10 HP yang Memiliki Fitur NFC Paling Murah (Februari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Smartphone bukan hanya soal gadget yang memiliki kamera dan bisa dipakai untuk berselancar di dunia maya. Smartphone lebih dari itu. Sesuai namanya, ponsel pintar, haruslah memudahkan dan memberikan kemudahan kepada penggunanya lewat fitur-fitur yang ada di dalamnya, seperti fitur NFC.

NFC atau Near-Field Communication adalah salah satu fitur terbaik yang dimiliki smartphone saat ini. Pada perkembangannya, sudah banyak orang yang butuh fitur NFC ini. Terlebih NFC ini punya banyak kegunaan yang bisa bisa dimanfaatkan sebagai mobile payment, membuka aplikasi tertentu, atau menjalankan tugas tertentu.

Bagi Anda yang masih bingung soal NFC, bisa juga baca artikel terkait penjelasan NFC dan fungsinya pada artikel "Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah". Anda juga bisa membaca artikel soal fungsi-fungsi NFC. Artikel tersebut bisa membantu Anda yang masih bingung soal NFC di ponsel.

Bisa jadi fitur NFC ini di masa depan bakal jadi hal umum. Terlebih, saat ini banyak HP dengan NFC paling murah.

Lantas, apa saja HP dengan fitur NFC paling murah? Langsung saja cek daftarnya pada tabel di bawah ini. Pembahasan detail tiap HP, bisa disimak setelah info tabel.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. Infinix Smart 6 NFC

Infinix Smart 6 NFC
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC SC9863A
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 8 MP (wide) 0.8 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Butuh HP dengan fitur NFC yang murah? Jatuhkan pilihan saja pada Infinix Smart 6 NFC yang bisa didapatkan dengan harga Rp1,2 jutaan saja. Ternyata fitur NFC bisa dihadirkan pada smartphone murah, bukan? Di sisi lain, membeli HP ini tidak hanya memudahkan Anda dalam hal transaksi non tunai.

Namun, HP ini juga bisa menghadirkan performa harian yang mumpuni. Misalnya, layarnya yang punya bentang 6,6 inci itu bisa menampilkan konten dengan baik kendati dipakai di luar ruangan. Hal itu karena layar IPS Smart 6 NFC punya tingkat kecerahan 500 nit.

Selain itu, HP dengan sistem operasi Android Go ini punya baterai yang besar, 5000 mAh. Kapasitas itu cukup untuk mendukung aktivitas Anda sehari penuh. Penasaran dengan sebagus apa HP ini? Yuk, baca ulasannya dalam artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 6.

2. Sharp AQUOS V6 

Sharp AQUOS V6
Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Untuk seukuran HP di rentang harga Rp1 jutaan, Sharp Aquos V6 punya spesifikasi yang terbilang kalah saing dengan para rivalnya. Ponsel besutan perusahaan Jepang tersebut hanya dibekali dengan chipset Helio G25, yang pastinya tidak akan berikan pengalaman gaming yang nyaman. Malahan, Helio G25 itu salah satu SoC terlemah di seri Helio.

Sharp Aquos V6 baru bisa dikatakan unggul saat kita menilik fitur konektivitasnya. Di harga Rp1 jutaan, ia sudah dilengkapi dengan NFC, WiFi 5 dual band, serta Bluetooth 5.0 yang disertai aptX HD.

Yang bikin mencengangkan, Anda bisa menemukan USB Type-C 3.0 di HP ini. Untuk Anda yang belum tahu, biasanya USB Type-C 3.0 hanya dimiliki ponsel flagship 10 jutaan. Versi 3.0 ini menawarkan kecepatan transfer yang lebih tinggi dari USB Type-C 2.0 ataupun microUSB.

Sharp Aquos V6 akan cocok untuk Anda yang ingin mencicipi teknologi smartphone asal Jepang dengan harga terjangkau. Baterainya yang tahan lama juga bisa cocok untuk kebutuhan harian tanpa henti.

Tapi sayangnya, selain chipset yang kalah saing, HP ini juga hanya dikemas dengan RAM 3 GB serta memori internal 32 GB. Jauh dari kata cukup untuk standar layak di tahun 2022. HP ini bisa dibawa pulang dengan membayarkan Rp1.949.000,- saja.

3. Alcatel 1S NFC

Alcatel 1s NFC
Layar IPS LCD 6.22 inci
Chipset MediaTek Helio P22
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Alcatel 1S NFC merupakan HP Alcatel 1S 2020 yang dirilis lagi dengan penambahan fitur NFC. Oleh sebab itu, spesifikasi utama HP ini memang sama persis dengan Alcatel 1S NFC. Namun demikian, HP ini tetap menarik untuk dibeli, terlebih harganya hanya Rp1 jutaan.

Bukan karena fitur NFC-nya saja, tetapi HP ini cukup oke dilihat dari berbagai sektor. Salah satunya sektor yang jadi perhatian adalah performanya. Memang benar SoC yang dipakai biasa saja, yakni MediaTek Helio P22. Hanya saja karena HP ini memakai sistem operasi Android murni, seluruh tugas harian bisa ditangani tanpa kendala.

Sistem operasi Android murni yang ringan juga berdampak pada keawetan baterai HP ini. Walau pun begitu, kapasitas baterai yang dikandung "hanya" 4000 mAh. Nah, untuk mengetahui seluruh profil HP ini, Anda bisa membaca artikel kelebihan dan kekurangan Alcatel 1S NFC.

4. Infinix Hot 11S NFC

Infinix Hot 11s NFC
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth) MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Lengkap adalah satu kata yang bisa menggambarkan jati diri Infinix Hot 11S NFC. HP yang rilis dengan harga Rp2 jutaan ini menawarkan berbagai fitur yang diharapkan oleh banyak konsumen. Mulai dari layar Full HD+ dengan refresh rate 90 Hz, speaker berkonfigurasi stereo, sampai NFC.

NFC yang dipakai HP ini adalah NFC multifungsi. Ia bisa membantu Anda dalam berbagi data, melakukan pembayaran, sampai melakukan emulasi kartu akses hotel atau apartemen. Lebih lanjut, Infinix Hot 11S NFC punya kamera utama yang mampu hasilkan foto sip berkat resolusi dan bukaan besar.

Demikian juga dengan kamera depannya yang tetap punya lampu LED flash. Berfoto selfie di kondisi gelap jelas bukan masalah. Lantas, apalagi yang bisa dilakukan HP ini? Ketahui semuanya dalam artikel kelebihan dan kekurangan Infinix Hot 11S NFC.

5. Sharp Aquos V6 Plus

Layar IPS LCD 6.52 inci
Chipset MediaTek Helio G25
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Selain menawarkan NFC di rentang harga terjangkau, Sharp Aquos V6 Plus ini memiliki keunggulan dari sisi desain bodinya yang mungil dan compact. Ini lantaran layarnya yang hanya seukuran 6,25 inci yang dibekali resolusi HD+ 720p.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram