carisinyal web banner retina

Sebelum Beli, Ketahui 8 Kelebihan dan 3 Kekurangan OPPO A77s Ini!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

OPPO Indonesia hadirkan OPPO A77s di Indonesia pada 13 Oktober 2022. HP ini merupakan HP OPPO kelas menengah karena dibanderol dengan harga Rp3.499.000.

Dengan banderol harga tersebut HP ini menawarkan berbagai keunggulan. Salah satunya kualitas layar yang sungguh berwarna. ni karena layar OPPO A77s sudah mendukung gamut warna DCI-P3 100% yang membuatnya cocok untuk kreasi konten.

Selain itu, sebagai penerus dari OPPO A76, Anda juga akan menikmati beragam peningkatan menyenangkan pada ponsel yang punya desain bodi premium ini.

Bahkan HP ini adalah OPPO A series yang paling menarik karena akan mengadopsi beberapa fitur dari OPPO Reno series.

Daripada penasaran, sebaiknya simak dulu tabel poin kelebihan dan kekurangan OPPO A77s yang telah tim Carisinyal sajikan berikut ini.

ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini
KelebihanKekurangan
Chipset Snapdragon 680 yang Bertenaga
Hadir dengan Memori Internal dan RAM Besar + RAM Expansion
Dual Camera 50 MP yang Unggul dalam Fotografi
Baterai Tahan Lama + Fast Charging 33 W yang Ngebut
Desain Bodi Bak HP Premium Kelas Atas
Punya Stereo Speaker
Layar Punya Kinerja Layak, Punya Refresh Rate 90 Hz
Hadir dengan Sertifikasi IP54
Resolusi Layar Masih HD+
Tanpa Kamera Ultrawide
Konektivitas Unggul Tapi Tanpa NFC

Jika ingin mengetahui lebih dalam soal HP ini, silakan cek penjelasan kelebihan kekurangannya setelah info spesifikasi. Siapa tahu, setelah membaca, OPPO A77s cocok menjadi daily driver Anda berikutnya.

Spesifikasi OPPO A77s

OPPO A77s
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan OPPO A77s

OPPO A77s adalah salah satu opsi smartphone yang layak dipertimbangkan di segmen harga menengah. Terlebih jika Anda mempertimbangkan sejumlah kelebihannya yang tertera di bawah ini.

1. Chipset Snapdragon 680 yang Bertenaga

68094-snapdragon-680-4g_

Ketika membutuhkan ponsel dengan kinerja tinggi, Anda selalu bisa andalkan chipset Snapdragon 680 untuk memenuhi kebutuhan gaming harian. Meski memiliki chipset dari seri Qualcomm 600, tapi performa OPPO A77s terbilang jago dalam mengangkat gim terkini, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire, atau gim-gim lain sejenisnya.

Chipset ini juga punya fabrikasi 6 nm sehingga ia memiliki tingkat efisiensi daya setara dengan chipset-chipset flagship. Di dalamnya, Snapdragon 680 mencakup delapan inti prosesor yang terdiri atas empat inti performa Kryo 265 Gold berkekuatan 2.4 GHz dan empat unit hemat daya Kryo 265 Silver dengan clock speed 1.9 GHz.

Kryo 265 Gold ini berbasiskan ARM Cortex A73 sedangkan Kryo 265 Silver berbasiskan ARM Cortex A53. Keberadaan mikroarsitektur Cortex A73 di sini menandakan bahwa ponsel sudah siap menangani aktivitas grafis yang berat, seperti pengeditan foto dan video, serta bermain gim. Ditambah lagi, chipset ini juga mengandalkan Adreno 610 sebagai GPU-nya.

oppo a77s genshin impact_Sumber: YouTube/NL Tech
OPPO A77s rupanya cukup oke untuk memainkan Genshin Impact di pengaturan grafis Lowest (terendah)

Mengutip dari Nano Review, chipset Snapdragon 680 ini memiliki skor AnTuTu v9 di angka 263.838 poin. Adapun untuk skor Geekbench 5, mendapatkan skor 374 poin untuk single core dan 1569 poin untuk multi-core.

Jika dibandingkan dengan OPPO A77 4G yang merupakan versi reguler, Snapdragon 680 bawakan peningkatan performa drastis. Pasalnya, OPPO A77 4G hanya dibekali dengan Helio G35 yang meraih AnTuTu v9 sebesar 112.803 poin. Alias, performa OPPO A77s meningkat 134% dari OPPO A77 4G.

Bagaimana dengan pengalaman gaming-nya? Well, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Snapdragon 680 tergolong gahar untuk memainkan gim berat. Video YouTube yang diunggah NL Tech bahkan membuktikan OPPO A77s masih kuat mengangkat Genshin Impact.

Disebutkan, frame rate yang didapat tergolong layak dan playable, kendati gunakan pengaturan grafis Lowest. Alhasil, kualitas gambar yang ditampilkan benar-benar terlihat seperti "kentang" alias burik. Kendati demikian, penulis berani jamin bahwa OPPO A77s bisa memainkan COD Mobile dengan lancar, pakai grafis Medium.

2. Hadir dengan Memori Internal dan RAM Besar + RAM Expansion

oppo a77s memori_

Untuk smartphone yang berada di rentang harga lower mid-range alias menengah ke bawah, OPPO A77s sungguh memberikan konfigurasi memori yang lega. Memori internalnya hanya suguhkan satu opsi kapasitas yaitu 128 GB pada standar UFS 2.2. Sedangkan, RAM-nya tersedia dalam dua opsi yakni 6 GB dan 8 GB (LPDDR4x).

Jika memilih yang varian 8 GB, fitur RAM Expansion akan menambahkan RAM-nya menjadi 13 GB. Ini karena fitur tersebut dapat "meminjam" hingga 5 GB dari memori internal dan menjadikannya RAM virtual, sehingga pengalaman gaming dan multi-tasking dapat berjalan lebih lancar.

Apakah memori internal 128 GB masih terasa kurang bagi Anda? Jangan khawatir, Anda masih bisa selipkan microSDXC hingga kapasitas 1 TB pada slot terpisah yang tersedia. Karena gunakan dedicated slot, Anda bisa pasangkan memori eksternal dan dua kartu SIM di saat bersamaan.

3. Dual Camera 50 MP yang Unggul dalam Fotografi

oppo a77s kamera_

Sebagian orang menganggap OPPO A77s sebagai OPPO Reno7 versi "low budget". Mengapa? Karena HP ini mengadopsi satu fitur eksklusif milik Reno series yang dinamakan Bokeh Flare Portrait. Selain itu, tampilan bodi HP ini juga mirip dengan OPPO Reno7.

Fitur Bokeh Flare Portrait dapat memberikan efek bokeh pada perekaman video dan pemotretan gambar dengan kualitas yang rapi dan aesthetic. Hal ini menjadikan OPPO A77s sebagai salah satu opsi termurah yang cocok untuk keperluan content creation.

OPPO A77s juga dihadirkan dengan konfigurasi kamera yang cukup "sederhana" lantaran punya Dual Camera saja. Sebuah keputusan yang cukup berani dari pihak OPPO, mengingat hampir semua smartphone lainnya sudah hadir dengan Triple atau Quad Camera.

Sebagai kamera utamanya, tersedia sensor wide-angle berkekuatan 50 MP dengan bukaan f/1.8 dan memiliki FOV 77 derajat. Sedangkan untuk kamera pendampingnya, tersedia kamera depth sensor berkekuatan 2 MP.

OPPO A77s juga tentunya sediakan kamera depan untuk keperluan selfie dan video call, gunakan resolusi 8 MP (f/2.0) dengan sudut keluasan 79 derajat.

Fitur-fitur kamera yang hadir di OPPO A77s antara lain mode malam, panorama, mode portrait, time-lapse, slow motion, Google Lens, Extra HD, dan pemindai teks. Diketahui pula bahwa ponsel ini hadirkan fitur Ultra Clear 108 MP.

Selain fotografi, OPPO A77s juga bisa digunaan untuk merekam video. Kamera belakang dan depannya mendukung perekaman dengan resolusi 720p dan 1080p pada kecepatan 30 FPS.

Kendati hadir dengan Dual Camera saja, kemampuan fotografinya masih terbilang layak dan bagus di kelasnya. Simak beberapa sampel di bawah ini.

OPPO A77s sanggup hadirkan foto dengan detail yang bagus serta noise yang minim pada pemotretan siang hari. Penerangannya juga cukup oke, dan background blur-nya juga sungguh terasa di foto kedua.

Meski demikian, NL Tech menyebutkan kamera HP agak sulit mereproduksi warna. Semestinya, warna merah di kelopak bunga pada foto ketiga punya warna yang lebi merah lagi. Tapi overall cukup oke untuk ponsel kelas menengah ke bawah.

4. Baterai Tahan Lama + Fast Charging 33 W yang Ngebut

oppo a77s baterai_

OPPO A77s akan menjadi sarana komunikasi, produktivitas, dan hiburan yang dapat diandalkan, terlebih jika Anda sering kali gunakan ponsel dalam waktu lama. Ponsel ini dikemas dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang punya ketahanan luar biasa.

YouTuber NL Tech juga telah mengujikan ketahanan baterainya, dan hasilnya di luar ekspektasi. Setelah diujikan di PC Mark pada kecerahan 100 nit, ponsel bertahan selama 17 jam 7 menit.

Selain karena menggunakan kapasitas baterai tinggi, chipset Snapdragon 680 juga turut membantu ponsel dalam meraih ketahanan yang awet. Ini berkat fabrikasi 6 nm, yang artinya ponsel jadi punya efisiensi daya yang baik pula.

OPPO A77s juga termasuk unggul dalam hal durasi pengisian daya, lantaran hadir dengan 33W SuperVOOC yang dapat isi daya dari 0-100% dalam waktu 69 menit, menurut klaim OPPO. Yang patut diapresiasi, charger beserta kabelnya turut disediakan dalam boks penjualan.

NL Tech berucap bahwa fast charging pada OPPO A77s dapat meraih kondisi full battery dalam waktu 63 menit. Justru sedikit lebih cepat dari klaim OPPO.

OPPO A77s juga hadir dengan fitur pengecasan Optimized Night Charging yang dapat mengurangi efek buruk dari overcharge. Melalui teknologi AI, fitur ini akan menjadwalkan rencana pengisian daya yang tersegmentasi. Sehingga, ponsel baru akan mencapai kondisi baterai penuh saat pagi keesokan harinya.

5. Desain Bodi Bak HP Premium Kelas Atas

oppo a77s desain premium_
Sunset Orange dari OPPO A77s, gunakan material fiberglass-leather

Jika dilihat dari sisi luar, penulis yakin tidak ada yang menyangka bahwa OPPO A77s adalah ponsel kelas menengah. Pasalnya, desain bodinya membuatnya tampak seperti ponsel puluhan jutaan.

OPPO A77s memiliki dimensi bodi 163.8 x 75 x 8 mm dengan bobot seberat 187 gram dan 190 gram, tergantung dari opsi warna yang Anda pilih.

Melihat dari desain bodinya, OPPO A77s terbagi menjadi dua bahan material yakni plastik dan kulit imitasi. Varian warna Sunset Orange adalah model yang gunakan fiberglass-leather design.

Sedangkan, varian hitam Starry Black dan Sky Blue menggunakan teknologi desain OPPO Glow yang dapat berubah-rubah warna saat diihat dari sudut pandang tertentu.

Bodi dari OPPO A77s tidak lagi gunakan desain melengkung seperti pendahulunya, melainkan sudah flat sehingga memudahkan pengguna dalam menggenggam. NL Tech menyebutkan bahwa bodi ponsel memiliki sentuhan matte yang terasa nyaman disentuh, serta tidak mudah dihinggapi noda sidik jari.

Ponsel juga sudah dibekali dengan sensor pemindai sidik jari di samping sehingga bodi belakangnya tampak bersih dan elegan. Modul kamera persegi panjangnya dirancang untuk tampil dengan lugas. Menampung dua lensa kamera besar dengan lampu LED Flash di sampingnya.

oppo reno7 4g desain bodi_
OPPO Reno7, desain bodinya mirip dengan OPPO A77s

Jika memilih varian Sunset Orange, Anda akan menemukan bahwa desainnya begitu mirip dengan OPPO Reno7. Bedanya, warna modul kameranya seakan dibuat inverse. Warna keemasan di modul kamera justru berada di sisi luar alih-alih di dalam seperti OPPO Reno7.

Ini menunjukkan bahwa OPPO A77s memang punya desain bodi yang jauh lebih berkelas, melampaui segmen harga HP itu sendiri.

6. Punya Stereo Speaker

oppo a77s stereo speaker_

Tahukah Anda? Meski OPPO A77s tampak seperti "cheap knockoff" dari OPPO Reno7, rupanya ada satu hal di mana ponsel ini lebih baik. Di saat OPPO Reno7 hadir dengan single speaker, OPPO A77s justru menawarkan stereo speaker.

Dengan begini, suaranya bisa keluar dari dua speaker yang berbeda, yakni dari sisi atas dan bawah. Atau, dari sisi kiri dan kanan jika dipegang dalam posisi lanskap.

Volume suaranya pun terdengar begitu lantang karena menggunakan fitur Ultra Volume Mode. Saat mode tersebut aktif, Anda bisa meninggikan volume hingga 200% alias dua kali lipat normal. Karena dirancang secara linear, kedua speaker sanggup memperdengarkan suara yang seimbang tanpa berat sebelah.

Speaker ganda tersebut juga hadir dengan fitur Dirac 3.0, sehingga mampu meredakan suara cempring dan mengoptimalkan suara stereo guna berikan pengalaman menonton film terbaik.

7. Layar Punya Kinerja Layak, Punya Refresh Rate 90 Hz

oppo a77s layar_

Untuk urusan layar, OPPO A77s terbilang sanggup hadirkan pengalaman visual yang oke. Ponsel ini didukung dengan panel layar IPS LCD berukuran 6.56 inci pada resolusi HD+ (720 x 1612 piksel).

Memang tidak dapat dikatakan kecil, tapi ukuran layar ini juga bukanlah yang paling besar di kelasnya. Menariknya, layar beraspek rasio 20:9 ini mendukung tingkat kecerahan tipikal 480 nit dengan kecerahan maksimal 600 nit.

OPPO A77s juga mendukung refresh rate tinggi 90 Hz yang akan membuat pergerakan layar jadi 50% lebih mulus dibandingkan 60 Hz konvensional. Kemudian, keistimewaan layar OPPO A77s adalah pada warna yang ditampilkannya.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan NL Tech, layar ponsel sanggup meraih gamut warna sRGB 99.53% dan DCI-P3 96.17%. Ini nyaris sesuai dengan klaim perusahaan yang mengatakan OPPO A77s mendukung 100% DCI-P3 dan 96% NTSC.

Jika diartikan ke sisi penggunaan di dunia nyata, layar OPPO A77s akan menghasilkan warna yang lebih punchy pada saat menonton konten atau binge-watching di Netflix. Selain itu, berkat akurasi warnanya yang bagus, layar pun begitu nyaman untuk dipakai edit grafis ataupun video.

8. Hadir dengan Sertifikasi IP54

oppo a77s ip54_

Satu hal yang bisa diandalkan dari setiap produk OPPO adalah build quality-nya. Ponsel ini telah melalui serangkaian pengujian tes yang ketat, seperti 20ribu kali cabut-colok port USB Type-C, 150ribu kali penekanan tombol volume, 500ribu kali penekanan tombol daya, hingga uji kejatuhan dari 1 meter.

Bukan itu saja, OPPO A77s juga akan cocok digunakan untuk para driver ojek daring yang sering berkelana di luar rumah. Soalnya, ponsel dibekali sertifikasi IP54 yang dapat menjaga ponsel dari kerusakan, meski sudah terkena semburan air dari segala penjuru arah.

Kekurangan OPPO A77s

Tidak dipungkiri, OPPO A series memang punya beberapa kelemahan yang membuatnya kalah saing dengan seri menengah lain. Berikut ini adalah beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum beli OPPO A77s.

1. Resolusi Layar Masih HD+

oppo a77s layar masih hd plus_

Layar OPPO A77s memang mampu tampilkan warna yang begitu akurat dan menggigit. Akan tetapi, layar ponsel rupanya hanya mengusung resolusi 720p alias HD+, di saat para pesaingnya sudah pakai Full HD+.

Meski demikian, YouTuber NL Tech sih mengatakan kalau layar masih terlihat seperti yang gunakan Full HD+. Artinya, pengguna kemungkinan masih disuguhkan tampilan layar yang cukup tajam. Tampilan grafis hanya akan tampak choppy ketika Anda perhatikan dengan seksama.

Mengingat harga ponsel ini sudah mencapai 3 jutaan, sungguh tidak lazim masih menyediakan layar HD+. Pasalnya, mayoritas ponsel 2 jutaan yang notabene berada di kelas bawahnya sudah gunakan layar Full HD+.

2. Tanpa Kamera Ultrawide

oppo a77s featured image_

Ada satu hal yang mengganggu benak penulis ketika mengetahui konfigurasi kameranya. Ya, OPPO A77s hanya menawarkan Dual Camera saja di kelas harga 3 jutaan. Meski resolusi kamera utamanya berada di 50 MP, masih belum menjustifikasikan absennya kamera ultrawide di HP segmen menengah.

Tanpa ultrawide, pengguna tidak dapat memuat banyak subjek dalam satu frame. Ini akan begitu menyulitkan ketika harus memotret banyak orang sekaligus, contohnya seperti saat ke undangan pernikahan atau ketika mengunjungi daerah wisata.

Selain itu, kamera depan dan belakang ponsel ini belum mendukung perekaman video 60 FPS. Sebenarnya 30 FPS masih tergolong oke. Tapi, jika mengunggah video 30 FPS ke Instagram atau WhatsApp, kualitasnya akan menurun dan terlihat patah-patah.

Inilah mengapa video 60 FPS cukup penting, karena video tersebut akan tetap terlihat prima setelah lalui proses kompresi yang dilakukan algoritma Instagram dan WhatsApp.

3. Konektivitas Unggul Tapi Tanpa NFC

oppo a77s cover

OPPO A77s hadir dengan konektivitas yang cukup lengkap. Mulai dari WiFi Dual Band yang dapat terhubung dengan 5 GHz, Bluetooth 5.0 dengan kodek A2DP dan aptX HD, hingga port pengisian daya USB Type-C 2.0 yang mendukung on-the-go.

Selain itu, ponsel yang dirilis menggunakan Android 12 dan ColorOS 12.1 ini juga mencakup sensor yang beragam, yakni geomagnetic, proximity, opical sensor, accelerometer, gravity sensor, hingga pedometer.

Adapun sebagai sensor GPS-nya, perangkat hadirkan dukungan terhadap A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, dan QZSS. OPPO A77s juga sangat praktis dalam pembukaan layar, menyediakan face unlock dan sensor pemindai sidik jari di samping yang bekerja secara responsif.

Kehadiran NFC ini bisa jadi region-based, ya. Artinya, belum tentu versi yang resmi masuk Indonesia memiliki NFC juga.

Sayangnya, konektivitas yang lengkap tidak disertai dengan NFC. Padahal di kelas harganya, HP ini sebenarnya cukup layak punya fitur NFC. Terlebih jika menilik info spesifikasi pada GSM Arena, untuk beberapa kawasan, HP ini punya fitur NFC. Sayangnya, versi yang resmi masuk Indonesia tidak memiliki NFC.

Simpulan

Dengan harga Rp3,4 juta, penulis yakin Anda bisa dapatkan opsi smartphone lain yang lebih worth it. Apalagi jika Anda sungguh-sungguh membutuhkan kamera ultrawide.

Meski demikian, bukan berarti OPPO A77s ini sepenuhnya buruk. Anda masih bisa merasakan desain premium yang sering kali tidak dimiliki oleh ponsel lain di kelasnya. Desain selalu menjadi salah satu kekuatan utama OPPO, dan hal tersebut lagi-lagi ditunjukkan pada OPPO A77s ini.

Dan, meskipun layarnya masih HD+, tapi Anda masih bisa nikmati warna yang benar-benar penuh dan lengkap. Cukup jarang lho layar HP 3 jutaan yang mendukung gamut warna DCI-P3 100%. Jadi, bagaimana dengan sobat-sobat Carisinyal semua? Tertarik membelinya?

Kategori: ,
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram