Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone OPPO Reno7

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Punya keinginan mendapatkan HP Rp5 jutaan yang super keren? Desain bodi yang akan membuat siapapun terpana? Dengan kualitas hasil foto yang mengagumkan? Semua ini bisa Anda dapatkan pada OPPO Reno7 4G.

Sebagai varian 4G, ia memang tawarkan beberapa penurunan spesifikasi dibandingkan OPPO Reno7 5G. Meski begitu, bukan berarti HP ini tidak memiliki kelebihan yang menarik di harga rilisnya yang sebesar Rp5.199.000.

Ponsel ini suguhkan kombinasi RAM 8 GB berjenis LPDDR4x dengan memori internal 256 GB berstandar UFS 2.2. Tersedia pula fitur ekspansi RAM yang memindahkan memori internal ke RAM secara virtual sebanyak hingga 5 GB.

OPPO Reno7 4G adalah ponsel yang mementingkan sisi estetika, serta hadir dengan sejumlah fitur unik yang akan membuat siapapun sulit menolaknya. Mau tahu seluk-beluknya lebih lanjut? Cari tahu pada 10 kelebihan dan kekurangan OPPO Reno7 4G berikut ini!

Spesifikasi OPPO Reno7

OPPO Reno7
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (microscope) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan OPPO Reno7

OPPO Reno series memang jarang mengecewakan. Kini, Anda pun dapat ketahui secara langsung apa saja hal-hal yang membuatnya layak dilirik. Simak beberapa poin kelebihannya di bawah ini, ya.

1. Desain Bodi Keren dan Aesthetic

oppo reno7 4g desain bodi_

Mungkin Anda sudah pernah melihat desain bodi beberapa generasi OPPO Reno terdahulu. Seperti OPPO Reno7 4G ini, semua ponsel OPPO Reno series memang dikenal akan desainnya yang ciamik, beda, dan sanggup membuat segala mata tertuju padanya.

Bagaimana tidak? OPPO Reno7 4G sendiri menghadirkan desain Fiberglass Leather pada varian warna Sunset Orange dan teknologi OPPO Glow pada varian Cosmic Black. Desain tersebut sangat membuat tampilan bodi terlihat premium dan hadirkan pengalaman menggenggam yang begitu nyaman, dilansir dari GSM Arena.

Tidak sekadar cantik, kenyamanan menggenggam bodi ponsel juga berkat bobotnya yang super hampang, hanya 175 gram saja. Menggenggam ponsel hingga berjam-jam sekalipun dijamin tidak akan bikin pegal. Selain ringan, OPPO Reno7 4G juga punya bodi yang begitu ramping yakni 7,54 mm untuk varian Sunset Orange dan 7,49 mm untuk Cosmic Black.

Bodi OPPO Reno7 4G juga tidak lagi hadirkan bodi melengkung seperti yang sempat menjadi tren beberapa waktu sebelum peluncurannya. Melainkan, HP ini mengusung bingkai berbidang datar yang semakin enak digenggam tanpa khawatir ponsel mudah tergelosor dari cengkraman. OPPO menyebut desain ini sebagai Ultra-Slim Retro Design.

Untuk semakin membuatnya tampil kece badai, OPPO pun menyematkan sebuah lingkaran cahaya yang mengelilingi kamera yang dinamakan Orbit Light. Salah satu kamera belakang akan terlihat menyala setiap kali ponsel dicas, menerima panggilan telepon atau notifikasi, dan beberapa kesempatan lainnya.

Sebagian orang akan menganggap Orbit Light ini sebagai gimik belaka, namun tetap saja sebuah hal yang nice to have, terlebih bagi pengguna yang senang nongkrong dan menjadi pusat perhatian.

2. Layar AMOLED Kece + Refresh Rate 90 Hz

oppo reno7 4g layar_

Kondisi layar pada seri OPPO Reno memang jarang mengecewakan, tak terkecuali OPPO Reno7 4G yang hadir dengan panel AMOLED yang memukau.

Dari sisi ukuran layarnya sih, ia hanya mengandalkan dimensi 6,43 inci. Tidak bisa dikatakan kecil, namun memang bukan yang terbesar di kelasnya. Tampaknya OPPO berusaha hadirkan sweet spot antara layar imersif dengan bodi yang ringan.

Spesifikasi teknis lainnya cukup standar untuk seukuran layar HP menengah. Resolusinya tentu saja Full HD+ alias 2400 x 1800 piksel. Juga, tersedia refresh rate 90 Hz yang mampu meningkatkan kemulusan layar ketika browsing dan menjelajahi antarmuka. Peningkatan kemulusan layar ini adalah sebesar 50% jika dibandingkan dengan laju 60 Hz konvensional.

Menurut tinjauan GSM Arena, pengaplikasian 90 Hz di HP ini tidak umum. Pasalnya, ia tidak menyuguhkan mode Auto Refresh Rate. Namun, saat Anda memilih mode manapun (60 Hz atau 90 Hz), layar tetap akan menyesuaikan laju secara otomatis berdasarkan aktivitas yang dilakukan.

Terus, laju 90 Hz pun ternyata tidak aktif saat bermain gim yang support laju penyegaran tinggi. Secara garis besar, setidaknya kehadiran 90 Hz tetap layak diapresiasi untuk sekadar memanjakan mata saat scrolling feed Instagram atau berselancar di dunia maya.

Untuk membuatnya lebih responsif saat bermain gim, layar mengusung touch sampling rate hingga 180 Hz. Lebih responsif dibanding 120 Hz konvensional.

Layar OPPO Reno7 4G sanggup menampilkan sebanyak 16,7 juga warna. Ia juga memiliki dua mode gamut warna berbeda yakni Vivid yang tampilkan 97% NTSC/95% DCI-P3, serta Gentle yang tampilkan sRGB.

Adapun untuk tingkat kecerahannya, OPPO mengklaim layar sanggup meraih angka 430 nit (tipikal) dengan mode pencahayaan tinggi sebesar 600 nit (tipikal). Melihat dari spesifikasi tersebut, sudah dijamin layar sanggup menampilkan teks dengan jelas sekalipun di bawah terik matahari.

3. Hadir dengan Android 12 Saat Rilis

android 12

Sudah sewajarnya ponsel yang dirilis pada pertengahan tahun 2022 menggunakan Android 12. Kendati begitu, masih saja ada beberapa ponsel yang masih gunakan Android 11, contohnya saja varian 5G pada OPPO Reno7.

Untungnya saja, OPPO Reno7 4G sudah hadir dengan Android 12 dari pabrikannya, mengusung antarmuka ColorOS 12.1. OPPO sendiri mengatakan akan berikan dukungan update versi Android selama dua tahun. Ini artinya, OPPO Reno7 4G akan sanggup di-update sampai Android 14.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram