Carisinyal / Realme 2020 / Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme X50 Pro

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme X50 Pro

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang sudah tidak sabar memiliki ponsel flagship Realme pertama di Indonesia yang sudah dibekali 5G? Ini dia Realme X50 Pro, sebuah ponsel seharga Rp12.000.000,- yang sudah bisa dipesan secara online sejak tanggal 24 Agustus 2020.

Kehadiran ponsel ini sudah sewajarnya dinanti dengan penuh harap oleh penggemar Realme di seluruh dunia, karena fitur-fiturnya sangat seimbang di semua parameter. Apakah Realme X50 Pro memang sesempurna itu? Ya belum tentu juga. Karena itu, simak dulu kelebihan dan kekurangan Realme X50 Pro pada artikel ini.

Spesifikasi Realme X50 Pro

Realme X50 Pro 5G
  • Layar: 6,44 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi Layar: 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865
  • GPU: Adreno 650
  • Memori Internal: 256 GB, 12 GB RAM
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: Quad 64 MP + 12 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP + 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4200 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme X50 Pro

Jika Anda penasaran apa yang membuat Realme X50 Pro begitu menggiurkan, berikut kami sajikan beberapa poin kelebihan dari HP besutan Realme ini.

1. Layar Super AMOLED

layar realme x50 pro

Ponsel flagship Realme X50 Pro dijanjikan dapat menawarkan pengalaman menonton yang berkesan – hal ini berkat kecanggihan layarnya yang memiliki panel Super AMOLED dengan bentang layar 6,44 inci. Berkat panel Super AMOLED ini, rentang dinamis dan kontras warnanya pun lebih luas dan menghadirkan kualitas layar yang terang dan tajam.

Ketajaman layar juga turut dibantu oleh resolusinya yang sudah Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dan tersertifikasi HDR10+. Sementara itu, aspek rasio yang dimilikinya berada di angka 20:9 dengan kerapatan piksel sebesar 409 inci.

Menawarkan tampilan desain Dual Punch Hole Display, layar Realme X50 Pro sudah tentu tampil kekinian dengan bezelnya yang tipis dan mengusung rasio perbandingan bodi ke layar sebesar 92%.

Bagi Anda yang sudah berlangganan Netflix HD juga tidak akan kecewa dengan performa layar Realme X50 Pro, karena sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1 sehingga ponsel sudah memiliki izin untuk menampilkan kualitas HD pada layanan streaming seperti Netflix dan Amazon Prime.

Jangan khawatir layarnya redup saat dipakai pada siang hari, terutama saat di luar ruangan. Pasalnya, GSMArena mengungkapkan layar Realme X50 Pro dibekali tingkat kecerahan maksimal yang tinggi, yakni 525 nits saat mode manual dan 635 nits pada mode Auto. Layarnya ini juga menjadi rumah bagi sensor sidik jari dengan kecepatan sensor yang sangat cepat, yakni hanya 0,27 detik saja.

Soal ketahanan layar, Realme X50 Pro juga sangat unggul dengan menghadirkan lapisan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang dijamin membuat layarnya tahan banting dan goresan.

2. Refresh Rate 90 Hz

realme x50 pro laju penyegaran 90 hz

Layar yang bagus tidak hanya cocok dipakai menonton film, melainkan juga saat dipakai bermain game. Seperti layar Realme X50 Pro yang juga menghadirkan laju penyegaran 90 Hz.

Dengan begini, jumlah frame yang di-refresh setiap detiknya lebih banyak dan layarnya pun terlihat lebih mulus dan licin saat di-scroll atau pada saat menggerakkan karakter dalam game.

Sedangkan untuk sampling touch rate-nya, ponsel mutakhir ini juga mengantongi kecepatan 180 Hz yang membuatnya lebih responsif terhadap sentuhan jari dibandingkan ponsel-ponsel dengan kualitas layar yang standar.

3. Quad Camera

kamera realme x50 pro

Baik secara fisik maupun fitur software, kombinasi empat kamera belakang beserta dua kamera depan pada Realme X50 Pro termasuk salah satu yang terbaik di pasar HP high end. Kamera utamanya sendiri menghadirkan resolusi 64 MP dengan ukuran sensor 1/1.72 inci dan merupakan sensor bertajuk Samsung ISOCELL GW1.

Adapun sensor lainnya yang merupakan lensa telefoto berkekuatan 12 MP, kamera 8 MP untuk ultra lebar dan menangkap gambar secara makro, dan sensor hitam-putih berkekuatan 2 MP yang fungsinya menghadirkan foto bokeh.

Sayangnya, lensa 12 MP telefoto miliknya ini cuman bisa dipakai nge-zoom secara optik sebanyak 2X kali saja. Anda juga bisa melakukan zoom digital sebanyak 20X tapi kualitasnya tentu akan banyak berkurang. Nampaknya Realme X50 Pro tidak memusatkan fitur kameranya untuk keperluan pemotretan jarak jauh.

Untuk lebih mengoptimalkan hasil foto, ada fitur AI Color yang bisa meningkatkan saturasi warna dan rentang dinamis. Ada pula mode malam yang dinamakan Night Scape 3.0 yang sangat membantu dalam menghasilkan kualitas foto yang tajam pada kondisi minim pencahayaan.

Jika fitur mode malam ini dirasa belum cukup untuk menghasilkan foto terbaik yang diinginkan, Anda bisa menggunakan tripod. Pasalnya, ponsel ini memang memiliki Tripod Mode yang mengharuskan ponsel untuk tetap diam selama 50 detik untuk menangkap foto malam hari dengan exposure dan ketajaman yang mendekati sempurna.


Realme X50 Pro juga tidak akan mengecewakan dari segi perekaman video. Ponsel besutan Realme ini mendukung resolusi 4K dengan frame rate 30 dan 60 FPS. Untuk perekaman pada resolusi 1080p di kecepatan 30 FPS, tersedia fitur Ultra Steady untuk merekam adegan yang penuh aksi tanpa memperlihatkan banyaknya guncangan.

Di bagian depan terdapat lensa utama Sony IMX616 32 MP dengan ukuran sensor 1/2.8″ dan apertur f/2.5. Lensa utama ini memiliki fungsi wide-angle dengan sudut keluasan (FOV) sebesar 80 derajat. Juga, ada pula lensa ultra lebar 8 MP sebesar 1/4.0″ bagi Anda yang mau melakukan group selfie, memiliki FOV seluas 105 derajat.

Hasil kamera Realme X50 Pro juga sangat baik, entah itu untuk melakukan foto mode auto ataupun ultra lebar. Berikut adalah beberapa contoh hasil foto Realme X50 Pro.

Realme X50 Pro makro. * sumber: www.gsmarena.com

Realme X50 Pro Wide Angle. *sumber: https://www.youtube.com/watch?v=huqc67_W3qA (Digit)

Realme X50 Pro Tripod Mode. * sumber: www.gsmarena.com

Realme X50 Pro Night Scape. * sumber: www.gsmarena.com

4. Performa Tinggi dengan Snapdragon 865 5G

snapdragon 865 realme x50 pro

Realme X50 Pro yang hadir di Indonesia sudah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 865 (7 nm+) yang disertai modem 5G. Saat ponsel ini dirilis, Snapdragon 865 terbilang chipset yang terkuat sedunia, tentunya setelah Snapdragon 865+ yang terdapat pada ASUS ROG Phone 3.

Realme X50 Pro juga menghadirkan CPU octa-core dengan mencakup Kryo 585 berkekuatan 2.84 GHz, 3 buah varian dengan clock speed 2.42 GHz, dan 4 inti Kryo 585 1.8 GHz. Prosesor ini pun dilengkapi dengan GPU Adreno 650.

Sementara itu, Realme X50 Pro tentunya sudah dibekali sistem operasi Android 10 yang terbaru saat ponsel ini dirilis. Android 10 yang digunakannya menggunakan antarmuka realme UI 1.0. Nah, bagaimana performa ponsel ini dibandingkan dengan kompetitornya?

benchmark antutu 8 realme x50 pro

* sumber: www.gsmarena.com

Seperti yang terlihat, Realme X50 Pro layak dijajarkan dengan para “petinggi” ponsel flagship yang cukup merajai pasar seperti Samsung Galaxy S20, Huawei P40, dan juga OPPO Find X2 Pro.

Berdasarkan benchmark AnTuTu v8 yang dilansir dari GSMArena, Realme X50 Pro ini mampu meraih skor sebesar 592.447 poin, bahkan mengalahkan Samsung Galaxy S20 yang hanya menghadirkan skor 525.029 pada laju penyegaran 120 Hz.

Skor milik Realme X50 Pro sungguh hampir menyamai OPPO Find X2 Pro yang dulu sempat dinobatkan sebagai ponsel Android dengan performa tergahar sedunia. Padahal Realme X50 Pro ini memiliki selisih harga 3 juta murah dari OPPO Find X2 Pro.

Performa dari Realme X50 Pro juga semakin ditingkatkan berkat adanya sistem pendingin mutakhir. Realme menyebut sistem pendingin ini sebagai Vapor Cooling System yang terdiri dari lapisan grafit, vapor chamberthermal silica, dan copper foil. Dijamin, ponsel akan bertahan dipakai main game lebih lama tanpa cepat panas.

5. Dual Speaker dengan Dolby Atmos dan Hi-Res

dual speaker realme x50 pto

Lupa bawa headset saat berpergian? Tidak masalah, Realme X50 Pro punya speaker stereo yang kualitasnya oke punya, sehingga pengalaman menonton Netflix ataupun bermain game tetap terasa imersif.

Kedua speaker yang dimiliki ponsel ini terletak pada bagian atas dan bagian bawah. Kedua speaker ini dilengkapi sokongan 1216 Super Linear Speaker yang mampu membuat jangkauan suara lebih jauh lagi.

Serta, dual speaker ini pun sudah mengantongi sertifikasi dari Dolby Atmos dan juga Hi-Res. Pokoknya kualitas suara yang dihasilkan dari ponsel ini sungguh bukan kaleng-kaleng dan menawarkan volume yang balanced.

6. Fast Charging 65W

realme x50 pro fast charging

Tidak hanya bagus dari sisi speaker ataupun performa saja, Realme X50 Pro juga punya baterai yang tahan awet dan juga menghadirkan fitur pengisian daya yang sangat cepat. Dengan mengandalkan 65W SuperDart Flash Charge, ponsel ini diklaim mampu dicas dari 0% menjadi 100% hanya dalam waktu sekitar 35 menit. Sebuah durasi pengecasan yang mengagumkan.

Sementara itu, baterai tipe Li-Po milik Realme X5 Pro memiliki kapasitas sebesar 4.200 mAh dan menghadirkan ketahanan yang baik. GSMArena mengungkapkan baterai bisa bertahan saat dipakai  berselancar selama 13 jam atau menonton video selama 17 jam.

7. RAM dan Memori Internal Luas

ram internal realme x50 pro

Satu area lain yang unggul pada ponsel Realme X50 Pro adalah kehadiran memori internal dan RAM yang lebih dari cukup untuk menunjang segala aktivitas multitasking, dan mampu menampung ratusan aplikasi tanpa masalah. Hanya ada varian 256 GB dan RAM 12 GB untuk Realme X50 Pro yang hadir di Indonesia.

Teknologi UFS 3.0 pada memori internal membuat ponsel ini mampu dipakai loading game, menginstal aplikasi, atau memindahkan data dengan lebih cepat. Sementara itu, RAM-nya sudah mengusung tipe LPDDR5 yang jauh lebih unggul ketimbang LPDDR4X.

8. Desain Bodi Berkelas

desain bodi mewah realme x50 pro

Anda pun bisa tampil lebih kece berkat desain bodi Realme X50 Pro yang terlihat mewah dan berkelas. Ponsel ini menghadirkan cangkang belakang yang dibuat dengan Multiple Coating Technology.

Situs resmi Realme menyatakan kalau bodi ponsel ini dibuat secara khusus oleh perusahaan asal Korea Selatan bernama SKC, di man proses pembuatan ini memakan waktu selama 21 hari dengan 6 proses pengecatan.

Teknologi Multiple Coating ini rupanya tidak sendirian, karena Realme juga membekali AG Glass Technology yang ampuh dalam mengurangi emisi cahaya. Sehingga, pantulan cahaya dari bodi belakang Realme X50 Pro tidak norak dan memiliki tekstur doff yang lembut dan halus di tangan.

Untuk pilihan warnanya sendiri, Anda bisa menggunakan varian warna merah karat (Red Rust) dan juga hijau lumut (Moss Green). Keduanya memiliki corak yang tidak begitu mencolok dan terlihat bersih, terutama karena tidak ada sensor sidik jari di belakangnya. Oh iya, selain pada layar, bagian belakangnya juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5.

Kekurangan Realme X50 Pro

Selain kelebihan, Anda juga sebaiknya mencari tahu soal kekurangan Realme X50 Pro. Ya, HP ini tidak sempurna ada kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum membeli. Berikut beberapa kekurangannya.

1. Tidak Memiliki Rating IP

realme x50 pro (3)

Ingin bawa ponsel ke kolam renang? Sebaiknya pikir-pikir lagi, deh. Soalnya Realme X50 Pro ini tidak dibekali dengan rating IP manapun seperti kebanyakan ponsel lain di rentang harga yang serupa.

Biasanya di harga segini sudah bisa mendapatkan IP68 yang membuat ponsel tahan dari genangan air sedalam 1 meter selama 30 detik, dan juga menawarkan ketahanan paling kuat terhadap debu.

Tidak diketahui seberapa kuat ponsel ini terhadap percikan air ataupun saat HP terjatuh ke dalam kloset, tapi sebaiknya Anda lebih berhati-hati lagi agar Realme X50 Pro terhindar dari kerusakan akibat air.

2. Absennya Fitur Wireless dan Reverse Charging

realme x50 pro

Kalau Anda termasuk dari sebagian orang yang menyukai fitur wireless charging, sayangnya Anda tidak akan menemukan fitur ini pada Realme X50 Pro.

Sayang sekali, padahal fitur wireless charging sudah lumrah ditemukan pada ponsel-ponsel dengan rentang harga segini. Selain wireless charging, Anda juga tidak bisa menjadikan ponsel sebagai power bank.

Kalau fitur wireless dan reverse charging ini sebegitu pentingnya bagi Anda, sejauh ini Huawei P40 Pro series adalah pilihan terbaik yang bisa didapatkan dengan harga yang serupa.

Simpulan

Siapapun yang menyukai teknologi sudah sewajarnya terkesima dengan Realme X50 Pro. Soalnya, ponsel ini memang menawarkan kebolehan dari berbagai sisi, entah itu layar, pengecasan, performa, ataupun kamera.

Realme sebenarnya merupakan merk ponsel yang ditujukan untuk pasar entry-level karena walaupun murah tapi value-nya cukup tinggi. Rupanya semangat yang sama juga terbawa pada Realme X50 Pro – selisih harga di antara ponsel ini dan OPPO Find X2 Pro tidak mencegah Realme untuk menghadirkan performa yang hampir mendekati.

Nah, Anda tertarik membeli Realme X50 Pro ini? Ponsel 5G ini sudah bisa dibeli melalui link inilho! Nah, kelebihan apa saja dari Realme X50 Pro yang menjadi favorit Anda? Bagikan di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *