carisinyal web banner retina

Inilah 6 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno10 Pro 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

OPPO Reno10 series resmi diumumkan di pasar Indonesia pada Agustus 2023. Anda bisa menemukan laman produk OPPO Reno10 5G, OPPO Reno10 Pro 5G, dan OPPO Reno10 Pro+ 5G pada situs resmi OPPO Indonesia untuk informasi kehadiran Reno10 series.

Ada sejumlah hal menarik yang layak jadi perhatian pada ketiga ponsel ini, yakni kemampuan kamera yang andal serta kualitas layar yang menakjubkan. Di antara ketiga ponsel ini, Carisinyal akan membahas OPPO Reno10 Pro 5G yang berada di tengah-tengah dua HP lain.

Untuk pembahasan OPPO Reno10 5G dan OPPO Reno10 Pro+ 5G bisa simak artikel di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno10 5G

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno10 Pro+ 5G

OPPO Reno10 Pro 5G sendiri hadirkan spesifikasi yang lebih imbang dengan harganya, sehingga cocok bagi Anda yang merasa OPPO Reno10 Pro+ 5G kemahalan, tapi merasa kurang cocok dengan fitur OPPO Reno10 5G reguler.

OPPO Reno10 Pro 5G hadirkan kelebihan di beberapa sektor, terutama di bagian layar, performa, dan tentu kameranya. Berikut ini poin kelebihan dan kekurangan yang disimpan dalam format tabel.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Layar cukup oke. punya akurasi warna yang baik
Tanpa stereo speaker
Konfigurasi kamera yang unggul, cocok untuk kreasi konten
Tanpa IP Rating
Ketahanan baterai memadai, meski kapasitasnya di bawah rata-rata
Kemampuan foto malam hari kurang memadai
Performa Snapdragon 778G cukup layak untuk gaming
Isu throttling kerap terjadi
Punya infrared dan NFC, sensor sidik jari yang cepat dan akurat
Desain stylish

Agar tidak salah pilih, penting untuk mengetahui secara mendalam kelebihan dan kekurangan OPPO Reno10 Pro 5G. Ponsel ini dirancang untuk berikan hasil foto memukau serta desain stylish yang ikonik. Simak penjabaran di bawah ini.

Spesifikasi OPPO Reno10 Pro 5G

OPPO Reno10 Pro
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 32 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan OPPO Reno10 Pro 5G

OPPO Reno series senantiasa menjadi HP unggul di kelas menengah dari sisi kemampuan foto dan desain. Apakah OPPO Reno10 Pro 5G sesuai dengan ekspektasi Anda? Ketahui pada poin-poin kelebihan di bawah ini.

1. Layar Cukup Oke, Punya Akurasi Warna yang Baik

Ukuran layar OPPO Reno10 Pro 5G adalah 6,7 inci pada resolusi 1080 x 2412 piksel, menggunakan panel AMOLED yang lebih hemat daya dan reproduksi warna yang lebih menggigit dibandingkan panel IPS LCD.

Ketajaman layar dinilai cukup baik dengan kerapatan piksel 394 ppi pada aspek rasio 20:9. Layar juga dikemas dengan refresh rate 120 Hz sehingga menjadikan tampilannya 2x lipat lebih mulus dari 60 Hz standar.

Sejauh ini, spesifikasi layar OPPO Reno10 Pro 5G membuatnya setara dengan sejumlah HP flagship-like yang berada di rentang harga lebih mahal. Pengguna bisa menikmati tampilan memukau saat melakukan aktivitas sehari-hari, seperti browsing, navigasi antarmuka, bermain gim, hingga menikmati konten video di platform streaming.

Mengusung kedalaman warna 10-bit, layar ponsel sanggup menampilkan sebanyak lebih dari 1 miliar warna. Perangkat ini bahkan mampu tampilkan konten HDR10+ guna meningkatkan rentang dinamis pada konten.

Agar bisa menikmati film dan series beresolusi tajam di Netflix, OPPO Reno10 Pro dikemas dengan sertifikasi Widevine L1. Ponsel juga menggunakan fitur 01 Ultra Vision Engine yang terdiri atas dua fitur optimasi terpisah, yakni Video Color Enhancer dan Bright HDR.

Tingkat kecerahan layar terbilang cukup baik meski tidak secerah HP lain di kelasnya. OPPO Reno10 Pro 5G sanggup mencapai kecerahan Auto hingga 793 nit dan kecerahan manual hingga 504 nit, dilansir dari GSM Arena.

Layar akan menampilkan laju 120 Hz pada gim-gim yang di-support, seperti pada Dead Trigger 2 dan Alto's Odyssey. Dan ketika layar tidak aktif beberapa saat, layar akan menampilkan laju penyegaran 60 Hz.

Kekuatan terbesar layar OPPO Reno10 Pro 5G bukan pada brightness-nya, melainkan pada kedalaman warna serta kemampuan HDR-nya. Ini menjadikannya salah satu sarana penunjang yang baik untuk hiburan multimedia.

2. Konfigurasi Kamera yang Unggul, Cocok untuk Kreasi Konten

oppo reno10 pro 5g kamera_

Selain unggul di layar, OPPO Reno10 Pro 5G dirancang untuk berikan hasil foto memukau. Kameranya terdiri atas sensor utama 50 MP wide angle dengan ukuran sensor 1/1.56 inci. Ukuran ini lebih baik dari POCO F5 di angka 1/2 inci.

Demi menyuguhkan pengalaman memotret yang anti gagal, tersedia fitur OIS yang dapat menstabilkan hasil foto. Meski memotret pada kondisi bergerak dan berjalan, foto akan cenderung terhindar dari blur.

Dan uniknya lagi, OPPO Reno10 Pro 5G juga dikemas dengan kamera telefoto 32 MP untuk menjaga kualitas tetap tajam saat pemotretan jarak jauh. Kamera telefoto ini dapat memotret hingga pembesaran optis 2x.

Terakhir adalah kamera ultrawide berkekuatan 8 MP yang memiliki sudut penglihatan 112 derajat. Sama sekali tidak ada kamera "bonus" seperti makro dan depth di OPPO Reno10 Pro 5G. Hal yang patut diapresiasi.

Di bagian layar, OPPO Reno10 Pro 5G menyediakan kamera selfie berkekuatan 32 MP untuk menunjang kegiatan video calling dan juga pemotretan. Kamera depan tersebut dibangun pada desain punch hole dan mengantongi fitur autofokus.

Sebagai fitur perekaman, OPPO Reno10 Pro 5G sanggup merekam hingga resolusi 4K di 30 FPS pada kamera belakang. Untuk Anda yang khawatir video jadi patah-patah saat diunggah, jangan khawatir. Karena, OPPO Reno10 Pro 5G juga suguhkan fitur 1080p di 60 FPS.

Sebagai ponsel di kelas menengah, sayangnya kamera depan miliknya hanya mendukung hingga resolusi 1080p di 30 FPS. Tapi kabar baiknya, pengguna bisa merekam stabil pada vlog dan kamera belakang karena mendukung gyro EIS. Fitur-fitur inilah yang bikin OPPO Reno10 Pro 5G cocok dijadikan sarana kreasi konten profesional.

Kualitas foto pada OPPO Reno10 Pro 5G tergolong baik di kelasnya, terlebih pada kondisi siang hari. Kemampuan kamera telefotonya memang teruji saat mengambil gambar di pembesaran 2x, masih menyisakan detail dan ketajaman yang layak. Berikut ini sampel fotonya.

oppo reno10 pro kamera sample_Sumber: GSM Arena
Mode default
oppo reno10 pro ultrawide sample_Sumber: GSM Arena
Ultrawide
oppo reno10 pro kamera sampel 2x zoom telefoto_Sumber: GSM Arena
Zoom 2x

Saya rasa hasil foto di atas memang susah sesuai dengan harga OPPO Reno10 Pro 5G yang ditawarkan. Secara kasat mata (tanpa di-zoom), ketajaman dan detail kamera ultrawide masih setara dengan kamera utamanya.

Cuman yang saya cukup bingung, kok warna hasil ultrawide lebih punchy daripada mode default, ya? Saya malah lebih suka yang hasil ultrawide. Tapi kembali lagi, bisa jadi hasil ultrawide memang sudah melalui tahapan proses algoritma, in which case berarti foto tersebut tergolong oversaturated.

3. Ketahanan Baterai Memadai, Meski Kapasitasnya di Bawah Rata-Rata

oppo reno10 pro 5g baterai_

Tidak seperti rata-rata ponsel yang hadirkan baterai 5.000 mAh, OPPO Reno10 Pro 5G hanya dikemas dengan baterai 4.600 mAh. Kendati begitu, ketahanan baterai ponsel ini masih tergolong cukup oke di kelasnya.

Alasan OPPO mengemas baterai dengan kapasitas lebih rendah adalah untuk menekan bobot bodi agar menjadi ringan. Ponsel OPPO memang sering kali berfokus pada desain yang lebih ramping dan ringan.

Kendati baterainya berkapasitas kecil, tapi GSM Arena mencatatkan skor ketahanan yang cukup tinggi saat pengujiannya. yakni 104 jam. Angka ini cukup layak lho di kelasnya, walau harus diakui memang bukan yang paling menonjol.

Dengan skor ketahanan tersebut, pengguna dapat melakukan panggilan telepon selama 36 jam 22 menit, browsing 120 Hz selama 14 jam 34 menit, dan pemutaran video 60 Hz selama 18 jam 10 menit.

Satu hal yang cukup menarik, skor ketahanan OPPO Reno10 Pro 5G lebih tinggi dari Redmi Note 12 Pro (5.000 mAh) yang meraih skor 97 jam.

OPPO Reno10 Pro 5G mendukung fasilitas pengecasan cepat 80 W. Sudah disediakan charger dengan daya yang sesuai di dalam boks penjualan, jadi pengguna tidak perlu beli secara terpisah.

Charger tersebut juga mendukung protokol USB Power Delivery 3 dan Quick Charge 4. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh.

4. Performa Snapdragon 778G Cukup Layak untuk Gaming

qualcomm Snapdragon 778G

Snapdragon 778G yang mengotaki OPPO Reno10 Pro sebenarnya terbilang lawas, tapi masih punya kemampuan yang oke di kelas mid-range. Chipset ini dibangun pada fabrikasi 6 nm yang membuatnya hemat daya. Snapdragon 778G juga memiliki peningkatan hingga 40 persen dari segi kemampuan CPU dan GPU dibandingkan pendahulunya.

SoC dibekali sederet fitur menarik, seperti Qualcomm FastConnect 6700 yang mendukung Wi-Fi 6 multi-gigabit, modem RF Snapdragon X53 5G terintegrasi, prosesor AI Qualcomm Hexagon 770 yang mendukung pengoperasian 12 TOPS, dan masih banyak lagi.

Snapdragon 778G dikemas dengan delapan inti prosesor yang mencakup satu unit Cortex A78 (2.4 GHz), tiga inti berkinerja tinggi Cortex A78 (2.2 GHz), serta empat unit prosesor hemat daya Cortex A55 (1.9 GHz). Tidak ketinggalan, terdapat juga Adreno 642L sebagai GPU-nya.

OPPO Reno10 Pro 5G memiliki satu opsi konfigurasi memori, yakni RAM LPDDR4x 12 GB serta storage UFS 2.2 berkapasitas 256 GB. Skor benchmark yang diraih OPPO Reno10 Pro tergolong cukup baik, yakni sebagai berikut (dilansir dari GSM Arena):

  • AnTuTu v9 sebesar 495.040 poin
  • AnTuTu v10 sebesar 571.870 poin
  • Geekbench 5 single core 792 poin; multi-core 2.795 poin
  • Geekbench 6 single core 1.004 poin; multi-core 2.685 poin

Fakta yang cukup menarik, kemampuan OPPO Reno10 Pro dalam meraih skor AnTuTu v9 kalah telak dengan POCO F5 sebagai pesaingnya. HP POCO tersebut meraih skor hingga dua kali lipat lebih tinggi lantaran memakai chipset Snapdragon 7+ Gen 2.

Melihat dari performanya, OPPO Reno10 Pro sanggup jalankan gim-gim populer dengan nyaman (Genshin Impact), kendati hanya di pengaturan medium dan low saja. Bisa saja bermain di pengaturan tinggi tapi ekspektasikan frame rate yang patah-patah.

5. Punya Infrared dan NFC, Sensor Sidik Jari yang Cepat dan Akurat

oppo reno10 pro 5g konektivitas_

Biasanya hanya ponsel Xiaomi dan POCO yang menghadirkan infrared. Tapi, kali ini OPPO juga sematkan fitur berguna itu pada OPPO Reno10 Pro 5G. Dengan infrared port, perangkat bisa mengubah kanal dan volume suara TV bagaikan remote biasa.

OPPO Reno10 Pro 5G juga dikemas dengan fitur NFC untuk memudahkan pengguna mengisi saldo eMoney. Dengan begini, tidak perlu lagi repot saat hendak keluar tol.

Selain itu, perangkat ini juga hadirkan sensor sidik jari di layar yang dapat membuka layar dengan cepat. Berdasarkan pengujian dari GSM Arena, akurasi sensor sidik jarinya dapat diandalkan mengenali sensor dengan tepat tanpa khawatir disusupi oknum kepo.

6. Desain Stylish

oppo reno10 pro 5g desain_

Urusan desain, serahkan pada ahlinya. Ya, OPPO memang selalu bisa berikan desain yang stylish dan unik pada setiap smartphone-nya — OPPO Reno10 Pro 5G tidak terkecuali.

Salah satu hal yang membuatnya unik adalah modul kamera berbentuk pil, menampung kamera utama di bulatan besar pada sisi atas, kemudian meletakkan dua kamera kecil di bawahnya. Terdapat aksen visual latar hitam yang berbentuk setengah lonjong. Di antara dua partisi, terlihat LED Flash.

Bobot bodi berada di angka 185 gram yang masih tergolong ringan, walau bukan yang paling ringan di dunia. Dimensi bodi OPPO Reno10 Pro 5G sebesar panjang 162,3 mm, lebar 74,2 mm, serta ketebalan 7,9 mm.

Cukup disayangkan, bodi belakang kerap dihinggapi noda sidik jari sehingga harus dibersihkan secara berkala agar terlihat bersih. OPPO Reno10 Pro 5G tersedia dalam varian warna Silvery Grey dan Glossy Purple.

Kekurangan OPPO Reno10 Pro 5G

Walau punya banyak kelebihan, OPPO Reno10 Pro 5G tidak dapat dikatakan sebagai yang terbaik di kelasnya. Ada setidaknya empat kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum beli, yakni sebagai berikut.

1. Tanpa Stereo Speaker

Dengan hanya satu speaker di bagian bawah, ini mengurangi sensasi menonton seperti bioskop. Vendor HP lain berbondong-bondong hadirkan stereo speaker pada produk menengahnya. Sampai-sampai, tampaknya lebih banyak HP mid-range yang punya stereo speaker daripada yang tidak.

Itu mengapa, absennya stereo speaker pada OPPO Reno10 Pro 5G menimbulkan tanda tanya. Alasannya mungkin untuk menghemat biaya produksi atau guna membuat bodi ponselnya jadi ringkas.

Kalau saja hasil suaranya terdengar bagus, mungkin masih bisa ditoleransi. Namun, hasil pengujian GSM Arena mengungkapkan hal sebaliknya. OPPO Reno10 Pro 5G tidak mampu keluarkan suara yang menakjubkan, hanya meraih predikat rata-rata.

OPPO Reno10 Pro 5G memiliki fitur bernama Real Sound Technology yang dapat mengenali skenario penggunaan yang beragam dan menyesuaikan suara yang pas secara otomatis. HP ini mendapatkan skor kelantangan sebesar -28.6 LUFS.

2. Tanpa IP Rating

oppo reno10 pro featured image_

OPPO Reno10 Pro dilapisi dengan kaca proteksi Asashi Glass AGC DT-Star 2. Kendati bukan Gorilla Glass, tapi setidaknya tetap tahan dalam menangkal efek baret karena tergores. Sayangnya, di HP ini tidak ada sertifikasi IP Rating sama sekali sehingga membuatnya rentan rusak saat terkena air.

3. Kemampuan Foto Malam Hari Kurang Memadai

OPPO Reno10 Pro 5G memiliki mode malam otomatis pada setiap kamera belakangnya. Cukup dengan membidik kamera ke lingkungan yang minim cahaya dan mode malam akan otomatis terpanggil.

OPPO Reno10 Pro 5G juga dikemas dengan mode malam terdedikasi yang mesti dipanggil secara terpisah melalui menu. Akan tetapi, fitur mode malam ini justru malah membuat fotonya terlihat lebih gelap daripada versi regulernya.

Ini tentu membuatnya kalah saing dengan sejumlah HP menengah lain, di mana fitur mode malam dedicated-nya mampu berikan exposure cahaya lebih baik ketimbang reguler. Berikut adalah sampel foto malam harinya.

oppo reno10 pro regular night mode_Sumber: GSM Arena
Night Mode default
oppo reno10 pro sample night mode_Sumber: GSM Arena
Dedicated Night Mode

4. Isu Throttling Kerap Terjadi

oppo reno10 pro 5g throttling_

Snapdragon 778G pada OPPO Reno10 Pro 5G merupakan opsi chipset yang layak. Performanya masih oke untuk menangani gim berat, kendati mengharuskan pengguna mengatur ekspektasi agar tidak berharap terlalu banyak.

OPPO Reno10 Pro 5G memiliki isu throttling yang cukup parah, ini terlihat pada pengujian CPU Throttling Test yang dilakukan selama 60 menit. Menurut pengujian GSM Arena, performa HP bisa merosot tajam hingga 64 persen dari kinerja maksimal.

Artinya, jika Anda bermain gim dalam durasi panjang, akan terjadi penurunan performa yang mengakibatkan jalannya permainan tidak mulus. Kondisi seperti inilah yang mengharuskan pengguna untuk gunakan aksesoris cooler tambahan, agar performa tetap kencang kendati bermain hingga berjam-jam.

Simpulan

OPPO Reno10 Pro 5G sudah rilis di Indonesia pada Agustus 2023 dengan harga Rp7.999.000. OPPO Reno10 Pro 5G merupakan ponsel berkualitas dari sisi performa, kamera, baterai, dan desain. Tapi, mesti diakui kalau persaingan HP di kelas mid-range memang cukup ketat.

Ada sejumlah HP menengah yang lebih baik dari OPPO Reno10, sebut saja Samsung Galaxy A54 dan POCO F5. Bahkan Samsung Galaxy A34 saja sudah menawarkan paket yang lebih lengkap.

Namun jika Anda jatuh hati dengan desainnya yang stylish, tentu sah-sah saja meminang OPPO Reno10 Pro 5G. Anda hanya perlu memaklumi absennya stereo speaker dan IP Rating, serta ketidakmampuan ponsel untuk hadirkan foto malam hari yang memukau.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram