10 HP OPPO dengan Baterai Besar & Tahan Lama (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Kebutuhan ponsel dengan baterai tahan lama semakin meningkat. Karena itu, berbagai brand mencoba hadirkan ponsel atau HP dengan baterai tahan lama. Salah satunya adalah OPPO. Beberapa lini HP dari OPPO ternyata punya kemampuan atau daya tahan baterai yang baik.

Tentu saja baterai dengan kapasitas besar ini bisa membuatnya bertahan dalam jangka waktu yang lama. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk kehabisan baterai terlalu cepat.

Nah, kira-kira apa saja HP OPPO dengan baterai besar dan paling tahan lama? Berikut daftar lengkapnya yang diambil berdasarkan tes yang dilakukan oleh GSM Arena.

1. OPPO Reno7 Lite

oppo reno7 lite_
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Siapa sangka, rupanya salah satu HP OPPO dengan baterai tahan lama terbaik adalah OPPO Reno7 Lite. Seperti namanya, "Lite" memang mencirikan desain bodi yang ramping dan ringan untuk kenyamanan penggunaan. Bobot bodinya hanya seberat 173 gram dengan ketebalan 7,5 mm.

Dan terlepas dari kapasitas baterainya yang hanya 4.500 mAh, GSM Arena memberikan skor pengujian endurance rating sebesar 125 jam yang terbilang sangat awet. Sebagai fitur pengisian daya cepatnya, OPPO juga membekali HP dengan daya 33 W yang diklaim dapat mengisi baterai dari 0-100% dalam waktu 63 menit.

Baterai HP-nya yang tahan lama ini menandakan bahwa kapasitas bukanlah satu-satunya faktor penentu. Meski di bawah rata-rata, kapasitas OPPO Reno7 Lite bisa bertahan dengan begitu lama lantaran chipset Snapdragon 695 5G yang punya fabrikasi 6 nm. Memiliki efisiensi daya yang tinggi.

Selain itu, layarnya yang mengusung panel AMOLED alih-alih IPS LCD juga turut membantu baterai agar bisa bertahan lebih lama. Beberapa kelebihan lain turut dimilikinya, seperti ketahanan terhadap percikan air yang unggul berkat sertifikasi IPX4, juga keberadaan lampu RGB di sekeliling kamera sebagai penanda notifikasi dan indikasi charging.

2. OPPO Find X5 Lite

OPPO Find X5 Lite
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tampaknya OPPO memang ahlinya dalam membuat baterai ponsel tahan lama di dalam cangkang ponsel yang compact. Ini adalah OPPO Find X5 Lite yang menghadirkan bobot ringan 173 gram dengan ketebalan 7,8 mm. Benar-benar sesuai dengan nama "Lite" yang disambanginya.

Alih-alih tawarkan chipset dari Qualcomm, ponsel ini dilengkapi dengan kubu pesaingnya yaitu MediaTek Dimensity 900 5G berarsitektur 6 nm. Bersamaan chipset yang hemat daya tersebut, ponsel dilengkapi dengan RAM 8 GB LPDDR4x dan storage besar 256 GB (UFS 2.2) yang dapat diekspansi dengan menambahkan microSD di slot eksternal yang tersedia.

Anda pun hanya akan mendapatkan pengalaman visual terbaik di HP ini. Dengan layar AMOLED yang suguhkan refresh rate 90 Hz dan HDR10+, melakukan swipe-swipe pada antarmuka dan aplikasi medsos jadi terasa lebih menyenangkan.

Kondisi HP ini tidak beda jauh dengan OPPO Reno7 Lite. Keduanya sama-sama HP dengan bobot sangat ringan dan kapasitas baterai di bawah rata-rata (4.500 mAh). Terlepas dari itu, keduanya dianggap sebagai HP OPPO dengan baterai terawet.

GSM Arena sendiri memberikan endurance rating sebesar 123 jam. Bedanya dengan OPPO Reno7 Lite, Anda akan menemukan fast charging 66 W pada OPPO Find X5 Lite alih-alih hanya 33 W. Itu mengapa, perangkat pun hanya membutuhkan waktu 31 menit untuk mengisinya dari 0-100% (klaim iklan).

3. OPPO Reno7 5G

OPPO Reno7 5G (Indonesia)
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Meski bukan varian Lite, rupanya OPPO Reno7 5G "reguler" ini memiliki bobot yang sama ringannya, yaitu 173 gram. Keistimewaan HP ini dibanding varian Lite-nya terletak pada jenis chipset yang digunakan.

Dibandingkan dengan Snapdragon 695 5G yang "mengotaki" Lite, versi reguler ini menggunakan Dimensity 900 dengan performa lebih memadai untuk bermain gim.

Sudah tidak dapat lagi ditemukan IPX4 ataupun lampu RGB di sekitar kamera sebagai indikator charging dan notifikasi, tapi desain OPPO Reno Glow miliknya tetap salah satu yang paling aesthetic di industri smartphone. Anda niscaya tidak akan mati gaya saat memamerkan HP ini ke siapapun.

Ponsel yang bawakan baterai berkapasitas 4.500 mAh ini pun punya performa ketahanan yang tak disangka-sangka. Terlepas tidak seperti mayoritas HP lainnya yang tawarkan baterai 5.000 mAh, OPPO Find X5 Lite termasuk dalam jajaran HP OPPO dengan baterai terawet.

Ia meraih skor endurance rating 123 jam yang sedikit lebih rendah dari varian Lite. Dengan gunakan HP ini, Anda bisa melakukan aktivitias fotografi dengan peace of mind yang lebih baik lantaran yakin baterainya tidak akan tiba-tiba mati di saat lagi asyik-asyiknya berfoto ria.

4. OPPO Reno6 5G

OPPO Reno6 5G
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Anda mungkin tak mengira jika daya tahan baterai OPPO Reno6 5G tergolong awet. Pantas saja, kapasitas baterai HP ini hanya 4300 mAh. Kapasitas tersebut memang tidak bisa dibilang kecil, tetapi juga tidak besar-besar amat. Baterai 4300 mAh dipasang salah satunya agar HP ini tetap memiliki bentuk yang tipis, dengan ketebalan 7,6 mm dan bobot 182 gram yang proporsional.

Namun, pada kenyataannya, daya tahan baterai OPPO Reno6 5G cukup awet. Skor ketahanannya mencapai 109 jam. Dalam uji yang dilakukan GSM Arena, HP ini bisa menyala 24 jam lebih 40 menit ketika dipakai untuk menelepon (jaringan 3G). Lama nyala berubah jadi 14 jam 54 menit ketika digunakan untuk internetan (Wi-Fi).

Kalau dipakai buat memutar video lokal, HP ini bisa bertahan sampai 15 jam 32 menit. Tidak hanya awet, baterai OPPO Reno6 5G juga cepat penuh berkat teknologi pengisian cepat 65W. Ingin tahu potensi lain dari HP ini? Baca saja artikel kelebihan dan kekurangan OPPO Reno6 5G.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram