15 HP yang Dilengkapi Wireless Charging Terbaru (September 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Jika Anda perhatikan, beberapa tahun terakhir ini banyak vendor smartphone yang tertarik untuk menambahkan fitur fast charging atau mengisi daya baterai ponsel dengan cepat. Namun, untuk beberapa smartphone eksklusif, fitur seperti ini sudah tampak biasa.

Ada fitur yang lebih menarik perhatian para pengguna ponsel pintar, salah satunya adalah wireless charging. Nah, saat ini sudah banyak HP yang bisa wireless charging yang dijual di pasaran.

Apa itu wireless charging? Ini adalah fitur pengisian daya baterai smartphone yang mengandalkan induksi magnetik. Anda hanya perlu meletakkan ponsel di atas wireless charger, lalu baterai di ponsel tersebut akan terisi secara otomatis. Fitur yang tentunya menarik karena tak perlu repot membawa kabel casan.

Meskipun tergolong fitur yang menarik, wireless charging umumnya hanya tersedia di smartphone tertentu. Biasanya tipe flagship alias ponsel kelas atas. Penasaran ponsel apa saja yang saat ini sudah mendukung fitur wireless charging? Berikut Carisinyal akan merilis daftar HP terbaru yang bisa wireless charging.

1. Samsung Galaxy Z Fold4 5G

Samsung Galaxy Z Fold4 5G
Layar Layar utama: Foldable Dynamic AMOLED 2X; Layar sekunder (kover): Dynamic AMOLED 2X 7.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4400 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Daya tahan baterai menjadi salah satu peningkatan yang diberikan Samsung pada Galaxy Z Fold4 5G. Bukan soal kapasitasnya karena baterai HP ini dengan sang pendahulu, Galaxy Z Fold3 5G, masih sama-sama 4400 mAh. Peningkatannya ada dalam hal manajemen konsumsi daya.

Galaxy Z Fold4 5G diklaim lebih irit mengonsumsi daya karena SoC Snapdragon 8+ Gen 1 yang dipakainya memang tidak boros listrik. Jika dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 1 yang digunakan jajaran Galaxy S22 Series, Snapdragon 8+ Gen 1 lebih irit 30%.

Masalah pengecasan baterai, HP ini mendukung pengisian cepat 25W, pengisian cepat nirkabel (fast wireless charging) 15W, dan pengisian balik nirkabel 4.5W. Khusus untuk pengisian cepat nirkabel, dukungan 15W untuk Galaxy Z Fold 4 5G naik 4W dari pendahulunya.

2. Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Samsung Galaxy Z Flip4 5G allsided
Layar Foldable Dynamic AMOLED X2 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 3700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Samsung Galaxy Z Flip4 5G mendapatkan banyak upgrade dari Galaxy Z Flip3 5G. Upgrade tersebut memang tidak kelihatan mengingat tampang kedua HP terlihat mirip-mirip saja. Pasalnya, peningkatan itu lebih banyak terdapat di sisi jeroan.

Salah satu peningkatannya adalah baterai. Dengan bodi yang menyusut ketimbang pendahulunya, Galaxy Z Flip4 5G kini menggendong baterai 3700 mAh. Kapasitas tersebut naik 400 mAh dari Z Flip3 5G. Dengan kapasitas baterai yang meningkat, plus pemakaian SoC Snapdragon 8+ Gen 1 yang hemat daya, HP ini bisa menyala lebih lama.

Baterai Galaxy Z Flip4 5G ini pun ditunjang berbagai teknologi pengisian. Mulai dari pengisian cepat 25W, pengisian cepat nirkabel (fast wireless charging) 15W, dan pengisian balik nirkabel 4.5W. Adapun dukungan wireless charging Galaxy Z Flip4 5G lebih kencang 5W apabila dibandingkan dengan Galaxy Z Flip3 5G.

3. vivo X80 Pro

vivo X80 Pro
Layar LTPO3 AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (periscope telephoto) 12 MP (telephoto) 48 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

vivo X80 series terbagi menajdi dua model yaitu vivo X80 Pro dan vivo X80 reguler. Di antara keduanya, hanya vivo X80 Pro lah yang menyediakan fitur wireless charging.

Fitur pengisian baterai nirkabel ini menggunakan daya 50 W yang disinyalir dapat mengisi dari 0-100% dalam waktu 50 menit saja. Sementara, perangkat juga dimodali dengan fast charging reguler berdaya 80 W yang diklaim hanya butuh waktu 38 menit untuk mengisi dari 0-100%.

Kapasitas baterai HP ini juga sedikit meningkat dibanding reguler, yakni 4.700 mAh alih-alih 4.500 mAh. Selain dapat mengisikan baterai secara nirkabel, ponsel ini juga bisa dijadikan power bank menggunakan fitur reverse charging.

vivo X80 Pro adalah ponsel flagship yang hadirkan dapur pacu Snapdragon 8 Gen 1 (dengan varian satunya lagi yang gunakan Dimensity 9000). Sisi layarnya gunakan panel LTPO 3.0 AMOLED yang dirancang agar dapat mengatur refresh rate secara adaptif antara 1 Hz hingga 120 Hz.

Layar perangkat memiliki dukungan 1 miliar warna dengan HDR10+ dan tingkat kecerahan puncak 1500 nit. Dijamin akan membuat puas mata siapapun yang melihatnya untuk keperluan content consumption.

Bukan cuman unggul di sisi baterai, layar, dan performa, vivo X80 Pro justru menaruhkan daya tarik utamanya pada aspek fotografi. vivo membubuhkan lensa dari Zeiss Optics ternama di HP ini, menyuguhkan teknologi T* Lens Coating yang dapat meminimalisir efek ghosting pada foto.

Selain itu, hadirnya dua lensa telefoto yang disertai gimbal OIS juga turut menjadikan vivo X80 Pro sebagai sarana fotografer profesional. Hal ini membuatnya cocok dimiliki oleh kreator konten, fotografer, jurnalis, atau siapapun yang membutuhkan ponsel dengan teknologi kamera mutakhir.

4. iPhone SE 2022

Apple iPhone SE 2022
Layar Retina IPS LCD 4.7 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)
Baterai Li-Ion 2018 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Penampilan iPhone SE 2022 memang bersahaja. Ia bak ponsel iPhone lawas yang belum mengenal desain poni. Kendati demikian, teknologi dan fitur yang dibawanya amat kekinian. Ia telah dibekali chipset Apple A15 Bionic layaknya iPhone 13 Series.

Akibat penyematan SoC tersebut, dukungan terhadap jaringan seluler 5G pun hadir. Selain itu, A15 Bionic juga diklaim memiliki performa grafis 1,2x lebih kencang daripada A13 Bionic yang dipakai iPhone SE 2020. Yang menarik, iPhone SE 2022 kini telah mendukung wireless charging.

Dengan perangkat pengisi daya nirkabel Qi, baterai HP ini dapat dicas. Fitur yang satu ini penting terutama bagi Anda yang sering lupa mencolokkan kabel untuk mengecas baterai si ponsel. Fitur mahal tersebut ternyata mampu dihadirkan Apple pada HP yang harganya di bawah Rp10 juta.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram