Carisinyal / Realme 2020 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme X3 SuperZoom

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme X3 SuperZoom

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah Anda penggemar fotografi? Jika iya, Realme telah meluncurkan produk HP dengan kamera yang bagus pada 16 Juni 2020 dengan tajuk Realme X3 SuperZoom. Seperti yang bisa ditebak dari namanya, HP ini cocok untuk Anda yang suka mengambil objek dari jarak yang jauh. Di artikel ini, kami akan membahas 10 kelebihan dan kekurangan Realme X3 SuperZoom bagi Anda yang penasaran.

Merk Realme memang cukup dikenal berkat produk-produknya yang dipasarkan pada segmen harga murah. Namun kali ini Realme X3 SuperZoom memiliki harga yang disosor untuk pasar menengah ke atas. Lantas bagaimana seluk-beluk dari HP penerus Realme X2 ini? Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Realme X3 SuperZoom yang telah kami sajikan untuk Anda.

Spesifikasi Realme X3 SuperZoom

Realme X3 SuperZoom

  • Layar: IPS LCD, 6.6 inches
  • Chipset: Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+ (7 nm)
  • GPU: Adreno 640 (700 MHz)
  • RAM: 8 GB, 12 GB
  • Memori Internal: 128/256 GB
  • Memori Eksternal:
  • Kamera Belakang: Quad 64 MP + 8 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: Dual 32 MP + 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4200 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Realme X3 Superzoom

Setelah melihat spesifikasi di atas mungkin Anda sudah mulai tergiur. Eits, tunggu dulu. Simak dulu lebih lengkapnya mengenai kelebihan Realme X3 SuperZoom berikut ini.

1. Layar Mendukung 120 Hz Refresh Rate

realme x3 superzoom 120 hz

Bagi Anda yang sering menonton YouTube atau film pada layar HP, refresh rate yang lebih tinggi akan menambah pengalaman Anda. Refresh rate atau laju penyegaran adalah tolok ukur untuk seberapa banyak layar melakukan refresh dalam sedetik. Umumnya, HP hanya menyediakan refresh rate hingga 60 Hz.

Anda tidak akan menyangka bahwa Realme X3 SuperZoom sudah mendukung laju penyegaran sebesar 120 Hz. Alhasil transisi pada layar pun bisa terlihat lebih lembut dan enak dilihat. Angka 120 Hz ini sangat besar dan cukup unik di kalangan HP dengan kelas harga yang sama – 120 Hz juga merupakan fitur yang biasanya hanya tersedia pada HP flagship sekelas Samsung Galaxy S20.

2. Hadir dengan Lensa Periskop

kamera belakang

Ini dia yang menjadi nilai daya jual utama pada Realme X3 SuperZoom. Sesuai namanya, HP ini menghadirkan lensa periskop yang memungkinkan Anda menangkap objek dengan jarak yang sangat jauh dengan melakukan zoom.

Sebagai informasi, Realme X3 SuperZoom dibekali dengan konfigurasi empat kamera dengan resolusi utama 64 MP (lebar), diikuti oleh tiga lensa lainnya yakni lensa periskop resolusi 8 MP, lensa 8 MP sebagai sensor ultra lebar, dan terakhir adalah lensa makro beresolusikan 2 MP.

Lensa periskopnya inilah yang membuat HP ini mampu melakukan zoom optikal hingga maksimal 5 kali, serta mampu melakukan SuperZoom hingga sebanyak 60 kali. HP ini bisa jadi alternatif yang lebih murah ketimbang Huawei P40 Pro yang sama-sama dikenal akan kemampuan lensa periskopnya. Berikut adalah beberapa contoh hasil fotonya yang dikumpulkan dari beberapa sumber.

realme x3 superzoom telefoto 5x

Realme X3 SuperZoom, zoom 5x. * sumber: www.gsmarena.com

realme x3 superzoom ultra wide

Realme X3 SuperZoom, ultra lebar. * sumber: www.gsmarena.com

realme x3 superzoom zoom sample camera

Realme X3 SuperZoom, 10x, 20x, 60x. sumber: www.forbes.com

3. Dual Selfie Camera

kamera depan

Selain dari kebolehan kamera belakangnya, Realme X3 SuperZoom juga sungguh memerhatikan kebutuhan Anda akan hasil foto selfie yang mengesankan. Cukup jarang produsen menerapkan dual camera pada bagian selfie, inilah yang membuat HP canggih ini sungguh unik dengan menghadirkan lensa Sony IMX616 dengan resolusi 32 MP (lebar) serta lensa 8 MP (ultra lebar).

Hal ini membuat Anda mampu mengambil foto selfie dengan field of view lebih luas lagi dengan sudut 109 derajat. Bagi Anda yang sering berkumpul bersama teman atau keluarga di cafe, mengambil group selfie sudah mampu dilakukan tanpa kendala dengan memanfaatkan mode panorama.

3. Ketahanan Baterai dan Fitur Fast Charging Unggul

baterai dan fast charging

Tidak lupa, para produsen HP juga berlomba-lomba memberikan fitur baterai yang canggih, termasuk pada pengisian dayanya. Realme X3 SuperZoom sendiri menghadirkan kapasitas baterai 4200 mAh yang bisa dicas menggunakan fast charging 30 W.

Seberapa cepatkah kemampuan fast charging ini? Hanya dibutuhkan kurang lebih sekitar 58 menit untuk bisa mengecas daya baterai dari nol hingga penuh. Sementara untuk ketahanan baterainya sendiri, Realme X3 SuperZoom memiliki endurance rating sebesar 104 jam.

Anda bisa menggunakan Realme X3 SuperZoom selama 14 jam untuk browsing, pemutaran video selama 16 jam, serta dipakai menelepon selama 33 jam. Ini adalah durasi yang sangat hebat, mengingat beberapa HP flagship seperti Samsung Galaxy S20 Ultra saja hanya mencapai endurance rating 87 jam.

4. RAM dan Memori Internal Besar

memori internal dan ram

Mengingat betapa hampir semua hal bisa dilakukan secara digital, kebutuhan akan aplikasi pun semakin bertambah. Kini sudah ada aplikasi untuk segala hal seperti menonton, meeting, edit video, pesan makanan, dan sebagainya. Sudah tentu Realme X3 SuperZoom ingin menunjang kebutuhan masyarakatnya dengan lancar, tercermin oleh kapasitas memori internal serat RAM-nya yang besar.

Ada dua varian RAM dan memori internal yang bisa dipilih, yakni 8 GB dan 128 GB, serta 12 GB dan 256 GB. Meski hanya hadir dengan dua varian, keduanya ini sudah lebih dari cukup untuk Anda yang ingin menginstal banyak aplikasi.

RAM-nya yang besar pun sudah sangat mendukung segala aktivitas multitasking. Apalagi memori internalnya sudah mengusung teknologi UFS 3.0 yang memiliki tingkat kecepatan baca dan tulis yang lebih tinggi dari kebanyakan HP lainnya. Mulai dari menginstal aplikasi hingga menyalin data, semua bisa dilakukan dengan sangat cepat.

Kekurangan Realme X3 Superzoom

Meskipun Realme X3 SuperZoom hadir dengan sejumlah fitur mengagumkan, tidak ada salahnya kan mengetahui kekurangannya juga? Berikut adalah kekurangan Realme X3 SuperZoom yang perlu Anda jadikan pertimbangan.

1. Performa Chipset Kalah Saing

snapdragon 855+

Urusan performa, Realme X3 SuperZoom cukup mampu menunjukkan taringnya berkat chipset Snapdragon 855+. Snapdragon seri 8 adalah yang seri terbaru dari Snapdragon, sehingga Anda dijamin tidak akan menemukan kendala apapun saat bermain game berat ataupun aktivitas berat lainnya.


Meski demikian, Snapdragon 855+ bukanlah yang terbaik – beberapa HP sekelasnya seperti Xiaomi Poco F2 dan Realme X50 Pro sudah memiliki Snapdragon 865. Berikut adalah perbandingan skor benchmark AnTuTu yang dilansir dari GSMArena.

antutu 8 realme x3 superzoom

* sumber: www.gsmarena.com

Dibandingkan dengan Realme X2 Pro yang merupakan generasi penerusnya, HP ini sedikit lebih unggul. Namun tetap saja, perbedaannya sungguh tipis sehingga ini pertanda kalau Realme tidak melakukan peningkatan performa yang berarti untuk Realme X3 SuperZoom.

Tapi jangan khawatir, chipset ini masih mampu mengangkat PUBG M pada pengaturan grafis HDR serta frame rate Extreme. Pada salah satu video pengetesan yang diunggah XY Gadget Team, pada sepanjang permainan berlangsung, tidak ditemukan lag atau stutter yang mengganggu. Namun tetap saja perbedaan antara Snapdragon 855+ dan 865 nyatanya memang cukup kentara.

2. Masih Menggunakan IPS LCD

layar realme x3 superzoom

Layar menjadi sangat penting, karena sektor ini merupakan hal yang paling sering dilihat saat Anda menggunakan HP. Meskipun Realme X3 SuperZoom merupakan HP keluaran 2020 di mana Super AMOLED sudah sangat marak, HP ini sayangnya masih dilengkapi dengan panel IPS LCD.

Cukup aneh mengingat harganya yang lumayan tinggi – dan IPS LCD umumnya hanya terdapat pada ponsel-ponsel dengan segmen harga di bawahnya. Ukuran layarnya sebesar 6,6 inci – masih tergolong besar untuk standar tahun 2020 (tahun HP ini dirilis). Aspect ratio-nya sebesar 20:9 dan hadir dengan resolusi 1080 x 2400 piksel.

Sementara itu, tingkat kepadatan pikselnya sebesar 399 ppi. Layarnya ini juga sudah terlindungi dari goresan ataupun benturan berkat lapisan Corning Gorilla Glass 5 yang dimilikinya.

Tingkat kecerahan maksimalnya pun hanya 437 nits, lebih rendah dari Realme X2 Pro yang menghadirkan angka 500 nits. Ditambah lagi, mode Auto-nya juga tidak memiliki tingkat maksimal kecerahan yang lebih besar lagi. Dari seri brightness, layar HP ini malah mengalami penurunan dari seri generasi sebelumnya. Sungguh disayangkan.

3. Tanpa Slot Memori Eksternal

tanpa microsd

Alangkah baiknya Anda hanya menyimpan file koleksi film pada memori eksternal. Kalau suatu saat Anda ingin melakukan factory reset, data-data pada microSD akan tetap aman. Namun sayangnya, Realme X3 SuperZoom tidak dibekali dengan fitur berguna ini.

Anda terpaksa hanya bisa mengandalkan memori internalnya untuk media penyimpanan. Ini artinya, kapasitas yang seharusnya bisa dipakai untuk menambah lagi aplikasi malah terpakai oleh file-file seperti foto, video, dan lagu. Memang, memori internalnya memiliki kapasitas yang besar, namun beberapa HP kompetitor dengan memori 128 GB seperti vivo S1 sudah menghadirkan dukungan microSD.

4. Tidak Menyediakan 3.5mm Jack Audio

tanpa 35 jack audio

Ini merupakan kekurangan yang cukup fatal bagi Anda yang hobi mendengarkan musik. Umumnya, masyarakat kita kebanyakan hanya memiliki headset dengan koneksi 3,5mm, dan untuk bisa menghubungkan headset dengan HP ini memerlukan adapter tambahan.

Adapternya ini menggunakan port USB tipe-C sehingga HP tidak bisa dipakai mendengarkan lagu sambil dicas. Solusinya adalah dengan menggunakan headset Bluetooth yang harus dicas sekitar 6 jam sekali. Kekurangan yang cukup disayangkan.

5. Tidak Memiliki Sertifikasi IP

tidak memiliki sertifikasi ip

Pengguna paling apik sekalipun tidak ada yang bisa menduga apakah suatu saat akan menjatuhkan HP pada genangan air. Untuk mengantisipasi insiden seperti ini, produsen HP menyematkan sertifikasi IP yang menandakan ketahanan HP terhadap debu dan juga air.

Realme X3 SuperZoom seharusnya bisa memiliki value yang lebih dengan menghadirkan sertifikasi IP, mengingat harganya yang lumayan cukup tinggi ketimbang beberapa kompetitor seperti Huawei P30 Pro yang sudah menghadirkan IP68.

Simpulan

Sebagai HP dengan banderol harga Rp8 juta, Realme X3 SuperZoom sungguh memiliki fitur dan spesifikasi yang tidak bisa diremehkan. HP ini sedari awal memang ditujukan bagi Anda yang mencari kamera teleskop dengan kemampuan zoom yang fantastis.

Tagline-nya yang berupa Super Zoom, Super Speed ini juga menandakan bahwa ia memiliki performa chipset yang ngebut. Meski memang cepat, Snapdragon 855+ masih kalah dengan Poco F2 yang menggunakan Snapdragon 865. Alhasil terasa nanggung jika Anda memang sengaja mencari performa terbaik sebuah HP.

Bagaimanapun, HP ini memang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, tinggal Anda yang menentukan apakah yang Anda cari terdapat pada Realme X3 SuperZoom atau tidak.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *