carisinyal web banner retina

Mengenal Macam-Macam Search Engine yang Ada di Dunia

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Search engine atau mesin pencari merupakan sebuah program komputer yang mengumpulkan berbagai informasi di seluruh dunia. Biasanya, program ini berbasis web dan sering digunakan untuk mencari sebuah informasi di dalam World Wide Web (www). Hasil pencarian yang ditampilkan nantinya akan disesuaikan dengan kata kunci yang diberikan.

Beberapa orang mungkin masih sedikit asing dengan istilah search engine. Namun, hampir semua pengguna perangkat komputer atau gadget lainnya pasti tidak asing lagi dengan istilah Google. Padahal, Google merupakan salah satu jenis search engine yang ada di dunia.

Lalu, apakah ada jenis search engine lainnya? Tentu saja ada.

Google bukan satu-satunya search engine yang ada dan bisa digunakan. Dalam artikel ini, tim Carisinyal sudah menyiapkan berbagai alamat search engine yang ada di dunia. Meski fungsi utamanya sama yaitu sebagai mesin pencari informasi, tiap alamat memiliki perbedaan yang unik.

Apa saja kira-kira? Simak daftarnya artikel ini sampai habis, ya!

Sebenarnya, cukup banyak search engine di dunia yang bisa Anda gunakan. Hanya saja, eksistensi Google terlalu kuat dan masih menjadi search engine paling populer di dunia. Berikut ini adalah tujuh search engine yang bisa Anda gunakan.

1. Google

Google

Search engine pertama dalam daftar kali ini tentu saja Google. Siapa yang tidak kenal atau tidak pernah mendengar istilah Google? Google menjadi search engine nomor satu yang paling banyak digunakan di dunia. Bahkan, Google mampu menangkap hingga 95 persen lalu lintas seluler yang terjadi.

Potensi lalu lintas yang terjadi di Google ini tentu menjadikan Google banyak digunakan. Sebab, hasil pencarian yang diberikan Google akan menjadi lebih relevan dan akurat seiring penggunaannya. Hal ini tidak lepas dari algoritma yang dimiliki oleh Google itu sendiri. Dengan begitu, Anda akan diperlihatkan website berkualitas untuk setiap kata kunci yang diberikan.

Selain itu, mengingat Google menjadi salah satu nama perusahaan yang cukup besar di Dunia. Google mampu mengindeks berbagai jenis file mulai dari PDF, Doc, Power Point, dan sebagainya. Hal ini tentu cukup membantu terutama untuk para penulis.

Pembaruan algoritma yang sering kali dilakukan oleh Google juga menjadi salah satu alasan mengapa search engine ini lebih banyak digunakan. Berbagai fitur baru serta teknologi juga selalu dihadirkan guna memuaskan para penggunanya. Menariknya lagi, Google mampu mendeteksi situs website spam atau website berbahaya lainnya.

2. Yandex

Yandex

Yandex menjadi salah satu search engine yang juga tidak kalah populer, terutama di negara Rusia. Pasalnya, Yandex memang merupakan jenis search engine yang berasal dari Rusia. Hampir 45 persen penggunanya berasal dari Rusia dan negara-negara lain di Asia Timur, misalnya Belarus, Ukraina, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Turki.

Sebagai search engine, Yandex memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dari Google. Yandex mampu menampilkan informasi yang sesuai dengan kata kunci yang diberikan. Tidak hanya website, informasi terkait yang akan diberikan juga bisa berupa video, gambar, dan sebagainya.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Yandex ini adalah interface atau tampilan mukanya yang cukup menarik. Tampilannya tidak jauh berbeda dari Google dan mudah digunakan. Algoritma yang dimilikinya juga sudah cukup baik dengan mampu menampilkan informasi yang relevan. Hanya saja, algoritmanya belum sebaik yang dimiliki Google.

Sebagai informasi, nama Yandex sendiri merupakan sebuah singkatan yaitu Yet Another Indexer. Yandex pertama kali dibuat pada 23 September 1997 di sebuah pameran Sooftol di Moskow. Orang yang ada di balik pendirian Yandex adalah Arkady Volozh dan sahabatnya Ilya Sagalovich.

3. Bing

bing

Search engine lain yang memiliki tingkat popularitas cukup tinggi adalah Bing. Bahkan, Bing digadang-gadang menjadi salah satu pesaing terkuat dari Google. Hal ini tidak lain karena fungsi dan berbagai fitur menarik yang ditawarkan.

Salah satu fitur yang cukup menarik dari Bing adalah Bing Homepage. Homepage atau beranda dari Bing menjadi salah satu yang terbaik dari jenis search engine lain. Di berandanya, Bing selalu menghadirkan inspirasi yang menarik dengan berbagai gambar baru, informasi terbaru, pencarian populer, video, dan sebagainya.

Bing mencoba memberikan kenyamanan dan pelayanan penuh dengan menghadirkan berbagai kebutuhan penggunanya. Misalnya dengan Bing Travel, Anda bisa mengetahui prediksi harga tiket dan perubahan tarif setiap harinya. Selain itu ada Bing Music, Bing Video, Maps, dan sebagainya.

Sebagai salah satu pesaing terkuat dari Google, Bing memiliki beberapa keunggulannya sendiri. Misalnya dalam pencarian gambar, Bing menjadi search engine pertama yang menggunakan fitur “infinite scroll”. Fitur ini memungkinkan penggunanya melihat berbagai gambar berkualitas tinggi dengan hanya menggulirnya ke bawah, tidak perlu mengeklik halaman lain.

Menariknya lagi, per 2023 Bing sudah menghadirkan layanan AI terbarunya yaitu Bing AI. Bing AI merupakan program AI berbasis language model berupa chatbot. Fungsinya mirip seperti ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI. Dengan adanya fitur Bing AI, pengguna akan lebih mudah dalam mencari informasi karena sudah dibantu oleh AI.

4. DuckDuckGo

duckduckgo

DuckDuckGo mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang. DuckDuckGo (DDG) merupakan salah satu dari sekian search engine yang bisa Anda gunakan. Meski memiliki fungsi yang sama dengan search engine lain, DuckDuckGo ini memiliki satu kelebihan yang cukup menarik yaitu mampu menjaga privasi penggunanya.

Demi menjaga privasi para penggunanya, DuckDuckGo bahkan tidak menggunakan filter bubble. Filter ini biasanya sering digunakan di aplikasi search engine atau media sosial lainnya. Sederhananya, filter ini memiliki algoritma yang mampu menyuguhkan informasi sesuai dengan apa yang sedang kita cari atau lihat baru-baru ini.

Tidak hanya itu, filter ini bahkan mampu melihat profil penggunanya mulai dari history, usia, lokasi, dan data-data lainnya. Dengan tidak adanya filter bubble di DuckDuckGo, Anda tidak perlu lagi khawatir soal keamanan privasi Anda. Anda tidak lagi harus membuat akun pribadi, merekayasa alamat IP, dan sebagainya untuk bisa browsing dengan aman.

Selain itu, karena tidak adanya filter bubble tadi, DuckDuckGo akan menampilkan informasi yang sama untuk setiap penggunanya. Iklan yang ditampilkan juga lebih sedikit karena iklan yang muncul hanya berdasarkan kata kunci yang diberikan.

Namun, salah satu kekurangan dari DuckDuckGo ini tentu saja informasi yang dimilikinya tidak selengkap search engine lain seperti Google. Fiturnya juga masih dalam proses perkembangan jadi tidak sebanyak yang ditawarkan oleh jenis search engine lain.

5. Yahoo!

yahoo

Yahoo! merupakan salah satu search engine yang tidak kalah menarik. Yahoo! sempat memiliki masa emasnya ketika mampu menjadi pesaing utama Google pada 2009. Hal ini cukup wajar, sebab Yahoo! merupakan salah satu search engine tertua yang pertama kali diluncurkan pada 1995.

Kata Yahoo! sendiri merupakan sebuah singkatan dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle. Sama seperti search engine lainnya, Yahoo! juga memiliki kemampuan untuk menyediakan berbagai informasi di internet. Selain itu, Yahoo! juga menyediakan berbagai fitur lain yang bisa digunakan oleh para penggunanya.

Mulai dari Yahoo Answer untuk mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan dari orang lain, Yahoo Entertainment, Yahoo Mail untuk saling mengirim email, Yahoo News, dan sebagainya.

Meski saat ini Yahoo! tidak sepopuler sebelumnya, beberapa pengguna masih ada yang menggunakan Yahoo! sebagai search engine. Hal itu bisa jadi karena sudah terbiasa atau nyaman dalam menggunakannya. Apalagi, Yahoo! menyediakan banyak tema di dalamnya, serta pelayanan yang cukup baik menggunakan aksesibilitas yang ditingkatkan.

6. Brave Search

brave search

Brave Search menjadi salah satu search engine yang terbilang baru. Sama seperti search engine sebelumnya DuckDuckGo, Brace Search ini juga sangat menjaga privasi para penggunanya. Bahkan, Brave Search ini diluncurkan pada saat privasi online menjadi hal yang hangat diperbincangkan.

Demi meyakinkan para penggunanya, Brave juga mengeklaim bahwa tidak ada data pribadi yang dikumpulkan. Misalnya alamat IP yang sering digunakan search engine lain untuk menawarkan iklan atau semacamnya. Anda juga tidak perlu membuat akun terlebih dahulu untuk bisa menggunakan Brave Search ini.

7. Startpage

startpage

Startpage memang memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dari search engine lainnya. Anda bisa mencari berbagai informasi melalui Startpage ini layaknya Google, Yahoo!, dan lainnya. Namun, Startpage sebenarnya hanya berfungsi untuk menghubungkan para penggunanya dengan Google.

Meski begitu, Startpage tidak semata-mata sebagai penghubung antara pengguna dan Google saja. Startpage juga menyediakan fitur yang akan menjamin keamanan privasi para penggunanya. Jadi, Anda bisa berselancar di internet dengan lebih nyaman dan leluasa.

Dengan melakukan penelusuran melalui Startpage , Google tidak bisa melacak apa yang Anda cari. Bukan hanya itu, Google juga tidak bisa melihat informasi terkait alamat IP, profil, dan sebagainya. Google hanya akan melihat bahwa informasi tersebut diakses oleh Startpage, bukan penggunanya langsung.

Nah, itulah tujuh macam search engine yang ada di dunia. Beberapa search engine juga menawarkan fitur khusus seperti keamanan privasi dan sebagainya. Hanya saja, Google tetap menjadi search engine nomor satu dan paling populer. Jadi, tidak heran jika kebanyakan pengguna melakukan pencarian melalui Google.Nah, sampai sini dulu pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram