carisinyal web banner retina

Cek 8 Kelebihan dan Kekurangan realme C55 NFC Sebelum Beli

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

HP realme C Series dengan desain cantik bukanlah sesuatu yang aneh. realme C33 dan realme C35 adalah contoh HP realme C Series dengan desain yang terbilang cantik. Hanya, dua smartphone itu masih menggunakan water drop notch khas HP terjangkau.

Namun, tidak dengan realme C55 NFC. HP yang meluncur secara resmi di Indonesia pada 7 Maret 2023 ini hadir dengan lubang kamera depan punch hole sebagaimana ponsel mahal. realme C55 NFC pun jadi HP realme C Series pertama dengan punch hole.

Tidak cuma itu, sederet perubahan membawa HP ini lain daripada smartphone realme C Series sebelumnya. Penasaran apa saja perubahannya? Ketahui semuanya dalam artikel kelebihan dan kekurangan realme C55 NFC ini. Ringkasan ulasan ada pada tabel berikut.

ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini
*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain bodi tipis dan terlihat keren
Tidak ada IP Rating
Layar yang lebar dengan refresh rate tinggi
Baterai 5000 mAh yang kurang awet
Fitur "Mini Capsule" yang unik
Tidak ada kamera ultrawide
Performa harian yang oke
Speaker stereo absen
Memori besar, punya slot microSD
Ada iklan dan bloatware
Tangkapan kamera oke
Jenis sensor cukup lengkap dan ada NFC
Paket penjualan masih disertai charger

Poin-poin di atas memberi gambaran bahwa realme C55 NFC telah naik kelas dari apa yang umumnya ditawarkan realme C Series. Bagi Anda yang ingin tahu HP ini secara lebih mendalam bisa meneruskan membaca ulasan ini sampai akhir.

Spesifikasi realme C55 NFC

realme C55
Layar IPS LCD 6.72 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan realme C55 NFC

realme C55 NFC telah melewati batas dari yang sewajarnya ada pada HP realme C Series. Beberapa poin kelebihan di bawah ini akan menjelaskan mengapa ia berbeda dari HP realme C Series sebelumnya.

1. Desain Bodi Tipis dan Terlihat Keren

realme C55 NFC

Desain menjadi hal pertama yang membuat realme C55 NFC berhasil menarik perhatian. Ada beberapa alasan mengapa desain ponsel ini bisa dikatakan cantik. Pertama, bodinya tipis dan bobotnya masih tergolong ringan.

Ketebalan HP ini adalah 7,89 mm, sedangkan bobotnya 189,5 gram. Ketebalan yang minim ini menjadi alasan mengapa realme C555 NFC masih enak dipegang kendati frame dan penutup belakangnya rata alias flat.

Kedua, corak pada penutup belakangnya. Pada varian warna Sunshower, terdapat pola garis-garis vertikal yang menimbulkan tekstur. Garis-garis yang terinspirasi dari hujan itu berpadu dengan warna yang tampak seperti cahaya matahari.

realme c55

Penutup belakang dengan permukaan matte itu akan terlihat berwarna biru, merah, atau jingga, tergantung sudut pandang dan cahaya yang menerpanya. Efek tiga dimensi ini jadi yang pertama buat sebuah HP realme C Series. Sementara itu, di area kamera terdapat memiliki sentuhan glossy tanpa pola apa pun.

Corak yang sama juga bisa Anda temui pada varian warna Rainy Black. Hanya, varian ini tidak memiliki kemampuan perubahan warna sebagaimana Sunshower. Akan lebih cocok bagi orang yang tidak ingin menjadi pusat perhatian.

Ketiga, seperti yang sudah disinggung pada poin pembuka, realme C55 NFC menggunakan lubang kamera depan bergaya punch hole. Model ini adalah yang pertama buat realme C Series. Menariknya, lubang kamera depan ini terintegrasi dengan fitur unik yang disebut "Mini Capsule". Pembahasannya ada di poin nomor tiga.

2. Layar yang Lebar dengan Refresh Rate Tinggi

realme C55 NFC

realme C55 NFC tidak memakai layar AMOLED. Panel yang digunakan adalah IPS LCD dengan ukuran 6,72 inci. Kabar baiknya, resolusi yang disematkan adalah Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Kualitas tampilan layar ini dikatakan bagus oleh kanal YouTube K2G.

Untuk keperluan multimedia dan sosial media sudah mencukupi. Adanya dukungan refresh rate 90 Hz membuat pengalaman scrolling di menu HP ini makin lancar. Hanya saja, dalam pengujian Jagat Review, tidak banyak aplikasi yang bisa dijalankan pada refresh rate 90 Hz.

realme c55 nfc

Aplikasi seperti YouTube dan Play Store hanya bisa berjalan di 60 Hz. Untuk tingkat kecerahan, layar realme C55 NFC sudah oke ketika dipakai di lingkungan indoor ataupun outdoor. Tingkat kecerahannya disebut sampai 680 nit.

Layar dengan touch sampling rate 180 Hz ini sudah memiliki sertifikasi Widevine L1. Artinya, Anda dapat menyaksikan film di platform seperti Netflix dengan resolusi Full HD. Hanya saja, video HDR belum bisa diputar.

Tidak ketahui kaca proteksi apa yang dipakai. Akan tetapi, realme sudah melapisi layar HP ini dengan screen protector.

3. Fitur Mini Capsule yang Unik

realme c55 mini capsule

Sudah pernah mendengar Dynamic Island yang ada di iPhone 14 Pro? Fitur yang bisa membuat area kamera depan mengembang dan mengempis itu kini bisa Anda temui di realme C55 NFC. realme menyebutnya dengan "Mini Capsule".

realme c55 nfc mini capsule

realme C55 NFC pun jadi smartphone Android yang punya fitur ini. Singkatnya, Mini Capsule membuat tampilan notifikasi berpindah ke area kiri dan kanan lubang kamera depan. Hal itu membuat lubang kamera depan terlihat dinamis karena seolah-olah berubah ukuran.

Saat realme C55 NFC dirilis, Mini Capsule hanya bisa menampilkan notifikasi pengisian daya. Namun, realme menjanjikan akan ada banyak jenis notifikasi yang bisa ditampilkan.

4. Performa Harian yang Oke

performa realme c55

realme C55 NFC mengandalkan SoC MediaTek Helio G88. Sebuah SoC 4G dengan proses fabrikasi 12 nm. Di dalam SoC ini terdapat delapan inti CPU yang rinciannya adalah dua Cortex A75 (2,0 GHz) dan enam Cortex A55 (1,8 GHz). Terdapat GPU Mali-G52 MC2 (1 GHz) untuk urusan olah grafis.

SoC ini tergolong mumpuni untuk sebuah HP kelas dua jutaan. Walaupun begitu, memori internal yang didukungnya belum berbasis UFS, melainkan eMMC 5.1. Maka waktu yang diperlukan untuk membuka aplikasi dan gim berat sedikit lebih lama.

Untungnya RAM LPDDR4x yang disematkan cukup besar, yakni 6 GB atau 8 GB. RAM yang cukup besar akan membantu kinerja CPU dalam melakukan loading.

realme C55 NFC

Untuk penggunaan sehari-hari, realme C55 NFC terasa lancar. Anda tidak akan menjumpai kendala berarti saat menggunakannya untuk membuka berbagai macam aplikasi sosial media, browsing, atau sekadar menonton video. RAM-nya yang besar membuat multi-tasking tidak tersendat.

Terdapat fitur Dynamic RAM untuk menambah RAM secara virtual hingga 8 GB. Namun, fitur tersebut rasa-rasanya tidak perlu diaktifkan mengingat RAM bawaan HP ini sudah besar.

Dalam uji game yang dilakukan Jagat Review, realme C55 NFC lancar menjalankan sederet judul. Mulai dari PUBG Mobile, COD Mobile Battle Royale, Mobile Legends, dan Subway Surfers. Sayangnya, tidak ada satu pun game yang bisa dimainkan pada frame rate 90 fps untuk memanfaatkan layar 90 Hz-nya.

PUBG Mobile dan COD mentok di 60 fps, sedangkan Mobile Legend berjalan di kisaran 58-60 fps. Adapun skor AnTuTu 9 realme C55 NFC HP ini berada di kisaran 250 ribuan. Sementara itu, skor single-core dan multi-core-nya di GeekBench 5 yakni 376 dan 1463.

5. Memori Besar, Punya Slot microSD

realme C55 NFC

Ukuran memori realme C55 NFC sudah sedikit dijelaskan pada poin performa. Ada varian 6 GB RAM dengan penyimpanan 128 GB, dan ada pula varian 8 GB RAM yang dipadu dengan penyimpanan internal 256 GB. Dua-duanya terbilang besar untuk sebuah HP 2 jutaan.

realme c55

Anda bisa memasang berbagai macam aplikasi. Tak perlu ragu juga saat mau menyimpan file seperti foto dan video dengan jumlah besar. Jika masih kurang, Anda bisa memanfaatkan slot microSD yang telah tersedia.

Tidak perlu mengorbankan salah satu kartu SIM karena slot microSD di HP ini sifatnya terdedikasi. Ia memliki ruang sendiri dan terpisah dari dua slot kartu SIM. Kartu microSD yang bisa dipasang maksimal berukuran 1 TB.

6. Tangkapan Kamera Oke

realme C55 NFC

realme C55 NFC mempunyai dua kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakangnya terdiri atas kamera utama 64 MP dengan bukaan f/1.79, serta kamera black/white 2 MP (f/2.4). Kamera depannya memiliki resolusi 8 MP yang bukaannya f/2.2.

Terdapat lampu flash untuk mendukung kamera utama. Fitur autofokus hanya ada buat kamera utama. Adapun kamera utama bisa merekam video hingga 1080p 60 fps, sedangkan kamera depan sampai 1080p 30 fps. Tidak ada fitur penstabil perekaman video di semua resolusi dan kamera.

Dalam contoh tangkapan yang sudah kami coba, realme C55 NFC sudah dapat menghasilkan foto yang oke baik kamera utama maupun kamera depan. Warna tidak terlihat lebay, detail cukup, dan rentang dinamisnya lumayan. Hasil itu berlaku pada kondisi pencahayaan yang cukup.

Dalam kondisi malam hari atau saat remang-remang, pastikan gunakan mode malam. Pada hasil yang ditampilkan kanal YouTube K2G, mode malam mampu meningkatkan hasil foto malam hari secara signifikan. Eksposur dan detailnya meningkat. Bahkan dalam beberapa contoh jepretan, flare juga dapat berkurang.

Beberapa contoh hasil tangkapan kamera realme C55 NFC bisa disimak berikut ini. Hasil ini dicoba langsung oleh kami, tim Carisinyal.

hasil kamera depan realme c55 nfc
hasil kamera depan realme C55 NFC
hasil kamera belakang realme c55
hasil kamera belakang realme C55 NFC
hasil kamera belakang realme c55
hasil kamera belakang realme C55 NFC
hasil kamera belakang realme c55
hasil kamera belakang realme C55 NFC

Untuk perekaman video, hasilnya biasa saja. Suara masih kurang oke karena HP ini hanya memiliki satu mikrofon. Videonya juga tidak stabil lantaran tidak ada fitur penstabil. Kendati demikian, video yang dihasilkan cukup baik di kondisi malam hari karena minim noise. Hasil rekaman pun terlihat lancar, tidak patah-patah.

7. Jenis Sensor Cukup Lengkap dan Ada NFC

realme C55 NFC

Jenis sensor yang disematkan pada realme C55 NFC terbilang lengkap. Ada akselerometer, proksimitas, cahaya, dan kompas. Ada juga sensor pemindai sidik jari yang letaknya di tombol power. Sayangnya, sensor giroskop HP ini jenisnya bersifat virtual, bukan fisik.

Itulah mengapa fitur penstabil rekaman video absen di HP ini. Giroskop virtual masih bisa dipakai pada game, tetapi tidak optimal juga karena tidak responsif. Tampaknya giroskop virtual ini hanya enak dipakai untuk mengetahui ke arah mana Anda menghadap ketika membuka aplikasi peta.

realme c55 nfc

Nah, yang menarik dari HP ini adalah punya konektivitas NFC, sebagaimana namanya. Akurasi NFC di HP ini sudah ditingkatkan. Anda bisa menempelkan seluruh sisi HP ini (360 derajat) ke perangkat target. Cek dan isi saldo e-money bisa dengan mudah dilakukan dengan realme C55 NFC.

8. Paket Penjualan Masih Disertai Charger

unboxing realme c55

Tidak ada pemangkasan aksesori dalam paket penjualan realme C55 NFC. Oleh sebab itu, konsumen masih memperoleh charger dengan output 33W. Selain charger, yang ada dalam kotak HP ini adalah ejektor kartu SIM, softcase, screen protector yang sudah terpasang, dan beberapa lembar dokumen.

Charger dan softcase adalah dua aksesori yang paling penting. Kalau dua aksesori itu sudah disediakan di paket penjualan, Anda tidak perlu repot-repot mencarinya dan keluar duit lagi. Mencari charger mungkin mudah, tapi tidak dengan softcase. Softcase yang sesuai biasanya akan hadir setelah suatu model HP sudah cukup lama beredar.

Kekurangan realme C55 NFC

Meskipun membawa sederet hal menarik, realme C55 NFC tetap bukan smartphone 2 jutaan yang sempurna. Beberapa poin berikut merupakan alasannya.

1. Tidak Ada IP Rating

realme c55

realme C55 NFC tidak memiliki sertifikasi ketahanan alias IP rating, setidaknya realme belum memberi konfirmasi. Maka tidak ada jaminan bahwa HP ini bakal aman digunakan apabila kemasukan debu dan terkena cipratan air.

Oleh karena itu, jika sudah mantap memilih HP ini, sebaiknya Anda menggunakannya dengan hati-hati. Usahakan memakai si ponsel di lingkungan yang aman demi menjaga keawetannya.

2. Baterai 5000 mAh yang Kurang Awet

realme C55 NFC

Kapasitas baterai realme C55 NFC memang cukup besar di 5000 mAh. Lumrah untuk standar smartphone zaman sekarang. Hanya saja, baterai besar tidak sama dengan daya tahan baterai bagus.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh Jagat Review, baterai HP ini hanya bisa bertahan dalam waktu 16 jam 38 menit untuk skenario pemutaran video lokal (1080p 30 fps). Hasil ini kurang memuaskan karena umumnya HP dengan baterai 5000 mAh paling tidak bisa mencapai 20 jam.

Untungnya mengisia baterai realme C55 NFC tidak makan waktu terlalu lama. Dengan charger bawaan, mengisi baterainya dari kondisi kosong sampai penuh memerlukan waktu 1 jam 13 menit saja.

3. Tidak Ada Kamera Ultrawide

realme C55 NFC

Ketiadaan kamera ultrawide sepertinya menjadi tren buat smartphone kelas entri dan kelas menengah terjangkau keluaran 2023. Fenomena ini pun terjadi pada realme C55 NFC. Praktis hanya ada satu kamera fungsional di bagian belakang.

Tidak ada kamera ultrawide berarti membuat Anda tidak bisa menciptakan foto dengan sudut lebar. Keputusan menghilangkan kamera ultrawide sebenarnya memiliki alasan kuat. Salah satunya adalah demi menekan biaya produksi pada HP kelas entri dan kelas menengah terjangkau.

Dua HP segmen itu memang memiliki margin keuntungan yang relatif tipis. Sementara harga komponen seperti SoC sedang tinggi-tingginya. Karena itu, supaya harga jualnya tidak melambung, beberapa fitur mesti dipangkas. Kamera ultrawide pun jadi korbannya.

4. Speaker Stereo Absen

realme C55 NFC

Speaker dengan konfigurasi stereo juga absen di realme C55 NFC. Lagi-lagi keputusan ini kemungkinan besar ada kaitannya agar harga jual produk tetap terjangkau. Jumlah speaker HP ini hanya satu, letaknya di bawah dan berdekatan dengan port USB C.

Menurut Jagat Review, kualitas suara speaker HP ini sudah mencukupi di kelasnya. Terdapat fitur UltraBoom Speaker untuk meningkatkan kelantangan suara. Cara mengaktifkannya yakni dengan memencet tombol volume up saat volume speaker sudah mencapai 100%.

5. Ada Iklan dan Bloatware

realme C55 NFC

realme C55 NFC datang dengan sistem operasi Android 13 yang dilapis antarmuka realme UI 4.0. Sebuah kabar baik karena ia datang dengan sistem operasi yang up-to-date. Kendati demikian, ada beberapa catatan dari software HP ini.

Pertama, bloatware alias aplikasi prainstalnya lumayan banyak. Anda akan menjumpai aplikasi seperti LinkedIn dan GetContact yang mungkin saja tidak Anda perlukan. Untungnya, mayoritas bloatware bisa di uninstall.

Kedua, iklan di HP ini muncul di berbagai tempat. Keberadaan iklan merupakan suatu hal yang wajar buat HP murah. Ikuti cara mematikan iklan di HP realme supaya Anda memperoleh pengalaman pakai yang lebih nyaman.

Simpulan

realme C55 NFC hadir secara resmi di Indonesia per 7 Maret 2023. HP ini dibanderol dengan harga Rp2.499.000 buat varian 6/128 GB dan Rp2.999.000 untuk varian 8/256 GB.

realme dan seluruh produsen HP memang sedang menghadapi situasi yang sulit. Harga komponen sedang mahal, sedangkan mereka harus bisa menghadirkan HP yang kompetitif di segmen terjangkau.

Opsi yang realme ambil adalah memangkas beberapa hal yang dianggap tidak terlalu penting demi meningkatkan aspek-aspek tertentu. Hasilnya adalah realme C55 NFC. HP ini unik karena lain daripada HP realme C Series sebelumnya.

Desain cantik yang dapat berubah warna dan punch hole adalah buktinya. Aspek seperti layar lebar, tangkapan kamera oke, memori yang besar, paket penjualan lengkap jadi hal menarik lain yang dimiliki HP ini. Ia pun punya fitur "Mini Capsule" yang sifatnya build-in, bukan software dari pihak ketiga.

Hanya saja, Anda tidak akan menjumpai hal seperti IP rating, kamera ultrawide, dan speaker stereo di HP ini. Jika hal tersebut bukan masalah besar, realme C55 NFC tetap layak dipertimbangkan. Bagaimanapun, HP ini merupakan salah satu pilihan menarik untuk sebuah HP terjangkau yang hadir pada 2023.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram