carisinyal web banner retina

10 Fungsi NFC pada Smartphone yang Perlu Diketahui

Anda tentu sudah cukup familier dengan istilah NFC. Benar, fitur yang punya kepanjangan Near Field Communication ini adalah sejenis teknologi konektivitas. NFC sama seperti Bluetooth, Infrared, dan WiFi, fungsinya untuk menghubungkan perangkat satu dengan yang lain pada jarak tertentu.

Namun, ada hal yang membuat NFC tampak spesial ketimbang jenis konektivitas lain, dan fungsinya semakin penting. Alasannya akan kami bahas di poin selanjutnya. Sebagai bukti seberapa pentingnya fitur ini, kini sudah banyak HP dengan NFC yang dijual. Tidak hanya HP mahal, tapi juga HP-HP dengan harga terjangkau.

Per 1 Oktober 2017, Pemerintah Indonesia bahkan telah memutuskan bahwa NFC jadi teknologi yang mesti dipakai untuk transaksi pembayaran jalan tol. Teknologi sistem komunikasi nirkabel ini dipakai untuk mengimplementasikan transaksi secara nontunai via uang elektronik (e-money).

Sejarah Singkat dan Cara Kerja

NFC

Usia NFC bisa dibilang paling muda ketimbang Bluetooth, WiFi, dan Infrared. Akan tetapi, teknologi ini juga bukan barang baru. Singkatnya, NFC digagas oleh dua perusahaan, yakni Sony dan Philips Semiconductors pada 2002.

Kedua perusahaan ingin menciptakan teknologi sederhana untuk kepentingan periklanan dan industri. Dalam hal ini, identifikasi, autentikasi, dan pelacakan. Dua tahun setelah paten dan garis besar teknis dibuat oleh Sony dan Philips, forum NFC dibentuk. Kala itu, Nokia pun bergabung.

Bergabungnya Nokia dalam forum NFC jadi penanda bahwa fitur ini bakal dibawa ke ponsel. Maka fitur ini mulai dihadirkan ke ponsel-ponsel Nokia, jauh sebelum era Android dan iPhone populer seperti sekarang. Uniknya, ponsel pertama di dunia dengan NFC bukanlah Nokia, melainkan Panasonic P506iC yang meluncur pada 2004.

Ponsel komersial Nokia dengan fitur NFC baru dirilis pada 2006, yakni Nokia 6131. Sementara itu, ponsel Android pertama dengan NFC muncul pada 2010, yakni Samsung Nexus S. Adapun Apple baru menyuntikkan NFC pada 2016 melalui iPhone 6.

Cara kerja NFC sebenarnya sederhana. NFC memanfaatkan medan radio elektromagnetik dengan frekuensi spesifik 13.56 MHz pada jarak kurang dari 10 cm. Hal ini yang membuatnya berbeda dari Bluetooth dan WiFi. Pasalnya, Bluetooth dan WiFi memanfaatkan transmisi radio pada radius yang luas.

Nah, NFC bisa bekerja jika ada dua jenis perangkat yang tersambung. Dua jenis perangkat itu adalah perangkat aktif (inisiator) dan perangkat pasif atau perangkat target. Dalam hal ini, perangkat aktif adalah smartphone, sedangkan perangkat pasif adalah NFC tag atau kartu dengan cip NFC.

Perangkat aktif bertugas membaca data atau bertukar data dengan sesama perangkat aktif. Sementara itu, perangkat pasif hanya bisa menyimpan data. Maka dari itu, NFC sebetulnya mirip dengan alat scanning barcode yang ada di supermarket.

Kecepatan transfer data melalui NFC berkisar antara 106 hingga 424 kbit/detik. Artinya, transfer data dengan ukuran besar sangat tidak efisien. Tujuan diciptakan NFC memang bukan untuk transfer data besar, tetapi kepraktisan dan keamanan. Lagipula teknologi ini juga murah.

Itulah mengapa NFC kini lebih populer ketimbang Infrared, walaupun kedua teknologi tersebut sama-sama punya ciri transfer data dalam jarak pendek. NFC praktis karena koneksi bisa tercipta dengan cara apa pun, asal kedua perangkat yang dihubungkan berada dalam jarak yang tepat.

Sementara itu, koneksi dalam infrared hanya bisa terjadi jika dua perangkat (sumber dan penerima) berada pada satu garis lurus. Kemudian, NFC aman karena mendukung enkripsi data dengan protokol SSL (Secure Socket Layer). Infrared tidak punya protokol keamanan.

Lalu, NFC murah karena perangkat pasifnya dapat diformat (hapus dan tulis) berulang kali untuk diisi data sesuai keperluan. Selain itu, perangkat pasif NFC juga tidak memerlukan sumber daya dari baterai dan lain sebagainya. NFC juga bisa diintegrasikan dengan Bluetooth atau WiFi.

Fungsi-fungsi NFC

NFC ForumSumber: NFC Forum

Nah, kini Anda sudah tahu sejarah singkat dan cara kerja NFC. Pembahasan selanjutnya adalah fungsi-fungsi yang bisa Anda lakukan melalui smartphone yang mendukung fitur yang satu ini. Namun, pastikan dulu Anda tahu cara mengaktifkan NFC di HP sebelum bisa menjajal satu per satu fungsinya sebagai berikut.

1. Mengirim Data

NFC Huawei

Mengirim data adalah fungsi paling dasar dari sebuah jenis konektivitas, tak terkecuali NFC. Pada awal kemunculannya, NFC identik dengan transfer kontak alias nomor telepon. Ketimbang menulis satu per satu nomor telepon dan kemudian menyimpannya, akan lebih praktis jika Anda menempelkan dua ponsel yang punya fitur NFC.

Hanya sekali sentuh, nomor telepon pun langsung terkirim dari ponsel satu ke ponsel lain. Selain kontak, file lain juga bisa dikirim ponsel melalui NFC. Misalnya, foto, URL atau link, dokumen, hingga lokasi, baik ke sesama ponsel atau ke komputer laptop. Namun, ingat, kecepatan transfer NFC tidak kencang.

Pastikan ukuran file yang hendak dikirim tidak terlalu besar. Di ponsel Android, berkirim file melalui NFC difasilitasi oleh fitur bernama Android Beam. Sayangnya, sejak Android 10 dirilis, fitur berkirim file via NFC dihilangkan dan diganti dengan Nearby Share - mirip AirDrop milik Apple.

2. Mengecek dan Mengisi Saldo Uang Elektronik

e-money

Sebagaimana yang sudah dijelaskan pada paragraf awal, NFC kian populer di Indonesia berkat adanya kebijakan cashless untuk transaksi di gerbang jalan tol. Oleh sebab itu, setiap pengendara yang hendak mengakses jalan tol harus punya kartu e-money.

Sebagian besar ATM masa kini pun mendukung fungsi untuk mengecek dan mengisi saldo kartu e-money. Hanya saja, fungsi itu ternyata bisa dilakukan oleh HP dengan NFC. Anda pun bisa mengecek dan mengisi saldo kartu e-money kapan saja dan di mana saja.

3. Melakukan Pembayaran

Samsung pay - Visa

Berbelanja di pusat perbelanjaan memang paling enak kalau pakai kartu debit. Anda tidak perlu pusing-pusing antre ke ATM dan mengambil uang sesuai dengan dana yang Anda anggarkan untuk belanja. Hanya saja, akan lebih praktis lagi ketika kartu debit itu dihubungkan ke smartphone.

Kemudahan yang seperti ini tentu menjadi kenyataan berkat adanya NFC. Tinggal tempel smartphone Anda pada NFC alat penerima pembayaran di mall, transaksi pun beres. Beberapa produsen pun mewujudkan pembayaran via HP dengan aplikasi pendukung, seperti Samsung Pay dari Samsung dan Apple Pay buat ponsel iPhone. Adapun kedua aplikasi juga bisa tersambung ke akun dompet digital.

4. Emulasi Kartu Akses

Akses NFC

Hotel dan apartemen modern masa kini memilih kartu akses untuk menggantikan kunci konvensional. Kartu akses ini digunakan untuk membuka pintu dan semacam tiket agar pengguna bisa memakai lift. Nah, data yang terkandung di dalam kartu akses ini ternyata bisa dipindah ke sebuah smartphone yang berfitur NFC.

Istilah kerennya adalah emulasi. Dengan begitu, ponsel Anda bisa dipakai untuk membuka pintu hotel atau apartemen. Demikian juga saat hendak menggunakan lift. Keberadaan fitur emulasi ini membuat sebagian produsen menyebut ponsel bikinannya memiliki NFC multifungsi.

5. Autentikasi Jaringan WiFi

wifi porter tenonedesign

Anda pasti sering diminta untuk memasukkan password ketika coba menghubungkan HP dengan jaringan WiFi baru. Kejadian yang demikian wajar Anda alami karena password merupakan salah satu metode agar WiFi tidak diakses oleh sembarang orang.

Namun, beberapa tempat umum seperti hotel kini menggunakan sebuah alat bernama WiFi porter agar pengunjung tak perlu lagi mengisi password secara. Alat tersebut menyimpan password yang bisa dibaca oleh ponsel berteknologi NFC. Pengunjung tinggal mendekatkan ponsel ke WiFi Porter, maka ponsel langsung tersambung ke jaringan WiFi.

6. Memberi Rekomendasi Aplikasi

Koneksi HP Sumber: Make Use Of

Saat nongkrong bersama teman, ada saja topik yang Anda bincangkan. Misalnya saja soal aplikasi yang sedang hits atau aplikasi andalan untuk meningkatkan produktivitas. Anda tentu bisa memiliki aplikasi tersebut dengan menanyakan namanya kepada teman Anda.

Akan tetapi, NFC membuat hal tersebut jadi lebih simpel. Tanpa harus mengetikkan namanya secara manual ke Google Play Store atau Apple Store, ponsel Anda akan otomatis menuju link download aplikasi yang dimaksud. Hal yang demikian merupakan fungsi NFC dalam merekomendasikan aplikasi kepada perangkat lain.

7. Menjalankan Aplikasi di HP Lain

HUAWEI MateBook 14s

Tidak hanya merekomendasikan aplikasi, melalui NFC, sebuah ponsel ternyata dapat menjalankan aplikasi yang terpasang di ponsel lain. Syaratnya tentu saja kedua ponsel memiliki aplikasi yang sama. Kemampuan menjalankan aplikasi di perangkat lain ini dimanfaatkan oleh sejumlah produsen teknologi.

Khususnya untuk menciptakan interkonektivitas atau sambungan ke perangkat multiplatform. Produsen seperti Huawei memanfaatkan NFC untuk membuat laptop dan smartphone tersambung secara seamless. Laptop pun tidak sekadar bisa menjalankan aplikasi yang ada di HP, tapi juga membuka dan menyalin data, serta membalas pesan dan melakukan panggilan.

8. Check In

NFCSumber: NFC Forum

Check in adalah fungsi dasar lain yang mesti bisa dilakukan sejak NFC digagas. Seperti namanya, check in berguna untuk memberi tahu bahwa seseorang sedang berada pada koordinat tertentu. Fungsi ini bisa diaplikasikan seperti ketika orang akan check in di hotel atau check in di berbagai tempat umum.

9. Pengisian Daya Nirkabel

Fast Wireless Charging 2.0

Pengisian daya secara nirkabel bukan berarti daya listrik bisa ditransmisikan melalui gelombang. Akan tetapi, daya ditransfer melalui dua benda yang menempel. Bahasa kerennya adalah pengisian daya secara induksi. Dalam hal ini, penutup belakang ponsel menjadi benda yang disisipi perangkat khusus agar bisa menghantarkan arus listrik ke baterai.

Nah, pada 2020, forum NFC menyetujui ide baru mengenai pengisian daya nirkabel melalui NFC. Menurut sejumlah ahli, perangkat aktif pada NFC memang bisa menghantarkan daya pada perangkat pasif (NFC tag). Hanya saja, kemampuan daya yang dihantarkan belum besar. Bisa jadi pada masa mendatang akan hadir ponsel dengan dukungan pengisian nirkabel via NFC.

10. Memesan Makanan dan Fungsi Lain

Keyboard Bluetooth

Dalam sebuah artikel yang ditulis Detik, NFC memiliki fungsi yang cukup unik di Australia. Di Negara Kanguru itu, NFC dimanfaatkan sebagai alat untuk memesan makanan bagi pengunjung bioskop. Pengunjung tinggal buka aplikasi pemesanan makanan, pilih makanan, dan menyentuhkan ponselnya ke lengan kursi tempat dia duduk.

Tidak lama berselang, makanan bakal diantar ke nomor kursi si pemesan. Fungsi unik lain yang dimiliki NFC adalah perantara untuk menyambungkan ponsel ke perangkat lain. Misalnya, keyboard, speaker, headphone, dan alarm. Pada 2012, perusahaan asal Jepang, Elecom, menciptakan keyboard ber-NFC, untuk perangkat Android.

Nah, itulah pemaparan 10 fungsi NFC yang dimiliki oleh smartphone masa kini. Dari 10 fungsi yang sudah dijelaskan, mana yang sudah sering Anda manfaatkan? Jika ada fungsi lain di luar yang sudah kami jelaskan, Anda bisa menulisnya pada kolom komentar!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram