Inilah Jenis-Jenis Layar yang Digunakan pada Smartphone

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Seringkali ketika Anda membeli HP alias ponsel pintar zaman sekarang, faktor yang paling banyak dijadikan pertimbangan adalah chipset, memori, baterai, dan kamera. Terkadang layar jadi faktor yang kesekian. Padahal layar juga jadi salah satu faktor penting untuk dijadikan pertimbangan sebelum membeli ponsel.

Mengapa sektor layar sangat penting? Karena saat ini, ponsel pintar tidak sekadar komunikasi tetapi sebagai perangkat multimedia. Tentu Anda tidak mau membeli ponsel dengan layar yang jelek bukan? Terlebih karena banyak ponsel di pasaran yang memakai tipe panel layar yang berbeda-beda.

Atas dasar itulah, sebaiknya sekarang Anda juga mempertimbangkan sektor layar. Terlebih ada banyak ponsel yang memakai berbagai macam tipe layar dengan segala fiturnya. Anda bisa mengetahui perbedaan layar yang digunakan di ponsel dengan mengetahui berbagai jenis layar ponsel berikut ini.

1. LCD

Harga monitor LED lcd

Bicara soal layar di smartphone, pada dasarnya bakal berbicara soal paling dasar dulu yakni layar bernama LCD. LCD yang merupakan singkatan untuk liquid crystal display, merupakan tipe layar dasar yang banyak digunakan di berbagai ponsel pintar.

Sesuai namanya, LCD ini adalah layar yang terdiri dari susunan kristal cair yang disinari dari belakang. Penggunaan LCD dipilih karena bahan produksinya yang tidak malah sehingga, banyak vendor ponsel menghadirkan ponsel dengan layar LCD.

Kelebihan utama dari LCD adalah layarnya yang memiliki backlight atau cahaya dari belakang sehingga cukup lumayan jelas ketika layar terkena sinar matahari. Sayangnya, akurasi warna LCD masih kurang begitu baik jika dibandingkan tipe layar lainnya.

2. TN TFT LCD

Samsung Galaxy J1 mini prime

Sebelum bahas soal TN-TFT LCD, harus ketahui dulu bahwa LCD berkembang menjadi TFT LCD. TFT LCD ini adalah layar LCD yang memakai teknologi TFT (Thin Film Transistor atau Transistor Film Tipis). Tipe layar

Layar TFT LCD ini kemudian punya perkembangan menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah TN-TFT. TN punya kepanjangan yakni Twisted Nematic.

Layar TN-TFT ini populer di berbagai produk yang mengusung layar LCD, contohnya televisi. Hal ini karena penggunaan layar TN-TFT membuat produk tersebut punya biaya produksi lebih terjangkau dan memungkinkan desain tipis dibandingkan teknologi layar sebelumnya.

Di industri ponsel, banyak ponsel yang menghadirkan panel layar TN-TFT. Sementara di era ponsel pintar, panel layar ini banyak digunakan di ponsel pintar murah.

 Layar TN-TFT mampu menampilkan kualitas dengan gambar yang memiliki kontras yang baik sehingga mudah dilihat di bawah sinar matahari. Selain itu, layar ini punya ketajaman warna dan resolusi yang lebih tinggi. Sayangnya, ponsel dengan layar TN-TFT memiliki dua kelemahan. Pertama, sudut pandang layarnya yang sempit dan. Kedua, tampilan layarnya kurang jelas ketika terkena sinar matahari langsung.

TN-TFT juga mengonsumsi daya baterai yang lebih boros. Karena alasan ini pula orang malas membeli ponsel dengan teknologi layar TN-TFT LCD. Hal ini berpengaruh pada industri ponsel zaman sekarang, ketika para vendor sudah jarang menghadirkan ponsel dengan TN-TFT.

Istilah TN-TFT di dunia ponsel jadi bergeser dengan istilah TFT saja. Orang seringkali mengabaikan sebutan TN-TFT dan hanya menyebut layar TFT pada sebuah ponsel yang sebenarnya punya panel dinamakan TN-TFT.

3. IPS LCD

Xiaomi Mi 8 Lite vs Asus Zenfone Max Pro M2
Asus Zenfone Max Pro M2 (kiri) dan  Xiaomi Mi 8 Lite (kanan) memakai panel IPS LCD

Selain TN-TFT, TFT LCD juga punya jenis layar yang dinamakan IPS LCD. Teknologi panel IPS LCD ini banyak digunakan pintar keluaran terbaru, baik dari kelas terjangkau dan menengah, banyak yang menghadirkan layar dengan IPS LCD. Beberapa tipe ponsel kelas atas juga ada yang masih memakai IPS LCD tetapi dengan penambahan fitur tertentu.

IPS sendiri merupakan singkatan dari In-Plane Switching,. IPS LCD ini hadir sebagai solusi atas terbatasnya kemampuan dari layar TN-TFT LCD. Karena itu, ponsel dengan layar IPS LCD tidak akan mengalami masalah tampilan layar yang buram.

Selain itu, IPS LCD juga memiliki sudut pandang yang baik. Hal itu berarti ketika mata melihat layar ponsel IPS LCD dari samping, tampilan layarnya tetap jelas. Kelebihan lain dari IPS LCD adalah pengaruhnya pada konsumsi daya baterai yang lebih hemat jika dibandingkan dengan TN-TFT LCD.

4. PLS TFT

Samsung Galaxy M20
Samsung Galaxy M20 memakai panel layar PLS TFT

Peenyebutan sebagian orang pada panel layar TN-TFT jadi TFT saja berpengaruh pada image layar TFT. Orang punya pandangan bahwa ponsel dengan layar TFT jelek. Padahal, IPS sendiri adalah salah satu jenis layar TFT.

Hal ini juga membuat orang semakin ragu ketika ada ponsel dengan keterangan di tabel spesifikasi yang menawarkan layar PLS TFT. Mereka beranggapan kalau PLS TFT sama dengan TN-TFT. Padahal Padahal PLS TFT berbeda dengan TN-TFT. PLS TFT ini merupakan tipe layar yang mirip dengan teknologi layar IPS LCD.

Adalah Samsung, vendor ponsel ternama yang mengembangkan teknologi layar PLS TFT ini pada September 2011. Teknologi layar ini berasal dari teknologi Super PLS yang dikembangkan Samsung. Teknologi ini memiliki kemiripan dengan panel IPS. Dari mulai sudut pandang layar dan kualitas tampilan layar, PLS TFT memang cenderung mirip dengan IPS LCD.

Untuk melihat kualitas layar PLS TFT, silakan simak artikel ulasan Samsung Galaxy M20, ponsel Samsung murah yang memakai panel PLS TFT. Anda juga bisa simak perbandingan kualitas layar PLS TFT dengan IPS LCD pada artikel perbandingan Samsung Galaxy M20 dan Asus Zenfone Max Pro M2.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram