Carisinyal / Tips Internet / 10 Cara Mencari Biodata Seseorang di Internet dengan Mudah

10 Cara Mencari Biodata Seseorang di Internet dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Kehadiran internet memang bisa sangat membantu. Selain memudahkan manusia untuk mengakses informasi lebih cepat, tak jarang kehadiran internet juga dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi dengan orang-orang dari masa lalu yang mungkin sudah lama tak bertemu.

Nah, bila kamu termasuk salah satu orang yang ingin menjalin kontak dengan rekan lama atau teman masa kecil kamu yang telah lama hilang komunikasi, kali ini Carisinyal akan membahas sejumlah cara mencari biodata seseorang di internet yang bisa kamu coba. Berikut adalah ulasannya.

1. Google

Hal pertama yang bisa kamu lakukan saat ingin mencari informasi data diri seseorang di internet tentu dengan memanfaatkan mesin pencarian Google. Kamu hanya perlu menuliskan nama dalam kolom pencarian, kemudian tekan enter. Untuk melakukan hal ini (dan semua cara lainnya di bawah) pastikan jaringan internet-mu dalam keadaan aktif.

Kamu tak perlu lama untuk menunggu karena kata kunci yang kamu masukkan dalam mesin pencarian akan dipilih yang paling relevan. Bila orang yang kamu cari termasuk aktif dalam situs jejaring sosial, tentu akan sangat mudah bagi kamu untuk langsung menemukan orang tersebut.

Menggunakan Google sebagai mesin pencarian orang memang bisa dilakukan. Namun terkadang bisa membuat kamu kewalahan mengingat informasi yang ditawarkan pun cukup beragam. Jadi, masukkan kata kunci yang tepat termasuk nama lengkap orang yang hendak dicari data dirinya.

2. Facebook

Pilihan pencarian selanjutnya adalah situs pertemanan Facebook. Bagi kamu yang termasuk generasi zaman dulu, pilihan mencari biodata orang lain dengan situs pertemanan ini mungkin akan sangat efektif. Kamu bisa melakukan pencarian dengan tiga cara.

Pertama kamu hanya perlu menuliskan nama orang yang ingin kamu cari di kolom pencarian. Bila nama temanmu sesuai maka ia akan langsung muncul. Kamu juga tak perlu khawatir karena biasanya Facebook juga menampilkan alternatif nama lain yang mirip dengan nama yang kamu cari.

Kedua, kamu juga bisa mencari dari daftar teman yang mungkin berhubungan dengan orang yang menjadi target pencarian kamu. Kemudian yang ketiga kamu bisa menelusuri daftar nama yang di-tag dalam sebuah foto bila teman yang kamu cari ada di dalamnya. Meskipun terkadang orang lupa atau sengaja tidak memberikan tag dalam sebuah foto.

3. Instagram

Instagram

Bagi kaum milenial, Instagram mungkin pilihan yang pas untuk mencari biodata seseorang lengkap dengan foto-foto yang mereka miliki. Instagram memang menjadi salah satu aplikasi pertemanan di Internet yang paling populer dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

Sama seperti jejaring pertemanan Facebook, di Instagram juga kamu bisa melakukan pencarian dengan tiga opsi. Setelah kamu menemukan akun yang kamu cari, kamu bisa melihat informasi orang tersebut dari profile yang biasa dicantumkan di bagian atas galeri. Kamu juga bisa melihat informasi lain dari unggahan foto orang tersebut, mulai dari aktivitas sampai hobi yang ia suka.

4. LinkedIn

LinkedIn

Pilihan LinkedIn sebagai mesin pencarian biodata memang cocok bagi orang-orang yang memang berkutat di dunia kerja profesional. Situs ini bisa membantu kamu dalam melakukan pencarian biodata seseorang secara lengkap, mulai dari bidang pekerjaan yang mereka geluti hingga data-data lain seperti email atau nama perusahaan tempat mereka bekerja.

Caranya kamu tinggal klik nama orang yang kamu cari di kolom pencarian lalu tekan enter. Dalam sekejap Linkedln akan mengarahkan pada sebuah profile target pencarian kamu. Mesin pencarian ini memang sangat memudahkan dalam pencarian karena lebih spesifik hanya sebatas ruang lingkup pekerjaan.

5. Pipl

Pipl

Situs Pipl adalah mesin pencarian orang yang berbasis pada informasi di Invisible Web. Kamu bisa mencari biodata seseorang lewat mesin pencarian ini dengan lebih mudah dan hasil yang lebih baik dan akurat dibanding dengan menggunakan mesin pencarian umum.

Pipl melakukan pencarian dengan mencakup layanan jejaring sosial, mesin pencari, database, dan lainnya. Dengan pencarian data yang lebih luas dan yang lebih spesifik, Pipl menjadi situs pilihan bagi banyak orang dalam melakukan pencarian biodata seseorang.

6. Social Mention

Salah satu situs yang bisa kamu kunjungi bila kamu sedang mencari biodata seseorang adalah Social Mention. Dalam situs pencarian ini kamu bisa mencari data diri seseorang melalui sosial media yang dimiliki oleh orang yang menjadi target pencarian kamu, seperti Facebook, Twitter, Instagram atau apa pun yang dimiliki oleh orang tersebut.

Penggunaan situs pencarian yang satu ini pun cukup mudah. Kamu hanya cukup mengetik nama orang yang ingin kamu temukan identitas dirinya di kolom pencarian, lalu klik dan tekan tombol search. Selanjutnya kamu akan disuguhkan dengan hasil pencarian yang meliputi foto, video, blog, website dan lain-lain.

7. PeekYou

PeekYou

PeekYou merupakan sebuah situs pencarian orang gratis yang bisa membantu masalah kamu dalam melakukan pencarian data diri seseorang. Kamu bisa menggunakan situs ini untuk menemukan teman-teman atau rekan melalui seluruh web umum yang tersedia.

PeekYou dapat digunakan untuk mencari data diri seseorang dengan memasukkan keyword berupa nama, username sosial media yang target miliki, atau nomor telepon orang yang kamu cari dalam kolom pencarian.

8. Wink People Search

Wink People Search

Situs alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pencarian biodata bernama Wink People Search. Dalam situs ini kamu bisa menemukan seluruh komunitas sosial yang ada serta profile online yang menjadi target pencarian kamu.

Dengan situs Wink People Search kamu bebas mencari data diri seseorang melalui jejaring sosial dan seluruh web umum yang tersedia. Di sini kamu bisa melakukan pencarian orang dengan menggunakan nama, alamat atau lokasi, sekolah, pekerjaan, minat, dan semua hal yang berkaitan dengan target pencarian kamu.

9. Lullar

Lullar

Situs pencarian selanjutnya yang biasa digunakan untuk mencari data diri seseorang di internet adalah Lullar. Situs people search engine yang satu ini memang dibuat khusus untuk menemukan berbagai profil di internet.

Oleh karena itu, kamu bisa dengan mudah mencari data diri orang melalui profil di situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube dan profile lainnya yang dimiliki oleh target pencarian kamu.

10. Whitepages

Whitepages

Situs gratis lainnya yang dapat kamu gunakan untuk pencarian data diri seseorang adalah Whitepages. Dalam situs ini kamu bisa mencari data diri seseorang dengan menuliskan nama orang yang kamu cari dalam kolom search engine. Kamu pun akan bisa mendapatkan hasil meskipun dirasa kurang maksimal.

Whitepages hanya sebatas menampilkan alamat atau nomor telepon orang yang kamu cari. Dibanding situs pencarian lain, situs Whitepage memang lebih konvensional. Meskipun begitu, apa salahnya untuk mencoba? Selain Whitepages, kamu juga bisa menggunakan situs berbayar yang bisa membantu pencarian, seperti intelius.com atau spokeo.com.

Nah, itulah beberapa cara mencari biodata seseorang di internet yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Hasil yang kamu dapatkan akan sangat tergantung pada kelengkapan data diri yang telah dimasukkan. Perlu diketahui bahwa tidak semua orang tertarik menyimpan data diri mereka dengan sengaja di internet karena suatu alasan tertentu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. trims rupanya hebat dalam membantu pencarian tapi pingin membuktikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *