tetesan air hujan. Tidak cuma itu, OPPO A77s pun lolos berbagai uji pengendalian mutu.

Berbagai uji tersebut mencakup tes 20 ribu kali colok-cabut port USB, 150 ribu kali tekan tombol volume, 500 ribu kali tekan tombol power, dan dijatuhkan dari ketinggian 1 meter. Bagaimana, sudah yakin akan ketahanan dari OPPO A77s?

3. OPPO A57

OPPO A57
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset MediaTek Helio G35
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

OPPO A57 merupakan HP murah 2 jutaan yang sudah dimodali dengan ketahanan air dan debu. Ponsel pintar yang dirilis pada Juni 2022 ini memiliki sertifikasi IP54 yang menjadikannya tahan terhadap percikan air dari segala sisi.

Ponsel ini memiliki ukuran layar 6,56 inci pada resolusi HD+ yang terbilang cukup memadai untuk menunjang aktivitas hiburan, seperti menonton, scrolling medsos, ataupun bermain gim ringan.

Di balik cangkangnya, tersemat kapasitas baterai 5.000 mAh yang disertai dengan fast charging 33 W. Fitur yang cukup istimewa di kelasnya tersebut sanggup mengisikan daya hingga 50% dalam waktu 30 menit saja.

Kendati begitu, sisi kameranya tidak begitu solid karena hanya hadir dengan dua lensa di belakang, yakni kamera utama 13 MP dan depth sensor 2 MP. Dapur pacunya yang gunakan Helio G35 juga lebih cocok digunakan untuk keperluan ringan sehari-hari tanpa bermain gim berat.

Melihat dari spesifikasinya, OPPO A57 akan cocok bagi pengguna yang terpentok budget namun ingin merasakan ponsel dengan sertififikasi Ingress Protection. Hadirnya fast charging yang ngebut dan baterai memadai juga menjadikannya layak digunakan sebagai "alat tempur" bagi driver ojol di luar sana.

4. OPPO Find X5 Pro

OPPO Find X5 Pro
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (telephoto) 50 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ponsel premium seperti OPPO Find X5 Pro mesti memiliki fitur yang premium juga. Tak terkecuali fitur proteksi terhadap debu dan air. Benar, HP yang satu ini mengantongi sertifikasi IP68. Berarti HP ini tahan dari kemasukan debu, juga tahan terhadap air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Tidak sengaja tercebur ke kolam ikan atau bak mandi bukan masalah. Anda pun bisa mencuci si smartphone di wastafel. Namun, tidak disarankan untuk membawanya berenang di kolam atau di pantai. Tidak ada jaminan HP dapat beroperasi secara normal setelah dipakai dalam situasi tersebut.

Terlepas dari IP68, OPPO Find X5 Pro juga memiliki fitur-fitur premium lain. Mulai dari desain yang unik, performa kencang, kemampuan kamera kelas atas, serta pengisian baterai yang instan. Kualitas tampilannya juga luar biasa berkat teknologi LTPO yang dikawinkan dengan panel AMOLED. Berminat meminang OPPO Find X5 Pro?

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram