Inilah Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme 6 Pro

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Realme 5 dan Realme 5 Pro adalah dua ponsel dari Realme yang tergolong menarik. Kedua ponsel ini merupakan penerus dari Realme 3 dan Realme 3 Pro. Dan Realme 3 dan Realme 3 Pro adalah penerima "tongkat"dari Realme 2 dan Realme 2 Pro.

Tentu dengan skema seperti itu, seri selanjutnya, yakni Realme 6 dan Realme 6 Pro diharapkan dapat hadir untuk meneruskan kesuksesan produk Realme di pasaran, terutama di Indonesia. Namun, Realme sedikit mengubah strategirnya. Realme 6 bukanlah penerus dari Realme 5 dan Realme 6 Pro bukanlah penerus dari Realme 5 Pro.

Realme 6 justru diklaim Realme sebagai penerus dari Realme 5 Pro. Sementara, Realme 6 Pro hadir sebagai penerus dari Realme XT. Klaim ini jelas membuat kedua ponsel mengalami peningkatan, baik dari segi spesifikasi, maupun harga.

Lalu, apakah dengan peningkatan harga ini membuat ponsel tersebut menarik? Tentu untuk mengetahuinya, perlu dibahas apa saja hal-hal yang menarik alias kelebihan dan hal tidak menarik alias kekurangan dari ponsel ini. Karena, itu jangan lewatkan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Realme 6.

Sementara untuk kelebihan dan kekurangan dari Realme 6 Pro bakalan dibahas pada artikel kali ini. Seberapa menarik Realme 6 Pro ini? Apakah layak sebagai penerus dari Realme XT. Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan berikut ini!

Spesifikasi Realme 6 Pro

Realme 6 Pro

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: 6,6 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi Layar: 1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~399 ppi)
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang:  64 MP, 12 MP, 8 MP, 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP + 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4300 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Realme 6

Ternyata ada banyak kelebihan yang ada ditawarkan oleh Realme 6 Pro yang membuat ponsel ini layak dipilih. Apa sajakah kelebihan itu? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Desain Menakjubkan + Corning Gorilla Glass 5

Realme 6 Pro

Realme 6 Pro hadir dengan desain yang disebut Realme terinspirasi dari petir. Desain petir ini memang sangat mencolok dan menonjol di bagian belakang bodi Realme 6 Pro. Desain ini membuat Realme 6 Pro terlihat menakjubkan dan terkesan beda.

Apalagi bodi perangkat ini dibangun dengan kombinasi  frame metal dan 3D-glass di bagian belakang. Selain itu, ponsel ini juga sudah memakai layar yang dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5. Keberadaan pelindung Corning Gorilla Glass 5 membuat ponsel ini lebih menarik dan tahan terhadap goresan.

Satu fitur menarik lainnya yang tetap dipertahankan adalah kemampuan ponsel dari cipratan air. Fitur ini bukanlah hal baru karena Realme 5 Pro juga memilikinya. Hanya saja Realme XT tidak memiliki fitur ini.

2. Daya Tahan Baterai yang Lama

Realme 6 Pro

* sumber: www.smartprix.com

Realme 6 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh. Jika dibandingkan dengan Realme XT, kapasitas baterai ini tergolong besar. Realme XT hanya memiliki baterai dengan kapasitas 4.000 mAh.

Tapi jelas, kapasitas bukanlah segalanya. Yang lebih penting adalah seberapa lama daya tahan dari perangkat tersebut. Dan Realme 6 Pro, termasuk ponsel yang memiliki daya tahan baterai cukup baik.

Dalam pengujian yang dilakukan oleh Gadgets NDTV, daya tahan baterai Realme 6 Pro mampu bertahan 21 jam dan 42 menit pada pengusian tes baterai loop video HD. Menurut Gadgets NDTV, daya tahan baterai dari Realme 6 Pro ini tergolog solid.

Situs Jagat Review juga menguji daya tahan Realme 6 Pro menggunakan tes video playback. Hasilnya, Realme 6 Pro ternyata bisa bertahan sampai 24 jam. Hal ini menunjukan jika daya tahan Realme 6 Pro memang benar-benar bagus.

3. Pengisian Daya Super Cepat 30W

Realme 6 Pro

Tidak hanya memiliki daya tahan baterai yang baik, Realme 6 Pro juga memiliki kemampuan untuk pengisian daya yang cepat, yakni pengisian daya cepat 30W. Jika dibandingkan dengan Realme XT yang hanya mendukung pengisian 20W, jelas hal ini merupakan sebuah peningkatan.

Lantas, seberapa cepat waktu pengisian dari Realme 6 Pro ini? Situs Smartprix menuliskan kalau pengisian daya ponsel ini sampai penuh hanya membutuhkan waktu 60 menit saja. Situs Gadgets NDTV  juga mencatatkan waktu yang sama untuk waktu pengisian. Hanya saja hitungannya dari 0% sampai 90%.

Untuk pengisian di awal, ponsel ini bisa mengisi sangat cepat. Seperti yang diungkapkan oleh situs 91Mobiles.com, bahwa Realme 6 Pro dapat terisi dayanya sampai 50% hanya dalam waktu 20 menit saja. Sementara situs Mashable India mengatakan jika dalam 30 menit, waktu pengisian daya ponsel ini mencapai 60%.

4. Layar Mendukung 90 Hz dan HDR

Realme 6 Pro

Realme 6 Pro hadir dengan dimensi layar 6,6 inci. Layarnya sendiri menawarkan resolusi 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9. Layarnya ini menggunakan panel IPS. Penggunaan panel IPS ini bisa jadi satu kekurangan tersendiri mengingat Realme XT sudah menawarkan panel layar AMOLED.

Namun, Realme 6 Pro menawarkan fitur menarik yang jarang ditemukan di ponsel lain di kelas harganya. Fitur tersebut adalah dukungan refresh rate 90 Hz yang Realme sebut sebagai Ultra Smooth Display. Perlu diingat, layar refresh rate 90 Hz umumnya hanya ditemukan di  ponsel kelas atas di harga Rp7 jutaan ke atas.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram