carisinyal web banner retina

6 Perbedaan realme C55 NFC dan realme C65

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

realme C65 hadir resmi di Indonesia pada 2 Mei 2024. Ponel yang pertama kali hadir secara global di Vietnam ini menawarkan sektor kamera yang menarik di kelasnya. HP ini juga menawarkan fitur Mini Capsule yang sudah diterapkan pertama kali di realme C55 NFC.

Yang menarik, kedua ponsel berada di kelas harga yang sama, Rp2 jutaan.

Tentu, masih ada perbedaan lain dari realme C55 NFC dan realme C65 yang menarik untuk dibahas. Nah, silakan simak beberapa perbedaan realme C55 NFC dan realme C65 setelah informasi spesifikasi berikut.

Spesifikasi realme C55 NFC

realme C55
Layar IPS LCD 6.72 inci
Chipset MediaTek Helio G88
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (monochrome)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi realme C65

realme C65
Layar IPS LCD 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G85
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Perbedaan realme C55 NFC dan realme C65

Berada di kelas harga yang sama, realme C55 NFC dan realme C65 sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan. Keduanya jadi HP yang patut dipertimbangkan di kelas entry. Berikut beberapa perbedaan realme C55 NFC dan realme C65.

1. Desain Baru Lebih Minimalis

realme c65

Perbedaan yang paling kentara dari kedua HP ini ada pada desainnya, terutama di bagian belakang. realme tampaknya membawa perubahan cukup besar pada modul kameranya. Sebelumnya, realme secara konsisten menggunakan modul persegi dengan kamera bulat atau boba yang disusun zig-zag.

Sementara itu, realme C55 NFC menggunakan desain modul persegi dengan dua lingkaran besar sebagai tempat kameranya. Modulnya ini tidak menonjol, tapi memiliki tekstur lebih mengkilap dari bodinya. Elemen tersebut masih dipertahankan oleh realme pada realme C65.

Namun, modul yang digunakan realme C65 ini memanjang ke bawah dan menempel pada tepi bagian kiri dan atas. Susunan kameranya ini dibuat lurus vertikal dengan ukuran lingkaran terbilang kecil. Sekilas Saya teringat pada HP Samsung tapi tanpa modul di bagian bawahnya.

Untuk warnanya, realme C55 NFC menawarkan bodi yang menggunakan kombinasi beberapa warna sekaligus. Varian signature-nya yaitu Sunshower mampu mengubah warna bodi bagian belakangnya. Bukan hanya satu atau dua, tetapi tiga warna sekaligus. Hal ini disebabkan karena adanya proses Glitter Sand yang digabungkan dengan tekstur ganda canggih.

Sementara itu, realme C65 menawarkan warna yang terinspirasi dari kilauan cahaya bintang. Polanya ini menggunakan proses 7 lapis 300nm sehingga memberikan kesan seperti langit yang penuh bintang. realme menamai varian signature-nya ini dengan sebutan Nebula Ungu.

Tidak hanya soal kecantikan desain saja, realme C65 juga terbilang lebih nyaman digenggam dengan satu tangan. Ketebalan bodinya hanya 7,64 mm dengan berat 185 gram. Sedangkan realme C55 NFC sedikit lebih tebal yaitu 7,89 mm dengan berat 189,5 gram.

Selain itu, realme C65 juga sudah dibekali sertifikasi IP54 untuk ketahanannya. Sertifikasi ini membuatnya tahan debu dan percikan air. Keberadaan sertifikasi tersebut sudah cukup baik, mengingat realme C55 NFC tidak memilikinya sama sekali.

2. Kemampuan Layar dan Mini Capsule

realme c65

Berbicara soal layar, realme C55 NFC tampaknya masih lebih unggul dibandingkan realme C65. Misalnya ukuran layar realme C55 NFC sedikit lebih luas yaitu 6,72 inci, cocok untuk aktivitas multimedia seperti menonton. Apalagi desain bezel-nya ini sudah cukup tipis dengan rasio layar ke bodi 86,7 persen.

Sedangkan realme C65 memiliki layar berukuran 6,67 inci. Jika diperhatikan lebih dekat, bezel-nya ini terlihat sedikit lebih tebal, rasio layar ke bodinya hanya mencapai 85,6 persen. Meski begitu, jenis panel yang digunakan masih sama saja yaitu IPS LCD yang sesuai dengan kelasnya.

Agar penggunaannya jadi lebih nyaman, realme C55 NFC menawarkan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel. Ketajamannya sudah cukup baik dengan kecerahan layar puncak di 680 nit. Meski berada di harga yang sama, realme C65 justru masih menggunakan resolusi HD+ atau 720 x 1604 piksel saja.

Untuk fitur lainnya, realme C55 NFC dan realme C65 ini sama-sama dibekali refresh rate 90 Hz yang cukup nyaman. Selain itu ada fitur Mini Capsule ala Dynamic Island milik iPhone yang cukup menarik.

Fitur ini pertama kali diperkenalkan untuk HP Android oleh realme C55 NFC dengan nama Mini Capsule. Seiring perkembangannya, sudah banyak HP Android lain yang menawarkan fitur ini, tapi dengan nama yang berbeda. Misalnya Infinix dengan Magic Ring, itel dengan Dynamic Bar, dan Tecno dengan Dynamic Port.

Menariknya, realme sudah mengembangkan fitur Mini Capsule pada realme C65 menjadi Mini Capsule 2.0. Terdapat beberapa pembaruan terkait tampilan atau fungsinya yang jadi lebih interaktif. Misalnya tidak hanya aktif saat mengisi daya atau notifikasi pesan saja, tapi juga aktivitas lain seperti mendengarkan musik, informasi cuaca, pengingat, dan sebagainya.

Selain itu, terdapat fitur eksklusif yang disematkan bernama Airless Gestures AI. Fitur ini akan membantu mengontrol pergerakan atau perintah tanpa menyentuh HP, cukup dengan gestur tangan yang diarahkan ke kamera depan saja.

realme c65

Terdapat beberapa gestur yang sudah bisa dibaca oleh fitur Airless Gestures AI ini. Misalnya untuk menjawab panggilan, Anda tinggal menggerakkan tangan ke atas dengan jarak sekitar 20–40 cm dari kamera depan. Anda juga bisa mengarahkan telapak tangan ke depan kamera selama 1,5 detik untuk membisukan panggilan.

Fitur Airless Gesture AI juga bisa digunakan untuk menjelajah di media sosial. Anda bisa melakukan gerakan ke atas atau ke bawah di depan kamera (seperti untuk menjawab panggilan) untuk menggulir (men-swipe) video yang ditampilkan, seperti pada TikTok atau Reels Instagram.

3. Helio G88 vs Helio G85

Ilustrasi chipset Helio G88

Meski sebagai HP kelas entry dengan harga murah, realme C55 NFC dan realme C65 tidak hanya menawarkan penggunaan untuk kebutuhan basic saja, tetapi juga aktivitas multimedia atau hiburan lainnya juga. Bahkan sudah bisa untuk main game kasual dengan nyaman.

Kedua HP realme ini sama-sama mengandalkan chipset buatan MediaTek, tapi dengan seri berbeda. realme C55 NFC mengandalkan chipset Helio G88, sedangkan realme C65 menggunakan seri di bawahnya yaitu Helio G85. Meski begitu, keduanya ini ternyata memiliki performa yang tidak jauh berbeda.

Bahkan chipset Helio G88 dan Helio G85 memiliki rancangan struktur yang sama. Keduanya dibangun pada proses fabrikasi 12 nm yang dengan prosesor octa-core. Prosesor tersebut terdiri dari dua core Cortex A75 dengan frekuensi 2 GHz untuk performa. Sedangkan enam core lainnya menggunakan Cortex A55 dengan frekuensi 1,8 GHz untuk efisiensi dayanya.

Selain itu, kedua chipset ini juga didukung oleh GPU Mali G52 MC2 dengan frekuensi 1000 MHz. Jika dilihat, tidak ada perbedaan mengenai rancangan kedua chipset ini. Satu-satunya yang berbeda adalah maksimal resolusi kamera yang bisa  ditampung. Helio G88 sudah mendukung resolusi kamera utama hingga 64 MP, sedangkan Helio G85 hanya 48 MP saja.

Lantas, apakah kedua chipset ini memiliki performa yang sama ketika melewati serangkaian pengujian Benchmark?

Menurut database yang ada pada Nanoreview, chipset Helio G88 ini ternyata memiliki performa yang sedikit lebih unggul dibandingkan Helio G85. Ketika diuji menggunakan Benchmark AnTuTu v10, Helio G88 berhasil meraih skor 269.626 poin. Sedangkan Helio G85 berada sedikit di bawahnya dengan skor 265.219 poin.

Kemudian melalui GeekBench 6, Helio G88 lagi-lagi sedikit lebih unggul dengan dengan skor 425 poin untuk single-core dan 1355 poin untuk multi-core. Sedangkan Helio G85 meraih skor 413 poin untuk single-core dan 1332 poin untuk multi-core-nya.

4. Kemampuan Kamera

realme c65

Salah satu sektor lain yang cukup diandalkan dari keduanya adalah kamera. Dalam hal ini, realme C55 NFC memiliki resolusi kamera utama lebih besar yaitu 64 MP (f/1.79). Tidak heran kamera ini dinamakan camera champion atau juaranya kamera di kelas harganya. Selain kamera utama, di belakangnya juga dilengkapi dengan kamera depth/monokrom 2 MP (f/2.4).

Berkat resolusinya yang tinggi tersebut, HP ini mampu menghasilkan rekaman kamera yang baik. Resolusi yang berhasil dicapainya adalah 1080p dengan 60 fps sehingga pergerakannya terlihat mulus. Kemudian di bagian depan terdapat kamera selfie berukuran 8 MP (f/2.2).

Sementara itu, realme C65 dibekali kamera utama 50 MP (f/1.8) saja, sedikit lebih kecil jika hanya melihat angka resolusinya. Kemudian dilengkapi oleh kamera depth yang juga 2 MP (f/2.4). Perbedaan lainnya adalah HP ini hanya mampu mencapai resolusi 1080p dengan 30 fps saja untuk perekaman videonya.

Sedangkan di kamera depannya tidak ada yang berbeda. realme C65 juga hanya menggunakan kamera selfie 8 MP (f/2.05) dengan perekaman video 1080p 30 fps saja.

5. Teknologi Pengisian Cepat

realme c65

realme C65 menawarkan fitur pengisian daya yang lebih cepat yaitu 45W. Sedangkan realme C55 NFC hanya 33W saja yang bisa mengisi daya hingga penuh dalam 63 menit. Mengingat kapasitas baterai keduanya sama yaitu 5000 mAh, realme C65 bisa mengisi daya hingga penuh lebih cepat.

Untuk NFC, meski tidak ada embel-embel NFC di namanya, realme C65 punya fitur NFC serupa dengan realme C55 NFC. Sayangnya, realme C65 dan realme C55 NFC sama-sama tidak memiliki sensor gyroscope hardware. Keduanya hanya memakai virtual gyroscop yang punya respons sedikit lambat atau delay. Cukup mengganggu saat digunakan untuk bermain game.

6. Harga dan Ketersediaan

realme C55 NFC

realme C55 NFC hadir di Indonesia pada Maret 2023 dan sempat mengundang banyak perhatian. HP ini menawarkan tiga varian warna yang menarik yaitu Sunshower sebagai signature-nya, Rainy Night, dan Rainforest.

realme C55 NFC menawarkan dua varian memori  yang bisa dipilih. Yaitu dengan RAM 6 GB dan internal 128 GB dengan harga rilis Rp2,4 jutaan. Serta varian RAM 8 GB dan internal 256 GB dengan harga rilis Rp2,9 jutaan. Saat artikel ini dibuat, realme C55 NFC sudah mengalami penurunan harga, bahkan Anda bisa menemukan toko online yang menjualnya mulai dari Rp2 jutaan saja.

realme C65 dirilis pada 2 Mei 2024. HP ini menawarkan dua varian warna yang tidak kalah menarik yaitu Starlight Purple sebagai warna signature-nya dan Starlight Black.

realme C65 hadir dengan dua varian, Varian pertama adalah RAM 8 storage 128 GB dengan harga Rp2.399.000. Sementara varian satu lagi adalah RAM 8 GB storage 256 GB yang dibanderol dengan harga Rp2.799.000.

Simpulan

realme C65 menjadi salah satu HP realme kelas entry yang cukup menarik. Harganya tidak jauh berbeda dengan realme C55 NFC yaitu Rp2 jutaan saja. Dengan harganya yang murah, kedua HP ini menawarkan kemampuan kamera yang sudah cukup baik.

Selain itu, realme juga tampaknya sudah menyempurnakan fitur Mini Capsule pada realme C65. Bahkan, tidak hanya tampilan dan fungsinya saja, fitur ini juga sudah bisa membaca gesture untuk mengontrol HP tanpa menyentuh layar sama sekali. Fitur Mini Capsule ini pertama kali diperkenalkan oleh realme C55 NFC ala Dynamic Island milik iPhone.

Soal performa, keduanya bisa dibilang tidak jauh berbeda. Apalagi sama-sama menggunakan chipset dari MediaTek yaitu Helio G85 dan Helio G88. Kapasitas memorinya juga sama, termasuk baterai yang akan menjamin durasi pemakaian HP.

Bedanya, realme C65 ini dibekali fitur pengisian daya yang lebih cepat yaitu 45W, sedangkan realme C55 NFC hanya 33W saja.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara realme C55 NFC dan realme C65. Mana HP kelas entry milik realme yang paling cocok dengan kebutuhan Anda? Apakah realme C55 NFC atau realme C65? Silakan tulis jawaban dan alasannya di kolom komentar, ya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram