Carisinyal / Huawei 2019 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Huawei P30 Pro!

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Huawei P30 Pro!

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2019

Huawei telah resmi memperkenalkan dan merilis HP terbarunya, Huawei P30 Pro yang menggebrak pasar gadget dengan empat kamera belakangnya. Memang, Huawei P30 Pro bukanlah HP pertama di dunia yang mengusung empat kamera utama, namun ternyata, kamera dari Huawei ini memiliki nilai plusnya sendiri.

Ingin tahu, apa saja nilai plus tersebut? Simak langsung saja dalam pembahasan tentang Kelebihan dan Kekurangan Huawei P30 Pro dari Carisinyal ini.

Spesifikasi Huawei P30 Pro

  • Rilis: Maret 2019
  • Layar: OLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar: 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~398 ppi density)
  • Chipset: HiSilicon Kirin 980 (7 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.6 GHz Cortex-A76 & 2×1.92 GHz Cortex-A76 & 4×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MP10
  • Memori Internal: 128/256/512 GB, 8 GB RAM or 128 GB, 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: NM (Nano Memory), up to 256GB (uses SIM 2)
  • Kamera Belakang: 40 MP, f/1.6, 27mm (wide), 1/1.7″, PDAF, OIS
    20 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide), 1/2.7″, PDAF
    Periscope 8 MP, f/3.4, 125mm (telephoto), 1/4″, 5x optical zoom, OIS, PDAF
    TOF 3D camera
  • Kamera Depan: 32 MP, f/2.0, (wide)
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4200 mAh battery

Kelebihan Huawei P30 Pro

Nah, setelah mengetahui spesifikasi lengkapnya, kini kami akan mengulas kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Huawei P30 Pro. Berikut ulasannya:

1. Desain Cantik

kelebihan dan kekurangan Huawei P30 Pro

* sumber: www.techradar.com

Huawei terkenal sebagai vendor smartphone yang selalu merilis smartphone dengan desain yang cantik. Tak terkecuali dengan HP Huawei P30 Pro ini. Ya, HP ini juga hadir dengan desain yang elok. Kover belakangnya terbuat dari kaca.

Seperti biasa, HP-HP Huawei selalu mengusung warna gradasi yang indah. Begitu pula dengan HP Huawei P30 Pro ini. HP ini tersedia dalam pilihan warna yang bervariasi, yakni Aurora, Amber Sunrise, Breathing Crystal, Black dan Pearl White.

2. Kualitas Layar Bagus

trustedreviews_huawei p30 pro2

* sumber: www.trustedreviews.com

Nggak cuma kover belakangnya saja yang bagus dan tentunya memesona, bagian depan alias layar dari HP terbaru Huawei ini juga tampil elegan dengan bezel tipis serta notch yang lebih kecil.Huawei P30 Pro ini juga adalah HP yang punya layar lengkung, sehingga kesan premiumnya semakin terlihat.

Layar Huawei P30 Pro ini memiliki ukuran sebesar 6.47 inci dengan resolusi full HD+1080 x 2340 piksel dan rasio layar 10:5:9. Layarnya sendiri menggunakan panel AMOLED, sehingga reproduksi warnanya bagus dan tampilannya juga jernih.

Menariknya lagi, layarnya sudah didukung teknologi DCI-P3 dan juga HDR10 sehingga Anda dapat dengan nyaman menonton video dengan kualitas terbaik melalui Netflix atau YouTube. Layar HP Huawei P30 Pro yang luas tentu membuat Anda semakin puas dan betah menatapnya berlama-lama.

3. Quad Camera

techradar_huawei p30 pro2

* sumber: www.techradar.com

Beralih ke sektor kameranya. Huawei yang bekerja sama dengan Leica, membekali HP dengan empat lensa kamera di bagian belakangnya, lho. Masing-masing lensanya sendiri terdiri dari lensa kamera utama 40 MP dengan teknologi Quad Bayer yang mampu menghasilkan gambar dengan piksel yang lebih kompleks.

Kamera utamanya ini mampu menghasilkan foto dengan resolusi default 10 MP, namun kualitasnya amat bagus. GSMArena menyampaikan, sensor kameranya ini dibuat khusus oleh Sony secara eksklusif untuk Huawei.

For your info, lensa 40 MP-nya ini juga sudah dibekali dengan phase detection auto focus atau PDAF dan juga Optical Image Stabilizer untuk hasil foto yang maksimal.

Perlu diketahui, sensor kameranya ini menggunakan filter warna RYYB, bukan RGGB seperti yang biasa dipakai. Jadi warna hijau pada filternya diganti dengan warna kuning. Penggunaan filter warna RYYB ini memperbagus hasil jepretan fotonya, terutama foto dalam kondisi minim cahaya. Oh ya, hasil foto dari kamera utama HP ini memiliki kontras, dynamic range dan warna yang bagus. Berikut hasil foto dari kamera utama (default 10 MP) Huawei P30 Pro.

gsmarena huawei p30 pro maincamsample1

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarena huawei p30 pro maincamsample3

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarena huawei p30 pro maincamsample2

* sumber: www.gsmarena.com

Untuk foto dengan menggunakan Master AI atau kecerdasan buatan, kamera dari Huawei P30 Pro ini juga mampu mengeksekusinya dengan baik. Warnanya tidak terkesan terlalu lebay. Hasilnya bisa dilihat dari gambar berikut.

i p30 pro maincamsample4_ai

* sumber: www.gsmarena.com

Anda juga dapat mengandalkan mode 40 MP pada kamera HP ini untuk mendapatkan hasil foto dengan detail yang lebih baik. Oh ya, berikut kami sertakan sampel foto yang diambil menggunakan mode 40 MP ini.

gsmarena huawei p30 pro maincamsample7_40mp

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarena huawei p30 pro maincamsampl6_40mp

* sumber: www.gsmarena.com

Huawei P30 Pro juga punya lensa ultra-wide Angle berukuran 20 MP yang juga didukung dengan phase detection auto focus untuk mengunci fokus pada objek foto dengan lebih baik. Adanya lensa berjenis ultra-wide pada HP ini tentu sangat membantu, terutama dalam hal pengambilan gambar dengan jangkauan yang lebih luas.

Oh ya, lensa ultra-wide dari HP ini juga mendukung pengambilan gambar dengan mode makro, lho. GSMArena menyebutkan kualitas dari foto makro yang dihasilkannya juga bagus.

Secara keseluruhan, hasil jepretan dari lensa kamera ultra-wide pada HP Huawei P30 Pro ini juga punya dynamic range, kontras dan warna yang bagus. Berikut kami sertakan beberapa contoh fotonya.

gsmarena huawei p30 pro maincamsample8_wide angle

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarena huawei p30 pro maincamsample9_wide angle

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarena huawei p30 pro maincamsample10_wide angle

* sumber: www.gsmarena.com

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Huawei P30 Pro ini punya empat lensa kamera. Selain lensa regular dan wide-angle, HP ini juga dibekali dengan lensa periscope telephoto berukuran 8 MP yang mampu mengambil foto dengan resolusi 10 MP.

Lensa ini mampu mengambil gambar dengan jarak dekat tanpa merusak kualitas foto. Lensa tele dari Huawei P30 Pro ini dapat melakukan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom dan bahkan 50x digital zoom. Berikut hasil foto dari lensa tele Huawei P30 Pro.

gsmarena huawei p30 pro maincamsample11_5x_zoom

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarena huawei p30 pro maincamsample12_10x_zoom

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarena huawei p30 pro maincamsample13_50x_zoom

* sumber: www.gsmarena.com

Lalu, bagaimana dengan hasil foto low-light yang diambil dengan kamera HP ini? Jawabannya, bagus. Ya, lensa kamera yang dibawa HP ini mampu memotret gambar dalam kondisi low-light dengan kualitas yang bagus.

Fitur Night-Mode yang ada juga sangat membantu untuk memberi detail dan menambah sedikit kecerahan pada foto. Anda juga masih tetap bisa menggunakan lensa telefoto dengan 5x optical zoom. Penasaran dengan hasilnya? Berikut hasil fotonya.

gsmarena huawei p30 pro maincamsample14_nightmode

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarena huawei p30 pro maincamsample15_nightmode

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarena huawei p30 pro maincamsample16_nightmode

* sumber: www.gsmarena.com

gsmarena huawei p30 pro maincamsample17_nightmode

* sumber: www.gsmarena.com

Selain ketiga lensa tadi, kamera Huawei P30 Pro juga dilengkapi satu lensa berjenis ToF 3D. Lensa ini dapat Anda gunakan untuk mengambil foto portrait dengan latar belakang buram alias background blur. Letak lensa ToF 3D ini berada tepat di sebelah LED Flash di bagian belakang bodi HP ini.

Huawei P30 Pro juga dibekali dengan satu lensa kamera selfie berukuran 32 MP yang tentunya dapat Anda andalkan untuk berswafoto. Serupa dengan kamera utamanya, kamera selfie-nya ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas gambar yang memuaskan. Anda dapat melihat hasilnya pada foto berikut ini.

gsmarena huawei p30 pro maincamsample20_selfie

* sumber: www.gsmarena.com

4. Performa Kencang

trustedreviews_huawei p30 pro4

* sumber: www.trustedreviews.com

Layar dengan kualitas bagus, kamera super canggih hingga desain yang cantik tentunya bukan apa-apa tanpa performa yang bagus. Beruntungnya, Huawei P30 Pro ini merupakan paketan lengkap, nih.

Yup, HP ini memiliki performa kencang dan lancar berkat dukungan chipset dari HiSilicon, yakni Kirin 980. Apalagi, Huawei juga menyediakan pilihan varian HP Huawei P30 Pro dengan kapasitas RAM 6 hingga 8 GB, juga dukungan memori internal yang besar pula.

GSMArena melakukan geekbench test (multi core) pada Huawei P30 Pro. Oh ya, HP ini dibekali dengan performance mode yang bisa membantu meningkatkan performa HP 10 hingga 15%. Dalam benchmark test ini, Huawei P30 Pro meraih skor yang bagus dan terbukti mampu bersaing dengan HP-HP flagship lain. Perolehan skornya dapat Anda lihat dalam gambar berikut.

huawei p30 pro geekbench test multi

* sumber: www.gsmarena.com

GSMArena juga melakukan geekbench test (single-core) dan AnTuTu test pada HP ini. Dan hasilnya bisa dibilang memuaskan. Hasilnya skornya dapat Anda lihat pada gambar berikut.

huawei p30 pro geekbench test single

* sumber: www.gsmarena.com

huawei p30 pro antutu

* sumber: www.gsmarena.com

Nah, karena dibekali dengan chipset mumpuni, tentu Huawei P30 Pro ini cocok untuk Anda gunakan dalam berbagai aktivitas. Termasuk bermain game. GSMArena menyebutkan, game-game seperti PUBG Mobile, Arena of Valor hingga Rules of Survival bisa dilahap dengan baik oleh HP ini.

5. Baterai Tahan Lama

huawei p30 pro_battery test

* sumber: www.gsmarena.com

Kita beralih ke sektor baterainya. Huawei membekali HP ini dengan baterai berkapasitas 4200 mAh yang tentunya tergolong besar. GSMArena melakukan endurance test pada baterai HP ini. Hasilnya, baterai HP Huawei P30 Pro mampu bertahan hingga kurang lebih 100 jam, dengan rincian 27:39 jam untuk penggunaan 3G talk time, 14:21 jam untuk browsing internet dan 20:16 jam untuk pemutaran video.

K2 Gadgets menyampaikan, baterai HP ini awet dan cocok digunakan untuk aktivitas yang cukup berat. Berdasarkan pengalaman pribadinya, baterai HP Huawei P30 pro ini mampu bertahan selama satu setengah hari tanpa membutuhkan pengisian daya baterai.

6. Didukung Fast Charging

trustedreviews_huawei p30 pro1

* sumber: www.trustedreviews.com

Huawei juga memiliki fitur fast charging 40 W yang dinamakan SuperCharge. Dengan teknologi ini, Anda dapat mengisi daya baterai HP sebanyak 70% dalam waktu setengah jam saja. Hebat, bukan?

Selain didukung dengan fast charging, Huawei P30 Pro juga sudah membawa teknologi fast wireless charging 15 W dan sudah bisa digunakan untuk Reverse Charging. Artinya, bodi belakang dari HP ini dapat Anda gunakan untuk mengisi daya baterai berbagai perangkat seperti smartwatch bahkan HP lain.

7. Sensor Sidik Jari Responsif

trustedreviews_huawei p30 pro3

* sumber: www.trustedreviews.com

Huawei membekali HP terbarunya ini dengan sensor sidik jari di bawah layar, atau under-display fingerprint yang responsif dan memiliki tingkat keakuratan dan kecepatan yang bagus dalam membuka kunci layar.

Selain dibekali dengan sensor sidik jari, Huawei juga menyematkan teknologi face unlock pada HP ini. Sayangnya, teknologi face unlock-nya ini hanya mengandalkan kamera depan saja, sehingga tingkat keamanannya rendah.

Tidak hanya dibekali dengan sensor biometrik saja, HP ini juga memiliki sensor lainnya seperti gyroscope, accelerometer, proximity hingga compass. Huawei P30 Pro juga sudah didukung teknologi NFC atau Near Field Communication.

8. Tahan Air dan Debu

techradar_huawei p30 pro4

* sumber: www.techradar.com

Satu kelebihan lainnya dari HP Huawei P30 Pro ini adalah, memiliki ketahanan terhadap air dan juga debu. Ya, Huawei P30 Pro sudah mengantongi sertifikasi IP68, sehingga HP ini mampu bertahan dalam kedalaman air sedalam 2 meter dalam waktu 30 menit.

Kekurangan Huawei P30 Pro

Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan, namun ternyata Hp ini punya beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui berikut ini:

1. Tidak Ada Audio Jack

techradar_huawei p30 pro5

* sumber: www.trustedreviews.com

HP yang bisa dikatakan hampir sempurna ini ternyata juga punya kekurangan tersendiri. Ya, Huawei P30 Pro tidak memiliki audio jack 3.5 mm yang bisa Anda pakai untuk mendengarkan musik melalui earphone.

Huawei juga tidak menyertakan dongle konektor audio jack 3.5 mm dengan USB tipe-C pada paket pembelian HP ini, sehingga Anda harus membelinya secara terpisah. HP ini juga hanya memiliki satu speaker saja. Bukan stereo speaker. Namun Huawei telah mengatasi ini dengan teknologi speaker terbaru yang kabarnya terbenam di dalam layar HP.

2. Menggunakan Nano Memory Card

techradar_huawei p30 pro1

* sumber: www.techradar.com

Satu kekurangan lainnya yang dimiliki HP ini adalah, Huawei P30 Pro menggunakan nano memory card yang masih kurang mainstream dan harganya juga bisa lebih mahal ketimbang microSD card pada umumnya.

Simpulan

HP terbaru dari Huawei ini cocok untuk Anda yang hobi memotret atau merekam video daily vlog dengan kualitas tinggi, karena sudah mendukung perekaman video hingga resolusi 4K. Selain itu, Huawei P30 Pro juga cocok untuk Anda yang memang hobi bermain game menggunakan ponsel karena memiliki performa yang kencang.

Jika Anda kurang puas dengan HP yang nyaris sempurna di segala sisi ini, Anda bisa memilih alternatif lain seperti Samsung Galaxy S10 series atau HP terbaru dari Xiaomi, Xiaomi Mi 9 yang sama-sama berada di jajaran HP flagship super canggih.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Huawei P30 Pro dari Carisinyal. Jika Anda tertarik untuk membeli Huawei P30 Pro, langsung saja beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment