carisinyal web banner retina

Sebelum Beli, Baca Dulu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A76

OPPO A series merupakan salah satu lini seri OPPO yang paling populer di kalangan anak muda. Hal ini berkat kondisi desain bodi yang begitu cantik dan berestetika tinggi, ditambah dengan harganya yang terbilang cukup murah meriah. Nah, OPPO A76 merupakan salah satu yang terbaru yang OPPO hadirkan untuk kuartal pertama tahun 2022.

Memenuhi segmen harga mid range, OPPO A76 ini siap menjadikan hari-hari Anda terasa lebih istimewa. Sudah siap mendengarkan hal-hal seru mengenai HP OPPO ini? Simak berbagai poin kelebihan dan kekurangan OPPO A76 berikut ini.

Spesifikasi OPPO A76

OPPO A76
Layar IPS LCD 6.56 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.399.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan OPPO A76

Penasaran dengan HP OPPO Rp3 jutaan yang satu ini? Berikut adalah beberapa poin kelebihan OPPO A76 yang perlu Anda ketahui.

1. Chipset Snapdragon 680 4G yang Cukup Gahar

snapdragon 680

OPPO A76 yang merupakan salah satu HP seri A terbaru di kuartal pertama tahun 2022. HP ini menghadirkan chipset bertenaga yaitu Qualcomm Snapdragon 680 4G.

Ia hadir dengan konfigurasi octa core yang mencakup empat unit berkinerja tinggi Kryo 265 Gold berbasiskan Cortex A73 (2.4 GHz) serta empat inti hemat daya Kryo 265 Silver berbasiskan Cortex A53 (1.8 GHz).

SoC (System on Chip) yang dipasarkan untuk kelas harga mid range tersebut sudah menghadirkan proses fabrikasi yang kekinian yaitu 6 nanometer. Dengan begini, Snapdragon 680 4G termasuk ke dalam salah satu jajaran chipset dengan efisiensi daya cukup tinggi untuk menghemat baterai.

Ia pun dibesut dengan dukungan kartu pengolah grafis (GPU) berupa Adreno 610. Qualcomm sendiri mengklaim kalau kehadiran SoC ini adalah untuk menggantikan Snapdragon 662 yang biasa mengisi HP entry-level di harga 2 jutaan.

Sumber Kimovil.com menyebutkan bahwa keberadaan chipset di HP ini membuatnya mampu meraih skor AnTuTu v9 yang cukup tinggi di kelas harganya, yakni sekitar 220ribuan.

2. Kehadiran Refresh Rate 90 Hz

layar oppo a76 90 hz

Untuk Anda yang sering bermain game dan scrolling medsos di HP, OPPO A76 menawarkan sesuatu yang dapat meningkatkan pengalaman Anda. Ya, layar ponsel ini sudah dibekali dengan refresh rate 90 Hz yang akan membuat tampilan bergerak 50% lebih mulus dibandingkan 60 Hz konvensional.

Laju penyegaran ini juga disertai pula dengan touch sampling rate yang tinggi yakni sebesar 180 Hz. OPPO A76 juga mengemas layar yang berjalan pada gamut warna 96% NTSC atau 100% DCI-P3, tergantung dari pengaturan mana yang Anda gunakan.

Dengan tingkat kerapatan piksel 269 ppi dan kedalaman warna 8-bit yang mampu hadirkan 16,7 juta warna, OPPO A76 merupakan ponsel yang tepat untuk menemani aktivitas content consumption.

Layar ponsel mid-range ini juga memiliki tingkat kecerahan normal 480 nit denan maksimal 600 nit di bawah matahari. Sehingga, Anda pun tetap dapat menikmati konten secara imersif sekalipun sedang di luar ruangan saat siang bolong.

3. Memori Internal dan RAM Lega + Expansion RAM

oppo a76 expansion ram

OPPO A76 tidak hanya dibekali dengan chipset yang mumpuni untuk jalankan aktivitas harian, melainkan juga dikemas dengan memori internal dan RAM yang cukup besar. Ia hanya hadir dengan satu kombinasi memori, yakni RAM 6 GB berjenis LPDDR4x dengan memori internal UFS 2.2 berkapasitas 128 GB.

Yang membuatnya begitu menarik, software pada ponsel ini mengizinkan perangkat untuk meminjam RAM virtual tambahan sebanyak 5 GB. Dengan begini, total RAM yang bisa Anda nikmati adalah 11 GB (6 GB + 5 GB).

Adanya fitur ini dapat memberikan boost tambahan pada ponsel agar dapat membuka lebih banyak lagi aplikasi dalam sekali waktu. Selain itu, Expansion RAM tersebut juga dapat meningkatkan pengalaman dalam game dengan meninggikan performanya.

4. Baterai Berkapasitas 5.000 mAh + Pengisian Daya Cepat 33 W

baterai oppo a76

Persoalan baterai, OPPO A76 tidak akan memberikan pengalaman yang mengecewakan. Ia sudah dikantongi dengan kapasitas baterai 5.000 mAh yang terhitung sangat besar di kelasnya. Selain itu, OPPO A76 juga merupakan OPPO A series pertama yang sudah diberikan fitur SuperVOOC untuk pengisian daya cepat 33 W.

Baterai OPPO A76 tersebut disusun secara 2-cell berkapasitas 2500 mAh, sehingga dapat diisi dengan lebih cepat karena dua-duanya dicas secara bersamaan. Baterai 5.000 mAh miliknya ini juga niscaya dapat bertahan hingga seharian penuh dalam kondisi penggunaan normal, dan baterai pun hanya berkurang beberapa persen saja saat dipakai bermain game selama puluhan menit.

Adapun untuk kecepatan durasi pengisian dayanya, SuperVOOC 33W miliknya dapat mengisikan baterai dari kosong hingga penuh hanya dalam waktu sekitar 1 jam saja. Oh ya, Anda pun tidak perlu beli casan 33 W secara terpisah karena sudah termasuk dalam boks pembelian.

5. Desain OPPO Glow yang Memukau

oppo glow a76

OPPO A76 ini dibekali dengan desain bodi memukau, sebuah hal yang sejak lama menjadi daya tarik utama pada lini produk OPPO. Ia mengusung desain OPPO Glow yang memberikan efek glossy mengkilap di bodinya.

Tersedia dua varian warna pada OPPO A76 yaitu Glowing Black dan Glowing Blue. Pada Glowing Black, Anda sungguh dapat dimanjakan dengan desain estetik berwarna hitam yang melambangkan profesionalitas dan kesan kalem. Selain itu, warna tampilan biru laut pada Glowing Blue juga akan memberikan kesan ketenangan sekaligus hadir bagi Anda yang lebih bergaya festive.

Bukan itu saja, desainnya cukup tipis dan halus sehingga noda bekas debu dan bebas jari tidak mudah menempel pada panel belakang bodi. Dengan begitu, tampilannya yang elegan dapat terus bertahan sepnajang hari.

Desain pada OPPO A76 juga tidak hanya sekadar dirancang untuk tampil cantik melainkan juga untuk menjaga HP dari kerusakkan akibat terkena cipratan air ataupun goresan.

Kekurangan OPPO A76

Tidak hanya perlu mengetahui kelebihannya saja, Anda pun perlu cari tahu tentang beberapa hal lainnya mengenai HP ini sebelum beli.

1. Resolusi Layar Masih HD+

oppo a76

Sebagai ponsel yang berada di rentang harga 3 jutaan, Anda mungkin akan dikecewakan dengan kondisi layar OPPO A76 yang ternyata masih menggunakan resolusi HD+ alias 720p.

Hal ini tentu saja bisa dianggap sebagai kekurangan, mengingat puluhan smartphone lainnya di kelas harga yang saman sudah dibekali dengan resolusi layar Full HD+ 1080p yang lebih tajam.

Dengan resolusi yang hanya HD+ saja, Anda mungkin masiih bisa melihat bentukkan-bentukkan choppy dan piksel pada ujung-ujung elemen gambar yang ditampilkan di layar. Hal ini tentunya menjadi penghambat dalam immersion saat berusaha menikmati kualitas terbaik dari film atau series yang Anda tonton.

2. Tanpa Lensa Ultrawide

kamera oppo a76

Sebagai ponsel OPPO yang konon enak dipakai berfoto ria, rupanya OPPO A76 tidak menawarkan konfigurasi kamera yang bersaing. Bagaimana tidak? Di bagian belakangnya hanya tersemat Dual Camera saja dengan kamera utama 13 MP (f/2.2) dengan ukuran sensor 1/3.06 inci dan satu kamera lainnya beresolusi 2 MP (f/2.4) pada fungsi depth.

Dengan begini, bisa disimpulkan bahwa HP OPPO tersebut tidak dibekali dengan sensor ultrawide yang dapat mengambil foto pada field of view atau sudut keluasan yang tinggi. Alhasil, Anda pun tidak dapat optimal saat memotret sebuah kelompok berisikan banyak orang.

3. Mono Speaker

oppo a76

Selain tidak menghadirkan lensa ultrawide, OPPO A76 juga hanya memiliki satu speaker saja di bawah bodi alih-alih stereo speaker seperti banyak pesaing lainnya. Hal ini tentu akan menjadi sebuah kekurangan saat hendak berusaha menikmati film, karena suara yang dihasilkan tidak akan seoptimal ponsel lain yang sudah hadirkan stereo speaker.

Untungnya HP ini masih dibekali dengan lubang port 3.5 mm jack audio port supaya pengguna tetap bisa menikmati musik dengan cara yang menghanyutkan.

4. Tidak Suguhkan NFC

NFC

Dari segi konektivitas, OPPO A76 dihadirkan dengan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band, Bluetooth 5.0 dengan antarmuka A2DP, LE, dan aptX HD, serta port pengisian daya USB-C 2.0.

Ia tidak dibekali dengan kemampuan infrared port seperti kebanyakan HP Xiaomi, juga tidak memiliki konektivitas NFC (Near Field Communication) sebagai sarana transaksi digital yang praktis.

Padahal di era sekarang, NFC bukan fitur yang hanya dimiliki ponsel flagship saja melainkan sudah merambah juga ke HP-HP segmen harga murah. Jika Anda melihat daftar HP dengan NFC termurah, bahkan ponsel 1 jutaan seperti Tecno dan Infinix pun sudah ada yang pakai NFC.

5. Masih Berjalan pada Jaringan Seluler LTE/4G

oppo a76 4g

Di saat semua brand HP mulai berbondong-bondong memboyong jaringan 5G ke semua produknya, OPPO A76 rupanya masih mentok di jaringan selulter LTE atau 4G saja.

Alhasil, ia pun bukanlah ponsel dengan fitur yang siap untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang, terlebih saat jaringan 5G sudah mulai menyebar di Tanah Air.

Sungguh tidak mustahil untuk HP 3 jutaan memiliki konektivitas 5G. Contohnya saja, di harga ini Anda sudah dapat menemukan POCO M4 Pro 5G, Redmi Note 11 5G, ataupun Samsung Galaxy A22 5G.

Simpulan

Tidak dapat dipungkiri, OPPO A76 bukanlah pilihan HP terbaik yang bisa didapatkan di segmen harga 3 jutaan. Ia hadir dengan layar HD+ yang membuatnya tertinggal dengan rivalnya di harga yang sama. Selain itu, hanya menghadirkan mono speaker menandakan kalau OPPO A76 juga bukan yang paling ideal dalam memberikan pengalaman menonton film.

OPPO A76 juga rupanya tidak unggul dalam hal fotografi, karena tidak menyediakan sensor ultrawide yang rasanya sudah menjadi barang wajib untuk HP dengan harga mulai dari 2 jutaan. Soalnya, tanpa ultrawide, Anda jadi tidak dapat memotret pemandangan dengan maksimal.

Terlepas dari kekurangannya yang beragam, hal ini bukan berarti OPPO A76 tidak dibekali dengan fitur dan spesifikasi yang menggiurkan. Hadirnya chipset Snapdragon 680 4G dengan fitur Expansion RAM membuat performanya terasa begitu enteng saat buka aplikasi maupun bermain game.

Bukan itu saja, HP yang dibanderol dengan harga rilis Rp3.399.000,- ini juga memiliki desain bodi yang begitu cantik dan kokoh, serta memiliki kapabilitas baterai yang solid untuk penggunaan sepanjang hari tanpa mengenal lelah. Tertarik memilikinya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram