15 HP yang Dilengkapi Wireless Charging Terbaru (Februari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Jika Anda perhatikan, beberapa tahun terakhir ini banyak vendor smartphone yang tertarik untuk menambahkan fitur fast charging atau mengisi daya baterai ponsel dengan cepat. Namun, untuk beberapa smartphone eksklusif, fitur seperti ini sudah tampak biasa.

Ada fitur yang lebih menarik perhatian para pengguna ponsel pintar, salah satunya adalah wireless charging. Nah, saat ini sudah banyak HP yang bisa wireless charging yang dijual di pasaran.

Apa itu wireless charging? Ini adalah fitur pengisian daya baterai smartphone yang mengandalkan induksi magnetik. Anda hanya perlu meletakkan ponsel di atas wireless charger, lalu baterai di ponsel tersebut akan terisi secara otomatis. Fitur yang tentunya menarik karena tak perlu repot membawa kabel casan.

Meskipun tergolong fitur yang menarik, wireless charging umumnya hanya tersedia di smartphone tertentu. Biasanya tipe flagship alias ponsel kelas atas.

Lantas, apa saja HP tersebut? Langsung saja cek daftar HP dengan fitur wireless charging terbaru yang hadir resmi di Indonesia pada tabel di bawah ini. Penjelasan detail tiap HP-nya, bisa disimak setelah tabel.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. Samsung Galaxy S23 Ultra

Samsung Galaxy S23 Ultra
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.8 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 200 MP (wide) 10 MP (periscope telephoto) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Sebagai varian tertinggi dari Samsung Galaxy S23 series, sudah pasti HP ini dibekali dengan kemampuan wireless charging. Kapasitas baterainya sendiri tidak berubah dari generasi pendahulunya yaitu 5.000 mAh. Pun dengan fast charging-nya, HP ini masih tetap menyuguhkan pengisian daya 45 W yang mendukung USB Power Delivery 3.0.

Yang meningkatkan hanyalah wireless charging-nya, kini menggunakan daya 15 W yang semula hanya 10 W pada Galaxy S22 Ultra. Sementara itu, protokol pengecasannya tetap tidak berubah yaitu Qi/PMA.

Dirilis pada kuartal pertama tahun 2023, Samsung tentu sudah mempersenjatai HP ini dengan hardware yang berdaya saing tinggi. Ini merupakan salah satu HP Samsung pertama yang dibekali dengan Snapdragon 8 Gen 2, sebuah SoC 4 nm istimewa yang mendukung sejumlah fitur menarik seperti ray tracing, horizontal levelling, dan masih banyak lagi.

Masih sama-sama mengusung DNA Galaxy Note series seperti pendahulunya, Galaxy S23 Ultra merupakan satu-satunya varian dengan ujung bodi yang lancip untuk mendukung penggunaan stylus yang lebih nyaman.

Anda dapat temukan S Pen dari dalam bodinya yang memang disediakan secara built-in. Alat ini mendukung latensi super rendah di angka 2,8 milidetik agar terasa seperti menulis pakai pulpen di atas kertas sungguhan.

Resolusi kamera utamanya mendapatkan peningkatan cukup signifikan dari 108 MP menjadi 200 MP. Namun, kamera depannya justru alami penurunan resolusi dari 40 MP menjadi 12 MP. Yang pasti, jika kita melihat dari sepak terjang Galaxy S series, setiap iterasi barunya selalu hadirkan peningkatan kualitas pada hasil fotonya.

Samsung Galaxy S23 Ultra sangat direkomendasikan untuk Anda yang mencari flagship kece di awal tahun 2023, terutama untuk Anda yang memang beralih dari non-flagship ke flagship. Tapi kalau Anda beralih dari Galaxy S22 Ultra ke S23 Ultra, ya tetap sah-sah saja sih. Hanya saja peningkatan yang dirasakan tidak akan terlalu drastis. Tertarik?

2. Samsung Galaxy S23

Samsung Galaxy S23
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 10 MP (telephoto)
Baterai Li-Ion 3900 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Tidak semua HP flagship memiliki ukuran layar segede gaban. Kadang, konsumen membutuhkan HP dengan ukuran layar mungil seperti Samsung Galaxy S23 5G agar lebih ekonomis sekaligus lebih enak digenggam. HP ini memiliki ukuran layar 6,1 inci yang terbilang kecil, dengan resolusi 1080p Full HD+ yang dilapisi Corning Gorilla Glass Victus 2 agar tidak mudah baret dan rusak saat terjatuh ke permukaan beton.

Bobot bodi pada HP ini super ringan yaitu 167 gram, tidak melebihi 200 gram seperti flagship kebanyakan. Walau ringan, performa yang diberikan tentu tidak kalah hebatnya. Smartphone asal perusahaan Korea Selatan ini bawakan Snapdragon 8 Gen 2 yang tergolong punya usia cukup baru saat waktu perilisan ponsel.

Kekuatan bodinya pun sudah amat kokoh dengan bahan material armour aluminium frame tahan banting serta sertifikasi tahan air IP68.Jadi, memang tidak salah-salah amat menjuluki HP ini dengan sebutan "kecil-kecil cabai rawit".

Agar dapat dicas tanpa menggunakan kabel, Samsung membenahi HP ini dengan dukungan Qi/PMA wireless charging berdaya 10 W. Anda pun dapat gunakan HP ini untuk mengisi perangkat lain secara nirkabel, namun hanya menggunakan daya 4,5 W.

Untuk baterainya sendiri, kapasitasnya hanya 3.900 mAh namun tetap dapat bertahan cukup lama pada pemakaian normal. Sementara jika ingin menggunakan casan biasa, bisa menggunakan daya 25 W yang juga mendukung power delivery 3.0.

Daya tersebut sedikit lebih kecil dari varian Ultra dengan daya 45 W, dan merupakan salah satu daya charging terkecil di jajaran HP flagship lainnya. Ini karena Samsung lebih mengedepankan sisi battery health dalam jangka panjang.

3. Samsung Galaxy S23 Plus

Samsung Galaxy S23+
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 10 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4700 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kalau Anda tidak butuh-butuh amat UWB dan S Pen, Anda bisa mendapatkan Samsung Galaxy S23 Plus yang punya spesifikasi lebih seimbang. Ia tidak seperti versi reguler yang punya ukuran bodi compact, melainkan hadir dengan layar berdimensi diagonal 6,6 inci Full HD+. Layar yang lebih lebar ini cocok untuk aktivitas menonton bersama kolega dan teman-teman.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram