Carisinyal / Realme 2020 / Inilah 8 Perbedaan Utama Antara Realme 7, Realme 7i dan Realme 7 Pro

Inilah 8 Perbedaan Utama Antara Realme 7, Realme 7i dan Realme 7 Pro

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Realme selaku brand yang memerhatikan selera pasar Indonesia telah merilis seri selanjutnya dari seri angka, yakni Realme 7, Realme 7i dan Realme 7 Pro. Ketiga HP ini digadangkan sebagai trend-setter di segmen harga menengah, menghadirkan fitur yang umumnya hanya dimiliki oleh segmen harga yang lebih mahal.

Mengikuti sistem penomoran Realme, penambahan huruf “i” pada nama Realme 7i menandakan bahwa ponsel tersebut adalah versi yang lebih ringan dibandingkan Realme 7. Sementara untuk varian Realme 7 Pro, bisa dibilang punya beberapa peningkatan dibanding dua seri lainnya. Seberapa jauh perbedaan di antara ketiganya? Berikut kami sajikan perbedaan Realme 7, Realme 7i dan Realme 7 Pro yang layak diketahui.

Spesifikasi Realme 7

Realme 7

  • Rilis: September, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G95 (12 nm)
  • GPU: Mali G76 MC4 (900 MHz)
  • RAM:  6 GB dan 8 GB
  • Memori Internal: 64 GB dan 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang:  64 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Realme 7i

  • Rilis: September, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci
  • Chipset: MediaTek Snapdragon 662 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 4 GB dan 8 GB
  • Memori Internal:  64 GB dan 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang:  64 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Realme 7 Pro

Realme 7 Pro

  • Rilis: September 2020
  • Layar: Super AMOLED 6.4 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM:6 GB dan 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 64 MP, 8 MP, 2 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Realme 7, Realme 7i dan Realme 7 Pro

Manakah di antara ketiganya yang layak Anda pilih? Inilah beberapa poin perbedaan antara Realme 7, Realme 7i dan juga Realme 7 Pro yang cukup mencolok.

1. Layar

realme 7i 90hz

Baik Realme 7 maupun Realme 7i menghadirkan ukuran layar 6,5 inci. Layar terlihat memenuhi seluruh sisi dengan bezel yang minim. Realme 7 sudah dibekali dengan resolusi Full HD+ alias 1080 x 2400 piksel, Realme 7i yang merupakan versi ringannya hanya menghadirkan resolusi layar HD+, tepatnya 720 x 1600 piksel. Kerennya lagi, layar Realme 7 dan Realme 7i sudah dibekali refresh rate 90Hz.

Penerusnya, Realme 7 Pro, dibekali dengan layar berukuran 6,4 inci, dengan resolusi yang tak jauh berdeda dari Realme 7. Sayangnya, refresh rate dari layar Realme 7 Pro berada di angka 60 Hz saja. Meski begitu, kualitas layarnya bagus dan tajam, karena sudah menggunakan panel Super AMOLED.

Secara keseluruhan, tentu layar dari HP Realme 7 dan Realme 7 Pro terbilang nyaman untuk digunakan ragam jenis aktivitas seperti menonton film dan bermain game. Begitu pun dengan HP Realme 7i. Walau pun resolusi tak sebaik dan setajam dua saudaranya, kehadiran refresh rate 90 Hz dengan touch sampling rate 120 Hz pada layarnya ini menjadi nilai plus tersendiri bagi Realme 7i.

2. Chipset

realme 7 helio g95

Nah, sekarang kita bahas tentang chipsetnya. Realme 7 mengusung chipset Helio G95, dan Realme 7i menggunakan chipset Snapdragon 662. Keduanya merupakan yang pertama menggunakan chipset Helio G95 dan Snapdragon 662. Berbeda dari dua saudaranya, Realme 7 Pro dibekali dengan chipset Snapdragon 720G.

Chipset Helio G95 yang ada pada Realme 7 ini sendiri tergolong chipset yang paling berperforma untuk ponsel di kisaran harga Rp3 jutaan. Helio G95 mengandalkan prosesor 8 inti yang mencakup dua buah ARM Cortex A76 berkecepatan 2.05 GHz, serta enam buah ARM Cortex A55 dengan clock speed 2.0 GHz.

Beralih ke Realme 7i. Penggunaan chipset Snapdragon 662 sebenarnya terasa kurang mantap karena performanya saat bermain game berat terasa tersendat. Snapdragon 662 ini ditanamkan melalui proses manufaktur 11 nm, mengandalkan konfigurasi octa core yang terdiri dari Kryo 260 Gold (berbasiskan ARM Cortex A73) sebanyak 4 buah dan Kryo 260 Silver (berbasiskan ARM Cortex A53) sebanyak 4 buah.

Lalu, bagaimana dengan Realme 7 Pro? Serupa dengan Realme 7i, HP ini juga menggunakan chipset Snapdragon besutan Qualcomm. Bedanya, Realme 7 Pro sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 720G.

Berdasarkan uji benchmark Geekbench 5 yang dilansir dari Nano Review, Helio G95 meraih skor yang cukup unggul di angka 516 poin (single core). Sedangkan untuk uji coba multi-core, chipset ini mendapatkan skor 1637. Snapdragon 662 menghadirkan skor yang lebih rendah dari kedua uji percobaan, yakni 323 poin untuk single core dan 1401 untuk multi-core.

Chipset Snapdragon 720G yang ditanamkan pada Realme 7 Pro membuat HP ini memperoleh peningkatan skor dibanding Realme 7 dan Realme 7i. Dari pengujian Geekbench 5  yang  dilakukan oleh JagatReview, HP ini meraih skor sebesar 573 untuk single-core, dan 1703 untuk multi-score-nya.Dari sini dapat disimpulkan bahwa Realme 7 Pro dan Realme 7 memiliki performa yang tak jauh berbeda, namun tentu lebih baik ketimbang Realme 7i.

3. Kamera dan Perekaman Video

realme 7i quad camera

Merk Realme juga tidak pernah lupa menawarkan kamera dengan hasil memuaskan, baik itu pemotretan maupun perekaman video. Realme 7, Realme 7i dan Realme 7 Pro sama-sama membawa quad camera di bodi belakang dengan konfigurasi lensa 64 MP f/1.8 (lebar), sensor ultrawide 8 MP f/2.3, kamera makro 2 MP f/2.4, dan terakhir adalah sensor bokeh 2 MP f/2.4.

Sementara untuk kamera depannya, Realme 7 Pro hadir dengan lensa yang lebih besar, yakni 32 MP. Sedangkan kedua saudaranya masih menggunakan lensa 16 MP.  Hasil foto kamera depan maupun belakangnya sama-sama memiliki kualitas yang bagus.

Bicara soal kemampuan merekam video, baik Realme 7 dan Realme 7 Pro lebih unggul ketimbang Realme 7i. Kenapa? Karena keduanya sudah mendukung perekaman dengan resolusi [email protected] Sedangkan Realme 7i hanya mampu merekam video dengan kualitas maksimum [email protected] Realme 7 tetap lebih unggul dari sisi perekaman.

Sebab, perangkat ini sudah mendukung perekaman video dengan resolusi [email protected] fps.Sudah tentu, bahwa hasil perekaman video dari Realme 7 dan 7 Pro punya kualitas yang lebih baik dari Realme 7i. Meski begitu, Realme 7i sama-sama bisa diandalkan untuk melakukan perekaman video dalam keseharian.

4. Kehadiran NFC

realme 7 nfc

Satu fitur yang cukup jarang dihadirkan Realme pada seri angkanya adalah NFC. Itulah yang menyebabkan begitu banyak fans Realme yang mengapresiasi kedatangan Realme 7.


Sebab, ponsel tersebut menghadirkan NFC di pasar Tanah Air, sebuah hal yang tidak pernah terjadi dalam sejarah Realme seri angka. Malahan, fitur NFC ini dihadirkan di Indonesia secara eksklusif – Realme 7 di negara-negara lainnya justru tidak kebagian NFC.

FYI, fiitur canggih ini juga dihadirkan di Realme 7 Pro. Dan seperti yang sudah diduga sebelumnya, sebagai varian paling ringan dari seri ini, Realme 7i belum didukung fitur NFC seperti dua saudaranya yang lain.

5. Posisi Sensor Sidik Jari

realme 7i dimensi

* sumber: selular.id

Realme 7, Realme 7i dan Realme 7 Pro tentu sudah menyediakan fitur pembukaan kunci layar berupa Face Unlock dan sensor sidik jari. Ketimbang membuka layar pakai PIN atau pattern, sensor sidik jari memudahkan Anda untuk membuka kunci layar dengan cepat dan aman. Nah, yang berbeda dari Realme 7 Realme 7i dan Realme 7 Pro adalah letak sensor sidik jarinya.

Pada Realme 7, fingerprint scanner digabung dengan tombol Power, sehingga letaknya di samping kanan bodi. Sedangkan letak sensor sidik jari Realme 7i berada di bagian belakang bodi.

Berbeda dari kedua seri sebelumnya, Realme 7 Pro mengusung sensor sidik jari di layar atau under-display fingerprint. Hal ini tidak lepas dari teknologi layar Super AMOLED yang dibawanya.

Ketiga perbedaan letak ini tentu tergantung selera Anda. Ada yang lebih suka dengan peletakkan di belakang, ada juga yang lebih suka di samping atau bahkan di dalam layar.

Realme 7 yang mengusung side-mounted fingerprint scanner lebih mudah diraih oleh jari, dan juga terasa lebih natural. Selain itu, hal ini membuat tampilan desain bodi belakangnya terlihat lebih bersih.

Kalau Realme 7i, secara teori pemindainya lebih secure karena menawarkan area pemindaian yang lebih luas. Sehingga, ia mampu melacak keseluruhan sidik jari alih-alih hanya sebagian kecil seperti sensor side-mounted.

Dan sensor sidik jari dari Realme 7 Pro tentu menjadi kelebihan tersendiri. Selain cenderung responsif, peletakkan sensor sidik jari di layar ini juga memberikan kesan modern dan futuristik.

6. Kemampuan Fast Charging

realme 7i baterai

Untuk menghasilkan durasi pemakaian yang panjang, Realme 7 dan Realme 7i mengemas baterai berkapasitas 5.000 mAh yang bisa bertahan selama seharian penuh. Sementara Realme 7 Pro dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh.

Bedanya, Realme 7 Pro sudah mendukung SuperDraft charging dengan kecepatan hingga 65 W. Ini tentu merupakan fitur yang luar biasa yang dimiliki HP kelas menengah. Dengan adanya teknologi ini, Anda hanya memerlukan waktu sekitar setengah jam saja untuk mengisi baterai Realme 7 Pro sampai penuh.

Nah, kalau Realme 7 Pro sudah didukung fast charging 65 W, Realme 7 hanya didukung kecepatan cas 30 W saja. Artinya, Anda membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengisi daya baterai HP sampai penuh.

Seolah tak mau kalah, Realme 7i pun punya fitur fast charging, tapi dengan daya 18W. Sehingga, durasi pengecasannya pun memang tidak secepat Realme 7 apalagi Realme 7 Pro.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan BeritaGadget dalam videonya, Realme 7i tercatat mampu diisi dari 19% hingga penuh dalam waktu dua setengah jam. Perbedaan ini sangat jomplang, Anda memang lebih baik menggunakan Realme 7 atau Realme 7 Pro kalau tidak sabar menunggu HP dicas lama-lama.

7. Desain Bodi

realme 7 bodi

Walau sama-sama mengusung angka 7 di judulnya, rupanya ketiga ponsel ini memiliki desain bodi yang berbeda. Pertama-tama, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak ada penampakkan sidik jari pada bodi belakang Realme 7. Modul kameranya pun didesain dalam bentuk vertikal di pojok kiri atas.

Sementara pada Realme 7i, ada sensor sidik jari di belakang beserta modul kamera yang sedikit lebih “gemuk”. Realme 7 Pro juga mengusung modul kamera belakang yang tak jauh berbeda dari Realme 7i.

Lalu, pada Realme 7 dan Realme 7 Pro, ada garis melintang yang berfungsi untuk memisahkan dua tone warna, posisinya pun vertikal. Sedikit berbeda dengan Realme 7i yang garisnya dibuat diagonal dan bersinggungan dengan sensor sidik jarinya.

Ketiganya juga sama-sama mengusung material berbahan plastik keras alias polikarbonat yang dibuat tampak seperti lapisan kaca. Bedanya, Realme 7 dan 7 Pro sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland sebagai ponsel yang memiliki ketahanan yang bagus di segala kondisi.

Hebatnya lagi, bodi Realme 7 Pro sudah punya ketahanan terhadap cipratan air, berkat tiga lapisan tahan air yang dimilikinya.  Selain desain bodi, pilihan warna yang dihadirkannya pun berbeda. Realme 7 menyediakan dua pilihan antara Mist Blue dan Mist White.

Sedangkan, Realme 7i menghadirkan warna yang terinspirasi dari Kutub Utara dan keindahan kilauan cahaya aurora, yakni Polar Blue dan Aurora Green.

Dan Realme 7 Pro mempunyai pilihan warna yang nggak kalah kece, yakni Mirror Blue dan Mirror Silver. Ketiganya sama-sama terlihat flashy dengan efek visual cahaya, sehingga memberikan kesan mewah dan premium.

8. Speaker

realme 7 pro stereo speaker

Satu lagi perbedaan lain yang bisa ditemukan pada ketiga seri Realme 7 ini ada di sektor speaker. Berbeda dari kedua saudaranya yang lain, Realme 7 Pro sudah mengantongi stereo speaker. Kehadiran stereo speaker di bagian bawah dan atas HP ini tentu membuat kualitas suara yang dihasilkan terdengar lebih kencang dan mantap.

Simpulan

Itu tadi beberapa perbedaan yang bisa Anda temukan pada Realme 7, Realme 7i dan Realme 7 Pro. Selain poin-poin di atas, tentu perbedaan lainnya pun terletak pada harga. Realme 7 dibanderol dengan harga Rp3.999.000,-,  Realme 7i memiliki harga Rp3.199.000,- dan Realme 7 Pro dibanderol dengan harga yang lebih tinggi, yakni Rp4.999.000,-. Perbedaan harganya inilah yang menyebabkan Realme 7i lebih sederhana dari segi spesifikasi dan performa jika dibandingkan dengan dua saudaranya yang lain.

Tapi hebatnya, di harga Rp3 jutaan pas Realme 7i sudah menghadirkan laju penyegaran 90 Hz. Memang tidak salah kalau kedua HP ini dinobatkan sebagai ponsel mid-range yang trendsetter.

Nah, jadi Anda lebih suka yang mana? Kalau ada budget berlebih, tentu kami rekomendasikan Realme 7 Pro dengan performa gaming cukup dahsyat dan sudah menghadirkan fast charging yang mumpuni, stereo speaker hingga fingerprint di layar.

Tapi, jika sudah puas dengan Realme 7 dan segala kelebihan serta kekurangan yang dibawanya, Anda bisa memesannya secara online melalui link ini.

Nah, kalau tidak begitu perlu NFC atau fingerprint di bawah layar, Anda pun bisa lebih berhemat dengan membawa pulang Realme 7i. Toh, perangkat ini masih lebih unggul ketimbang beberapa ponsel lain di harga yang sama. Dapatkan Realme 7i melalui link ini. Siap menjadi trendsetter?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *