10 HP yang Mendukung Fast Charging Termurah (Februari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Persoalan ponsel pintar zaman sekarang adalah penggunaan intensif yang membuat ponsel pintar umumnya memiliki daya tahan baterai yang pas-pasan. Untuk mengatasi hal ini, para produsen kemudian menghadirkan HP dengan baterai berkapasitas besar. Hanya saja masalah tidak selesai di situ.

Penyematan baterai berkapasitas besar memberi dua efek. Pertama, bodi HP jadi terlalu besar. Kedua, ada kemungkinan baterai berkapasitas besar memiliki risiko buruk pada ponsel jika komponen di dalamnya tidak dirancang dengan baik.

Karena itu, produsen tidak lagi fokus pada kapasitas baterai yang besar. Solusinya adalah dengan memberikan fitur pengisian cepat. Dengan fitur pengisian cepat, orang tidak lagi menunggu lama untuk menggunakan ponselnya kembali.

Teknologi pengisian cepat ini pun hadir di berbagai ponsel. Umumnya sih di kelas menengah ke atas, apalagi yang super cepat. Namun, ada juga beberapa HP murah yang menawarkan pengisian cepat alias fast chargingApa sajakah itu? Simak daftarnya berikut ini.

1. realme narzo 50A Prime

realme narzo 50A Prime
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset UNISOC Tiger T612
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 0.3 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

realme narzo 50A Prime merupakan salah satu ponsel kelas entri dengan kemampuan gaming terbaik. Penyebab HP ini bisa menangani game dengan baik terdapat pada SoC yang dipakainya. Ya, UNISOC Tiger T612 pada dapur pacu HP ini punya dua core performa, GPU yang cukup kencang, serta didukung memori internal UFS 2.2.

Kemampuan gaming yang sip juga diperkuat oleh baterai 5000 mAh yang awet. Baterai tersebut mendukung teknologi pengisian cepat 18W. Sayang, atas nama ramah lingkungan, charger tidak masuk dalam paket penjualan.

Karena itu, Anda mesti beli charger sendiri yang mendukung pengisian cepat 18W. Hal menarik lain yang dimiliki oleh realme narzo 50A Prime adalah desainnya yang menarik. Ada tekstur ala kevlar yang membuat penutup belakangnya enak dipegang dan menangkal noda sidik jari.

2. Redmi 9

Xiaomi Redmi 9
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset MediaTek Helio G80
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5020 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Redmi 9 adalah versi tertinggi ketimbang kedua saudaranya yang lain, yakni Redmi 9A dan 9C. Alhasil untuk seri angka yang satu ini, pengguna pun bisa merasakan kemampuan baterai besar di kapasitas 5020 mAh, serta didukung oleh port pengecasan USB tipe-C.

Untuk ponsel seharga mulai Rp1,7 jutaan, ini adalah sebuah fitur yang menarik. Ditambah lagi, Redmi 9 dibekali fast charging 18 W yang niscaya mampu mengisi daya dengan lebih cepat.

Sayangnya memang Redmi 9 hanya menyediakan casan dengan daya 10 W pada boks pembelian dan Anda harus membeli casan 18W secara terpisah. Saat dicas menggunakan daya 18W, GSM Arena mengatakan kalau Redmi 9 bisa meraih angka 33% dalam waktu setengah jam saja.

3. Redmi 9T 4/64 GB

Redmi 9T
Layar IPS LCD 6.53 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 4 GB, 6 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Redmi 9T versi 4/64 GB bisa Anda dapatkan di kisaran Rp 1,8 jutaan. Di kelas harga ini, Redmi 9T tampil cukup mengesankan dengan beberapa kelebihan, seperti tampilan yang tajam dan kuat dengan GG3, bodi dengan lapisan anti air, dan baterai berkapasitas jumbo dengan dukungan pengisian cepat 18W.

Kamera Redmi 9T bisa dibilang menawarkan performa kamera secara umum yang lebih baik dari POCO M3, ponsel Xiaomi lain yang hampir setara dengan Redmi 9T. Salah satu sebabnya adalah kehadiran sensor ultrawide 8 MP. Meski performanya mungkin tidak sesuai harapan banyak orang, namun ini menjadi nilai plus bagi Redmi 9T karena sejumlah kompetitornya tidak dibekali sensor serupa.

Tampilan Full HD yang tajam, baterai dengan daya tahan yang sangat baik, kualitas speaker stereo yang bagus, mendukung pengisian balik, dan hadirnya port inframerah adalah beberapa hal yang menjadi kelebihan Redmi 9T. Ini adalah HP yang andal untuk beragam kebutuhan sehari-hari, baik di dalam maupun luar ruangan.

4. POCO C40

poco c40_
Layar IPS LCD 6.71 inci
Chipset JLQ JR510
RAM 3 GB, 4 GB
Memori Internal 32 GB, 64 GB
Kamera 13 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Bukan hanya menyuguhkan fast charging, POCO C40 juga dikemas dengan kapasitas baterai yang besarnya di atas rata-rata yaitu 6.000 mAh.

Baterai besar tersebut diklaim bisa bertahan hingga 32 jam aktivitas panggilan telepon, bertahan 86 jam untuk mendengarkan lagu, 20 jam pemutaran video, serta 17 jam navigasi.

Daya fast charging yang ditawarkan adalah 18 W, yang tampaknya membutuhkan waktu sekitar dua jam lebih untuk isi daya dari kosong hingga penuh. Kekuatan terbesar pada HP ini adalah desain bodinya yang unik dan sungguh mencirikan ponsel POCO.

Selain desain yang keren, bodi POCO C40 juga terbilang kokoh karena layarnya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass agar terhindar dari risiko baret, serta tersertifikasi IP52 agar tahan percikan air.

Kekurangan dari HP ini terdapat pada kinerjanya, hanya ditopang dengan chipset JLQ JR510 yang punya performa setara Snapdragon 450 atau Helio G35. Tidak dikemas dengan klaster prosesor high performance, ponsel tidak cocok untuk bermain gim berat.

POCO C40 dibanderol dengan harga rilis mulai dari Rp1.599.000,- untuk varian RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB, serta Rp1.799.000,- untuk versi RAM 4 GB dengan storage 64 GB.

5. realme C15 Qualcomm Edition

realme C15 Qualcomm Edition
Layar IPS LCD 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 460
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB
Kamera 13 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (monochrome) 2 MP ()
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

realme juga menghadirkan realme C15 dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 460). Ini bisa menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang kurang cocok dengan realme C15 dengan chipset Mediatek Helio G35. Dengan harga yang sama (untuk versi 4/64 GB), realme C15 versi Qualcomm bisa dibilang sedikit lebih unggul di atas kertas.

Salah satu kelebihan HP ini adalah kapasitas baterai yang sangat besar yang mendukung pengisian cepat 18W. Meski masih terbilang lama, pengisian ini cukup membantu mengurangi durasi pengisian yang mungkin membutuhkan waktu di atas 3 jam dengan pengisian reguler.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram