Inilah Cara Memilih HP yang Tepat dengan Budget yang Pas

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Banyaknya HP yang beredar saat ini tentu adalah kabar yang baik karena Anda dan semua orang bisa memiliki banyak pilihan. Akan tetapi, kabar buruknya, terkadang terlalu banyak pilihan bisa membuat Anda atau calon konsumen lain kebingungan dalam memilih HP. Terlebih saat ini HP yang beredar punya spesifikasi yang berbeda-beda.

Namun, Anda tidak perlu bingung. Ada cara mudah agar Anda bisa memilih HP yang tepat dan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Caranya adalah dengan membaca panduan memilih HP yang tepat berikut ini.

Memilih HP Berdasarkan Dana

Cara pertama untuk memilih HP adalah dengan memilih HP berdasarkan dana yang Anda punya. Anda bisa saja ingin HP berperforma tinggi tetapi ternyata dana Anda tidak mencukupi.

Karena itu, sebaiknya sebelum membeli HP, siapkan dana terlebih dulu. Baru tentukan HP yang diincar. Adapun kategori HP berdasarkan dana bisa Anda simak berikut ini.

1. Kelas Low-End (1 Sampai 2 Juta)

Infinix Note 10 Camera

Kelas low-end identik dengan HP terjangkau. Biasanya rentang harga untuk kelas ini adalah Rp1 juta atau bahkan kurang mencapai Rp2 juta. Kelas ini juga sering disebut sebagai kelas budget phone. 

Banyak vendor ponsel yang bermain di kelas harga terjangkau ini. Namun tidak semuanya menawarkan spesifikasi menarik. Pasalnya, di kelas harga terjangkau ini, spesifikasi yang ditawarkan umumnya pas-pasan.

Vendor ternama seperti Xiaomi, Samsung, vivo, OPPO, realme, dan Infinix menghadirkan beberapa tipe HP di kelas harga ini dengan chipset yang menarik.

Contohnya chipset Helio seri G, Unisoc Tiger series, ataupun Snapdragon 600 Series. Di kelas harga ini, beberapa ponsel sudah menawarkan RAM 4 GB. Contohnya adalah Infinix Hot 12, realme C35, Infinix Note 11 NFC, dan realme Narzo 50.

Ada juga POCO M3 dan Redmi 9T yang menawarkan RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB. Kedua ponsel tersebut sangat layak dipilih mengingat keduanya menawarkan chipset Snapdragon 662. HP dari vendor lain dengan chipset yang sama bisa ditawarkan di harga Rp2 sampai Rp3 jutaan.

2. Kelas Middle-Range (2 Sampai 5 Juta)

poco m4 pro

Kelas mid-range atau kelas menengah adalah kelas yang paling banyak persaingannya. Hampir semua vendor bertempur di kelas harga ini. Karena pasar terbesar penggunaan ponsel ada di kelas harga ini. Hal ini cukup wajar, mengingat banyak orang yang rata-rata menyiapkan dana untuk membeli HP di kisaran Rp2 sampai 3 jutaan.

Ada juga memang yang tidak terlalu masalah membeli HP di kisaran Rp4 jutaan. Karena persaingan yang ketat, Anda bakal menemukan banyak HP di kelas harga menengah dengan berbagai spesifikasi.

Ada yang unggul di sektor performa di kelas harganya, ada yang unggul di sektor kamera, ada yang unggul di sektor multimedia, ada juga yang unggul di sektor build quality-nya. Bahkan, di kelas harga ini, dapat ditemukan HP dengan chipset kencang ataupun yang sudah mendukung jaringan 5G.

Jika dana yang Anda miliki ada di kisaran Rp2 sampai Rp3 jutaan, Anda bisa memilih banyak HP seperti Redmi Note 11, Samsung Galaxy M23 5G, OPPO A57 4G, POCO M4 Pro, atau realme 9.

Jika Anda butuh HP dengan performa yang baik, Anda bisa pilih beberapa ponsel seperti Redmi Note 11 Pro, POCO X3 Pro, Infinix Note 12, OPPO A76, dan realme 9 Pro.

Jika fokusnya ke kamera, Anda bisa lirik HP dari Vivo V series atau Samsung Galaxy A23 yang punya OIS. Anda juga bisa melirik HP yang menawarkan desain ramping seperti OPPO A95, vivo V23e, dan Xiaomi Mi 11 Lite.

Jika Anda butuh HP dengan spesifikasi seimbang, Anda bisa lirik HP dengan harga Rp4 jutaan. Di kelas harga ini, Anda bisa menemukan HP yang punya performa baik, kualitas kamera yang baik, bahkan memiliki beberapa fitur kelas atas. Di kelas harga ini, Anda bisa menemukan HP seperti vivo T1 Pro 5G, Samsung Galaxy A33 5G, atau realme GT Master Edition.

3. Kelas Middle-Range to High (5 Sampai 8 Juta)

galaxy a53 5g harga rilis__1

Sebenarnya tidak ada istilah untuk kelas harga ini. Kelas harga ini cukup sulit dimasukkan ke kelas menengah karena biasanya spesifikasi yang ditawarkan sudah tinggi tetapi tidak belum sempurna dikatakan ponsel kelas atas.

Kelas harga ini muncul karena kebutuhan banyak orang yang ingin HP dengan performa tinggi dengan spesifikasi yang baik tetapi harganya tidak terlalu mahal. Karena itu, HP di kelas harga ini menghadirkan HP dengan spek tinggi, atau punya keunggulan yang tidak dimiliki tipe HP lain.

Biasanya HP di kelas harga ini beberapa sudah memakai chipset kelas atas. Bodi HP di kelas harga ini juga umumnya sudah premium (metal). Kalau di kelas Rp4 jutaan masih banyak yang memakai plastik. Di kelas harga menengah ke atas ini, umumnya bodi dan tampilan layar sudah menarik.

Biasanya HP yang ada di kelas harga ini tidak memiliki fitur-fitur penyempurna. Fitur seperti NFC atau fast charging biasanya sih sudah ada di HP ini. Dan yang menarik, banyak HP di kelas harga ini ditenagai chipset kencang dari Snapdragon.

Yang tidak ada, umumnya adalah fitur anti-air, standar militer, dan dukungan fitur wireless charging. Tidak semua HP memang, tetapi umumnya HP yang resmi beredar resmi di Indonesia yang tidak memiliki fitur lengkap. Kalau yang beredar tidak resmi, biasanya fiturnya memang sudah lengkap seperti halnya HP kelas atas.

Untuk kelas harga Rp5 jutaan, Anda dapat memilih Xiaomi 12 Lite, realme GT Neo 3T, Samsung Galaxy A53 5G, POCO F4, realme GT Neo 3T, realme 9 Pro+, Xiaomi 11T, vivo V23 5G, dan OPPO Reno7 Z 5G.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram