15 HP dengan Wireless Reverse Charging Terbaru (November 2022)

Ditulis oleh Dikdik Saparudin

Reverse charging atau pengisian balik adalah salah satu fitur pengisian HP yang memungkinkannya untuk dapat mengisi daya perangkat lain atau singkatnya HP tersebut dapat berfungsi sebagai power bank. HP dengan fitur ini biasanya dibekali dengan baterai berkapasitas besar. Jadi, selain dapat mendayai dirinya sendiri dengan baik, HP-HP ini bisa menjadi sumber daya bagi HP lain yang kehabisan daya.

Nah, di bawah ini Carisinyal akan membahas beberapa HP dengan fitur pengisian balik nirkabel yang tersedia di pasar Indonesia. Umumnya HP-HP dengan wireless reverse charging adalah HP kelas atas yang memiliki harga jual yang tinggi. Berikut adalah daftarnya.

1. Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Samsung Galaxy Z Fold4 5G
Layar Foldable Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy Z Fold4 5G akan sangat oke dipakai bersama sejumlah perangkat pendukung. Mulai dari gelang pintar, jam tangan pintar, atau sekadar TWS. Menariknya, Anda tak perlu pusing soal bagaimana caranya mengecas jika baterai perangkat-perangkat pendukung tersebut kehabisan baterai.

Pasalnya, Galaxy Z Fold4 5G mendukung teknologi pengisian balik nirkabel alias wireless reverse charging. Tempelkan saja TWS beserta case-nya ke bodi belakang ponsel ini, maka baterainya akan terisi. Cukup mudah bukan? Daya maksimal yang bisa ditransfer HP ini melalui pengisian balik nirkabel adalah 4.5W.

Selain pengisian balik nirkabel, fitur unik lain yang dimiliki Galaxy Z Fold4 5G antara lain kamera depan under display, asisten pribadi Bixby, dukungan Ultra Wide Band, dan Samsung DeX. HP dengan speaker stereo ini juga memakai Android edisi L yang sudah dioptimalkan buat perangkat berlayar lebar.

2. Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Samsung Galaxy Z Flip4 5G allsided
Layar Foldable Dynamic AMOLED X2 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy Z Flip4 5G mendapat peningkatan pada sektor daya. Selain kapasitas baterainya naik 400 mAh, HP ini juga makin irit mengonsumsi daya berkat penggunaan SoC Snapdragon 8+ Gen 1. Oleh sebab itu, tidak masalah jika HP ini dipakai untuk mengecas perangkat lain.

Misalnya mengecas baterai TWS (earphone nirkabel). Dengan dukungan teknologi wireless reverse charging (pengisian balik nirkabel) 4.5W, Galaxy Z Flip4 5G mampu mentransfer daya yang dikandung baterainya ke perangkat lain. Anda tinggal menaruh TWS ke atas bodi belakang si ponsel.

Teknologi pengisian balik nirkabel memungkinkan dipasang pada karena material bodi HP ini adalah kaca. Bukan logam yang justru akan mengganggu aliran listrik. Hal ini karena pengisian balik nirkabel menggunakan prinsip medan magnet dalam menyalurkan arus listrik.

3. OPPO Find X5 Pro

OPPO Find X5 Pro
Layar LTPO2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (telephoto) 50 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Tren ponsel masa kini membuat sebagian besar produsen ikut dalam arus pencopotan jack audio 3,5 mm, khususnya untuk HP flagship. OPPO Find X5 Pro pun jadi salah satu contoh ponselnya. Tren ini secara tidak langsung turut meningkatkan penjualan earphone nirkabel alias TWS (True Wireless Stereo).

TWS adalah pilihan logis mengingat teknologi Bluetooth masa kini sudah hemat konsumsi daya. Namun, bagaimana jika TWS yang Anda miliki kehabisan baterai? Ternyata Anda tidak perlu beli alat pengisi daya tambahan sebab ponsel seperti OPPO Find X5 Pro bisa jadi powerbank buat perangkat lain.

Peran sebagai powerbank bisa diampu oleh Find X5 Pro karena adanya fitur pengisian balik nirkabel (reverse wireless charging). Daya maksimal yang bisa dihantarkan ponsel ini ke perangkat lain adalah 10W. Daya tersebut sudah cukup mengingat kapasitas baterai TWS tidak terlalu besar: di bawah 1000 mAh.

4. Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro
Layar LTPO AMOLED 6.73 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 50 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Xiaomi 12 Pro begitu diminati lantaran punya salah satu kemampuan fast charging tercepat di industri smartphone, menggunakan daya 120 W. Disinyalir, hanya butuh waktu 18 menit saja untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh.

Ditambah lagi, ponsel flagship yang hadir pada April 2022 ini juga tawarkan fast wireless charging 50 W untuk mengisi full baterai dalam waktu 42 menit. Dan untuk membuatnya terlihat seperti ponsel-ponsel di drama Korea, Xiaomi 12 Pro juga bisa digunakan sebagai power bank secara nirkabel alias reverse wireless charging. Namun, fitur wireless charging ini hanya menggunakan daya 10 W saja.

Baterai Xiaomi 12 Pro kebetulan masih terhitung besar yakni 4.600 mAh. Kapasitas tersebut cocok untuk digunakan mengecas ponsel lain tanpa membuatnya cepat kehabisan baterai.

5. Xiaomi 12

Xiaomi 12
Layar Super AMOLED 6.28 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (telephoto macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Xiaomi 12 punya kesamaan dengan varian Pro. Bukan hanya karena memakai chipset Snapdragon 8 Gen1, kesamaan juga terdapat pada sisi pengisian daya nirkabel maupun pengisian daya nirkabel terbalik. Sama-sama gunakan daya 50 W pada wireless charging, pengguna diekspektasikan mampu mengisi baterai dalam waktu 53 menit.

Begitu pun dengan kemampuan reverse wireless charging-nya, perangkat canggih ini mampu dijadikan power bank dengan cara ditempelkan ke bodi HP lain menggunakan daya 10 W. Memang, bukan kecepatan daya yang tinggi-tinggi amat, namun setidaknya bisa mebantu di kala darurat.

Perbedaan versi reguler ini dengan Pro adalah kemampuan fast charging yang gunakan kabel. Soalnya, Xiaomi 12 memang sudah tidak lagi gunakan daya 120 W seperti "kakak"-nya, melainkan hanya 67 W yang diklaim dapat mengisi baterai dalam waktu 39 menit.

6. Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsug Galaxy S22 Ultra 5G Burgundy_
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 108 MP (wide) 10 MP (periscope telephoto) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Jika Anda membutuhkan ponsel flagship yang bisa mengecas perangkat lain, Samsung Galaxy S22 Ultra adalah pilihan yang tepat. HP ini merupakan varian paling atas di seri Galaxy S22, memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh yang cocok untuk "dibagi-bagi" ke perangkat lain.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram