Carisinyal / Tips Android / Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah

Cara Mengaktifkan NFC pada HP Android dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 September 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. NFC ini merupakan konektivitas yang berfungsi untuk menyambungkan atau menghubungkan dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat tersebut. Jarak dua perangkat tersebut tidak berjauhan umumnya hanya beberapa sentimeter saja.

Contohnya HP dengan NFC akan menstransfer data berupa kontak, gambar, video ke HP lain yang juga punya NFC. Cara kerjanya mirip dengan bluetooth. Hanya saja transfer menggunakan NFC lebih lancar dan terbebas dari gangguan.

HP dengan NFC sudah banyak beredar. Umumnya HP dengan NFC ini ada di kelas smartphone menengah sampai flagship. Untuk kelas flagship, rasanya sudah hampir semua HP kelas atas punya fitur ini. Sementara untuk kelas menengah, beragam, ada yang sudah mendukung fitur NFC, ada juga yang sudah memasukan fitur NFC.

Ngomong-ngomong soal NFC, artikel berikut hanya berlaku untuk Anda yang sudah punya HP dengan fitur NFC. Mengapa? Karena pada kesempatan kali ini Carisinyal akan membahas tentang cara mengaktifkan NFC di HP Android.

Untuk mengetahui apakah HP Anda mendukung NFC atau tidak, Anda bisa cek bagian belakang HP. Pada beberapa seri HP, tulisan NFC akan muncul pada bagian tempat menyimpan baterai. Seri Sony Xperia umumnya memiliki huruf “N” di bodi belakang ponsel yang menyatakan HP tersebut sudah mendukung NFC.

nfc di sony xperia

* sumber: www.androidauthority.com

Kalau tidak ada, bisa cek spesifikasi HP dari situs tempat HP Anda diproduksi, jika ada dukungan terhadap NFC berarti HP tersebut mendukung NFC.

Cara Mengaktifkan NFC

Cara mengaktifkan NFC sendiri ada 2 cara. Berikut penjelasannya

1. Cek di Pengaturan

mengaktifkan nfc di setting

Untuk mengaktifkan NFC di Android, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke bagian “settings” atau “pengaturan.”
  2. Pilih “more settings” atau “pengaturan lainnya.”
  3. Di bagian “pengaturan lainnya”, Anda akan melihat pilihan “NFC.”
  4. Pada beberapa HP Android, pilihan NFC ini ada di bagian “pengaturan jaringan” atau “networks.”
  5. Masuk ke bagian “berbagi & hubungkan” atau “share & connect.”
  6. Aktifkan NFC dengan cara menggeser ke posisi “on.”

2. Aktifkan pada Shortcut

cara mengaktifkan NFC

 

Cara kedua adalah dengan langsung menyalakan NFC pada shortcut yang ada di bagian atas, satu posisi dengan pengaturan untuk menyalakan “mobile data”, “buetooth”, dan “Wifi”, dan lainnya. Caranya dengan melakukan swipe ke bawah dan menemukan menu NFC.

NFC bukan hanya digunakan untuk transfer data antar HP yang sudah memiliki NFC. NFC pada HP juga bisa berfungsi sebagai alat pembayaran, memindahkan jumlah saldo kartu e-money, akses gerbang kereta atau transportasi, dan sebagainya.

Fungsi NFC pada HP yang Jarang Diketahui

Setelah mengetahui cara mengaktifkan fitur NFC pada smartphone, selanjutnya mari bahas apa sih yang membuat NFC istimewa? Apa fungsi NFC pada sebuah smartphone? Apakah NFC hanya berfungsi untuk memeriksa saldo e-toll saja dan mengirimkan data saja?

Jawabannya jelas tidak. NFC lebih dari itu. NFC adalah fitur penting yang sayangnya banyak pengguna tidak tau soal fungsi NFC. Tidak sedikit pengguna yang kurang paham dan kurang memaksimalkan fungsi NFC.  Karena itu, berikut dijelaskan apa saja fungsi dari NFC yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya.

1. NFC tag

NFC adalah fitur yang memungkinkan sebuah HP dapat terkoneksi  atau tersambung dengan mudah dengan perangkat lain yang kompatibel dengan NFC atau dapat melakukan pekerjaan dengan hanya NFC tag. NFC tag ini adalah penghubung untuk menggunakan berbagai fitur yang ada di NFC. Fitur ini sudah terprogram sedemikian rupa agar hadir dengan berbagai fungsi secara otomatis.

Lewat NFC tag, Anda dapat memakai berbagai kegiatan penting. Contohnya adalah dengan penyesuaian alarm pada HP Anda, masuk ke aplikasi tertentu, befungsi untuk mengaktifkan Bluetooth dan Wifi, penyesuaian volume, sampai mengubah tingkat kecerahan layar, semua bisa dilakukan tanpa perlu menyalakan HP dan tanpa memilih menu.

Dengan fitur NFC tag, pengguna juga bisa mudah mengubah mode senyap, hanya dengan melakukan tap pada ponsel NFC. Selain itu, orang lain atau tamu yang datang ke rumah dan memakai Wifi, bisa dengan mudah menghubungkan password mereka yang tersimpan dengan hanya NFC tag.

2. Membuka Aplikasi Secara Otomatis

NFC tag memungkinkan Anda untuk menambah berbagai fungsi. Salah satu contohnya membuka  aplikasi resep hanya dengan melakukan tap pada ponsel saja dengan NFC tag yang dipasang di dapur. Anda juga bisa menyalakan pemutar musik hanya dengan ponsel saja. Bahkan, Anda bisa menyalakan lampu dengan melakukan tap NFC saja.

Anda juga bisa menelepon orang lain lewat fotonya saja jika Anda memasang NFC tag pada foto tersebut. Yap, untuk memakai fitur ini, NFC tag sangat vital peranananya.

3. Memberitahukan Posisi suatu Tempat

NFC memungkinkan semua orang, termasuk Anda untuk memberitahu posisi di suatu tempat. Anda bisa melakukan check-in dengan menggunakan sistem LBS atau Location Based Service, hanya dengan melakukan NFC tag saja yang ada di berbagai tempat. Termasuk misalnya ketika Anda berkunjung ke satu toko. Anda juga dapat memakai NFC untuk memindai tag yang memberikan informasi peta lokasi toko tersebut.

4. Menjalankan Tugas Khusus

Anda juga bisa memanfaatkan NFC untuk berbagai pekerjaan yang rmit. Salah satunya adalah dengan cara mengirimakan ucapan ‘selamat pagi’ untuk teman-teman Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan memprogra NFC tag tersebut, Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mengetik pesan tersebut secara manualut. Cukup diatur pada program tersebut agar NFC tag bisa menjalankan programnya dengan baik.

5. Melakukan Pembayaran


Fungsi NFC lainnya adalah untuk metode pembayaran atau NFC Payment. Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah. Tinggal lakukan tap pada HP Anda untuk bertransaksi, Anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah tanpa bergantung pada uang tunai.

6. Untuk Berkirim Data

Anda juga dapat menggunakan NFC untuk bertukar data. Yang perlu Anda lakukan adalah memasangkan ponsel yang sudah mendukung NFC dengan ponsel lain yang juga mendukung NFC.

NFC dan Perkembangannya

Setelah mengetahui tentang cara mengaktifkan NFC dan fungsinya, selanjutnya, pertanyaan besarnya, apakah fitur NFC masih dibutuhkan di sebuah ponsel? Pertanyaan ini mengemuka mengingat banyaknya ponsel di kelas menengah yang jarang dibekali NFC. Padahal kebutuhan ponsel dengan NFC cukup tinggi.

Namun, penggunaan NFC di Indonesia juga tidak terlalu signifikan sekali. Pasalnya, penggunaan NFC di Indonesia hanya sebatas untuk cek saldo. Jadi, meskipun kebutuhan fungsi NFC tinggi, penggunanya hanya pada segmen tertentu, yakni pengguna jalan tol.

Untuk sistem pembayaran di Indonesia, orang lebih populer memakai fitur QRCode. Penggunaan QRCode lebih praktis dan mudah. Terlebih penggunaan QRCode hanya membutuhkan satu aplikasi khusus. Berbeda dengan NFC yang mengharuskan ponsel memiliki NFC dan harus hadirnya NFCtag diperangkat lain yang dimungkinkan untuk penggunaan NFC.

Demikianlah pemaparan tentang cara mengaktifkan NFC pada HP dan fungsinya. Untuk beberapa HP mungkin caranya akan sedikit berbeda tergantung tampilan antarmuka dan tipe sistem operasi Android.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *