carisinyal web banner retina

7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A05s

Ditulis oleh Ahmad Tsalis
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Samsung Galaxy A Series sering menjadi salah satu HP terlaris di dunia. Pada 2022, Galaxy A03 menempati urutan ke-10 HP terlaris di dunia versi Counterpoint. Fakta ini menjadi bukti bahwa di level entri HP Samsung tetap ramai peminat.

Salah satu HP Samsung yang siap melanjutkan prestasi itu adalah Samsung Galaxy A05s. HP ini diumumkan kehadirannya di Indonesia pada 5 Oktober 2023 dengan banderol harga Rp2.299.000 untuk varian RAM 6 GB dan storage 128 GB.

Satu hal yang menarik dari HP ini adalah diperkuat SoC Snapdragon 680. Lompatan performanya jelas tinggi dibanding Galaxy A04s yang menggunakan Exynos 850.

Namun, sisi menarik yang dimiliki sang ponsel bukan cuma itu. Masih ada banyak dan ringkasannya bisa Anda intip pada tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain minimalis, pilihan warna menarik
Paket penjualan minimalis
Layar lebar dengan refresh rate 90 Hz
Sensor tak lengkap, NFC absen
Performa Snapdragon 680 yang mumpuni
Belum ada kamera ultrawide dan speaker stereo
Kamera belakang 50 MP, bisa rekam video 60 FPS
Baterai besar dengan pengisian cepat 25 Watt
Ada slot microSD dan audio jack
Dukungan pembaruan software 2 kali dan security 4 kali

Dengan melihat potensi yang ada, saya kira tidak mengherankan jika Anda meminati Samsung Galaxy A05s. Akan tetapi, sebelum mengambil ancang-ancang, ada baiknya Anda menyimak ulasan ini sampai akhir.

Spesifikasi Samsung Galaxy A05s

Samsung Galaxy A05s
Layar PLS LCD 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan Samsung Galaxy A05s

Samsung Galaxy A05s masuk dalam kategori seri terendah dalam hierarki HP Samsung. Kendati demikian, HP ini saya pikir tetap mampu mencuri perhatian publik lantaran punya berbagai kelebihan. Penjelasannya ada di bawah ini.

1. Desain Minimalis, Pilihan Warna Menarik

samsung galaxy a05 vs samsung galaxy a05s

Samsung mempertahankan gaya minimalis pada desain bodi Galaxy A05s. Pada bagian belakang sang ponsel, lensa kamera dibiarkan nongol tanpa adanya modul. Hal ini mirip seperti pendahulunya, Galaxy A04s.

Namun, Galaxy A05s kini mengikuti desain yang telah lebih dahulu dicerminkan Galaxy S23 5G, Galaxy A54, dan Galaxy A24. Adalah penutup belakang dengan tepian rata alias flat, serta frame yang sedikit melengkung.

Kesan tegas dan elegan tercipta berkat sisi belakang yang flat. Sementara frame (rangka) yang melengkung dapat menjaga kenyamanan genggam pengguna.

Jika ditinjau dari dimensinya, Galaxy A05s memang tidak tipis-tipis amat. Ketebalannya ada di 8,8 mm. Meski begitu, ia tetap lebih tipis ketimbang Galaxy A04s (9,1 mm). Bobotnya yang mencapai 194 gram membuat HP ini terasa tidak terlalu berat ketika dibawa.

Hal menarik bisa Anda dapatkan dari HP ini adalah opsi warnanya. Ada tiga yang tersedia, yakni Light Green, Silver, dan Hitam. Ketiga warna dengan nuansa matte tersebut memiliki kesan yang kalem dan tidak norak, terutama Light Green yang jadi favorit saya.

Sebenarnya masih ada satu varian warna lagi, yakni Violet. Namun, varian warna ini tidak masuk resmi ke Indonesia.

2. Layar Lebar dengan Refresh Rate 90 Hz

Samsung Galaxy A05s

Sudah menjadi hal yang wajar kalau HP Samsung di kelas entri memakai layar PLS LCD. Layar yang selevel dengan IPS ini harganya memang murah, sehingga cocok untuk menekan biaya produksi HP kelas entri.

Toh kualitas tampilannya tetap bagus. Jadi tidak masalah kan? Layar yang digunakan Galaxy A05s pun memiliki panel PLS LCD dengan refresh rate 90 Hz. Masih sama sebagaimana Galaxy A04s.

Namun, ada peningkatan di sisi resolusi. Semula cuma HD+ di Galaxy A04s, kini jadi Full HD+ (1080 x 2400) di Galaxy A05s. Resolusi yang meningkat berimbas pada detail yang lebih tinggi pada tampilan.

Selain resolusi, peningkatan juga terjadi pada bentang layar. Sekarang layar Galaxy A05s punya bentang 6,7 inci, atau 0,02 inci lebih lebar ketimbang layar Galaxy A04s. Semakin lebar layar, semakin puas pengguna menikmati tampilan konten.

3. Performa Snapdragon 680 yang Mumpuni

snapdragon 680

Snapdragon 680 dari Qualcomm adalah SoC yang menarik. Lebih-lebih jika dipasang di HP dengan harga tak lebih dari Rp2,5 juta seperti Galaxy A05s. SoC ini juga lebih bagus ketimbang Exynos 850 milik Galaxy A04s.

Tak hanya soal efisiensi daya, tapi juga performanya. Pasalnya, Snapdragon 680 sudah memiliki CPU dengan inti performa. SoC ini pun sudah mengadopsi memori internal UFS 2.2 yang lebih sip ketimbang eMMC 5.1. Kinerjanya pun terasa lebih gesit, bahkan ketika membuka aplikasi berat dan buat main game.

Untungnya lagi, Snapdragon 680 dipasangkan dengan konfigurasi memori yang sudah cukup yakni 6 GB RAM dan memori internal 128 GB. Dengan RAM yang mencukupi, Anda bisa merasakan pengalaman multi-tasking yang menyenangkan.

Paling tidak Anda tidak akan merasakan reload ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, sedangkan aplikasi yang berjalan di latar belakang ada lebih dari empat. Buat yang ingin tahu profil sang SoC, silakan baca-baca di artikel Snapdragon 680 dan SoC-SoC yang setara.

Singkatnya, SoC 6 nm ini punya delapan inti CPU. Ada empat inti performa Cortex A73 (2,4 GHz) dan empat inti efisiensi Cortex A53 (1,9 GHz) pada CPU-nya. Sementara itu, GPU yang dipakai adalah Adreno 610 (1110 MHz).

Dalam uji AnTuTu 10 yang dilakukan kanal YouTube asal Thailand, paypaytop.com, Galaxy A05s mampu meraih skor 310.645. Raihan skor yang bagus dan sudah dapat menggambarkan kemampuan Snapdragon 680.

Galaxy A05s juga masih oke dipakai main gim berkat SoC tersebut. Kanal YouTube paypaytop.com memperlihatkan bahwa HP ini lancar menjalankan gim Diablo Immortal. Sementara kanal YouTube DroidSans menunjukkan Galaxy A05s terampil menjalankan Mobile Legends.

Merujuk pengujian itu, maka tentu Galaxy A05s juga bisa jalankan gim-gim populer lain semacam PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Minecraft, EA Sports FC, dan lain sebagainya. Genshin Impact masih bisa jalan, tetapi rasanya kurang nyaman.

4. Kamera Belakang 50 MP, Bisa Rekam Video 60 FPS

Samsung Galaxy A05s

Tidak ada peningkatan dari segi hardware pada kamera belakang Galaxy A05s. Konfigurasinya masih sama seperti Galaxy A04s. Ada tiga kamera yang dipasang.

Adalah kamera utama autofokus 50 MP (f/1.8) dan dua kamera bonus yakni kamera makro serta sensor kedalaman. Dua kamera bonus itu punya resolusi 2 MP dengan bukaan f/2.4. Kenapa saya sebut bonus? Soalnya fungsinya lebih sebagai dekorasi alias minim kegunaan.

Yang mengejutkan adalah, kamera utama Galaxy A05s bisa merekam video 1080p di 30 FPS dan 60 FPS. Fitur perekaman 60 FPS cukup langka di HP kelas terjangkau. Bahkan HP lain dengan SoC Snapdragon 680 pun jarang ada yang punya.

Opsi perekaman video 60 FPS akan berguna buat Anda yang suka bikin konten di Instagram Reels. Pasalnya, video 60 FPS akan memberi kesan lebih mulus sehingga enak buat dilihat.

Sementara itu, di sisi depan ada kamera selfie 13 MP (f/2.0). Resolusi dan bukaannya meningkat dari kamera selfie Galaxy A04s (8 MP, f/2.2). Resolusi rekaman videonya pun naik, dari semula 720p 30 FPS jadi 1080p 30/60 FPS.

Hal menarik lagi dari sektor ini adalah adanya mode pro buat foto pada aplikasi kamera bawaan Galaxy A05s. Jadi Anda bisa mengatur secara manual elemen seperti ISO, white balance, fokus, dan shutter speed.

Dari berbagai sampel yang saya lihat di kanal YouTube DroidSans, kamera Galaxy A05s dapat menunaikan tugasnya dengan baik. Hasil fotonya lumayan. Detail oke, warna tidak lebay. Meski begitu, kalau di kondisi minim cahaya, kualitas tangkapannya bakal turun.

Kalau buat video, warna dan detailnya sudah mencukupi untuk keperluan dokumentasi. Hanya saja, kestabilan videonya kurang oke.

Berikut sampel foto Galaxy A05s yang bisa Anda nilai sendiri.

Samsung Galaxy A05sSumber: DroidSans
Kamera utama
Samsung Galaxy A05sSumber: DroidSans
Kamera utama - low light
Samsung Galaxy A05sSumber: DroidSans
Kamera selfie

5. Baterai Besar dengan Pengisian Cepat 25 Watt

Samsung Galaxy A05s

Samsung Galaxy A05s memiliki kapasitas baterai 5000 mAh. Kapasitas yang besar, tetapi sudah lumrah untuk HP zaman sekarang. Dengan baterai 5000 mAh, HP ini bakal siap digunakan untuk aktivitas sehari penuh.

Terlebih Galaxy A05s memakai SoC Snapdragon 680 yang memang irit konsumsi daya. Ketika artikel ini saya tulis, belum banyak pengulas yang menguji soal daya tahan baterainya.

Namun, saya pikir daya tahannya akan mirip dengan Galaxy A23 yang juga memakai Snapdragon 680, punya baterai 5000 mAh, dan dibekali layar PLS LCD Full HD+. Dalam uji GSM Arena, Galaxy A23 mendapatkan skor daya tahan baterai yang bagus yaitu 130 jam.

Pada skenario browsing via WiFi, Galaxy A23 disebut bisa tahan sampai 18 jam 14 menit. Dengan begitu, daya tahan baterai Galaxy A05s tidak akan jauh berbeda. Demikian pula dengan pengisian dayanya.

Maklum, Galaxy A23 dan Galaxy A05s sama-sama mendukung pengisian cepat 25 Watt. Hanya saja, GSM Arena menguji kecepatan pengisian Galaxy A23 dengan charger 15 Watt, bukan 25 Watt.

Hasilnya baterai bisa terisi penuh dalam waktu 1 jam 43 menit. Kalau saja menggunakan charger 25 Watt, kemungkinan besar baterainya bisa terisi penuh kurang dari satu setengah jam.

galaxy a05s

Adapun Samsung Indonesia membekali Galaxy A05s dengan charger 25 Watt. Charger tersebut tidak tersedia di kotak yang sama dengan unit ponsel, melainkan berada dalam kotak terpisah.

Selain charger, benefit lain yang diperoleh konsumen adalah YouTube Premium selama 2 bulan, perlindungan Samsung Care+ terhadap insiden layar retak selama 3 bulan, serta tas kecil untuk bepergian dari Bodypack.

Seluruh benefit itu dapat diperoleh dengan melakukan transaksi pembelian Galaxy A05s di situs resmi Samsung Indonesia pada periode 6 Oktober - 31 Desember 2023.

6. Ada Slot microSD dan Audio Jack

Samsung Galaxy A05s

Sebagian orang mungkin merasa bahwa memori internal 128 GB kurang besar, apalagi aplikasi yang dipasang banyak. Memindahkan file yang kurang penting ke media penyimpanan lain pun jadi solusi supaya memori internal lebih lapang untuk pasang aplikasi.

Solusi tersebut ternyata cukup mudah dilakukan di Galaxy A05s. Pasalnya, orang tak perlu menggunakan flash disk USB C yang mesti cabut-colok. Orang hanya memerlukan kartu microSD. Untungnya lagi, slot microSD di HP ini tidak mengganggu jika Anda ingin memasang dua kartu SIM.

Ya, Galaxy A05s memang triple slot, punya dua wadah kartu SIM dan satu wadah kartu microSD. Kapasitas maksimal kartu microSD yang bisa dipasang adalah 1 TB. Selain ada slot khusus buat microSD, HP ini punya audio jack 3.5 mm.

Adanya audio jack 3.5 mm cukup menyenangkan buat banyak orang. Alasannya tak lain karena harga earphone kabel tentu jauh lebih miring ketimbang TWS. Lagi pula keluaran suaranya juga bebas dari delay.

7. Dukungan Pembaruan Software 2 Tahun dan Security 4 Tahun

one ui 5_

Salah satu alasan mengapa orang memilih HP Samsung dibanding merek lain adalah software-nya. Samsung dianggap mampu menciptakan software yang matang. Tidak selalu bebas dari bug, tetapi pasti bebas iklan dan pengoperasiannya mulus.

Seperti itulah software Galaxy A05s. HP ini hadir dengan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka One UI. Terdapat beberapa fitur keren yang disematkan Samsung pada antarmuka One UI si ponsel.

Misalnya, Dual Messenger untuk ciptakan dua akun berbeda pada satu aplikasi, Multi Windows untuk membuka lebih dari satu aplikasi dalam satu tampilan, dan Pop-Up View untuk membuka aplikasi dalam jendela kecil yang mengambang.

Hal yang tak kalah menarik adalah Galaxy A05s memperoleh pembaruan software di kemudian hari. Samsung menjanjikan kalau Samsung Galaxy A05s bakal dapat update atau pembaruan OS hingga dua generasi, dan pembaruan keamanan (security) selama empat tahun.

Durasi dukungan software tersebut meningkat, lantaran HP kelas entri Samsung terdahulu cuma didukung 3 tahun.

Kekurangan Samsung Galaxy A05s

Menciptakan HP kelas entri yang punya kemampuan merata itu sulit. Mesti ada yang dikorbankan supaya harganya tetap terjangkau. Poin-poin di bawah ini menjelaskan hal apa saja yang dikorbankan pada Galaxy A05s.

1. Belum Ada IP Rating dan Kaca Proteksi

galaxy a05s

Samsung belum pernah menyematkan IP rating buat ponselnya di kelas entri. Galaxy A05s pun termasuk produk yang tak punya IP rating. Oleh sebab itu, belum ada jaminan bahwa HP ini bakal baik-baik saja ketika terkena debu ataupun percikan air.

Selain belum ada IP rating, layar Galaxy A05s belum terlindungi oleh kaca proteksi semacam Gorilla Glass atau Asahi Glass. Hanya saja, Samsung memberikan proteksi layar retak (Samsung Care+) selama tiga bulan.

Saran saya, Anda perlu memasang tempered glass yang kuat buat layar ponsel ini. Anda bisa mencari tempered glass terbaik dari berbagai merek di toko online maupun toko aksesori terdekat di kota Anda. Ketika insiden benturan terjadi, tempered glass bakal melindungi layar dari potensi keretakan.

2. Sensor Tak Lengkap, NFC Absen

Samsung Galaxy A05s

Jenis sensor yang dipasang pada Galaxy A05s tidak lengkap. Hanya ada sensor pemindai sidik jari (di tombol power), akselerometer, proksimitas, dan cahaya sekitar.

Sensor penting seperti kompas dan giroskop sayangnya belum ada. Absennya absen kompas bikin HP ini tak bisa tentukan arah dalam kondisi offline. Sementara itu, imbas dari ketiadaan giroskop membuat Galaxy A05s tak punya fitur penstabilan video.

Samsung Galaxy A05s juga tidak dibekali fitur NFC. Padahal, sudah banyak HP Rp2 jutaan dari brand lain yang sudah menawarkan fitur NFC.

3. Belum Ada Kamera Ultrawide dan Speaker Stereo

Samsung Galaxy A05s

Sebenarnya kalau kamera ultrawide tidak ada, itu bukan masalah besar buat HP kelas entri seperti Galaxy A05s. Begitu juga dengan speaker yang konfigurasinya masih tunggal.

Hanya saja, ketimbang memasang dua kamera bonus (makro dan sensor kedalaman), akan lebih baik jika pasang kamera ultrawide buat dampingi kamera utama. Kamera ultrawide fungsinya jelas dan bakal lebih sering dipakai.

Kamera ultrawide akan membantu menciptakan foto dengan sudut kelebaran yang tinggi. Kamera ini cocok buat memfoto pemandangan alam atau foto anggota keluarga besar.

Adapun speaker mono atau stereo tidak memiliki hubungan dengan tingkat kelantangan suaranya. Kendati demikian, speaker stereo punya suara yang lebih hidup, lebih terasa dinamikanya.

Simpulan

Banyak keuntungan yang Anda peroleh jika memilih Samsung Galaxy A05s sebagai smartphone andalan. Mulai dari desainnya yang minimalis, layarnya lebar, performanya mantap, dan daya tahan baterainya keren.

Kualitas tangkapan fotonya juga bisa diandalkan. Selain itu, Galaxy A05s adalah HP dari merek yang terpercaya. Meski harga HP ini murah, orang pasti akan percaya kualitasnya hanya dengan mendengar apa mereknya.

Kualitas yang tinggi tercermin dari komitmen Samsung untuk memberi jaminan pembaruan software selama 4 tahun. Di sisi lain, tidak semua orang bakal cocok dengan Galaxy A05s.

Terlebih HP ini belum punya NFC dan sensornya kurang lengkap. Ia juga belum punya IP rating ketika ponsel kompetitor di kelas harga yang sama sudah mengusung IP53 ataupun IP54.

Namun, untuk pengguna kasual yang bujetnya mepet, serta menginginkan HP dari merek kredibel, Galaxy A05s tentu bisa jadi opsi yang bagus. Bagaimana, tertarik memboyong HP ini?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram