carisinyal web banner retina

Inilah Cara Memilih HP yang Tepat dengan Budget yang Pas

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Banyaknya HP yang beredar saat ini tentu adalah kabar yang baik karena Anda dan semua orang bisa memiliki banyak pilihan. Akan tetapi, kabar buruknya, terkadang terlalu banyak pilihan bisa membuat Anda atau calon konsumen lain kebingungan dalam memilih HP. Terlebih saat ini HP yang beredar punya spesifikasi yang berbeda-beda.

Namun, Anda tidak perlu bingung. Ada cara mudah agar Anda bisa memilih HP yang tepat dan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Caranya adalah dengan membaca panduan memilih HP yang tepat berikut ini.

Memilih HP Berdasarkan Dana

Cara pertama untuk memilih HP adalah dengan memilih HP berdasarkan dana yang Anda punya. Anda bisa saja ingin HP berperforma tinggi tetapi ternyata dana Anda tidak mencukupi.

Karena itu, sebaiknya sebelum membeli HP, siapkan dana terlebih dulu. Baru tentukan HP yang diincar. Adapun kategori HP berdasarkan dana bisa Anda simak berikut ini.

1. Kelas Low-End (1 Sampai 2 Juta)

Infinix Note 10 Camera

Kelas low-end identik dengan HP terjangkau. Biasanya rentang harga untuk kelas ini adalah Rp1 juta atau bahkan kurang mencapai Rp2 juta. Kelas ini juga sering disebut sebagai kelas budget phone. 

Banyak vendor ponsel yang bermain di kelas harga terjangkau ini. Namun, tidak semuanya menawarkan spesifikasi menarik. Pasalnya, di kelas harga terjangkau ini, spesifikasi yang ditawarkan umumnya pas-pasan.

Vendor ternama seperti Xiaomi, Samsung, vivo, OPPO, realme, dan Infinix menghadirkan beberapa tipe HP di kelas harga ini dengan chipset yang menarik.

Contohnya chipset Helio seri G, UNISOC Tiger series, hingga Snapdragon 600 Series. Di kelas harga ini, beberapa ponsel sudah menawarkan RAM 4 GB. Contohnya adalah Redmi 12C, realme C33, dan Samsung Galaxy A04s.

Ada juga HP lokal Luna V6 yang menawarkan RAM 6 GB dengan penyimpanan 128 GB. Ponsel tersebut sangat layak dipilih mengingat memorinya besar dan menggunakan SoC UNISOC Tiger T606 yang mumpuni. HP dari vendor lain dengan chipset dan memori sama bisa ditawarkan di harga Rp2 jutaan.

2. Kelas Middle-Range (2 Sampai 5 Juta)

realme c55 nfc

Kelas mid-range atau kelas menengah adalah kelas yang paling banyak persaingannya. Hampir semua vendor bertempur di kelas harga ini. Karena pasar terbesar penggunaan ponsel ada di kelas harga ini. Hal ini cukup wajar, mengingat banyak orang yang rata-rata menyiapkan dana untuk membeli HP di kisaran Rp2 sampai 3 jutaan.

Ada juga orang yang tidak terlalu masalah membeli HP di kisaran Rp4 jutaan. Karena persaingan yang ketat, Anda bakal menemukan banyak HP di kelas harga menengah dengan berbagai spesifikasi. Semakin tinggi harga, spesifikasi yang ditawarkan semakin lengkap.

Spesifikasi yang dimiliki HP di kisaran Rp2-3 jutaan umumnya layak untuk penggunaan sehari-hari, serta memiliki keunggulan di sektor tertentu. Ada yang unggul di sektor performa di kelas harganya, ada yang unggul di sektor kamera, ada yang unggul di sektor multimedia, ada juga yang unggul di sektor build quality-nya.

Bahkan, di kelas harga Rp2-3 jutaan ini, dapat ditemukan HP dengan chipset yang sudah mendukung jaringan 5G. Jika dana yang Anda miliki ada di kisaran Rp2 sampai Rp3 jutaan, Anda bisa memilih banyak HP seperti Redmi Note 12, Samsung Galaxy M14 5G, OPPO A77s, atau realme C55 NFC.

Jika Anda butuh HP dengan performa yang baik, Anda bisa pilih beberapa ponsel seperti iQOO Z7x 5G, Samsung Galaxy M23 5G, Infinix Zero 5G 2023, dan POCO X5 5G. Contoh ponsel yang punya kamera bagus di kelas harga ini adalah Infinix Zero 20.

Jika Anda butuh HP dengan spesifikasi seimbang, Anda bisa lirik HP dengan harga Rp4 jutaan. Di kelas harga ini, Anda bisa menemukan HP yang punya performa lebih baik, kualitas kamera yang baik, bahkan memiliki beberapa fitur kelas atas. Di kelas harga ini, Anda bisa menemukan HP seperti Redmi Note 12 Pro 5G, Samsung Galaxy A34 5G, iQOO Z7 5G atau Xiaomi 12 Lite 5G.

3. Kelas Middle-Range to High (5 Sampai 8 Juta)

samsung galaxy a54

Kelas harga ini masih tergolong kelas menengah. Namun, banyak pihak orang menyebutnya dengan kelas menengah atas atau kelas menengah premium karena beberapa fitur HP flagship telah dimilikinya.

Kelas harga ini muncul karena kebutuhan banyak orang yang ingin HP dengan performa tinggi dengan spesifikasi yang baik tetapi harganya tidak terlalu mahal. Karena itu, HP di kelas harga ini menghadirkan HP dengan spesifikasi tinggi, atau punya keunggulan yang tidak dimiliki tipe HP lain.

Chipset atau SoC yang dipakai sudah pasti bukan yang kaleng-kaleng, begitu juga dengan kualitas tampilan layar yang dipakai. Kemampuan kameranya juga oke karena beberapa sudah mengusung penstabilan berbasis optik (OIS). Beberapa di antaranya juga sudah ada yang mendukung sertifikasi ketahanan IP53 bahkan IP67.

Biasanya HP yang ada di kelas harga ini juga memiliki fitur-fitur penyempurna. Fitur seperti NFC, fast charging, sensor giroskop, wajib ada. Dukungan pembaruan software-nya pun umumnya sudah terjamin.

Fitur-fitur dasar seperti audio jack 3,5 mm dan slot microSD mulai dihilangkan, mengikuti tren yang sudah terjadi pada HP kelas atas. Kalau wireless charging dan USB display out masih belum dijumpai. Kamera tele dengan perbesaran optik juga jarang ada.

Untuk kelas harga Rp5 jutaan, Anda dapat memilih Samsung Galaxy A54 5G, vivo V27 5G, realme 10 Pro+, atau POCO F4. Sementara untuk kelas harga Rp6 juta sampai Rp7 jutaan, Anda bisa menemukan HP seperti OPPO Reno8 5G, Samsung Galaxy A73, Xiaomi 12T 5G.

Ada juga mantan flagship seperti Xiaomi 12, Samsung Galaxy S21 FE, dan POCO F4 GT yang turun harga. Bagi penyuka iPhone, Anda dapat menemukan HP iPhone terbaru di kelas harga ini. Contohnya iPhone SE 2022 atau iPhone 11 64 GB.

4. Kelas High-End (8 Juta Ke Atas)

asus zenfone 8 dan zenfone 9

Kelas high-end atau bisa juga kelas flagship. Sesuai namanya, HP yang ada di kelas harga ini adalah HP kelas atas. Biasanya Anda yang mencari HP kelas atas, sudah tidak terlalu memikirkan berapa dana yang dibutuhkan.

Kenapa? Karena biasanya, Anda yang ingin beli HP kelas tidak terlalu memusingkan dana. Alias dananya sudah Anda siapkan betul. Kalau tidak dengan cara menabung, yah berarti Anda memang dana lebih dan tidak keberatan untuk membeli HP di kelas harga atas.

Rasanya tidak sulit untuk menemukan HP terbaik di kelas harga ini. Anda bisa memilih HP kelas atas semacam ASUS Zenfone 9, realme GT2 Pro, OPPO Reno8 Pro 5G, dan vivo X80.

Jika dana Anda lebih dari Rp10 juta, HP Samsung Galaxy S Series dan OPPO Find X Series bisa dipertimbangkan. Anda juga bisa memilih iPhone untuk kelas harga ini.

Namun, jika Anda ingin ponsel alternatif yang menawarkan fitur-fitur kelas atas dari merek lain, Anda bisa lirik Xiaomi 12 Pro dan vivo X80 Pro. nubia Red Magic 6 Pro dan ASUS ROG Phone 6 bisa jadi pilihan menarik jika Anda tertarik bermain gim.

Memilih HP Berdasarkan Spesifikasi

Jika sebelumnya, Anda diarahkan untuk memilih HP berdasarkan dana yang tersedia, sekarang adalah cara memilih HP berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan.

1. Sistem Operasi

android vs ios
*

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan, HP zaman sekarang hadir dengan dua tipe sistem operasi atau OS populer. Satu adalah OS Android dan satu lagi adalah iOS. Khusus iOS, perangkat yang mengusung iOS hanya eksklusif milik iPhone.

Sementara OS Android umum digunakan di berbagai HP lain, kecuali iPhone. Karena hanya ada dua pilihan, maka sebelum memilih diantara kedua HP ini, kenali dulu keduanya.

OS Android adalah sistem operasi yang umumnya terintegrasi dengan layanan Google. HP dengan OS Android memungkinkan vendor melakukan perubahan tampilan. Karena itu, HP Android merek A memiliki tampilan berbeda dengan HP Android merek B, meskipun keduanya mengusung OS Android.

Selain itu, HP dengan OS Android hadir dengan berbagai varian harga. Ada HP dengan harga termurah yang umumnya mengusung OS Android Go sampai yang termahal.

Sementara iOS hadir eksklusif di perangkat iPhone. Sistem operasi ini cocok untuk Anda yang butuh HP dengan penggunaan yang mudah, tampilan bersih, serta fitur keamanan yang lebih baik.

Anda yang punya perangkat MacBook atau iPad, sebaiknya juga punya iPhone karena biasanya saling terintegrasi. Hanya satu hal yang perlu Anda ingat ketika memutuskan akan memakai iOS, yakni harga iPhone umumnya lebih mahal dari OS Android.

2. Chipset yang Digunakan

Snapdragon 845

Spesifikasi penting yang perlu Anda perhatikan ketika membeli HP adalah melihat chipset atau SoC yang digunakan. Khusus iPhone, chipset yang dipakai adalah Apple A, chipset yang dikembangkan oleh Apple. Tak ada pilihan lain.

Yang bakalan bingung adalah ketika Anda memutuskan membeli Android. Mengapa? Karena ada banyak HP yang mengusung chipset berbeda-beda. Ada HP yang dibekali chipset Snapdragon, MediaTek, Kirin, atau Exynos. Malah ada HP yang dibekali chipset Spreadtrum yang kini berganti nama menjadi UNiSOC. Untuk berkenalan dengan chipset, Anda bisa baca artikel tentang jenis-jenis chipset.

Umumnya, chipset HP zaman sekarang sudah bagus. Tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan dana. Hal ini karena biasanya chipset yang bagus dan memiliki performa tinggi, harganya juga mahal.

3. Memori

ram android

Memori di HP juga jadi faktor yang perlu Anda perhatikan. Memori di HP umumnya meliputi RAM dan memori internal alias penyimpanan. Faktor memori ini jadi penting, karena ada banyak HP yang biasanya punya beberapa varian RAM atau memori internal. Misalnya, HP merek A punya RAM 2 GB dan punya varian RAM 3 GB.

HP dengan RAM yang lebih tinggi jelas lebih mahal dibandingkan tipe HP yang sama dengan RAM yang lebih kecil. Karena itu, sebaiknya Anda memilih HP dengan RAM yang lebih tinggi.

Mengapa? Karena RAM yang lebih besar akan memberikan kelancaran yang lebih membuka banyak aplikasi dalam sekali waktu. Pada beberapa smartphone, RAM bisa diperluas secara virtual, meminjam sebagian kecil kapasitas dari memori internal.

Penyimpanan internal, yang umum hadir mulai 16 GB, 32 GB, 64 GB, dan seterusnya adalah tipe penyimpanan yang bisa dibaca dan ditulis. Artinya, data dalam penyimpanan internal bisa dipindahkan.

Untuk itu, pilihlah HP dengan RAM yang besar karena RAM berpengaruh pada kinerja. Untuk penggunaan Android sampai beberapa tahun kedepan, minimal HP Anda punya RAM 4 GB, atau malah sebaiknya sudah mengusung RAM 6 GB.

RAM 4 GB biasanya hanya cukup untuk menunjang aktivitas harian seperti multi-tasking. Ia akan terasa kurang optimal untuk menunjang aktivitas gaming.

Untuk penyimpanannya biasanya bakal mengikuti tipe RAM yang digunakan. HP yang mengusung RAM 3 GB biasanya punya penyimpanan 32 GB. HP yang mengusung RAM 4 GB biasanya punya penyimpanan 64 GB atau 128 GB. Ada juga HP yang mengusung RAM 6 GB dan punya penyimpanan dari 64 GB sampai 256 GB.

Hal yang tidak kalah penting adalah melihat teknologi yang diusung. Di HP Android, teknologi penyimpanan yang diusung adalah eMMC dan UFS. Sangat disarankan memilih HP yang sudah memakai penyimpanan UFS karena proses baca dan tulisnya lebih cepat ketimbang eMMC. Imbasnya tentu ada di performa sehari-hari.

Perhatikan juga apakah HP tersebut mendukung penyimpanan tambahan atau tidak. Biasanya, ada beberapa HP dengan penyimpanan besar, sudah tidak mendukung slot microSD yang berfungsi sebagai penambah penyimpanan eksternal.

Jika kebutuhan data penyimpanan Anda besar, Anda bisa memilih HP dengan penyimpanan besar. Atau tidak memilih HP dengan penyimpanan yang sedang tetapi ada opsi untuk menambah memori tambahan. Soal memori ini, Anda bisa baca artikel tentang "Jenis-jenis memori di Smartphone"

4. Tipe Layar

Asus Zenfone Max Pro M2 vs Samsung Galaxy M20

HP Android zaman sekarang umumnya sudah mengusung layar dengan rasio 20:9. Beberapa masih ada yang memakai rasio 18:9, tetapi jumlahnya tidak banyak. Nah, sebaiknya Anda mulai meninggalkan HP dengan rasio layar 18:9, lantaran tidak sebaik rasio 20:9 dalam hal menampilkan work area yang luas.

Tapi memilih layar HP di Android, bukan soal rasio saja. Anda juga harus mempertimbangkan bagian-bagian layar lain. Contohnya, resolusi yang didukung. Sebaiknya, Anda memilih HP dengan resolusi HD atau Full HD. Dua tipe resolusi ini yang paling banyak ditemukan di pasaran.

Beberapa HP kelas atas ada yang mengusung resolusi layar Quad HD, yang lebih tinggi dari Full HD. Hanya saja, penggunaan layar Quad HD punya konsekuensi konsumsi baterai yang boros.

Selain resolusi, panel layar yang dipakai juga perlu diperhatikan. Panel layar HP yang ada di pasaran umumnya menggunakan dua tipe, yakni IPS LCD dan OLED.

Panel OLED malah punya banyak varian tergantung vendornya, seperti Samsung yang punya panel Super AMOLED. Malah, Samsung juga punya panel LCD sendiri yakni PLS TFT.

Untuk mengetahui perbedaan soal panel layar ini, Anda sebaiknya baca artikel "Jenis-jenis Layar digunakan di Smartphone". Soalnya, ada banyak sekali tipe panel layar HP yang perlu Anda ketahui.

Satu faktor penting lagi dari layar adalah pelindung layar. Ada banyak vendor yang menghadirkan HP dengan tidak memiliki pelindung layar, akibatnya layar HP mudah tergores. Tetapi belakangan, banyak HP, bahkan yang harga terjangkau sekalipun sudah mengusung pelindung layar.

Pelindung layar sendiri ada berbagai macam, sebagian ada yang terbuat dari kaca. Anda bisa membaca artikel "Jenis-jenis Pelindung Layar Smartphone" untuk lebih detailnya.

5. Kapasitas Baterai

baterai nubia red magic 3

Baterai jadi faktor yang fatal yang juga perlu diperhatikan ketika membeli sebuah HP. Mengapa? Karena baterai ibarat tenaga yang bisa memberikan kehidupan bagi sebuah HP.

Baterai di HP sendiri umumnya punya dua macam, tipe Li-Po dan tipe Li-Ion. Tipe bentuk baterai juga ada yang tertanam di HP alias tidak bisa dilepas, ada juga yang bisa dilepas. Umumnya, HP zaman sekarang sudah mengusung HP dengan baterai tanam.

Baterai juga ditandai kemampuannya dengan kapasitas berupa satuan mAh. Di pasaran, HP Android umumnya punya baterai dengan kapasitas 4.000 mAh ke atas. Makin besar kapasitas baterai maka semakin baik, karena biasanya kapasitas yang besar berpengaruh pada daya tahan yang lebih lama.

Beberapa tipe HP ada yang menawarkan baterai lebih dari 5.000 mAh. Hanya saja, perkembangan selanjutnya, HP zaman sekarang tidak berlomba-lomba menawarkan baterai berkapasitas besar tetapi lebih ke teknologi baterainya.

Teknologi dalam hal ini misalnya adalah teknologi kecepatan pengisian daya agar baterai ketika diisi ulang tidak membutuhkan waktu lama. Teknologi lain adalah teknologi yang memungkinkan baterai diisi ulang tanpa kabel. Soal baterai dan teknologinya ini, bisa disimak pada artikel "Jenis-jenis Baterai yang Digunakan di Smartphone".

6. Kamera

Galaxy S23 Ultra

Faktor penting dalam memilih HP yang banyak ditanyakan orang adalah kamera. Yah, kamera bukan hiasan lagi di HP zaman sekarang. Kamera ibarat satu hal penting yang harus ada di HP pintar.

Terlebih karena banyak orang yang sekarang butuh HP dengan kamera yang baik. Barangkali, termasuk Anda. Soal kamera di HP sebenarnya terlalu rumit. Karena perkembangan teknologinya berkembang pesat.

Dari mulai HP yang punya satu kamera sampai sekarang HP sudah menawarkan lebih dari satu kamera. Selain itu, teknologi pada kamera juga bermacam-macam, seperti tipe lensa yang dipakai, sensor yang digunakan dan lainnya. Soal sektor kamera ini, sebaiknya Anda baca detail pada artikel "Cara Memilih Kamera HP yang Bagus dan Berkualitas"

7. Jaringan

1g to 5g_

Ketika Anda memilih HP, faktor jaringan juga penting. Jaringan di HP zaman sekarang umumnya terbagi dua, jaringan yang menggunakan data seluler dan jaringan yang memakai Wifi.

Untuk jaringan data seluler, HP yang beredar sekarang umumnya sudah menawarkan jaringan 4G LTE. Anda sudah sulit menemukan HP dengan jaringan 3G karena memang sudah ketinggalan. Mulai 2022, jaringan 3G di Indonesia telah dimatikan untuk pemerataan jaringan 4G dan 5G.

Saat ini, Anda juga sudah bisa menemukan HP 5G dengan harga murah. Yang perlu diingat, pembelian HP 5G belum mendesak karena infrastrukturnya masih prematur dan belum semua daerah terlayani.

Butuh waktu bagi jaringan 5G untuk tersebar secara merata di seluruh Indonesia. Sementara di luar negeri, sudah ada jaringan 5G dan sudah ada banyak HP yang sudah menawarkan jaringan 5G. Soal jaringan data seluler ini, Anda bisa baca artikel "Jenis-jenis Jaringan Seluler dari Berbagai Generasi".

Untuk jaringan WiFi, mayoritas HP zaman sekarang sudah mendukung jaringan dual band WiFi yakni frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Jadi, selain terhubung ke data seluler, HP zaman sekarang juga bisa terhubung ke jaringan internet rumahan.

Sebenarnya WiFi juga punya jenis-jenisnya. Jenis-jenis ini berpengaruh kepada kecepatan transfer antara HP dan penyedia jaringan wifi. Namun, perbedaan kecepatan tidak terlalu terlihat. Untuk lebih jelasnya soal WiFi, silakan baca artikel tentang jenis-jenis WiFi.

8. Fitur Tambahan

IP67

Faktor lain yang perlu diperhatikan ketika membeli HP adalah fitur tambahan yang dimiliki oleh HP tersebut. Semisal, apakah HP tersebut punya NFC atau tidak? Apakah HP tersebut sudah tahan air? Atau apakah HP tersebut sudah mendukung tipe Bluetooth terbaru?

Faktor-faktor tersebut perlu Anda perhatikan secara mendetail. Terlebih, sebagian dari Anda butuh HP dengan fitur yang lebih spesifik, contohnya memiliki keakuratan dalam membaca peta (GPS), sering cek saldo e-toll card (NFC), dan lain-lainnya. Untuk sektor ini, Anda perlu melihat spesifikasi HP lebih mendetail.

Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan komitmen produsen untuk memberikan dukungan pembaruan software produknya. Pembaruan software penting untuk memperpanjang usia kelayakan pakai dari smartphone yang Anda beli.

Pembaruan software yang diberikan terbagi dua: peningkatan versi sistem operasi dan perbaikan sistem keamanan. Untuk urusan ini, Apple iPhone yang terdepan karena umumnya memperoleh pembaruan paling tidak 5 tahun.

Namun, produsen HP Android seperti Samsung, Xiaomi, dan anggota Grup BBK (realme, OPPO, vivo) juga telah memberikan kejelasan pembaruan sedari awal. Samsung misalnya, paling tidak HP kelas terjangkau mereka memperoleh dua kali peningkatan sistem operasi dan dukungan perbaikan sistem keamanan selama 3 tahun.

Memilih HP Berdasarkan Kebutuhan

Setelah mengetahui cara memilih HP berdasarkan dana dan spesifikasi, selanjutnya membahas memilih HP berdasarkan kebutuhan. Cara ini jadi terakhir karena biasanya faktor dana dan spesifikasi sudah Anda paham betul.

1. Kebutuhan Dasar

USING PHONE
*

Jika Anda hanya butuh HP dengan kebutuhan dasar, seperti memakai WhatsApp, Facebook, browser, nonton Youtube, atau kebutuhan penggunaan dasar lainnya, Anda tidak perlu pusing memilih HP.

HP termurah sekalipun sudah menawarkan penggunaan kebutuhan dasar, dari mulai telepon sampai internetan. HP dengan konsep Android Go juga sudah mumpuni, meskipun tentunya pengalamannya akan sedikit berbeda dengan OS Android umum.

Jika kebutuhan Anda seperti ini, menyiapkan dana Rp1 jutaan saja sudah cukup untuk membeli HP. Malah, Anda bisa membeli HP di bawah Rp1 juta, jika kebutuhan Anda adalah kebutuhan dasar.

2. Mobilitas Tinggi

TRAVELING
*

Jika Anda orang yang sering bepergian, berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain, maka Anda membutuhkan HP yang bisa mendukung mobilitas Anda. Tipe HP yang cocok Anda pilih adalah HP yang memiliki baterai berkapasitas besar dan memiliki pengisian daya yang cepat.

HP dengan kapasitas besar memungkinkan Anda untuk tidak terlalu tergantung pada colokan. Sekalipun menemukan colokan, Anda bisa mengisi daya HP dengan cepat tanpa menunggu waktu lama.

Anda bisa menemukan HP tipe ini mulai dari harga Rp1,7 jutaan ke atas. Carilah HP yang punya baterai berkapasitas 5.000 mAh ke atas. Tipe HP ini cocok untuk Anda yang sering bepergian seperti pebisnis, pelancong yang suka keluyuran, driver ojek online, dan lainnya.

Bahkan jika diperlukan, Anda bisa memilih ponsel dengan kapasitas baterai di atas 5.000 mAh, contohnya seperti Samsung Galaxy M14 5G dan POCO C40 dengan baterai 6.000 mAh, atau Tecno Pova Neo 2 dengan baterai 7.000 mAh.

Ketiga contoh HP di atas hadir dengan banderol harga yang terjangkau. Namun perlu diingat, vendor biasanya akan berikan pemangkasan fitur lain pada HP-HP seperti ini, seperti pemilihan chipset yang dikorbankan atau kualitas kamera yang kalah saing.

3. Main Gim

Black Shark 2

Anda yang suka main gim online seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, dan gim lainnya sebaiknya memilih HP yang memang mendukung kebutuhan Anda bermain gim. Contohnya adalah memilih HP yang khusus untuk main.

Beberapa HP zaman sekarang malah sudah mengkhususkan diri sebagai HP untuk gim seperti ASUS ROG Phone, nubia Red Magic, Xiaomi Black Shark, dan lainnya. HP tersebut umumnya memiliki spesifikasi yang mumpuni, baterai berkapasitas besar, dan memiliki sistem pendingin.

Sebenarnya, HP kelas menengah sudah jadi pilihan yang pas untuk Anda yang hanya main gim saja. Tetapi HP kelas menengah biasanya memiliki sistem pendinginan yang biasa saja, sehingga kurang mampu menjaga kestabilan performa chipset pada kemampuan tertinggi.

4. Fotografi, Vlog, Content Creation

Kamera Belakang Samsung Galaxy M20

Jika Anda adalah orang yang suka fotografi, suka selfie, dan sering merekam video, sebaiknya cari HP yang fokus pada kamera. Saat ini, ada banyak HP yang memang fokus pada kamera. Hanya saja perlu diperhatikan lagi, apakah kameranya unggul di bagian belakang atau depan.

Bagi yang suka selfie dan ngevlog, jelas Anda harus memilih HP dengan kamera depan terbaik. Bagi yang butuh HP dengan kamera belakang yang bagus, baik untuk foto maupun untuk video, maka pilihlah HP dengan kamera belakang terbaik.

Untuk memilih HP tipe ini sebenarnya mudah, pilihlah HP kelas atas. Tetapi karena tidak semuanya punya dana lebih, yah sebaiknya pilihlah sesuai dana yang dimiliki.

Anda pun bisa memilih HP dengan harga terjangkau yang punya kemampuan kamera bagus. Sejumlah ponsel kelas menengah sudah diberikan kemampuan merekam hingga resolusi 4K, bahkan tak jarang pula mendukung perekaman di 60 FPS pada resolusi 1080p.

HP-HP ini tergolong cocok untuk keperluan kreasi konten. Untuk informasi selengkapnya, bisa mengacu pada artikel daftar HP murah yang cocok untuk content creator.

Untuk diketahui, perekaman video dengan frame rate tinggi diperlukan agar hasil video yang diunggah ke Instagram tidak jadi patah-patah. Pasalnya, Instagram memiliki algoritma kompresi yang dapat menurunkan kualitas video.

5. Kebutuhan Profesional

Galaxy S22 Ultra green

Jika Anda adalah kalangan pebisnis atau profesional, sering presentasi, membuat jadwal, mengerjakan banyak hal alias multitasking, sebaiknya memilih HP yang memang cocok dengan kebutuhan kerjaan Anda.

Tipe HP yang mendukung kebutuhan ini adalah Samsung Galaxy S series, misalnya S23 Ultra. Beberapa HP lain juga menawarkan konsep seperti Samsung Galaxy S Series, tetapi jumlahnya tidak terlalu banyak karena memang kebutuhan HP ini memang segmented.

Simpulan

Demikianlah pemaparan soal bagaimana sebaiknya Anda memilih HP dengan baik. Semoga hadirnya artikel ini bisa membantu Anda menemukan tipe HP Anda yang sesuai dengan dana, kebutuhan, dan spesifikasi yang Anda inginkan.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram